Program Kerja KPM #Part 2

A.    KATA PENGANTAR

            Alhamdulilah, kami ucapkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, atas segala rahmat, taufiq dan hidayah-Nya sehingga kami dapat menyusun Program Kerja Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) UNSIQ Jawa Tengah di Wonosobo Angkatan ke-19 tahun 2012. Program kerja stimulan ini kami susun setelah melaksanakan serangkaian observasi dan pengamatan sebelum kami terjun langsung dan menyentuh masyarakat di Desa Kapencar, Kecamatan Kretek, Kabupaten Wonosobo yang menjadi wilayah pengabdian kerja kami. Terwujudnya program kerja ini tidak lepas dari jasa bimbingan dan bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu kami ucapkan terima kasih kepada :

  1. Rektor UNSIQ Jawa Tengah di Wonosobo.
  2. Panitia Pelaksanaan KPM UNSIQ Angkatan ke-19.
  3. Bapak Dosen Pembimbing Lapangan KPM angkatan ke-19.
  4. Ibu Kades Kepencar beserta perangkatnya.
  5. Semua pihak yang terlibat yang tidak mungkin kami sebutkan satu persatu.

            Semoga program kerja stimulan ini dapat digunakan sebagaimana mestinya dan dapat ter realisasi dengan baik. Aamiin.

Kapencar, 29 Maret 2012

Pelaksana KPM

Angkatan ke-19

******************

B.     PENDAHULUAN.

       Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ) merupakan salah satu institusi pendidikan yang ada di Wonosobo, Jawa Tengah yang tentunya melakukan pendidikan, pengajaran, penelitian ilmiah dan pengabdian pada masyarakat yakni siap berpartisipasi aktif dalam setiap proses pembangunan dan peningkatan sumber daya manusia serta fasilitas penunjang dalam kehidupan masyarakat yang diaktualisasikan dan dikemas dalam sebuah program Kuliah Pengbdian Masyarakat (KPM).

            Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) adalah kegiatan dalam bentuk pengabdian masyarakat. Di dalam KPM ini mahasiswa tinggal dan bekerja di desa dalam jangka waktu tertentu, guna membantu masyarakan pedesaan dalam memecahkan masalah pembangunan. KPM sebagai pengganti KKN sebagaimana tercantum dalam Surat Keputusan Rektor UNSIQ Jawa Tengah di Wonosobo Nomor 09 Tahun 2001, adalah intrakulikuler, yaitu suaru kewajiban bagi seluruh mahasiswa UNSIQ Jawa Tengah di Wonosobo tanpa kecuali sebagai syarat menyelesaikan program sarjana. Pengabdian kepada masyarakat oleh UNSIQ adalah pemanfaatan secara langsung ilmu pemgetahuan, khususnya agama yang dilakukan oleh mahasiswa, baik melalui pendidikan dan pengajaran maupun penelitian ilmiah kepada masyarakat. Pengabdian ini dilaksanakan dengan niat ikhlas untuk mengabdi dalam menunaikan misi UNSIQ.

            Selain sebagai media sosialisasi dan pengabdian masyarakat dalam bentuk formal akademis, serta setitik peran mahasiswa sebagai pendorong dalam memperlancar jalannya proses pembangunan masyarakat, juga sebagai wahana mahasiswa untuk bisa mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu yang dipelajarinya, untuk kemudian disosialisasikan manfaatnya bagi masyarakat. Mahasiswa juga diharapkan mampu berperan aktif dalam rangka pembangunan baik materiil maupun spiritual, sehingga tercipta masyarakat yang adil, sejahtera, dan bertakwa kepada Allah SWT.

            Dengan demikin perlu adanya penyusunan Rencana Program Kerja KPM untuk mendapatkan hasil seperti yang diharapkan. Penyusunan program kerja ini tidak lain merupakan bagian dari usaha mahasiswa dalam keikutsertaannya membangun dan memberdayakan serta memecahkan persoalan-persoalan yang ada dalam masyarakat.        Adapun program kerja yang akan kami laksanakan secara garis besar terbagi dalam dua macam bidang, sebagai berikut:

  1. Bidang Kefakultasan atau Program Studi (disesuaikan dengan ilmu yang didapatkan pada setiap prodi).
  2. Bidang Penunjang (Prasarana Fisik dan Lingkungan Hidup Pendidikan, Sosial Budaya masyarakat)

KPM UNSIQ angkatan ke-19 ini, untuk kelompok kami dilaksanakan di Desa Kapencar, Kecamatan Kretek, Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah. KPM dengan tema “Pos Pemberdayaan Keluarga Berbasis Masjid” ini berlangsung selama 40 hari terhitung sejak tanggal 21 Maret – 30 April 2012,  dengan tema tersebut KPM ini diharapkan dapat dijadikan sebagai media dakwah dalam menyebarkan nilai-nilai ajaran agama, baik dalam kehidupan sosial, budaya, ekonomi, pendidikan maupun agama, sehingga mobilitas masyarakat selalu berada dalam koridor moral agama.

            Kami berharap program kerja yang akan kami susun ini nantinya dapat berarti dan dapat bermanfaat bagi masyarakat pada khususnya dan seluruh civitas akademika UNSIQ Jawa Tengah di Wonosobo pada umumnya. Akhirnaya saya menyerahkan sepenuhnya kepada Allah SWT semoga semua program kerja yang telah kami susun dapat terealisasi dan berjalan dengan baik.

******************

C.    ABSTRAKSI

            Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) merupakan Program yang menggabungkan penerapan ilmu yang telah di terima oleh Mahasiswa selama di bangku perkuliahan dan menerapkannya di kehidupan bermasyarakat, dengan tujuan utamanya yakni pengabdian kepada masyarkat.

            Sebelum KPM resmi dilaksanakan maka setiap mahasiswa yang mengikuti harus melakukan observasi di tempat yang menjadi tujuan KPM, agar program yang akan dijalankan benar-benar sesuai dengan yang dibutuhkan oleh masyarkat di mana Mahasiswa akan ditempatkan.

        Observasi yang telah dilakukan selama empat hari di Desa Kapencar, Kecamatan Kretek, Kabupaten Wonosobo. Dengan memperhatikan letak geografis, kebudayaan, mata pencaharian masyarakat serta kegiatan kemasyarakatan telah banyak memperoleh informasi tentang apa yang di butuhkan oleh masyarakat di desa tersebut.  Bahwasanya masyarakat Desa Kapencar bermata pencaharian sebagai petani baik petani hasil ladang maupun petani tembakau. Selain itu banyak warga terutama ibu-ibu yang kurang mengetahui tentang pentingnya kebersihan, kebersihan rumah, lingkungan, tempat ibadah dan informasi tentang kesehatan sangat minim.

            Sesuai dengan tema KPM yang telah kami sebut diatas, kami fokuskan untuk mengabdi kepada masyarakat dalam implementasi kegiatannya berbasis masjid yaitu dengan mengaktifkan dan mengadakan kegiatan di masjid dan mushalla yang ada di Desa Kapencar. Ada beberapa program yang insyaAlloh akan kami realisasikan selama kami KPM di Desa Kapencar ini antaralain; pelatihan Rebana untuk anak dan remaja, TPQ untuk anak-anak, Tadarus Al-Qur’an (untuk remaja, Bapak dan Ibu), Tausiah dan Dzikrul Ghofilin untuk remaja dan pengadaan perpustakaan di masjid. Selain kegiatan berbasis masjid, kami juga mempunyai program kerja yang cakupannya untuk masyarakat umum. Kesemua program ini di buat berdasarkan kebutuhan masyarakat Desa Kapencar dan tentunya disesuaikan dengan  kemampuan Mahasiswa yang bersangkutan.

******************

D.    PROGRAM KERJA HARIAN

No

Hari

Waktu

Jenis kegiatan

Keterangan

1

Senin

08.00-12.30 WIB

Kegiatan di Balai Desa Piket Individual

15.00-17.50  WIB

TPQ Hidayatus Salam dan Al-Huda

1930-21.30 WIB

Mujahadah + Dziba’an Jama’ah Ibu-ibu sontonaya

2

Selasa

08.00-12.30 WIB

Kegiatan di Balai Desa Piket Individual

09.30-10-40 WIB

KBM B.Inggris SD 2 Kapencar

15.00-1750 WIB

TPQ Hidayatus Salam dan Al-Huda

18.30-19.00 WIB

Tadarus Al-Qur’an Remaja Masjid

19.30-21.00 WIB

Tausiyah/Simtut Duror Bapak dan Ibu Jama’ah Masjid

3

Rabu

08.00-12.30 WIB

Kegiatan di Balai Desa Piket Individual

15.00-17.50 WIB

TPQ Hidayatus Salam dan Al-Huda

16.00-1700 WIB

Tilawatil Qur’an TPQ Hidayatus Salam Sontonaya

18.30-19.30 WIB

Bimbingan Belajar Siswa SD 2 Kapencar

4

Kamis

08.00-12.30 WIB

Kegiatan di Balai Desa Piket Individual

14.00-16.00 WIB

Yasinan Jama’ah Ibu Ibu sontonaya

15.30-17.00 WIB

Yasinan Remaja putri Kapencar dan sontonaya

18.30-19.30 WIB

Tilawatil Qur’an Remaja Putri Kapencar

20.00-21.00 WIB

Mujahadah + Tausiah Jama’ah Mujahadah RT 01 Kapencar

5

Jum’at

05.30-06.30 WIB

Sima’an Al-Qura’an Masjid Kapencar

08.00-12.30 WIB

Kegiatan di Balai Desa Piket Individual

08.00-11.00 WIB

TK/PAUD Kegiatan Keagamaan

15.00-17.50 WIB

TPQ Hidayatus Salam dan Al-Huda

20.30-22.00 WIB

Mujahadah + Tausiah Pemuda Kapencar

6

Sabtu

08.00-12.30 WIB

Kegiatan di Balai Desa Piket Individual

09.30-10.05 WIB

KBM B.Inggris SD 2 Kapencar

15.00-17.50 WIB

TPQ Hidayatus Salam dan Al-Huda

18.30-20.00 WIB

Dziba’an Remaja putri Kapencar

7

Minggu

07.00-09.00 WIB

Minggu Bersih Seluruh Remaja

18.00-19.30 WIB

Bimbingan Belajar SD 1 Kapen

******************

E.    PROGRAM KERJA MINGGUAN

No

Hari/Tanggal

Waktu

Jenis kegiatan

Keterangan

MINGGU PERTAMA

1

21 Maret-24 Maret

Observasi lingkungan ke Desa setempat.

Observasi ke tempat ibadah dan tempat kegiatan remaja.

Observasi kegiatan yang sudah berjalan di masyarakat.

2

Senin

26 Maret

2,9, 16,23, 30 April

18.30-19.30 WIB

Keluarga Berbasis Masjid

-Tadarus Al-Qur’an

-Tahfidzul Simakan Al-Qur’an

-Tausiah

-Tilawatil Qur’an

-Yasinan

-Dziba’an

3

Minggu

07.00-selesai

Minggu Bersih

Kebersihan lingkungan dan tempat ibadah

 

1, 8, 15, 22, 29 April

4

10 April

11 April

20 dan 21 April

09.00-selesai

Pembinaan PKK

Pertemuan dengan Dawis

Bina Keluarga Berencana (BKB)

Posyandu Balita

Sosialisasi ancaman wabah tomcat

Posyandu Lansia

5

Selasa dan Kamis

27 dan 29 Maret

3,5,10,12,17,19,24,26 April

20.00-selesai

Kegiatan remaja

Dzikru Ghofilin

6

Sabtu

31 Maret

7,14, 21, 28 April

15.30-16.30 WIB

Ekstrakurikuler SD

 

Rebana

 

7

Rabu dan Kamis

28,29 Maret

4,5,11,12,18,19,25,26 April

18.30-selesai

Organisasi Pemuda

 

Mujahadah

15.30- selesai

Fatayat

8

10,11,20,21 Maret

16,17 April

09.00 WIB

Polindes

Timbangan Balita

Periksa Kesehatan

Penanganan Penyakit menular

9

Setiap hari

07.00-08.00

Warga Desa

Ikut Serta Bercocok tanam

10

Rabu dan Minggu

25,28 Maret

4,8,11,15,18,22,25,29, April

18.00-19.30 WIB

Bimbingan Belajar

SD 1 dan 2 Kapencar

******************

F.    PROFIL DESA

PROFIL DESA KAPENCAR

KECAMATAN KERTEK KABUPATEN WONOSOBO JAWA TENGAH

Jln. Wonosobo-Magelang KM 16 Kode Pos 56371

Nama Desa               : Kapencar

Kecamatan               : Kertek

Kabupatan                : Wonosobo

Luas Wilayah            : 300 Hektar, terdiri dari Pedesaan, Jalan dan Tanah Garapan.

Nama Dusun             : Kapencar dan Sontonayan

RT/RW                     : 69 (Enam Puluh Sembilan)/69 (Enam Puluh Sembilan)

Perangkat Desa       : 12 (Dua Belas)

                                    11 (sebelas) Pengurus Desa dan 1 (Satu) Kepala Desa

Lembaga BPD          : 11 (sebelas)

LKMD                      : 15 (Lima Belas)

Hansip                    : 41 (Empat Puluh)

Penduduk              : ± 1,600 (Seribu Enam Ratus) Kepala Keluarga

Tempat Ibadah       : 2 (Dua) Masjid

  •  Masjid Baitus Salam Dusun Santanaya
  •  Masjid Al-Huda Desa Kapencar

                  6  (Enam) Mushalla Desa Kapencar

                  3  (tiga) Mushalla Dusun Santanaya

                   1  (Satu) Gereja

                   1 (satu) Wihara

Kepercayaan             : 3 (Tiga) Kepercayaan/Agama yaitu: Islam, Katolik dan Budha.

Lembaga Pendidikan : 2 (Dua) Sekolah Dasar

  • SD 1 Kapencar
  •  SD 2 Santanaya

                1 (Satu) Taman Kanak-Kanak/ TK

                 1 (Satu)  Pendidikan Anak Usia Dini/ PAUD

                 2 (Dua) Taman Pendidikan Al-Qur’an/ TPQ

  • TPQ Hidayatus Salam Desa Santanaya
  • TPQ Al-Huda Desa Kapaencar

Mata Pencaharian     :  Petani, Buruh Tani, Pedagang, Peternak, Wirasawasta.

******************

G.    PENUTUP

     Berdasarkan uraian diatas tentang program kerja yang dilakukan kelompok dengan tema POSKO PEMBERDAYAAN KELUARGA BERBASIS MASJID, maka kami dapat mengambil kesimpulan bahwa:

  1. Program kerja kami fokuskan pada bidang keagamaan.
  2. Lama pengabdian yaitu 40 hari terhitung dari tanggal 21 Maret sampai dengan 30 April 2012.
  3. Ada sebagian program kerja yang sudah kami laksanakan yaitu Program kerja Bimbingann Belajar untuk siswa SD,Tausiah, Tilawatil Qur’an serta TPQ.
  4. Untuk masing-masing kegiatan yang ada dalam program kerja sudah kami bentuk panitia dan penanggungjawab kegiatan.

        Sesuai dengan tema, untuk program kerja yang sudah kami laksanakan dalam 1 (satu) minggu ini ada program yang paling membuat antusias masyarakat (orang tua dan remaja) yang berpartisipasi adalah program kegiatan berbasis masjid, antara lain: ada Tausiah, Tilawatil Qur’an. Antusias dalam arti karena keseharian mereka yang rata-rata bekerja di ladang, kesibukan mereka dalam berdagang juga sehingga mereka tidak mempunyai banyak waktu untuk beribadah atau berjama’ah ke masjid, dengan diselenggarakannya kegiatan di masjid ini dapat sebagai sarana untuk memper erat persaudaraan karena warga secara bersamaan bisa kumpul dalam masjid dan membuat hati mereka lebih tenang. Sedangkan program kerja yang paling membuat antusias anak-anak adalah Bimbingan Belajar dan TPQ, dengan adanya program kerja untuk anak-anak SD ini kami berharap pendidikan dan pengetahuan siswa akan lebih baik, baik dari segi pendidikan umum maupun pendidikan agamanya.

        Dengan adanya respon yang baik dari warga tersebut kami sebagai pemateri cukup puas dengan adanya niat mereka, untuk menambah ilmu tidak hanya dengan membaca atau menerapkan tetapi mendengarkan informasi dari pemateri juga salah satu cara untuk menambah ilmu pengetahuan sehingga dalam kami mentrasformasikan ilmu dapat di berikan secara rata dan tepat pada sasaran. Semoga program kerja ini bisa kami kerjakan dengan baik dan memperoleh hasil yang memuaskan.aamiin.

Bimbingan Belajar malam hari.

Bimbingan Belajar malam hari.

About these ads

51 komentar

  1. Semoga program hariannya berjalan lancar ya, gak mandet-mandet hehehe :D

    1. madet-mandet kayak odong2 ya mas El. . . :D

      haruuus lancar. ;)

  2. mbak idah uwda kyk dosen aja.
    hehehe

    1. huaaaaaaaaaaaaargghhh. . .

      tak tonjok mas ariie ikii lho?
      Dosen Gigi. . . :lol:

      1. tuh gaya nya di foto uwda kyk dosen killer aja.
        hehe

        1. wkwkkw. . .

          Dosen ngiler kalii. . . :P

  3. mantap sist program kpm nya…moga lancar ya..ya..yaaaaa
    senyum termanis buat idah :-) ^^/

    1. ya ya yayayyay. . .
      semoga saja. . . ;)

      terimakasiih senyumnyaaa trii. . . :D

  4. oo itu jadwalnya ya ida? semangat idah :)

    1. semangat sore mas danni. . . :lol:

  5. hehehe,,,turun juga ni part 2 nya

    wow,,,malah kopas proposal no,,,hehehe

    btw program kerjanya seru2 nih

    1. wkwkwkwkwkwkk. ..

      begitulah proker, harus ada pendahuluannya katanye DPL. . . :D
      butuh tenaga yang ekstra. . ;)

  6. KPM nya masih apa udah kelar sist?.

    1. masih dooong sist. .
      smpai 30 Aprill. . .hihiih. ;)

      1. eh,,,nanti kalo udah mau berakhir pasti mellow2 gt sist. seru…

        1. ahahaha.. . .

          iyya ya, pastii kangen sist. :lol:

    2. Ini bedua kembar atau gimana? kok namanya sama sih, “SIST” ? :D

      1. yang jelas kembar nama mas, bukan kembar sial. . :P

  7. semoga sukses ya program kerja KPM nya :-)

    1. ok mbaaaaa Ne. . . ;)

  8. woo… Gk kriting eh tangan tu mbak ngetik spanjang tu… Mumet dah kalo saya…hehe, but , moga sukses y sist :)

    1. hahaha. . .

      masa keritiing. . .

      kayak rambut ajja mas? :P

      1. hehehe… Iya sih, kalo ngetiknya lewat lapie gk masalah., kalo lwat layar pijak kayak ane mah capek eh mbak… :p

        1. hihihihi. . .

          jempolnya keriting ya mas? :D

          1. ihihihiih … iya nih … mumet dah :D

  9. Wah! Keren! Blog mbak bisa jadi back up-an tugas! Hehehe

    1. hehehehe. . .

      gak apa2lah, ayoo yang kopi yang kopiii. . .
      jangan lupa cantumin sumbernya ya? :lol:

  10. Assalaamu’alaikum wr.wb, Idah…

    Semoga sukses dalam pencarian ilmunya.
    Berjaya dan gagal hanya ada dua pilihan… mahu atau tidak.

    Salam senyum dari bunda. :D

    1. wa’alaikumsalaam bunda. . .

      terimaskih bunda, semoga semua berjaya. :)
      salam senyum kembaliii. . :lol:

  11. laporan ya ini ..??

    eh..
    minta tolong VOTE tulisanku di sini ya >> http://www.lintas.me/article/pondokgue.com/indosat-mobile-komunikasi-lengkap-seharian-pondokgue

    buat lomba kang..
    mohon dukungannya..

    1. sudah di vote mbaaaaaaa. . . wkwkwkwwk

  12. KPM tuh sama dengan KKN yah mbak?

    oh ya… link saya broken mbak tlong diperbaiki

    1. sama mas ferdi. .
      hanya saja kkampusku sekarang sudah memakai KPM untuk istilah pengabdian pada masyarakat. ;)
      link sudah saya perbaiki. . .

      1. oh… istilah baru y….

        maksih :)

        1. masih broken mbak… ada titiknya …

          1. ahhah.. .

            maaf mas. .
            sudah dibenarkan lagi. . . ;)

  13. Semoga sukses ya..

    1. iyya. .
      terimaskiih. . . ;)

  14. Ikutan lomba blog yuk
    Lomba blog yang diselenggarain dalam rangka menyambut Indonesia Car Lifestyle Award 2012.

    Dapetin kesempatan untuk mendapatkan hadiah dengan total 10jt!

    Pemenang I: Uang Tunai Rp. 5.000.000,-
    Pemenang II: Uang Tunai Rp. 3.500.000,-
    Pemenang III: Uang Tunai Rp. 1.500.000,-

    detailnya disini ya: http://bosmobil.com/icla/blog-competition.html

    1. terimaksih infonya. . . ;)

  15. Hansip juga dihitung yaaa?? :-O
    Eh itu gimana cara buat tabelnya??

  16. di sini lbih lengkap… kenapa nggak sama dg proposal yg dikirim?
    ================================================================

    maaf, yang gak sama yang bagian apa ya?
    ini proker yang kami ajukan ke BPKPM, setelah ini sudah ada refisi. . .
    hanya saja tidak idah share disini. . . ;)

  17. Menurut saya sudah bagus kok program kerjanya… :D
    ====================================================

    butuh bantuan mas falzart. . untuk program kerja yang fisik. ;)

  18. walankergea · · Balas

    katanya ada pembuatan perpustakaan?

    1. iya, ada om. . .

      sedang dalam proses. . .
      cari bantuan lewat proposal. . . ;)

      1. walankergea · · Balas

        aku punya buku cerita anak boleh nyumbang ga? di wonosobo ya perpusnya? semoga sukses. :D

        1. boleh sekali om, iya di Wonosobo tempat idah KPM.
          aamiin. . . ;)

          1. walankergea · ·

            oke. silakan tinggalkan alamat pengiriman di bagian kontak di blog saya. selamat bekerja :)

  19. imron umar · · Balas

    trim ya… jdi ad sesuatu d dalam benak ku…
    =====================

    sesuatu apa itu? :)

  20. [...] dua atau tiga pulau terlampaui kami mempunyai keinginan lain. Sistem tersebut berkaitan dengan program kerja KPM, bahwa dalam kegiatan KPM tim harus membuat program kerja fisik. Program kerja fisik merupakan [...]

  21. [...] dua atau tiga pulau terlampaui kami mempunyai keinginan lain. Sistem tersebut berkaitan dengan program kerja KPM, bahwa dalam kegiatan KPM tim harus membuat program kerja fisik. Program kerja fisik merupakan [...]

Tolong tinggalkan goresan manis disini. . . "salam senyuum" ^_*

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: