Makanan dan Minuman yang harus dihindari saat minum obat.

“Health is not everything but without health everything is nothing”

Hari ini adalah hari ke sebelas pada bulan suci Ramadhan. Semoga Allah SWT tetap memberi kesehatan kepada kita semua. Jika ada yang sedang sakit, semoga tetap diberi kesabaran dan semoga lekas sehat. Untuk yang sedang sakit dan sedang dalam proses penyembuhan (pengobatan), pola makan harus diperhatikan dan dijaga karena ada beberapa makanan dan minuman yang tidak boleh dikonsumsi saat sedang mengkonsumsi obat. Ada beberapa makanan dan minuman yang tidak boleh dikonsumsi pada saat minum obat. Ya, tentu ada beberapa makanan yang harus dihindari saat minum obat agar tidak terjadi interaksiantara obat dan makanan yang dapat menyebabkan obat tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya. Interaksi ini dapat menyebabkan efek yang berbeda–beda. Mulai dari peningkatan atau penurunan efektifitas obat sampai efek samping. Interaksi ini juga dapat menunda, mengurangi, dan meningkatkan penyerapan obat. Maka dari itu, ada beberapa obat yang diminum pada waktu perut kososng (1 jam sebelum makan atau dua jam setelah makan). Namun, ada juga beberapa obat lain yang sebaiknya diambil bersamaan dengan makanan.

Ini ada beberapa contoh makanan dan minuman yang tidak boleh dikonsumsi saat sedang minum obat atau dicampur dengan obat-obatan:

Makanan dan Minuman yang harus dihindari saat minum obat (susu, Kopi, Pisang, Jeruk)

Makanan dan Minuman yang harus dihindari.

1. Makanan yang mengandung kalsium (susu). Makanan ini dapat mengurangi penyerapan tetrasilin (tetrasilin untuk pengobatan infeksi pada saluran pernafasan, sinus, telinga bagian tengah, saluran kemih, usus dua belas jari dan gonore).
2. Makanan yang mengandung vitamin K harus dibatasi konsumsinya. Apabila sedang mendapatkan terapi anti koagulen (misalnya walfarin) untuk mengecerkan darah. Makanan ini mengurangi efektifitas pengobatan dan meningkatkan resiko trobosis (pembekuan darah).
3. Makanan yang kaya akan tyramin (keju, daging olahan, alpukat, pisang, red wine) ataupun produk-produk yang mengandung kafein apabila dicampur dengan MAO inhibitor (obat untuk penderita depresi phobia) akan menyebabkan sakit kepala yang parah dan kenaikan tekanan darah yang kemungkinan berakibat fatal (hipertensive crisis).
4. Makanan yang mengandung kafein dapat meningkatkan overdosis antibiotik tertentu (enoxacin, ciprofloksain, norfloksasin), untuk menghindari malpitasi, tremor, berkeritngat atau halusinasi adalah menghindari minuman seperti kopi, teh, atau soda pada saat pengobatan.
5. Jus Jeruk. Minuman ini dapat menghambat enzim yang terlibat dalam metabolisme obat, sehingga mengintensifkan pengaruh obat-obatan tertentu. Jeruk yang dimakan secara bersamaan dengan obat anti inflasi atau aspirin juga dapat memicu rasa panas dan asam di perut.
6. Havermut-oatmeal sebaiknya dihindari bagi para penderita penyakit jantung yang sedang minum obat digoxin. Serat tinggi yang terkandung dalam havermut diketahui dapat menghambat proses absorsbsi obat.

Ditulis oleh: Gylang Tanzila R.

About these ads

42 komentar

  1. Tapi kalau aku sih dulu kalau susah minum obat itu di pepes pake isang loh biar gak pahit gitu. Dan perasaan adat itu masih ada juga di daerah ku mah. masih sering dilakukan oleh para ibu yang anak-anaknya sangat sulit disuruh minum obat.
    bagaimana jika bayi :?: biasnya hal itu sama dilakukan oleh para ibu kepada balita dibawah umur loh…. :!:

    1. Tidak masalah jika pakai pisang, yang penting tau jenis obatnya. Karena ada beberapa obat yang memang konsumsinya tidak boleh memakai pisang. seperti penjelasan diatas.

  2. Kopi, teh, soda jadi bisa bikin halusinasi…?? Oh pantes aku sering halusinasi liat Idah dorong gerobak dawet, :-P

    Kidding.

  3. Iya bener semua, kata orang tua jaman dulu jangan minum susu kalo lagimakan obat, nanti khasiatnya ilang *yang masih nempel di pikiranku*.hiihi

    Makasih tipsnya Idah..

  4. Wah … Idah mulai merambah dunia kesehatan. Informatif :D

  5. saya gak suka kopi, jadi dapet cafein’y dr cokelat az :D

  6. Ternyata ada ya, makanan yg bentrok dengan obat yg kita minum.
    Jadi tambah tau sekarang

  7. wow!! padahal aq tiap hari minum obat trus.. :D

  8. ilmu yg berguna nih …

  9. thanks infonya.. ijin share ya mbak. :D

  10. kalo pake teh gmana mbak?

    1. Teh juga harus dihindari ketika minum obat, ada beberapa obat yang tidak satu jalan dengan teh. Sekalipun itu teh hangat.

  11. wah, padahal nggak bisa nelen pil kalau nggak pake pisang. hiks….

    1. Tidak masalah jika pakai pisang, yang penting tau jenis obatnya. Karena ada beberapa obat yang memang konsumsinya tidak boleh memakai pisang. seperti penjelasan diatas, mas.

      1. owh. makasih ya infonya

  12. alhamdulillah sehat terus, jadi tak perlu minum obat dan berpantang makanan tertentu

  13. vitamin K , Havermut-oatmeal apa dah???? :?:

    1. Vitamin K adalah vitamin yang larut dalam lemak.Contohnya Kedelai, kacang-kacangan dll.
      Harvemut adalah bubur. Harvemut dalam bentuk bubuk untuk dimasak menjadi bubur, sekarang sudah banyak di supermarket koq.Umumnya havermut dikonsumsi sebagai bubur untuk sarapan pagi atau sebagai satu-satunya sumber gizi bagi manula.

  14. Dulu pernah dikasih tahu ini, tapi lupa. Untung ada si Kakak yang senantiasa mengingati. Thanks Kak~ XD

  15. haduh.,,, ternyata selama ini saya salah,,, saya suka minum obat dengan sembarang minuman…. dasar tidak tau… gak pantang makanan lagi..

    makasi Id infonya….

  16. Danni Moring · · Balas

    kalau minum obat, terus selangnya dari makanan/minuman itu cuma 15 menit pengaruh juga ga ya?

  17. pake air putih udah paling bener deh kayaknya :)

  18. baru tau kl jeruk, juga gk bagus buat minum abat……

  19. Fauzan Mars · · Balas

    bagus infonya mba
    dan masyarakat kita harus tau akan hal ini, karena mreka gak menyadari bahkan tdak tau….

    o ya nitip jmuran dlu,..hehe
    lagi “mencari” nih

    http://fauzanmars.wordpress.com/2012/08/02/dicari-penulis-tamu-di-blogku/

  20. Selama ini kalau terpaksa minum obat, biasanya saya menghindari berbarengan dengan susu atau teh. Ternyata masih ada yang harus dihindari to. Makasih banyak ya, Mbak Idah, atas informasinya.

  21. maksih ya mbak info nya :D

  22. thanks bu dokter

  23. benzamin · · Balas

    kalau makanan yang mengandung susu,bisa ngakk bu?

  24. Wah kayaknya pernah nih saya minum obat terus ngopi :(
    thanks infonya..

  25. bj hihadat 19 · · Balas

    kasih info dong makanan atau minuman apa saja yang nggak boleh di konsumsi berbarengan, thanks

  26. Rifki Adzimi · · Balas

    Kalo teranjur minum kopi trus efekna apa? Bahaya g?
    Trims

  27. nice info.
    tapi kalo susu menurutku gak apa apa…

  28. […] Makanan dan Minuman yang harus dihindari saat minum obat. 34 comments July 2012 […]

  29. Saya hanya merasa sakit sedikit,,,duch brhsil gak yah

  30. Terimakasih infonya :)

  31. makasih untuk infonya :)

  32. Alhamdullah sangat berguna sekali infonya

  33. aqu lg kena isk,dan pylonefritis,gmana cra mengobatinya.

    ak kena isk udh 8th .tp gk smbuh2

    gmana cra mengobtinya ya

  34. Penyakit gonorre bsa smbuh g

  35. […] File Name : Makanan dan minuman yang harus dihindari saat minum obat Source : idahceris.wordpress.com Download : Makanan dan minuman yang harus dihindari saat minum obat […]

Tolong tinggalkan goresan manis disini. . . "salam senyuum" ^_*

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: