TPQ Al-Huda mendapat Arisan Buku

Taman Bacaan Al-Qur’an (TPQ) Al-Huda adalah sebuah Taman Bacaan untuk belajar mengaji anak-anak di Desa Kapencar tempat saya KPM dahulu. Kegiatan mengaji di TPQ Al-Huda memang sudah lama aktif dalam kegiatannya. Kegiatan mengaji dilaksanakan ba’da ashar yang bertempat di rumah Pak Muhlisun.

TPQ Al-Huda

Melihat semangat anak-anak dalam mengaji serta membaca iqra’, tim KPM mempunyai keinginan untuk memberi kenang-kenangan beberapa iqra’ untuk anak-anak TPQ. Alhamdulillah, keinginan tersebut terlaksana dan mendapat respon yang hangat dari ade-ade TPQ serta pengurusnya. Kami tidak berhenti pada satu keinginan, dengan menganut sistem sekali mendayung, dua atau tiga pulau terlampaui kami mempunyai keinginan lain. Sistem tersebut berkaitan dengan program kerja KPM, bahwa dalam kegiatan KPM tim harus membuat program kerja fisik. Program kerja fisik merupakan program kerja yang harus menghasilkan kegiatan fisik atau harus terlihat hasilnya secara nyata. Program pengadaan perpustakaan untuk anak-anak TPQ inilah yang menjadi keinginan kami selanjutnya sekaligus sebagai salah satu program kerja fisik.

Dalam pengadaan perpustakaan, kami tidak bekerja sendiri melainkan dengan bantuan dari berbagai pihak. Kami meminta bantuan kepada bebagai pihak dalam pengadaan buku dengan melampirkan satu bendel proposal. Dengan jadwal yang sudah tersusun, kami berusaha semaksimal mungkin membagi waktu untuk melaksanakan tugas kami. Alhamdulillah, semua program kerja dalam pengadaan perpustakaan berjalan dengan baik dan memuaskan. Tanggapan postif datang dari pengurus TPQ dan warga desa setempat dan akhirnya perpustakan di TPQ Al-Huda sudah di resmikan oleh Ibu Kepala Desa Kapencar.

Itulah perjalanan kami dalam pengadaan perpustakaan, itung-itung sembari mengenang masa-masa indah saat pengadaan perpustakaan. :lovekiss: Beberapa bulan yang lalu, telah terbentuk suatu group di jejaring sosial “facebook” yaitu Arisan Buku Blogger. Mungkin Arisan Buku Blogger ini bisa dikatakan sebagai saudaranya Blogger Hibah Sejuta Buku (BHSB), karena sama-sama bertemakan “Buku Blogger”. Arisan Buku Blogger terbentuk sejak tanggal 16 Mei 2012, ada beberapa orang yang sudah masuk menjadi anggota, tetapi yang aktif dalam arisan baru 18 orang. Sang Admin Arisan Buku mengtok palu dan memutuskan kalau bulan Juni 2012 arisan dimulai.

Karena saat itu ada beberapa yang belum setor arisan, jadi sembari menunggu arisan kumpul adminnya woro-woro dan menagih arisan dengan bantuan toa. :megaphone: Rp. 10.000,- inilah nominal untuk arisan buku yang diadakan setiap bulannya. Pada bulan Juli terkumpul 18 Orang yang siap arisan, jadi total uang masuk adalah Rp. 180.000,-. Ini merupakan langkah awal untuk sebuah arisan buku dan alhamdulillah ada tambahan dari Hamba Alloh dan total arisan menjadi Rp. 310.000,-. Seluruh uang tersebut sudah digunakan untuk belanja buku. Tanggal arisan pada bulan Juni mepet dengan bulan Juli, jadi arisan dilaksanakan untuk dua bulan sekalian yaitu bulan Juni dan Juli.

Via menyerahkan Paketan buku kepada Bu Maya

Alhamdulillah TPQ Al-Huda mendapat arisan buku pada kocokan pertama, yaitu untuk bulan Juli. Dengan bantuan mba retna dan melalui saya, akhirnya buku sudah sampai di TPQ Al-Huda. Teman saya, via memberikan buku kepada Bu Maya masih dalam keadaan tertutup.

Buku-buku

Setelah dibuka paketannya, terdapat 29 buku dengan berbagai macam judul buku. Alhamdulillah, Perpustakaan TPQ Al-Huda mendapatkan tambahan buku dan tentunya sangat bermanfaat untuk anak-anak TPQ.

Perpustakaan TPQ Al-Huda Sekarang

Perpustakan memang terlihat berantakan, karena bulan kemarin TPQ Al-Huda baru saja mengadakan khotmil qur’an dan belum sempat di rapikan kembali. Kami lihat sudah ada kemajuan dalam pengelolaan buku dan administrasinya. Terlihat label huruf dalam setiap rak, huruf tersebut berfungsi untuk mengelompokkan buku berdasarkan judul buku secara alphabetik untuk memudahkan penulisan peminjaman dan pengembalian buku.

Terima kasih kepada penyelenggara arisan dan semua sahabat yang tergabung dalam group arisan buku blogger, semoga buku yang telah dikirim untuk TPQ Al-Huda bermanfaat untuk anak-anak yang membacanya. Doa dan harapan dari kami, semoga yang membantu perpustakaan ini selalu diberi rejeki yang barokah dan semoga amal ibadah adik-adik semua mendapatkan balasan dari Alloh SWT. (Pak Mukhlisun dan Bu Maya). Itulah pesan dari keluarga Pak Mukhlisun untuk teman-teman yang tergabung dalam Arisan Buku Blogger. Saya mewakili teman-teman KPM juga mengucapkan banyak terimakasih kepada teman-teman atas perhatian dan bantuannya. Jazakumullah khoiron katsiron.

Bergabung dengan Arisan Buku

Catatan:

Alhamdulillah, kemarin dapat kabar dari Mba Anaz, kalau ada sumbangan juga dari komunitas suara TKI untuk bulan juli-september. Untuk kocokan arisan buku tahap ke dua, jatuh pada perpustakaan sekolah SDN Panyepen 1 dan 2, Jrengik, Sampang, Madura. Laporan selengkapnya bisa dibaca pada blognya miss tutus. :senyum:

Salam Senyum

About these ads

2 komentar

  1. dari judulnya “TPQ Al-Huda mendapat Arisan Buku”, karena saya juga suka ngajar (ekskul sih di SMA/SMK), saya senang deh baca ini. :-)

    1. Iya, dapat bantuan dari komunitas Arisan Buku.
      Alhamdulillaah ya. . :)

Tolong tinggalkan goresan manis disini. . . "salam senyuum" ^_*

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: