Metodologi Riset

BAB I

PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah

Proses belajar mengajar terdiri dari komponen-komponen yang saling mempengaruhi yakni tujuan intruksional yang ingin dicapai, materi yang diajarkan Tentor dan siswa yang harus memainkan peranan serta ada dalam hubungan sosial tertentu, jenis kegiatan yang dilakukan serta sarana dan prasarana belajar mengajar yang tersedia.

Tantangan bagi Bimbingan Belajar Dipayuda untuk bisa menciptakan anak-anak didik yang mengenal dan mampu mengatasi ketertinggalannya akan ilmu pengetahuan dan teknologi. Bimbingan Belajar Dipayuda tempat kami mengadakan penelitian adalah salah satu Bimbingan Belajar di Kabupaten Banjarnegara yang dalam mata pelajaran atau mata kursus tertentu telah dikenalkan dengan pembelajaran multimedia.

Bagi sebagian orang atau masyarakat beranggapan bahwa pembelajaran multimedia dengan menggunakan perangkat komputer, multimedia dan perlengkapannya termasuk barang mewah dan hanya BIMBEL tertentu saja yang dapat menerapkannya. Namun demikian bila BIMBEL telah memiliki perangkat tersebut, maka tidak ada salahnya pengenalan atau penggunaan teknologi  dianjurkan untuk dimanfaatkan.

B.     Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan di atas, maka dapat dirumuskan permasalahan yang diteliti adalah :

Kurangnya kesiapan Tentor pada Bimbingan Belajar Dipayuda dalam memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam suatu pembelajaran.

C.    Tujuan Penelitian

Tujuan Penelitan pada Bimbingan Belajar Dipayuda adalah:

Memperoleh gambaran tentang kesiapan Tentor pada Bimbingan Belajar Dipayuda dalam pembelajaran yang berbasis Multimedia.

D.    Manfaat Penelitian

Adapun manfaat yang diharapkan dari penelitian ini adalah:

1.      Bagi Peneliti:

  • Untuk menambah wawasan, kemampuan, pengetahuan, dan keterampilan pada diri peneliti terutama dalam memahami pembelajaran berbasis multimedia.
  • Mendapat pengalaman baru dalam penelitian yang dilakukan secara langsung ini.

2.      Bagi Bimbingan Belajar Dipayuda

  • Sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan kebijakan pelaksanaan  pembelajaran berbasis multimedia guna meningkatkan mutu pendidikan.
  • Untuk menambah masukan dan gambaran bagi tentor-tentor yang ada di Bimbel Dipayuda.

3.      Bagi Siswa Bimbingan Belajar Dipayuda

  • Pengenalan perangkat teknologi informasi dan komunikasi kepada siswa.
  • Metode pembelajaran yang menyenangkan dapat menambah motivasi belajar siswa.
  • Mengejar ketertinggalan akan pengetahuan tentang Iptek di bidang pendidikan.

Untuk lebih lengkapnya download link di bawah ini.

Tugas Metopen

Hayoo...Ngomen dengan bijak, ya! ^_*

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: