Tips untuk meminta bantuan kepada orang lain.

Dalam kehidupan sehari-hari sudah biasa dan sudah tidak asing dengan kata “Tolong”. Sebagai makhluk sosial, kita tentunya membutuhkan orang lain, baik untuk sekedar bercerita, musyawarah, jalan-jalan dan masih banyak lagi yang bisa kita kerjakan dengan orang lain.

TTM. . .Sejauh ini kita mengenal kata TTM hanya sebatas kata konotasi atau kata yang mempunyai arti negatif. Terus apakah ada arti lain dari TTM itu, β€œTeman Tapi Mesra”. . . πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ atau adakah arti positif dari kata TTM? πŸ˜‰

TTM adalah salah satu kata yang lumayan ampuh dan jitu untuk meminta bantuan kepada orang lain. πŸ˜€

Jika kita sakit maka kita harus pergi ke dokter, meminta bantuan untuk memeriksa sakit kita?

Jika ban motor kita kempes kita langsung teringat pada tukang tambal ban dan pergilah kita ke sana? Tapi sadarkah kita saat kita punya masalah kita harus minta tolong sama siapa? (Alloh, itu jawaban yang sudah pasti). ^_*

Tapi selain dengan Alloh, tentunya kita bisa mengadu dan minta bantuan kepada orang untuk menjadi perantara.Β  πŸ™‚

Hal tersebut akan menjadi mudah dan lancaar, kalau kita meminta bantuan kepada orang lain dengan halus dan tentu saja tetap ada tata kramanya atau unggah-ungguh. πŸ™„

TTM merupakan salah satu teknik atau cara yang bisa kita gunakan untuk meminta orang lain melakukan sesuatu untuk kita, ke tiga huruf cukup efektif untuk mewakilinya. TTM yang aku maksud yaitu Tolong, Terimakasih, Maaf. 😎

1.Β Β Β Β  Tolong,

Kata tolong merupakan kata yang sangat bijaksana, bahkan kata wajib yang pertama keluar kita ketika kita meminta bantuan kepada orang lain.

Contoh:

Tolong mba, bisakah kamu mengambilkan pulpen untukku? πŸ˜‰

Tolong kak, link Langkah Catatanku di pasang di blog kakak juga ya? LinkΒ  kakak udah idah pasang. πŸ™‚ πŸ™‚Β  (sok kenal karena ingin eksiis plus narsiiis). Hahahhaaha.

Ketika kita minta bantuan dengan kata depan β€œTolong” rasanya di telinga itu sangat enak di dengar, dan tentunya yang di mintai tolong juga merasa di hargai.

2.Β Β Β Β  Terimakasih,

Terimakasih umumnya kita ucapkan pada akhir sesion atau akhir percakapan, begitu juga pada permintaan bantuan. Biasanya di ucapkan setelah mereka mau menolong kita terus kita baru mengucapkan terimakasih, dan kalau mereka gak mau atau tidak bisa menolong kita apa yang akan terjadi? Masih mau mengucapkan terimakasihkah? πŸ˜€

Contoh:

………………Terimakasih sekali jika kamu mau menolongku? 😎

………………Terimakasih sekali kalau kakak mau bertukar Β link dengan idah.Β  πŸ™‚

Kata terimakasih sudah harus kita budayakan, kata yang pendek namun kadang kita lupa mengucapkannya kepada orang yang telah membantu kita.

3.Β Β Β Β  Maaf.

Kata maaf mungkin lebih identik dan lebih banyak kita pakai untuk permintaan maafΒ  bukan permintaan tolong. (ya iyyalah, namanya aja maaf). πŸ˜‰

Tapi kata maaf di sini bukan karena kelalaian atau kesalahan tetapi seperti yang sudah aku katakan yaitu untuk permintaan tolong. . .

Contoh :

Maaf kak, bisakah kamu membantuku? πŸ˜›

Maaf Β mba, link Langkah Catatanku koq belum terpasang ya?.

Jadi tidak selamanya kata maaf digunakan untuk permintaan maaf, bisa juga untuk permintaan tolong. πŸ™‚

Dengan membudayakan hidup TTM, insyaAlloh teman kita akan lebih menyayangi, mengerti dan memahami kita. Memahami kalau kita sering minta tolong. πŸ˜€

Yoha. . .mulai sekarang budayakan hidup TTM (Tolong, Terimakasih, Maaf) dan buang jauh-jauh arti kata TTM (Teman Tapi Mesra), kalau perlu kubur saja. :D.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat dalam kehidupan kita sehari-hari baik di rumah, kampus maupun di tempat kerja. (dimanapun kita berada).

Salam Senyuum. ^_*

Iklan

39 komentar

  1. sya harus ingat selalu nich….TTM..
    nice post Idah….!

    1. iyya kak bens. . .
      mari budayakan hidup TTM. . . πŸ™‚

  2. Itu mah MAGIC WORD, πŸ˜€

    1. betuuuuul banget kak gandi. . .

      SP (Super Magic). . .

  3. saya ingat dulu pernah dikatakan juga oleh Aa’gym, tolong terimakasih maaf πŸ™‚

    siiip deh πŸ™‚

    1. hihihi. . .

      idah malah gak ngaji pas aa lagi ada ceramah tentang TTM. . . πŸ™‚

  4. rajacolek · · Balas

    hai ceris………kunjungan malam-malam neee hhehehe..pakabar.. asyik juga TTM-an hihihhi

    1. mari kak raja. . .

      budayakan TTMan. . . πŸ˜€

  5. Irfan Handi · · Balas

    Alhamdulillah saya selalu ingat untuk mengatakan salah satu hal diatas jika ingin meminta bantuan.
    Rasanya lebih sopan aja dek.
    Terimakasih telah mengingatkan kembali.

    1. iyya kak. . .

      walaupun kita sudah kenal tapi harus ada unggah-ungguhnya to kalau mau minta bantuan? πŸ™‚

  6. TTM ya? kalau bahasa Inggrisnya apa?
    Please, Thanks, Excuse berarti singkatannya PTE.
    Bagaimana kalau TTM bukan TemanTapiMesra tapi TemanTapiMenikah…

    Salam Takzim,
    Bagus H. Jihad

    1. hehehe. . .
      kak Bagus bisa aja.
      tapi karena kita orang indonesia jadi pake bahasa kita aja ya kak?

      Teman Tapi Menikah?
      emmmmm. . .ntar dulu deeh,perlu mikir-mikir. πŸ˜€

  7. TTM = Tolong Terimakasih Maaf. 3 kata ajaib yang menenangkan pendengarnya. πŸ˜€

  8. kalau versinya Yisha itu “mohon” hehehe πŸ˜€
    Yuk, mari TTM-an, Idah πŸ˜€

    1. hihihihihi. . .
      kalau versi kak fariz apa coba? πŸ˜›

  9. ttm ya…hmmm..MAAF kk idah link blog kk idah sudah terpasang ehhehe, jadi TOLONG link aku juga dipasang ya kk heheh TERIMA KASIH ^^ gitu kali ya peng artiannya ^^ nice post^_^ KK

    1. okay. . .
      seperti itu kira2. . .

      link kak kamal sudah idah pasang lho?
      ayo dicek di sidebar Sahabat Idah. . .

  10. TTM
    πŸ˜€ tiga kata yang super sekali!

    1. hihihi. . .

      mba mayaaaaaaaaaaaaaaaa. . . . πŸ™‚

  11. hahahha…. tipsnya lucu… bisa diterapkan nih…
    jadi orang imut lagi…. πŸ˜€

    1. hihihihi. . .

      kak widhi yang imuut. . .
      mari budayakan hidup TTM, biar kembali imuuuut. . . πŸ˜€

  12. Benar sekaliiiii…. Mba Idah, (TTM) Tolong, Terima kasih, Maaf perlu dibudayakan. mulai dari diri sendiri, dari keseharian kita, dari sekarang dan terus menerus. Dengan harapan dapat menginspirasi siapa saja, yang pada akhirnya akan membudaya.
    TTM (Teman Tapi Mesra) buang jauh-jauh/kubur????? sayang sekali ^—-^

    1. Setujuuu kak nurdiiin M.TOP. πŸ˜€

  13. ehhehehhe…keren idah :)..kocak tentang TTM..tapi bagus :)..hehehe Gud.. πŸ™‚

    1. Gud. . Gud. . .

      Gud Morniing kak Moring. . . hihihihii

  14. saya pernah kehilangan akal untuk minta bantuan sama siapa…
    dompet ketinggalan, sementara minyak motor habis di jalan… jadi gak tau mau minta tolong sama siapa… dikantong gak ada duit sepeserpun.. 😦 😦 😦

    1. tentunya minta tolongnya kepada penjual bensin dunk kak?
      dengan jaminan SIM di tinggal insyaalloh penjual bensin mau membantu. . .

      tentu saja diawali dengan kata TTM. πŸ˜€

  15. Tolong, Terimakasih, dan Maaf itu memang tiga kata yang bisa jadi sering dilupakan. Ironisnya, ini berbanding terbalik dengan keakraban. Sering merasa kalau sudah akrab, tak perlu lagi 3 kata itu… πŸ˜•

    *ngaca*

    1. hihihhi. . .
      kak alexa yang baik hatinya. πŸ™‚

      benar sekali, tapi ada baiknya kalau TTM tetap tertanam dihati kita.
      walaupun sudah akrab tapi kalau TTMnya gak keluar kadang teman kita nyeloteh “gak lah,printah mulu” πŸ™‚

      untuk menghindari hal-hal seperti itu lhow kak?
      salam senyuum. . . ^_*

  16. kalau begitu saya akan mencoba TTM /(^.^”)

    Tolong – Terima Kasih – Maaf bukan Teman – Tapi – Mesra

    Terima Kasih Infonya ya Mbak

    1. hehehe. . .

      setuujjuuu kak ekoo. πŸ˜€

  17. kalo TTM yang ini pasti sangat diperlukan banget nih, semua orang harus bisa TTM yang ini

    1. yuk mari TTMan kak. . . πŸ˜€

  18. wah TTM fersi baru yak. . ..

    1. iya ini kak. . .
      biar tambah segeer denger kata TTM. . . πŸ˜€

  19. Setelah baca tulisan ini perasaan saya lebih tercerahkan, terima kasih atas tulisan yang indah ini idah ceris

  20. Bagus nih. Definisi istilah yg negatif harus dilawan dgn yg positif (walau tidak selalu). Teman tapi mesra versus tolong terimakasih maaf? Tentu aja, aku pilih yg kedua.
    Terima kasih mbak Idah.. #langsungpraktekin hehe

    1. @kak photrot. . . Alkhamdulillaah deh kak? πŸ™‚
      @mba oktina. . .ayoow,kita budayakan TTM. πŸ˜€

Hayoo...Ngomen dengan bijak, ya! ^_*

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: