Buah Naga.

Buah naga. . .sudah tau kan dengan buah naga?

Bukan naga ular, tetapi naga nama buah.😉.  Untuk bidang pertanian, yang menjadi potensi di daerahku sebenarnya bukan buah naga tetapi Buah Salak, karena harga buah salak yang semakin hari semakin tidak terkontrol alias anjrooot, menyurutkan para petani untuk mengambil alih lahannya untuk bercocok tanam yang lain dan gak ada salahnya kalau para petani ikut mencoba hal baru dalam bercocok tanam Naga.😉 Selain buah salak mereka sebagian juga ada yang menanam padi.

Pohon Naga subur

Pohon Naga yang subuur.😉

Di daerahku (Kecamatan Madukara) penanaman Buah Naga sedang menjadi uji coba untuk sebagian petani. Benar-benar harus ekstra hati-hati untuk menanam buah naga, karena ada durinyaa di sekitar phon naga tersebut?😆 untuk menanamnya lumayan mudah tapi untuk perawatanya yang lumayan butuh kesabaran.

Buah Naga

Pohon Naga.

Pertama yang dilakukan yaitu harus membuat lobang kurang lebih 1×1 meter. Kedua, membuat beton untuk merambatkan pohon naga. Dua itu yang harus dipersiapkan.😉. Setelah tertanam, kita tinggal menunggu bunganya datang.😀😀😀 maksudnya menunggu bunga tumbuh dari pohonnya.😉.

Phon Naga mulai berbuah

Pohon sedang berbunga.

Paling susah katanya pas tahap penyerbukan. . .kalau pohon sudah berbunga, harus segera di serbuk, dan supaya hasil penyerbukan maksimal penyerbukan dilakukan pada malam hari.😉

Waaaaaaah, malam-malam harus ke kebuuun. . .ngeriiii deeeh.😀 usahakan bunga jangan sampai rontok atau berjatuhan, karena kalau jaroh yo wiiis,ngalamat gagal paneeeeeeen. Wkwkwkwkwkw

Sebenarnya sudah lumayan lama mereka menanam buah naga ini, kira-kira sudah 1 tahunan, akan tetapi untuk menanti panen mereka harus ekstra sabar. Beda dengan buah salak yang bisa di panen setiap minggu, buah naga ini bisa di panen setelah kurang-lebih 6 bulan (untuk masa panen).

Ada dua jenis buah naga, yaitu buah naga yang dalamnya (isinya) berwarna merah dan yang dalamnya (isinya) berwarna putih.

Naga Putih dan Merah

Buah naga mempunyai khasiat dan manfaat untuk kesehatan diantaranya yaitu sebagai penyeimbang kadar gula darah, pelindung kesehatan mulut, pencegah kanker usus, mengurangi kolesterol, pencegah pendarahan dan mengobati keluhan keputihan. Buah naga biasanya dikonsumsi dalam bentuk buah segar sebagai penghilang dahaga, karena buah naga mengandung kadar air tinggi sekitar 90 % dari berat buah. Rasanya cukup manis, dan aku sudah mencoba menikmatinya semua, dan ternyata segeer juga. Apalagi kalau di jus? Nyammmiii deeeh. . .😉.

Buah naga merah sangat baik untuk sistem peredaran darah, juga memberikan efek mengurangi tekanan emosi dan menetralkan toksik dalam darah, mencegah kandungan kolesterol yang tinggi dalam darah dan menurunkan kadar lemak dalam tubuh. (maknyuuuuuuus banget khasiatny).

Kalau ada yang ingin menikmatinya, call me call me. . .😀. 1 kilonya Rp. 20.000,-. Wkwwkkkwk.😛

Adikku yang baru memetiknya dari pohon. . .

Sumber: My Beloved Brother.

63 komentar

  1. buah naga, itu kata orang makanannya ular yah??😀😀

    1. ahahahaha. . .

      bukaan kak. . .makanannya orang.😛

  2. Idah….aku boleh gag dikirimin sekilo dulu buat nyobain..wkwkwkwk

    1. alamatnya mana kak. .. 😀

  3. hm, aku takut makan buah ini….

    1. waaaaaaaw. . .

      takut karena belum pernah pastii ya?
      mau gak?
      tak buatin juss. . .😀

  4. sekilo duapuluh ribu? dapet berapa buah tuh?

    1. untuk ukuran sedang seperti di atas dapat 2 kak. . .😉

      1. sepuluh ribuan satu? hmmm…. lumayan mahal juga ya????

  5. belom pernah nyobain buah naga😐

    1. pingin mencoba gak kak agam?😉

      1. mw dong😀 mana-mana ?

        1. ini ada di rumah. . .mau berapa tinggal ambil?😀

          1. brapa yah ? enaknya berapa ? hayo berapa ?😛

  6. klo aku sudah,, yang belom itu,, nyobain daging ular naga,,hehehee

    1. whahahhahaha. . .

      adanya di sungokong kak.😛

  7. saya sering mengonsumsi buah ini dengan keluarga. disaat ada upacara adat kami membuat Sesajen dengan buah ini. ternyata manfaatnya berguna sekali bagi kesehatan. bagus untuk bapak saya untuk mengobati diabetesnya
    makasi idah cantik, takut bilang jelek. entar ngambek lagi nie si Idah. hehhe peace…

    1. idiiiih. . .

      gak usah di bilang cantik emg udah cantik koq kak.😛
      di daerah km udah bnyak ya kak?

  8. mbak saya pernah menanamnya tapi malah mati…
    apa karena di t4 saya terlalu lembab ya ..???

    1. waaah. . .
      mungkin juga kak?
      kalau di tanam di atas pasir malah semakin subur. . .
      itu seperti di depan rumah. . .
      smpai ke genting krn saking suburnya?😀

  9. Buah naga emang maknyuuuss…,aku jg suka tuh,tp kl ditukang buah biasanya dijual perbuah..

    1. waaaah. . .
      kalau perbuah itu berapa kak harganya?

  10. bedanya antara yang merah sama yang putih apa idah??

    1. perbedaan rasa:
      kalau yang putih lebih seger.
      perbedaan khasiat:
      lebih mujarab yang merah.
      perbedaan harga:
      lebih mahal yang merah.

      perbedaan apa lagi ya kak?
      perbedaan luarnya?
      kalau yang merah durinya lebih renggang. . .😉

  11. wah rasanya asem2 gmn tuh, saya dah coba buat jus nya🙂

    1. segeeeeeeeer kak. . . 😉

  12. wuih…. gak takut rubuh tuh ada pohon buah naga di atap?

    1. hehehehehe. . .

      lebih kokoh rumahnya kali kak wid. . .😉

  13. Yang warna merah lebih banyak manfaatnya dari yang putih ya mba ?

    1. betuul sekalii kak. .. 😉

  14. wah mau dunk.. di denpasar harganya masih mahal… jadi pingin.. sueger banget… apa lagi biji yang kecil kecil item.. cetus cetus….

    1. hihii. . .

      kalau deket tak kasiiih yakiin.😉

  15. wah..
    di depan rumah juga bisa tumbuh ya ??

    hwehee

    lapor, di blogrool kok link ku belum ada ya mbak ? kemaren uda tukar link kan ?

    1. iyya kak. .

      laporan di terima.. . teimakasiih ya?

  16. wah, enak tuh kayaknya,,
    bole nyicipin kagak ??😀

  17. di batam banyak nih buah naga😉

  18. gue udah tanam ini pohonnya. masih termasuk golongan kaktus kan?
    tapi sampe sekarang dia gak merambat😀

    1. @kak fauzam. . .boleeeeeh bangeeeet. . .😉
      @mba tei. . .waah,disana lagi musim ya mba?😉
      @kak anunaki. . .iyya kak bener,gak di rambatin kali kak?😉

  19. makan buah naga ….?? jangan sampe berubah jadi NAGA….

  20. Abed Saragih · · Balas

    Belum pernah ngerasain tapi banyak khasiatnya sih dari buah naga nih.

    1. ayo. .mencoba kak. . .😉

  21. wah saya pernah makan tuh ternyata 1 kilo Rp 20.000 yach,,, hmm mahal🙂

    1. hohohoh. . .

      mahaaaaaaaaal?
      enggak lah kak . .mahalan pizza.😛

  22. wahh baru tau ada yang warna isinya merah biasanya di es buah yang putih – tapi kok pohonnnya ngegantung di atap ya mbak🙂

    1. ada dunk. . .

      iyya kak ekooo,karena di rambatin. ..daripada di patahkan kan kasiaaan?😉

  23. Artikel yang menarik dan informatif, saya sangat tertarik dengan buah naga ini, ini komoditi yang lumayan laku keras di pasaran,di daerah sumedang ada petani yang menanam buah naga ini. saya mau mencoba tanam di bogor, kira2 cocok gak ya, karena bogor kan kota hujan akan mengalami kesulitan saat penyerbukan..?

    1. kalau mau menanam buah ini harus di tempat yang terang kak dede. . .
      waaaah. . .kalau habis di serbuk kena hujan bunganya laangsung layuu. . .😉

      1. Terimakasih atas info-nya di Ceris, ..!

  24. saya paling suka kalo dijus..ngemeng2,madukara dmn idah?

    1. ngmiing-ngemiing daerah Jawa TEngah kak lea. .. 😉

      1. jawa tengah mana ya??soalnya rasa2nya tdk asing ditelinga saya…

        1. banjarnegara tau gak kak?

          1. wah,deket rumah saya donk…saya purbalingga

          2. wah. .
            pubalingganya ngendi e kak. . 😉

  25. aku pernahamakan disebeleh musium uang purbalingga mba, rasanya manis baget, jadi kepengen maning… hhhehe

    1. ya dolan ngene. . meng banjar, mgko tak kei. . 😀

  26. Buah naga itu buah yang eksotis!😳

    1. sudah pernah nicip mencicip belum kak asop?😉

      1. Sudah dong. Dan rasanya pun lain dari buah yang lain. Khas gitu, rasa manisnya.😳

  27. Wow, fantastic blog layout! How long have you been blogging for? you made blogging look easy. The overall look of your website is excellent, as well as the content!. Thanks For Your article about Buah Naga. Langkah Catatanku .

  28. Ahmad Alkadri · · Balas

    Buah naga? Hehe… dulu saya pernah ikut ngerawat buah naga punyanya guru saya pas SMA, sampai panen pula🙂

    Lebih mudah kan mas menanamnya?🙂

  29. Title…

    […]Who would like to get burger absolutely free?[…]…

  30. […] calon Buah Naga. Baru-baru ini pohon naga yang berada di depan rumah orang tua saya sudah mulai memunculkan bakal […]

Hayoo...Ngomen dengan bijak, ya! ^_*

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: