Museum Dieng Kailasa.

Dieng adalah kawasan dataran tinggi di Jawa Tengah, yang masuk wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo. Letaknya berada di sebelah barat kompleks Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Lho koq bisa masuk dua wilayah?:mrgreen: . Ada beberapa obyek wisata di Dieng, letak obyek wisatanya pas perbatasan dan obyek tersebut ada yang ikut wilayah Kabupaten Banjarnegara dan ada juga yang ikut wilayah Kabupaten Wonosobo jadi masuklah Wisata Dieng ke dalam dua Kabupaten, sejauh ini terkenalnya si Dieng masuk wilayah Kabupaten Wonosobo, entah karena apa aku kurang tau. J mungkin kerena letaknnya lebih dekatan dengan Kabupaten Wonosobo. Tapi yang jelas Dieng adalah Obyek wisata yang terletak di Jawa Tengah.πŸ˜†

Dieng adalah kawasan vulkanik aktif dan dapat dikatakan merupakan gunung api raksasa dengan beberapa kepundan kawah. Ketinggian rata-rata adalah sekitar 2.000m di atas permukaan laut. Suhu berkisar 15β€”20Β Β°C di siang hari dan 10Β Β°C di malam hari. Pada musim kemarau (Juli dan Agustus), suhu udara dapat mencapai 0Β Β°C di pagi hari dan memunculkan embun beku yang oleh penduduk setempat disebut bun upas (“embun racun”) karena menyebabkan kerusakan pada tanaman pertanian.Β  Sumber: Dieng Plateau.

Bulan kemarin, kemarin, kemarin dan kemarinnya lagi aku bersama teman-teman main ke Dieng. Kali pertama aku berkunjung ke dieng dan kalau teman-teman yang lain katanya sudah bola-bali (sering). Tidak tau kenapa aku ingin sekali kesana, padahal sedang musim hujan. Rencananya kami berangkat ber 5 (lima), β€œ aku, Chamdy Shebarani, Anna Umie, Sisry Ballwel dan Isti Grece β€œ tapi rencana meleset sedikit karena si Luna Grece tiba-tiba gak jadi ikuut karena ada sesuatuu.πŸ˜‰ tapi kemunduran Luna dari keikutsertaan tidak menyurutkan niat kami khususnya aku.😎

Kami ber 4 (empat) berangkat ke Dieng lewat jalan Wonosobo, berangkat dari rumah sengaja pagi (jam 08.00) biar tidak bertemu dengan hujan, karena ada yang bilang β€œDieng tiada hari tanpa hujan”.

Mendaki gunung, lewati lembah. . .disepanjang jalan selalu ada cerita, tidak hentinya tertawa karena melihat apa yang bisa dilihat dan menimbulkan keanehan (memang orang aneh), senyum, dan kejadian-kejadian yang sangat miris. Kami ber 4 (empat) telah masuk wilayah dieng, sebelum masuk kami harus membayar tiket masuk seharga Rp. 2.000,- per orang . Kamipun membayarnya dengan uang Rp. 10.000,- tapi koq dikembalikan Rp. 4.000,- ya ke kami? (toeeng. . .toeeeng).

Β Traaaraaaaaaaaaaang taam. . .sampai parkiran,pertama yang dilihat adalah gorengan. . .jajan dan baju-baju.πŸ˜‰.

Mulai menghirup udara yang segar, angin yang kencang dan kabut yang masih tipisπŸ˜† menapaki jejak sang dewa dewi cinta, kamipun langsung menelusuri kawasan.

Baru sampai, langsung mengabadikan moment.

Yang kami kunjungi pertama adalah Candi Dieng. Candi-candi di kawasan Dieng terbagi dalam 3 kelompok dan satu candi yang berdiri sendiri. Penamaan candi – candi di dataran tinggi dieng berdasarkan nama tokoh dalam cerita wayang. Ketiga kelompok candi tersebut adalah Kelompok Arjuna, Kelompok Gatutkaca, Kelompok Dwarawati dan candi yang berdiri sendiri seperti Candi Bima, Candi Gatutkaca, Candi Dwarawatik, Candi Parikesit, Candi Sentyaki, Candi Ontorejo, Candi Samba, Candi Nakula, Candi Sadewa, Candi Gareng, Candi Petruk dan Candi Bagong. Secara kewilayahan komplek candi dieng masuk Kabupatean Banjarnegara.πŸ˜‰

Β Jalan menuju candi yang penuh dengan pohon, bunga dan grimis.πŸ˜‰ waktu perjalanan menuju ke candi ini langit menangis. Dan kamipun grimisan.πŸ˜†

Jalan menuju candi.

Kami berjalan tidak terarah karena grimis, ada yang jalan pelan menikmati rintik hujan, ada yang lari-lari kecil, dan ada juga berteduh dibawah pepohonan sambil enaknya cengar-cengir.πŸ˜€. Berjalan kurang lebih 5 menit sampilah kami di kawasan candi. Menapaki candi satu persatu dari arah barat ke timur kamipun dan ijin untuk berfoto sama dewa dan dewi.πŸ˜‰

Walaupun grimis, tapi di candi tersebut lumayan banyak pengunjung. . .banyak orang yang berpasangan disana.πŸ˜‰.

Waaaaaaah, baru jam 11 tapi kabut sudah mulai menampakkan diri. Kamipun segera jalan arah pulang karena kabutnya sudah mulai tebal disertai dengan grimis dan kami juga belum mengunjungi kawasan museumnya.

Kabut Mulai datang

Pas mau jalan pulang, eh liat bapak-bapak bule gituuuu, turis-turis mringiiis.πŸ˜€. AbadikanΒ  momeeent, foto bareng yuh. . .πŸ˜†

Bermringis ria dengan pengunjung.

Lets gooooooo. . .lumayan lapaaaaaaar,cari makan dulu seadanya?πŸ˜‰

Menikmati siomay yang dinginnn. .πŸ˜‰

Dari tempat makan kita dapat melihat museum kailasa.😎.

Tampak depan dieng kailasa.

Museum Dieng “Kailasa” merupakan sebuah museum yang terletak di kompleks Gedung Arca milik Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Jawa Tengah, di dekat Candi Gatotkaca, Dieng, Kecamatan Batur, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah. Museum ini diresmikan oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata RI, pada tanggal 28 Juli 2008. Museum ini diberi nama Kailasa, sesuai dengan nama salah gunung tempat tinggal Dewa Syiwa. Nama ini diambil karena kepurbakalaan Dieng diwarnai dengan pemujaan terhadap Dewa Syiwa, yang dapat diketahui dari percandian maupun prasasti.

Kami datang di waktu yang kurang tepat, karena pas kami sampai kailasa petugas sedang pada istirahat jadi ya kami hanya bisa melihat dari luar saja. Yang kami lihat dari luar ada teater yang berisi film dokumenter tentang candi, arkeologi, dan prasasti dieng.

Museum tutup juga.πŸ™‚

Fasilitas lain yang terdapat disekitar museum kailasa seperti, Cafe sebagai tempat peristirahatan yang nyaman untuk wisatawan dan pusat oleh – oleh berupa cideramata khas dieng.πŸ˜‰

Tampak lelah dalam wajah GG. . .sebenarnya masih banyak objek wisata yang belum kami kunjungi antara lain telaga, kawah, kebun teh dll, tapi karena personel GG cewek semua jadi agak takut kalau sampai sore. . .takut di jalan ada culik atau penjahat bertopeng. :DKeindahan dan keagungan Komplek candi dieng tidak hanya mendapatkan pengakuan masyarakat Indonesia sendiri, melainkanΒ  sudah dianggap sebagai warisan kebudayaan dunia. Terbukti tak sedikit turis mancanegara yang berkunjung ke dataran tinggi dieng. Sudah sepatutnya kita ikut menjaga dan merawat keberadaan komplek candi dieng melalui tindakan – tindakan nyata.πŸ™„

Chamdy Shebarani

Sisry Ballwel.

I am. . .

Anna Umie.

Baru saja aku posting cerita ini tadi. . .tapi,karena aku baru jalan-jalan ke rumah sahabat-sahabat. . .eh,ternyata blog sahabat kita yaitu blognya mba monda siregarΒ  akan merayakan ultah yang ke-3. Akhirnya ya aku perbaiki untuk tulisan ini dengan maksud ingin dan ikut merayakan hari ulang tahun blognya mba monda.Β  Tulisan ini cocok sekali untuk ikut meramaikan acara pada ultah blog mba monda dengan kategori I.β€œTulisan ini diikutkanΒ  padaΒ  Giveaway Pertama di Kisahku bersama Kakakin β€œSalam Senyuum. . .πŸ˜‰

83 komentar

  1. Idahh…koch berangkatnya gag ngajak2 sich….πŸ˜€
    btw…makan gorengan didaerah Dieng trus pake cabe rawit….oaalahh…bikin ngiler IdahπŸ˜€

    1. mau ngajak gmn kak bens. . .

      orang kak bens lagi sibuk dengan kunang-kunangnya. . πŸ˜†
      manstap. . .πŸ˜€

  2. uwh…. iri iri iri!!!
    aku juga mau ke Dieeeeeng!!!!πŸ˜€

    1. ayuuh. .
      tak anter ke dieng kak. . πŸ˜‰

      1. Bener ya kalo aku kesana musti dianter!!!????
        hehehe

        1. benaar sekali kak. .

          tak anter smpai ke telaga dan kawahnya.πŸ˜€

          1. Asal jangan dicemluplingin ya???
            gak bisa berenang….πŸ˜›

          2. ahahaha. . .

            idah tidak suka menyesatkan orang lain. wkwkwkkwkk

  3. hmmmm nice info, kapan ya bisa narsis2an di sanaπŸ˜€

    1. hehehehehe. . .

      kalau mau narsis ajak2 GG ya kak?πŸ˜›

  4. belum pernah kesana, jadi pengen kesanaπŸ™‚

  5. jadi pingin….
    kapan ke Bromo?

    1. @kak renaldi. . .main ke banjar dulu kak?πŸ˜€
      @kak bisbach. . .kalau akku takut ke bromo.πŸ˜›

  6. waahhh … postingan Idah Keren sangat … kompetitor berat2 nih …πŸ˜‰
    lihat wajah Idah yg ceria penuh senyum bahagia jadi pengen ikutttt … xixixixi …πŸ˜€
    btw nama dieng dgn 2 pemiliknya (pemdanya) di telinga saya sdh tak asing lagi …πŸ˜›

    1. hheeheh. . .

      itu memang terlihat bahagia sangat kak. . πŸ˜€
      iyya kak abrus. . pernah jadi sengketa juga.πŸ˜€

  7. pengin ke sana….
    moga menang….

    1. ke banjar dulu yisaaa. ..
      nanti tak ajak muter2 wiiissss. . πŸ˜‰

  8. wooooo :-O
    Pengennn…

  9. wah udaranya terlihat segar sekali…. moga bisa berkunjung kesana…

  10. Dari fotonya udah berasa dingiiiin…apalagi kalo beneran bisa kesana yaa!!! BTW mudah2an sukses ikutan GA-nya.

    1. @kak PAI. . .pengen ke dieng ya? sini ke banjarn dulu kak?πŸ˜€
      @kak nitnot. . .hehehehehe, aamiin. . .berkunjung ke dieng sekaligus mampir kerumahku.πŸ˜€
      @kang gilang. . .bisa saja kak, kalau ada keinginan.πŸ˜€

  11. iya nih. uwda mulai sombong dia. wkwkw
    hayo tebak foto bertiga di atas mana si idah????

    1. dasar orang jelek suka usiiil. . .πŸ˜›

      1. wkwkwkwkwkkw
        ngambek… xixixixixixixix
        :p

  12. wah ada kabutnya paling demen sama foto kabut terinspirasi seperti kover filmπŸ˜€

    1. eh, btw cover film appa itu kak aulia?πŸ˜€

      1. di beberapa film ada cuma lupa namanya ada kabut2 gituπŸ˜€

        belum pernah moto dalam kabut, mau cari kabut mesti ke atas gunung duluπŸ™‚

  13. Foto-fotonya keren-keren dan banyak sekali variasi lokasinya… Cuma sayang, terlalu kecil untuk ditatap.

    Wisata yang menyenangkan sesudah penat melakukan aktivitas kehidupan.
    Selalu senyum itu hadir saat hati bahagia. Betulkan, Idah.πŸ˜€

    1. eh ada bunda. . .πŸ˜‰

      maunya besar-besar ukurannya bun, tapi takut gak muat.πŸ˜€

      betul sekaliii bundaaa, penat menyelimuti kalbu.πŸ˜†
      selalu senyum itu hadir saat hati bahagia itu memang benar bunda, tapi disaat sedang dengan anak2 kecil (keponakan) hati yang eneeep tetap dan harus menebarkan sneyuum. . . πŸ˜‰

      Salam Senyuum. . .πŸ˜€

  14. salam senyum Idah

    terima kasih artikel yang cantik ini ya,
    saya juga kepengen banget mendatangi Dieng, semoga suatu saat nanti

    ada sedikit koreksi aja, tulisan terbawah ” yang di link ke halaman …. dst,”, sebaiknya dihapus saja ya..

    sudag dicatat sebagai peserta ya

    1. terimakasih mba monda. . .

      semoga idah dapat undangan dalam hajatannya ultah blognya mba monda nanti ya?πŸ˜‰
      artikelnya sudah idah hapus untuk koreksian dari mba monda. . .

      Salam Senyuum. . ^_*

  15. Artikel journey yang informatif, sambil jalan2 sekaligus berbagi informasi,,hmm jadi minat nih mau berkunjung..!

    1. idah tungu kunjungannya ya kak. . πŸ˜‰

  16. Baru tahu soal obyek wisata ini..
    Terima kasih sudah menceritakannya ya Mbak Idah..πŸ™‚

    1. terimaksih sudah berkunjung kak. . .

      kalau ada waktu berkunjunglah ke dieng kak, dingin2 enak lhow?πŸ˜‰

  17. bagus banget pemnadangannya.
    jadi pengen kesana, makasih infonya

    1. main saja mba ke banjarnegara. . .πŸ˜‰

  18. aku mampir mbak, td pas baca2 blog’a mas Rony liat link’a blog mbak. y jd mmpir ksni deh, heheπŸ˜€
    salam kenal mbak

    btw, aku jg pngn bgt tu k dieng tp blm ksampean jg. mga nti bisa ksna.

  19. Belum pernah ke sana

  20. Brrrrrrr… Wah, dingin yah. Berarti kalau ke sana, wajib bawa jaket dan payung.

    Salam kenal mbak IdahπŸ™‚

    1. @marczumi. . .salam kenal juga buat kak marc.πŸ˜€. ayo disampekan sekarang aja kak.πŸ˜‰
      @mba nur. . .bawa teh anget juga mba?πŸ˜€. salam kenal juga buat mba nur. . .πŸ˜‰

  21. mendaki gunung lewati lembah..
    sungai mengalir indah kesamudra..
    bersama teman berpetualang..

    pengeeeen kesanaπŸ™‚

    1. eehhhhhhh. . mba tri hatorii.πŸ˜€

      sini main mba ke banjar.πŸ˜›

  22. Kalo ngeliat gayanya di foto, itu sih bukan takut diculik tapi minta diculik. Wkwkwkw…..
    Baguslah karena masih menghargai budaya sendiri.
    Moga menang GA-nya, yaaa…..πŸ™‚

    1. ya Alloh. . istighfar kak nandooooo.πŸ˜›

      gaya di foto itu hanyalah sekedar ekspresi kegembiraan. . .πŸ˜›

  23. aaaa seru banget ini. mauuuu jalan-jalan jugaaaa
    oiya, semoga menang ya ya!πŸ™‚

    1. aaaaaaaaaab. . .lebih seru lagi kalau ada putri jeruk.πŸ˜€

      heheh. . .ikut ngerayain ayuh?πŸ˜‰

  24. paling suka foto yang “cepet. . keburu ujan”.

  25. di sekitar itulah saya dulu KKN, kerja praktek dan kemudian penelitian untuk skripsi, di daerah petani kentang

  26. cerita yg menarik,,!

  27. Idah…hiiiii duingin bangettt takuuut… masa sih sampai 10 *c.. ?πŸ™‚

  28. wah…Asik banget tuh…

  29. […] masih nunggu kelanjutan cerbung Lilin-nya Bang Rowman dan puisi-puisinya. Saya bisa rasakan serunya jalan-jalan Idah ke Dieng. Saya juga tertarik munculin kotak arsip tulisan kayak Bang Ilham. Selain itu, saya juga tahu kalo […]

  30. Β€ HILAL ALIFI · · Balas

    Keren sekali.
    Candinya banyak sekali.
    Ini sepertinya tempat yang bagus untuk dikunjungi.πŸ˜‰

  31. Andai bisa kesana….. ..

    salam kenalπŸ˜€

  32. Keren…. perjalanan yg asik bgt pastinyaπŸ™‚
    Foto2nya … seru:mrgreen:

  33. bagus banget tempatnya kapan2 bole ya saya umpat bejalanan….salam kenal ya idah

  34. waa.. senengnya.πŸ™‚ si Mbakk cantik- cantik, sampe masnya salah ngitung kembalian. hehe

    semoga sukses ngontesnya.

  35. Pengen kesana juga. Tapi, dananya nggak ada ;D

  36. aku suka banget candi dieng ini… tempatnya memesona dan dingin. jadi pengen ke sana lagi. Danau 3 warnanya juga bagussss bgt!

    btw.. itu buah apa ya namanya yang wrna kuning manis.. yg khas dieng itu ?

  37. mbak idah, itu dingin yaaa? Brrrr—rrrr hihihi sampai menggigil gitu
    pengen dong ke sanaaa, lihat candiπŸ™‚ eh eh eh traktir yak *ahahaha

  38. mintarsih28 · · Balas

    ketika saya masih imut diajak ke dieng he he tapi mbak ida gak sampe ke lokasi di tengah gunung mobil kami mogok.

  39. Weee … sekarang bisa komeeeenπŸ™‚

    1. hyoreeee. . .

      snyuum senyuum senyuum . . .πŸ˜€

  40. Ini dia nih, saya pernah ke sana dulu waktu survey ke Temanggung.πŸ™‚
    Dingin banget di sana, dan panasnya matahari gak terasa.πŸ˜†

    Dan di sana kabut bisa datang tiba-tiba. Entah ya, itu kabut atau awan, soalnya dataran tinggi sih ya, jadi bisa saja itu awan.πŸ™‚

    1. kalau akku merasakan si kabut kak asop. . .πŸ˜€
      semua makanan terasa dingin di DIENG. . .teh angetpun jadi terasa dingin juga?πŸ˜€

  41. Ibu juri datangπŸ™‚

    Seru nih, mengunjungi satu tempat, namun berisi banyak obyek wisataπŸ™‚
    Kabutnya tebal banget ya…πŸ™‚

    1. wah. . .

      ada ibu juriii. . .
      ngumpet aaaah.πŸ˜€

  42. wah, saya dua kali kesini selalu disambut … disambut hujan tapi T_T …. lingkungannya sejuk plus tenang, tapi kalo udah hujan deras, ngeri membayangkan perjalanan turun ke wonosobo, longsor kecil disana sini … semoga segera ada solusi dari instansi terkait untuk problem iniπŸ˜€

    1. kapan kesana kak. . .

      koq gak mampir?πŸ˜€

      1. saya kesana pas tahun baru 2012 ini, cuma mau ngincer bukit sikunir aja waktu itu. wahhh, rumahmu disekitaran dieng ya? dimananya?

        1. waaaaaaaaaaah. . .
          terus sampai gak kak?
          jauuh itu bukit sikunir?πŸ˜‰

          gak kak, kalau dari rumah kira2 1.5 jam, maklum cewek kan pelan jalannya?πŸ˜€

          1. sampe sih, tapi sayang ujan terus, terpaksa pulang dengan tangan hampa,πŸ˜€ …

            oh, tak kirain deket, hehehe

  43. Dian Kurnia · · Balas

    Ternyata oh ternyata. Idah jago juga ngeliputnya.
    Ada niat jadi jurnalis “daratan”?

    1. hohohoho. . .

      disini tebingan e kak dian.πŸ˜€
      sudah pernah kedieng belum kak?πŸ˜‰

      1. Dian Kurnia · · Balas

        Belum, dah. Kalau ada kesempatan, Insya Allah berkunjung.πŸ™‚

        1. okay. . .

          kabar-kabar ya kak kalau main ke banjar.πŸ™‚

  44. If you want to get social bookmarking backlinks that will help skyrocket your website search engine ranking straight to the top, check out this site http://socialbookmarksubmission.org/

  45. mantab buat diengnya mbakπŸ™‚

  46. […] sahabat bisa menikmati objek wisata yang ada di Dieng. Beberapa objek wisatanya, antara lain; Candi Dieng, Telaga Warna, Kawah Sikidang, Dieng Museum. Banyak fasilitas yang bisa sahabat nikmati dari pakte […]

  47. […] melihat museum manusia purba. Mungkin, karena saya sudah terlalu sering menikmati keindahan Candi Dieng, meski sejarahnya berbeda […]

  48. […] saya jeng-jeng bersama beberapa teman, mendapat beberapa informasi dari pedagang yang berada di sekitar kompleks Candi dan Bapak yang […]

Hayoo...Ngomen dengan bijak, ya! ^_*

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: