Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) #Part 1.

Pengenalan KPM.

Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) adalah kegiatan dalam bentuk pengabdian masyarakat. Di dalam KPM ini mahasiswa tinggal dan bekerja di desa dalam jangka waktu tertentu, yaitu selama 40 hari efektif, guna membantu masyarakan pedesaan dalam memecahkan masalah pembangunan.ย KPM sebagai pengganti KKN sebagaimana tercantum dalam Surat Keputusan Rektor UNSIQ Jawa Tengah di Wonosobo Nomor 09 Tahun 2001, adalah intrakulikuler, yaitu suaru kewajiban bagi seluruh mahasiswa UNSIQ Jawa Tengah di Wonosobo tanpa kecuali sebagai syarat menyelesaikan program sarjana.

Begitulah kiranya teman-teman Blogger yang imut dan bikin kangen.๐Ÿ˜ณ Bagaimana kabar teman semuanya, semoga selalu diberi kesehatan dan tetap dalam lindungan-Nya.๐Ÿ˜‰ KPM inilah yang kali ini aku jadikan alasan untuk aku cuti ngeblog dan BeWe, cuti bukan karena malas tapi karena di tempat KPM signal tidak mendukung untuk membuka blog.๐Ÿ˜€ Oleh karena itu, ijinkan aku untk berjabat tangan dengan semua warga Blogger, mohon maaf lahir batin buat teman-teman Bloggerku yang baik hati dan ramah selalu. :oops:ย #karena teman-temanku baik semua jadi ya pasti memaafkan.๐Ÿ˜†

Tanggal 20 Maret 2012.

Pembekalan KPM yang bertempat di Aula Al-A’la. Sesuai dengan jadwal, pembekalan dimulai dari pukul 07.30 sampai dengan pukul 16.00 WIB. Acara pembekalan yang sangat membosankan, karena semua itu ceramah. Beberapa sambutan dari orang-orang penting terpaksa tidak aku hiraukan karena aku benar-benar masiih ngantuk.๐Ÿ˜‰ Acara pembekalan yang dilanjutkan dengan pembagian tempat untuk KPM berjalan lancar tanpa hambatan untuk mereka.๐Ÿ˜›

KPM yang diadakan pada bulan maret akan ditempatkan pada 3 kecamatan yang ada di Wonosobo, yaitu: Kecamatan Wadaslintang, Kecamatan Kretek dan Kecamatan Kepil. Peserta yang mengikuti KPM bulan ini sekitar 500an peserta sedangkan untuk pembagian kelompoknya yaitu berjumlah 12 peserta tiap kelompok.ย Semua Kecamatan tersebut diatas tentunya jauh dari tempat tinggalku yang berada di Kabupaten Banjarnegara.๐Ÿ˜ฆ

Suasana semakin tidak tenang, panas dan berisik, ketika ketua panitia membacakan tata tertib KPM dan pembagian tempat untuk KPM. Ternyata eh ternyata ketua panitia hanya membacakan pembagian Dewan Pembimbing Lapangan (DPL), untuk tempatnya sudah bisa dilihat dan dibaca di papan pengumuman.๐Ÿ˜› tanpa ikut desak-desakkan melihat ke papan pengumuman, aku sudah tau tempatku dimana karena feeling.๐Ÿ˜€ Aku dapat tempat di Kecamatan Kretek, tepatnya di Desa Kapencar.

Tanggal 21 Maret 2012

Pelepasan Peserta KPM oleh Bapak Bupati Wonosobo. Tepat pukul 09.00 pelepasan peserta KPM dilaksanakan. Tok tok tok. . .

Greng greng greng. . .berjalan pelan dengan fitty dan salah satu temanku umi, aku membonceng dengan membawa tas dan koper eliminasi dari Fakultas.๐Ÿ˜€

Gapura Masuk Desa Kapencar.ย ย  ย  ย 

Pukul 11.00 WIB, kami sampai di desa Kapencar dan langsung menuju ke Balai Desa Kapencar.

Fitty dan Umi di depan Ruman Kades Kapencar

Kami disambut baik olehย  Ibu Kades beserta perangkatnya. Perkenalan dengan perangkat Desa dilanjutkan sambutan dari Ibu Kades Kapencar. Beliau menyampaikan tentang keadaan penduduk, Desa Kapencar termasuk desa yang padat penduduk. Penduduk yang kurang lebih berjumlah 6000 jiwa itu terbagi dalam dua Dusun yaitu Dusun Kapencar dan Dusun Sontonayan. Sektor Pertanian. 90% masyarakat Desa Kapencar bermata pencaharian sebagai petani. untuk sekter pertanian yang dominan adalah sayur, ada kobis, buncis, kentang, kol dll. Ada yang menanam jagung di ladangnya dan tembakau ada juga yang menanam tembakau.

Sektor Agama. Dengan jumlah jiwa yang lumayan banyak,untuk keyakinan agama di Desa Kapencarpun terbagi menjadi 4 Agama yaitu: Agama Islam (70%), Agama Kristen Katolik (25%) dan Agama Hinda dan Budha (5%). Semua tempat ibadah berdiri kokoh dan saling bersampingan. Kerukunan antar umat beragama di Desa Kapencar sangat dahsyat, TOP Markotop, bagus dan mantap karena sampai saat ini mereka masih saling menghargai dan menghormati antar agama.ย  Selain sektor Pertanian dan Agama masih ada beberapa sektor lagi, tapi belum kami ketahui secara detailnya.๐Ÿ˜‰

Tema KPM angkatan XIX yaitu: Pos Pemberdayaan Keluarga berbasis Masjid. Kalau semua kegiatan di Desa Kapencar harus sesuai dengan tema, maka semua lapisan masyarakat tidak akan tersentuh, karena โ€œberbasis masjidโ€ berarti yang kami handleย  yaitu orang muslim atau oran Islam. Terus yang lain bagaimana, yang non muslim. Adakah kegiatan untuk mereka, tanpa keluar dari tema KPM? Semua itu menjadi tantangan untuk kelompok kami dalam menyusun program kerja atau membuat agenda kegiatan agar semua lapisan masyarakat dapat mengikutinya?

Maukah teman-teman Blogger membantu meringankan beban kami dalam penyusunan program kerja yang tepat sasaran untuk semua lapisan masyarakat Desa Kapencar?๐Ÿ˜‰

Permintaan maaf lagi untuk teman-teman semua karena belum bisa berkunjung ke rumah teman untuk mencicipi masakan dan jajan yang sudah disediakan.๐Ÿ˜€ ini saja mumpung libur, jadi bisa menyempatkan untuk posting, curi-curi waktuuntuk posting.

KPM Part 1 dan insyaAlloh cerbung ini.๐Ÿ˜‰

Teman-teman maafin idah yaaaaaaaa. . .?๐Ÿ˜†

Salam Eksis. . .

Salam Senyum? ^_*

57 komentar

  1. semangat ida.
    nanti juga makanannya di rumah kami ga akan habis
    hehehe๐Ÿ˜€

    1. tapi dapatnya sisaa donk kak. . ๐Ÿ˜†

      gak apa2lah, yang penting masih bisa menikmatii hidangan teman2. . ๐Ÿ˜€

  2. Sekarang masih KPM idah? heheh si fitty selalu setia๐Ÿ˜€
    semoga lancar da..

    1. woouwooooooo. . .
      kak danniiii. . .
      logn time no see. . .๐Ÿ˜†
      masih kak,smpe ahir april. . .

      amiin. . lancar selalu.๐Ÿ˜‰

  3. Asyiiikk .. aku pengen kayak gitu…

    1. tunggu tiba saatnya. . ๐Ÿ˜†

  4. Idahh…aku jadi teringat pada masa kuliah dulu๐Ÿ˜€
    waktu itu aku ditempatkan di Garut,,,,

    1. Garut?
      dodol Garut ya kak bens?๐Ÿ˜‰

      1. ya Idahh….pernah nyobain dodol garut gag…? enak lho :)…mmpir ke blog aku ya Idahh…!

  5. idah, kangen……… ๐Ÿ™‚

    1. missU too baby. . .wkwkwkwwkwk

  6. semoga lancar ya kak KMP nya๐Ÿ™‚

    1. ok. . .
      KPM bukan KMP puje. . .๐Ÿ˜‰

      terimakasih putri jerukkk. . . ๐Ÿ˜†

  7. Akang maafin koq…..hati2 selama mengikuti kegiatan semoga selalu dalam kelancaran amiiin!!!

    1. terimakasiih akang. . .๐Ÿ˜‰
      iyya, selalu hati2 dan jaga diri koq. . .

      amiin ya rabb. . .๐Ÿ˜‰

  8. sukses untuk KPM nya neng.. fokus aja dulu, ndak usah mikirin ngeblog.. dan untu pertanyaannya, hehe maaf ndak bisa bantu.. ini bukan keahlian dhe.. angkat tangan wes dan bantu do’a aja moga kegiatannya lancar jaya.. kalo udah santai, singgah ke gamazoe yaa๐Ÿ™‚

    1. hohohohohoho. . .

      semoga dhe. . .
      jangan lupa doanya ya?๐Ÿ˜†
      inysaalloh berkunjung kalau sudah sela. . .๐Ÿ˜‰

  9. semoga lancar…๐Ÿ™‚

    1. aamiin. . .kak marc?๐Ÿ˜‰

  10. selamat kpm yah, pasti bisa banyak belajar di lingkungan baru๐Ÿ™‚

    1. banyak belajar dan tentunya banyak ilmu baru juga ni kak aulia. . ๐Ÿ˜‰

  11. semoga sukses.. dan ttp semangat..

    salam kenal

    1. selalu semangattttttt. . .

      salam kenal juga dari idah untuk gogo gogo ale2. . )

  12. Pantas saja akhir-akhir ini hilang dari orbitnya. ^–^
    Saya ingat anak saya waktu PKL di DKP Jakarta dari Unbraw, keketulan sekarang lagi penelitian di Jogya.
    Tetap semangat… kesuksesan menanti.

    1. heheheheh. . .

      kak nurdin M.TopBegete. .
      pripun kabaree?
      ini sedikit menghihlang dari suku maya. .๐Ÿ˜†

      Selalu semangat. . .

  13. ceritanya seru,,,ditunggu sambunganya ya ^_^

    1. hehehehehe. .

      masih tahap penyusunan proker ni kak eraha. . .๐Ÿ˜†
      mau ikut bantu gak?

      1. tak bantu doa yah ^_^

  14. wahh..

    uda mau lulus nii..

    akhirnya visa dibuka blognyaaaa…

    http://www.pondokgue.com

    1. bulan juli insyaAlloh mas. . ๐Ÿ˜€

  15. Kunjungan perdana sob. Salam knal.
    Kunjung balik ya.

  16. owh…geto tohh
    mg berkah kegiatannya ya neng,,,mkn di perbanyak senyum biar ga berasa capek dan sukses yooow

  17. wahh semangat ya mbak idah disana hehehehe saya pengen banget tuch ada ikutan kayak begitu saya kuliahanku kagak ada begituan hehehehehe d(^0^”)

    chayooo mbak idah

  18. Jaman udah banyak berubah ya… Cara lulus kuliah juga banyak berubah… Nanti pas anakku gede, pake istilah apa ya?

  19. Sekedar info โ€ฆ.. Besokk ada FILM HOT โ€ฆONLY 18 years Old โ€ฆ.kwkwkw# promosi … pukul 04.00 dini hari … http://ebizosys94.wordpress.com

  20. Hmm..saya suka postingan ini,,,membuka memory saya yg lama๐Ÿ˜€ ya,,meski gak selesai๐Ÿ˜ฆ
    perkebunan sayur nya asri ya,,sejuk mata memandang,,andai aja ada pintu doraemon๐Ÿ˜†

  21. taburiklan · · Balas

    makasih colekannya ceris hehehe…
    main juga ke http://thoserba.16mb.com/:-)

    1. hahhah. . .

      ok deeeh. . .๐Ÿ˜‰

  22. WAhhhhhh seru nhe nhe kayaknya….๐Ÿ˜€

    1. penuh tantangan. .

      ku sukaaaaaaa. . . ๐Ÿ˜‰

      1. sip deh …..
        terus semangat๐Ÿ˜›

  23. Selamat ber KPM ya Idah.. Pasti akan memberikan pengalaman yang menyenangkan ..

    1. okay mba niiii. . .๐Ÿ˜‰

  24. wah, misi yg bener2 mulia ….
    pengabdian km disini sangat2 dibutuhkn n smoga kerja kerasnya bermanfaat…
    tetep senyum ….

    1. aamiin. . .

      salam senyuum kak. . .๐Ÿ˜‰

  25. KPM nya di daerah Dieng kah? Wonosobo apa Banjarnegara? saya dulu di Banjarnegara paling atas, di atas Kecamatan Batur

    1. bukak pak. .

      di kretek, deket kledung. . .๐Ÿ˜‰

  26. hahahha…..Fitty tu scoter rupanya, comel nama tu.

    Saya pernah ke Wonosobo 20 tahun lalu – mungkin kamu belum lahir waktu itu, menziarah makam Eyang Omar. Rombongan dari S’pura ini boleh dikatakan setiap tahun pergi menziarahi keluarga mereka di sana. Saya hanya ikut rombongan Ustaz saya aja.

    Semoga suksess KPM kamu dan belajar dengan tekun ya nak Idah.
    Salam dari ibu di S’pore

    1. hihihi. . ..
      idah malah belum pernah ziarah ke makam itu bun. . .๐Ÿ˜‰

      insyaAlloh akan selalu belajar dengan tekun.๐Ÿ˜†

  27. wah seru ya kayaknya? di tempat kuliah saya nggak ada kegiatan wajib kayak gitu
    semoga kegiatannya lancar dan bermanfaat๐Ÿ˜€

    1. aamiin. . .๐Ÿ˜‰

  28. […] rindu sampai menuliskan 10000 kata hayo juga semangat, untuk mbak idah yang lagi bertugas untuk mengabdiย ayoo tetep semangat, untuk Mbak Citra ayooo semangattt jangan terus jangan dikalahkan oleh […]

  29. Waaa … teman KPM-nya hampir sama waktu saya KKN dulu๐Ÿ˜€
    Rencana program KKN saya dulu agak idealis … kayak penyuluhan KB, penyuluhan energi alternatif batu bara, sama banyak lomba-lomba buat masyarakat๐Ÿ˜€

  30. […] rindu sampai menuliskan 10000 kata hayo juga semangat, untuk mbak idah yang lagi bertugas untuk mengabdiย ayoo tetep semangat, untuk Mbak Citra ayooo semangattt jangan terus jangan dikalahkan oleh […]

  31. […] Al-Huda adalah sebuah Taman Bacaan untuk belajar mengaji anak-anak di Desa Kapencar tempat saya KPM dahulu. Kegiatan mengaji di TPQย  Al-Huda memang sudah lama aktif dalam kegiatannya. Kegiatan […]

  32. […] Al-Huda adalah sebuah Taman Bacaan untuk belajar mengaji anak-anak di Desa Kapencar tempat saya KPM dahulu. Kegiatan mengaji di TPQ Al-Huda memang sudah lama aktif dalam kegiatannya. Kegiatan mengaji […]

Hayoo...Ngomen dengan bijak, ya! ^_*

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: