Cemburu Dapat Mempengaruhi Rasa Nyaman Dengan Pasangan.

Komunikasi adalah salah satu hal penting yang menjadi faktor pendukung untuk keberhasilan dalam kehidupan kita,dalam hubungan antar manusia. Bersyukurlah kita yang di beri anugerah “kecakapan dalam berbicara”, karena kecakapan tersebut dapat mempengaruhi kenyamanan kita dalam berkomunikasi. Setelah kitapaham tentang pertanyaan “benarkah cemburu tanda cinta”? kalau memang iya apa yang bisa kita perbuat karena cemburu? Tolonglah jangan buat aku tambah cemburuuuu, buatlah aku senyaman mungkin ketika ada di dekat kamu.😆

Cemburu memang bumbu yang paling “yuhuuuui” dalam percintaan dan yang gak kalah “yuhuuuui” nya adalah rasa nyaman. Ada beberapa hal yang berkaitan dengan kenyamannan, ketenangan serta ketentraman dalam kehidupan  kita yang di pengaruhi oleh rasa cemburu. Setelah kita bercemburu ria masihkah kita merasa nyaman dengan pasangan kita?😀. Tentu saja bisa, kalau cemburunya masih wajar dan dapat di bicarakan dengan baik-baik sebab dan akibat.😉

Sekedar merefresh dan mengingatkan kalau “cemburu bisa datang seiring berkurangnya perhatian dan pengertian pasangan” yang merupakan sepenggal kalimat pada tulisanku sebelumnya😀

Kecemburuan lahir karena adanya rasa memiliki dalam diri masing-masing. Ketika orang yang kita sayang memberikan perhatian kepada orang lain, rasa cemburu itu akan muncul. Dalam batas-batas tertentu cemburu itu memang perlu untuk menunjukkan adanya rasa cinta. Kalau berlebihan,cemburu berpotensi merusak hubungan yang sudah terjalin. Cemburu yang sehat adalah cemburu yang tidak membatasi gerak hidup dan mematikan langkah seseorang. Sedangkan cemburu yang tidak sehat (bahkan merusak) adalah cemburu yang tidak lagi mengenal pertimbangan akal.😳 Biasanya cemburu yang tidak sehat ini, merupakan salah satu pemicu robohnya rumah tangga kecil yang akan atau sudah di bangun.😛 oleh karena itu buatlah suasana senyaman mungkin, seterbuka mungkin (open area) dengan pasangan kita dan usahakan jangan sampai ada hal yang membuat pasangan kita tidak nyaman dengan perlakuan kita.🙂

Berdasarkan pengalaman pribadi dan didukung pengalaman teman,😉 Ada beberapa hal yang mempengaruhi kenyamanan dengan pasangan karena rasa cemburu yang tidak sehat diantaranya:

1.      Cemburu yang “meledak-ledak”.

Biasanya dimiliki orang-orang yang cenderung posesif (merasa memiliki penuh) terhadap pasangannya. Jika seseorang terkena cemburu buta, maka pikiran dan perasaannya cenderung tertutup. Dia akan selalu gelisah dan takut kalau orang yang disayanginya membagi perhatian kepada yang lain. Orang yang dicemburui pun akan terganggu hidupnya. Padahal kehidupan semakin kompleks, dimana setiap orang membutuhkan penyebaran konsentrasi. Dalam arti seseorang harus fokus menjalankan aktivitasnya. Jika seseorang tidak mampu menyebarkan konsentrasinya, dia akan kehilangan momen-momen penting dalam hidupnya. Waktunya banyak terbuang untuk mengurusi kecemburuan pasanganya.

2.      Rasa cemburu bisa timbul karena faktor “pengalaman masa lalu“.

Misalnya, sering di kecewakan sehingga terbengkalai perasaannya, merasa tidak dihargai keberadaannya dan sebagainya. Pengalaman dalam struktur keluarganya pun bisa menentukan tingkat kecemburuan seseorang. Orang yang biasa dimanjakan dengan limpahan kasih sayang keluarga, cenderung memiliki tuntutan lebih besar untuk selalu dicintai. Ataupun seseorang yang kurang mendapatkan kasih sayang dikeluarganya. Saat mendapatkan pasangan, dia akan menuntut perhatian dan kasih sayang lebih.

3.      Cemburu Yang Tak Terungkap

Cemburu tidak hanya terjadi pada wanita. Laki-laki pun memiliki kadar cemburu yang sama dengan wanita, bahkan praktiknya bisa lebih buruk.😛 Wanita dianggap lebih pencemburu, karena aspek emosi dan afektifnya relatif lebih besar. Sedangkan laki-laki dianggap lebih rasional. “kata salah satu temanku”

Karena karakter orang itu berbeda-beda, ada yang terbuka dan tertutup sedang didekat jendela,buka dan tutup) maka cemburu pun terwujud dalam bentuk berbeda pula. Orang yang terbuka lebih suka dan akan langsung mengungkapkan rasa cemburunya, sedangkan orang yang tertutup cenderung untuk menyembunyikannya walaupun sebenarnya sakit hati tapi cara tersebut menurutnya lebih aman. Tidak hanya rasa cemburu, semua masalah yang tidak segera di ungkapkan atau dibicarakan bisa mengganggu kesehatan mental, apalagi kalau melebihi batas normal.😉

Akan lebih indah jika kita mempunyai masalah dengan pasangan kita dapat kita di diskusikan dengan baik, terlebih masalah cemburu yang menguras bak mandi, tidak harus di ceritakn dengan orang lain dulu apa lagi di ekpose pada dunia maya, khususnya  jejaring sosial. (kecuali Blog).😀

Senyuum dulu sebelum cemburu. . .  ;)

Senyuum dulu sebelum cemburu. . .😉

Salam Senyuum. . . ^_*

72 komentar

  1. aku ngga cemburu, kok….. 😥

  2. ¤ HILAL ALIFI · · Balas

    lho, jadi ini ceritanya sedang cemburu, nih?😀

  3. 😆

    Itu bocah imut banget. Tembem pipinya. Jadi ingat adikku di kampung sana😆

  4. cemburu – cemburu..
    baru ngerti saya mbak ternyata cemburu ada jenisnya juga..🙂
    keren

  5. Kadang suka dicemburuin, kadang dongkol.🙂

  6. 😀 salam kenal sis….

  7. Kalau pasangan gak pernah cemburu malah gak nyaman, lho …🙂

  8. klo ak cemburu yang tak terungkap… biar aman.. hehe

  9. kadang pengen dicemburuin, kadang jengkel karena dicemburuin🙂

  10. sebenarnya paling takut jatuh cinta..karena masa2 cemburu dan dicemburui pasti ada..dan pas itu rasanya pikiran ma hati jauh lebih capek pas ngoding :D…dan sy sering cemburu yang tak terungkap :D….pura2 ngeledek..padahal cemburu..tapi sok cool hahahaha…

    1. wkwkwkwkkwwk. . .

      cool. . .saking coolnya, hati empeet2 ya kak. . . 😀

      1. hahahha…ga :D…kena coding lagi udah lupa tuh😀..hahaha

        1. hahahha. . .

          coding oh codiing. . .

          akku lagi buat aplikasi blum jadi2 kak. . .😦

  11. cemburu membalutkan emosi . . Smga bisa pandai” dalam menangkal cemburu yg kurang ajar . . Hehee

    1. hahahah. . .

      selalu berusaha pandai untuk menangkal cemburu. . .😉

  12. saya nggak cemburuan kok… lha wong nggak ada yg dicemburui…😛

  13. saya nggak cemburuan kok. lha wong nggak ada yg dicemburui.. huhuuhu.. :p

    1. hahahahha. . .

      cemburu sama nyepii. . 😛

  14. lozz akbar · · Balas

    cemburu boleh-boleh saja asal jangan terlalu, apalagi sampai posesif..

    awas jangan dekat-dekat lelaki lain loh Dinda.. bisa cemburu diriku nanti hehehe

    1. saudara perempuanku bilang. . “posesif itu lebih menantang”.
      gmna itu kanda?😆

      cemburuu ituuuu gula. . .😀

  15. sudah lama rasanya tidak merasakan cemburu.. kangen juga rasanya merasakan cemburu.. tapi belom ada orang yang bisa di cemburuin sihh. hehehe

  16. cemburu itu perlu tapi pleaseee jangan apa apap cemburu cemburu cemburuu uapa salahku <— jiahhh

    kayaknya mbak idah lagi cemburu ya hayo ngaku iya kan iya dong bener kan bener donk🙂

    1. sedikit cemburu tetap banyak bekerja. . .😀

      bener donk. . .😛

  17. beruntung aku bukan tipe gitu..hihiihi…
    (narsis mode on)

    1. wkwkwk. . .

      terus kira2 tipenya seperti apa ya?
      #pingin tau.😆

      1. chucky itu… pemalu kayak burung kenari, tapi usil juga sih…wkwkkwk….
        (jadi malu ahh, banggain diri sendiri)

        1. chucky itu siapa ya?😛

          sekali2 banggain diri sndirii.😆

  18. pernah juga saya di cemburui… tapi bisa di atasi,
    betul dengan cara berkomunikasi walau faktanya tidak semudah itu untuk bisa kembali harmonis hehe.. tetap saja perlu waktu …

    1. Betuul sekalii. .

      waktu juga sangat diperlukan untuk membuat suasana kembali seperti semula. . .
      tapi jangan samapi terlarut oleh waktu, gunakanlah waktu itu untuk berkomunikasi. . jangan untuk saling berdiam diri.😆

      1. setuju mbak…

  19. cemburu menguras keringat ^^

  20. kalo dhe suka lho bikin pasangan dhe cemburu, hahahahahaha.. asyik aja, lucu kalo lagi liat orang cemburu.. dan kalo dia berlebihan cemburunya, makin dhe tambahin lagi aksi biar dia makin cemburu.. jahat yaa?? tapi biarin..😆

    1. wkwkwk. . .

      itu namanya menyiksa pasangan mba dhe?😆
      semoga pasanganmu orangnya sabar. . . wkwkwkwkwk

  21. ehhmmmmm sepertinya artikel ini tercipta dari pengalaman pribadi ya??? heeee
    *asal tebak!!!@@#$%&*&5😛

    1. yuhui. . .
      pengalaman pribadi dan sekitar mas derii. . 😀

      asal tebak yang benar. . 😛

      1. wahhh…. bener juga to tebakannya… heeee
        memang pengalaman adalh sesuatu yang berharga..
        karna pengalamanlah kita menjadi lebih baik dari pada sebelumnya… heee😀

        1. jadii tetap semangaat. . . 😀

  22. hahai, cinta itu gak asik kalo ga ada rasa cemburu,,😀

    1. betul sekalii mas fauzan. . .
      berarti cemburu itu asiik ya?😆

      1. haha, ia kk
        cemburu itu asik banget ,😀,

  23. banyak orang yg bilang kalo cemburu itu tanda cinta, bener ga tuh kira2 mba idah ?😀

    1. emmmm. . .
      betul menurutku mas agam. .bagaimana menurut mas agam sendirii.😛

      1. betul gak yah ?😛 mw nya betul apa ngga ?

        1. mau enggak. . .

          Enggak salah. . berarti betul mas agam.😀

  24. kalo menurut saya cemburu itu enaknya kalo yang isinya pedas <<—itu combro

    1. wkwkwkwk. . .

      oomguru ada2 sajaa. . .berarti cemburu itu pedes ya?😆

  25. sist idah lagi cemburuuu yaaaa #interogasi n____________n

    1. iyya ni sist. .

      tapi ah. .sudahlah kita lupakan saja.
      bantuin skripsiku aja ayo sist. . 😀

      1. cieeehhhh…
        hehehe,,,skripsweetnya soal apa sist?.

        1. skripsweet ooooh skripsweet. . 😀

          tentang sistem pakar sist. . hiks

          1. sistem pakar itu gimana sist?.
            share dikit dong ilmunya #biar agak2 ngerti
            hehehe

          2. langsung ke permaslahan skripsweetnya saja ya?😆
            tentang konsentrasi belajar mashasiswa Komputer Akuntansi.

            jadi ya diteliti untuk konsentrasinya pakai suatu program, setelah diteliti berhasil tidak untuk konsentrasi tersebut dibuktikan dengan nilai mahasiswa tsb.😦

            susah ngjelasinnya.😆

          3. wah,,,beda bgt sama punyaku ya sist. aku lebih concern ke penelitian dan perancangan pabrik. hehehe

  26. Wah bagus info macam-macam tipe cemburunya mbak. Kalo cemburu diibaratkan kayak bumbu, berarti ada dosisnya ya mbak, soalnya kan kalo kelebihan malah bisa bikin masakan gak enak, alias hubungan bisa jd berantakan, gimana mbak…

    1. betuul juga pak noer. . .

      tak bisa dipungkiri kalau cemburu itu adalah suatu anugerah ya pak?😀
      kalau sudah meledak2 itu dosis sudah lumayan tinggi pak?
      untuk mengatasinya mungkin dengan cara komunikasi langsung. . 😉

  27. cemburu, cemburu, cemburu ,,,,,,
    idah lagi cemburu.

    1. hahah. . .

      betul betu betul. . .😛

      1. dimana rasa nyaman itu ada, kalo udah cemburu?

        1. cemburu stadium awal si masih standar saja kak. . 😀
          oleh karena itu. . rasanya nyaman bisa dikembalikan lagi seiring dg berjalannya komunikasi yang baik.😆

  28. Pasti lagi cemburu …… hihihi
    Cemburu itu –> salah satu bumbu cinta
    Cepat-cepat lanjutkan dengan skripsinya ….

    1. hahahah. . .

      skripsi sedikit terbengkelai karena cembukuur. . . 😆
      ok mas nurdi M.TOP. . . segera dilanjutkan.😉

  29. Yaah asal jangan cemburu yang gak sehat aja sih. Kalo cemburunya gak bikin jadi berantem sih gak apa-apa🙂

  30. Saya sangat percaya artikel ini, apalgi didasarkan pada PENGALAMAN PRIBADI…hehehe

    Cemburu adalah kembang Cinta…
    Merupakan senjata dua arah…
    Menguatkan atau…
    Melemahkan…

    Diperlukan manajemen Cemburu…
    Kadang-kadang sangat perlu membuat pasangan kita cemburu
    Untuk mengukur kadar cinta??? benarkah???

    Pertanyaan: Apakah mereka yang tidak mempunyai rasa cemburu terhadap pasangannya berarti tidak cinta??

    1. hehehe. . .
      kalau yang meledak-ledak kadang melemahkan pak. . 😆

      benar sekali pak, tapi untuk mengukurnya dengan ujian yang biasa saja supaya tidak meledak.😆
      yang tidak mempunyai rasa cemburu itu tetap mempunyai rasa cinta pak, kalau tidak punya ras cemburu mungkin pasangan kita sudah percaya sepenuhnya dengan kita.
      begitu kali ya pak?😆

  31. Artikel yang bagus..izin share ya!

    ok mas mas dede. .silahkan dishare.😉

  32. Segala yang berlebihan itu tak baik… apapun itu.

    1. punya anak berlebihan juga gak baik ya mas tangguh. . .

      pemerintah menyarankan 2 anak cukup, KB. . .tapi katanya punya anak yang banyak itu rejeki juga banyak. wkwkwkwkwkwk .😛

      1. Memang sih rejeki… tapi orang tua dulu kan kerjanya rajin2… jadi pasti sanggup ngebiayain anak dua lusin juga… istilahnya modal gede, untung juga gede.

        kalo sekarang?

        1. kalau sekarang pada malas bekrja mas tangguh, makannya pemerintah menyrankan 2 lebih baik.😀

          1. sayangnya begitu… mental sekarang adalah bekerja seminim mungkin sambil bermimpi penghasilan besar….

            hahha. . benar mas. menunggu uang yang setumpuk tanpa mau menguras keringat.
            dikira uang dapat datang sendiri?😆

Hayoo...Ngomen dengan bijak, ya! ^_*

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: