Kemampuan memahami kepribadian diri.

Setiap orang menginginkan kepribadian yang lebih baik, dan kita semua dilahirkan dengan ciri khas watak kita sendiri. Setelah kita tau siapa diri kita maka kita bisa mulai memahami jiwa kita, meningkatkan kepribadian kita dan belajar menyesuaikan diri dengan orang lain.
Begitu kita memahami bagaimana cara mengeluarkan apa yang terbaik dari diri kita maka kita akan mendapatkan bahwa orang lain juga kelihatan lebih baik.

Pengelompokan kepribadian atau watak menurut hippocrates:
1. Tipe Kepribadian Sanguinis
Tipe ini paling baik dalam hal berurusan dengan orang lain secara antusias; menyatakan pemikiran dengan penuh gairah; memperlihatkan perhatian. Kelemahan tipe ini adalah berbicara terlalu banyak; mementingkan diri sendiri; sulit berkonsentrasi; kurang disiplin.

2. Tipe Kepribadian Melankolis
Tipe ini paling baik dalam hal mengurus perincian dan pemikiran secara mendalam, memelihara catatan, bagan dan grafik; menganalisis masyarakat yang terlalu sulit bagi orang lain. Kelemahan tipe ini adalah mudah tertekan; menunda – nunda suatu pekerjaan; mempunyai citra diri yang rendah; mengajukan tuntutan yang tidak realistis pada orang lain.

3. Tipe Kepribadian Koleris
Tipe ini paling baik dalam hal pekerjaan yang memerlukan keputusan cepat; persoalan yang memerlukan tindakan dan pencapaian seketika; bidang-bidang yang menuntut kontrol dan wewenang yang kuat. Kelemahan tipe ini adalah tidak tahu bagaimana cara menangani orang lain; sulit mengakui kesalahan; sulit bersikap sabar; terlalu pekerja keras.

4. Tipe Kepribadian Phlegmatis
Tipe ini paling baik dalam posisi penengahan dan persatuan; badai yang perlu diredakan; rutinitas yang terus membosankan bagi orang lain. Kelemahan tipe ini adalah kurang antusias; malas; tidak berpendirian; sering mengalami perasaan sangat khawatir, sedih dan gelisah.

Kemampuan memahami kepribadian diri sangatlah susah jika bukan kita sendiri yang mulai memahaminya. Setelah kita mulai memahami perbedaan-perbedaan dalam watak dasar kita, hal itu menyingkirkan tekanan dari hubungan antar manusia. Kita bisa saling melihat kepada perbedaan lainnya dengan cara yang positif dan tidak berusaha membuat setiap orang jadi seperti kita.

#motivasi tersendiri buat saya dari bapak hasyim. Tengkyu. . .πŸ˜‰

23 komentar

  1. rifdanella · · Balas

    Diriku termasuk yang mana yakk….πŸ˜€
    Anyway… Bagus nii,, ijin kontrol de yakk..
    ============

    hyoo. . masuk yang mana mas?
    coba diperhatikan dengan seksama. . πŸ˜€

  2. bingung, dari masing2 kepribadian ada ciri yg pas, ada juga yg ngga. Ngga mutlak di satu kepribadian. I am me:mrgreen:
    =============

    tapi punya ciri khas kan mba?
    yang menonjol. . yang menjadi karakter. .
    pasti punya?πŸ™‚

  3. wibisono · · Balas

    kayaknya pernah baca. tapi lupa. aku termasuk yang apa ya??πŸ˜€
    =========

    coba diingat kembali, refresh mas. .πŸ˜€
    termasuk yang mana?
    hanya anda yanga tau. . πŸ˜›

  4. waduh,,,,
    kalau saya termasuk tipe yang mana ya .. ??
    (terdiam sesaat termenung)
    =============

    sudah selesaikah merenungnya mas?πŸ˜‰
    kira2 pribadi yang mana hyo?πŸ™‚

  5. Hahahaha,,, lagi banyak yg ngebahas tentang Penguin ini ya??:mrgreen:
    =========

    iyakah?
    saya malah baru tau kemarin. . .hihihiπŸ˜€

  6. Amazing ..

    Salam kenal dari Tulisan Rian Nurherdian.
    ==============

    kayak mas tukul, sukanya bilang “amazing”.πŸ™‚
    ok, slaam kenal kembali dari diah. . πŸ˜‰

  7. prnh baca tulisan tntng ni d slah satu bku psikologi tp lupa judul’a p…😳
    ==========
    ayo, coba diingat2 mas. . .πŸ˜€
    kalau idah si dapatnya dari bapak hasyim.πŸ˜‰

  8. kayaknya kpribadian Tri campur campur antar ke empatnyaπŸ™‚
    =========

    memang disetiap tipe pasti terselip salah satu pribadi kita mba, tapi ada yang lebih “jreng” ke salah satu tipe kepribadian.
    itu yang sering kita sebut dengan “karekter”.πŸ˜‰

  9. asik ni artikel, bisa untuk panduan berkaca diri,, hehehe

    artikel yang bagus,, good jobπŸ˜€
    ===

    terimaskih sudah mampiir. . .πŸ˜‰

  10. nice info…….

  11. wah kalau aku tipe kepribadiannya apa ya?πŸ˜€
    ==========

    kenali kepribadian diri anda sekarang juga. . πŸ˜€

  12. hwaduwh klo diliat2 dari ciri2nya aku agaknya Phlegmatis
    thx,…
    ==========

    berarti tidak PD-an ya mas?πŸ˜‰

  13. aku yg mana yach Idahh….boleh milih gag:mrgreen:

    1. gak boleh. .
      karena sudah mempunyai ciri masing2 om bens. . πŸ˜€

  14. mintarsih28 · · Balas

    kelompok tipe bagaimanapun kalau kita asah dengan benar akan tumbuh peribadi yang memesona yang mbak ida.
    ===========

    tapi kalau tipenya yang nomor 2, bagaimana cara mengasahnya ya bu?πŸ˜‰

  15. sedikit nambah ilmu baru nih.πŸ˜€ Kunjungan pertamax he..he.. Salam kenal dari sianakdesaπŸ™‚
    =========

    alhamdulillaah. . .
    slam kenal kembali dari idah. . .;)

  16. Terima kasih, sebagai inspirasi buat saya..
    =========
    sama-sama mas. . terimaksih sudah mamapir.πŸ˜‰

  17. hemm..ane masuk yg nmer berapa yah Ndah
    ( *menatap koson )

    menurut Ndah ane termasuk yg mane yah?
    Malah minta pendapat xixi:mrgreen:
    ================

    Idah, mas jay? bukan Ndah?πŸ˜›
    emmmm, mana ya. . gimana kalau masuk ke nomor 5 mas?πŸ˜€

    1. hahay iya idah

      nah lo nomer 5 kagak ade yah?

  18. dari setiap kepribadian itu selalu ada pasangan, itu yg saya suka.
    sungguh seisi alam ini telah diciptakan berpasang-pasang, termasuk kepribadian yang punya kelebihan dan kelemahanπŸ™‚

    *lagi mikir kepribadian yang mana*πŸ˜€
    =============

    pasangan?
    bukan pribadi ganda kan mas?πŸ˜‰
    hayoo yang m,ana?
    #pasti bingung.πŸ˜†

  19. Amirullah Daeng Sibali · · Balas

    saya masih belum tahu berada di tipe yang mana….

  20. Kira kira aku tergolong yang mana ya?…… bingung aku

    Coba ambil ballpoint, terus dicatet sifat2 yang ada pada diri kita.
    Kemudian cucokkan, tergolong ke pribadi yanga mana?πŸ™‚

Hayoo...Ngomen dengan bijak, ya! ^_*

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: