Perlukah Meredam Cemburu?

 

Benarkah cemburu sebagian dari cinta?  Mungkin jawabannya masih belum bisa dibagikan kepada orang lain, tapi yang jelas cemburu membuat kita galau, membuat kita sesak nafas dan perlu diingat cemburu (yang berlebihan) juga merupakan salah satu hal yang mempengaruhi kenyamanan dengan pasangan. Sekarang, masih dengan tema yang sama yaitu CEMBURU. #ala dewa 19. Saya akan berbagi sedikit tentang teknik (ceileeeeeeee teknik) untuk meredam Cemburu fersi saya sendiri.😆 Sebenarnya, meredam cemburu itu. . .perlu tidak perlu si, penting tidak penting siii, perlu tidak perlu dan macam tidak macam. #bingung sendiri. :lol:  Dengan sifat bangsa kita yaitu “Bhineka Tunggal Eka” :oops:  pasti juga teknik yang dilakukan untuk meredam cemburu masing-masing individu berbeda. Untuk itu mari kita berdiskusi disini.😆

Teknik ampuh yang sudah saya teliti, untuk meredam rasa cemburu adalah memfungsikan peran rasio atau akal. Jangan terlalu memperturutkan perasaan. Jangan lupa menempatkan emosi sebagai hal dominan dalam kehidupan pribadi. Artinya fungsi rasio atau akal dan fungsi emosi harus seimbang dan harmonis.
Selain itu, evaluasi diri bisa dijadikan acuan untuk menyikapi rasa cemburu secara bijak. Caranya bisa melalui introspeksi diri atau analisis rasioanal (pertimbangan akal). Ketika cemburu melanda, fakta nyata pun harus dikedepankan. Tujuannya agar seseorang tidak mudah menyalahkan pasangannya karena dirasa sudah tidak perhatian lagi.

Andai cinta itu masakan, maka cemburu adalah bumbunya. Masakan akan hambar bila tidak memakai bumbu. Masakan pun bisa membuat perut melilit bila kelebihan bumbu. Masakan baru terasa lezat bila bumbunya tepat dan proposional.😀. (karena laper jadi di ibaratkan masakan ini saja). #ini juga kutipan dari mamah saya.😆

Cemburu adalah tanda cinta, bahkan tanda kesempurnaan cinta. Mustahil seseorang yang mengku cinta terhadap pasangannya tapi ia tidak memiliki rasa cemburu. Seperti halnya bumbu, cemburu akan “nikmat rasanya” bila diungkapkan secara proposional, adil, tidak kurang namun tidak  berlebihan. Betapa banyak pasangan bertanya-tanya dalam hati,

”Apakah pasanganku benar-benar mencintaiku??

”Mengapa kamu tanya seperti iut??

Karena sikapnya “dingin-dingin saja” tidak pernah cemburu.

Sebaliknya, ada pula pasangan yang pusing tujuh keliling karena pasangannya sangat pencemburu. Kemana-mana selalu diawasi. Apapun dicurigai, bagaikan hidup di rumah dengan seekor singa.😆 Benar-benar tidak sehat bagi dirinya sendiri, tapi juga tidak sehat untuk pasangan dan orang-orang terdekatnya.Cemburu Buta begitu orang menyebutnya. Disebut “Cemburu Buta” karena landasan berpijaknya bukan lagi akal atau pertimbangan logika, namun emosi yang cenderung dikendalian nafsu. Perlukah kita meredam cemburu supaya tidak terjadi perang dunia ke III pada dunia kecil kita?😎

Sebelum saya berbagi untuk teknik meredam cemburu (versi idah), kiranya adakah yang mempunyai teknik jitu untuk meredam cemburu?😉 ayoo, share disini.😆

Salam Senyuum. . . ^_*

 

36 komentar

  1. cemburu itu ga harus diperlihatkan, tak ada cemburu bukan berarti tak sayang/cinta. Tapi karena percaya bahwa pasangannya g akan berhianat. *persisayainimahloch
    ===========

    percayalah pada saya, karena saya tidak akan berbohong.😆
    terimakasih mas. ^_*

  2. Kalau aku gimana dah…??
    Kadang cuek,
    kadang cemburu kayak singa, aauuummm,, whakakakak..😆 *just kidding

    Cemburu…?? Kagak tau saya, hehee
    ============

    beneran gak tau “cemburu” nih, bli?
    saya laporin ke KPK lho?😛

  3. Nek cemburu ndak duwe duit piye? hehehe

    Wah, Mbak Idah keren iki, mbahastentang cemburu, suka dengan bahasan tentang akaln dan perasaan🙂
    ==========

    nek ora duwe duit?
    terus apa sing arep dicemburuaken ja? wkwkwkwk
    ayooo, kita kuras akal mba anaz. #lho? :lolL

  4. Cemburu ada dua macam

    1. Cemburu dalam keraguan : cemburu ini adalah sehat karena berdasarkan fakta. Cemburu ini disukai Allah.
    2. Cemburu tidak dalam keraguan, ini cemburu yang tidak sehat, membabi buta, terjadi setiap saat tanpa alasan. Cemburu yang tidak dalam keraguan ini dimurkai Allah.
    Misalnya seorang isteri yang melihat suaminya sisiran rambut langsung cemberut, marah2, banting2 cobek dan curiga terhadap suaminya. Padahal sang suami mau berangkat bekerja. Isteri mengintili dan menempatkan mata-mata dimana-mana.

    Simak hadits berikut ini :

    Jabir ra. mendengar dari Anbaroh ra bahwa Muhammad Rasululloh Saw bersabda : ” Ada sebagian rasa cemburu yang disukai Alloh, dan ada pula yang dibenci-Nya. Cemburu yang disukai Alloh adalah rasa cemburu dalam keraguan. Sedangkan cemburu yang dimurkai Alloh adalah rasa cemburu yang tidak dalam keraguan ” (HR.Tirmidzi dan Achmad)

    So, jangan cemburu membabi buta.

    Salam hangat dari Surabaya
    ===========

    subahanalloh. . .
    idah baru tau kalau ada 2 macam cemburu tuh, pakde.
    terimaksih ya, dhe?
    selalu diingat. ^_*

  5. belon pernah cemburu *mungkin karena nikahnya baru setahunan kali ya😛

    tapi yang penting komunikasi lah, tentu saja sambil memperhatikan situasinya🙂
    =========

    betuul sekaliii mas?
    emmm, nikahnya udah 1 tahun ya?
    kapan ni ulang tahun pernikahannya?😆

  6. klo saya sih mending langsung bilang aja hal yg bikin cemburu..mendengarkan penjelasannya..barulah klo penjelasannya masuk akal dan gak bikin curiga kecemburuan itu mereda dengan sendirinya, muhehehee.. *curcol*
    ==========

    pengalaman juga ni yaaaaaa?😉

  7. asline aku pencemburu lhoo… zodiake be taurus.. hahahaa

    tapi aku juga pernah gunain rasio dan akal. so bisa teratasi cemburu itu
    ==========

    syukurlaaah, kalau akal masih bisa dipakai, mba? hihihihi

  8. kalo seandainya cemburu itu bisa merusak hubungan
    ada baiknya istighfar mbak
    tapi kalo memang udah gak bisa ngampet, disampaikan dg cara yg baik, bisa dengan gurauan

    salam kenal ya mbak🙂

  9. cara jitu ala Mimi :
    keluarkan minyak CEM2an
    campurkan semua BUmbu
    aduk rata dlm nyiRU

    Adonan cemburu siap di oven pd suhu 210°C
    xixixi
    ===========

    wkwkkw, njedoooor dong mi?
    duaaaaaaaaaaar. . .😀

  10. cemburu itu perlu, tapi juga bisa jadi peluru
    ========

    peluru yang bisa saja lepas dari tempatnya.😀

  11. untuk meredam cemburu ya??? kalo di fisika itu ada yg namanya teori redaman yg disimbolkan (boleh a) yaitu saat ada gaya tarik menarik, dan ada gesekan dengan udara……….. eh gak nyambung ya???😛
    ========

    lho?
    bukannya itu Gaung. wkwkwk
    #tambah gak nyambung.😀

  12. penuliscemen · · Balas

    cinta belum afdol kalau belum pernah cemburu… tapi jangan dibawa esmoni.. eh esmosi😀
    =========

    emosi hati perlu dibarengai dengan otak.😀

  13. yg pnting cmburu tu msh di batas wajar ane kira tu msh sbgi tnda cinta. tp klo udh g wjar, tu dah msh daftar psikopat kya’a. hahahhaa😆
    klo teknik mrdam cmburu sh, ky’a positif thinking j. krn kklo kita dah positif thinking trhdp psngn kita. pst rasa cmburu ktta jg akan brkurung… inti’a sikapi smua’a dngn proposional. hehe:mrgreen:
    ===========

    waaaw, sangat mengerikan dengar kata “psikupat” itu.😉
    sepertinya, mas zumy juga berpengalaman nih untuk masalah cemburu.😀

  14. mari kita cemburu ala kadar, karena cemburu juga datang dari hati berduet dengan pikiran🙂
    =========

    semoga saja duetnya sukses ya, mas aulia.😉

  15. Menurut saya cemburu itu memang sebagian dari cinta dan benar adanya bahwa kita pun juga harus meredam cemburu itu
    =====

    terimaksih, atas partisipasinya.😉

  16. Amirullah Daeng Sibali · · Balas

    iya, soalnya ngapain cemburu kalao kita tidak sayang sama pasangan…:D
    ========

    cemburuuu oooh cembuurrr. . .😀

  17. paling enak tidooorrrrrr… banyakin makan… hahaha😆
    semua selesai _________________________ *tuuuuuutttttttt….:mrgreen:
    ===============

    beneran ni, mas ati?
    tidur dan makan yang banyak?
    gak salah nii? wkwkwkwkwk

  18. aku termasuk yang jarang cemburu. Paling cemburu sama laptop suami kalo suami lagi banyak kerjaan😆 Tapi kadang ya suka iseng juga nanya2 “jerawat siapa tuuu”, hihihi. Ya itu tadi buat bumbu, dan salah satu bukti ga rela kalo ada yg lain:mrgreen:
    =========

    jerawat ini milik kamu, sayang? wkwkwkwkwk
    gak hanya laptop, mungkin televisi juga kali ya mba?
    kalu lagi acara bola-bolaan.😀

  19. cemburu yang berlebihan atau cemburu buta bisa berbahaya😉
    ======

    sangat berbahaya, untuk hati dan jantung khususnya ya, mba? ^_*

  20. cemburu…?
    hhmm…terkadang gengsi mengutarakannya
    biasanya aq suka nyindir2 dikit gitu laah…
    tapi kalau rasa percaya itu lebih besar dari rasa cemburu
    pastinya perasaan cemburunya gak akan kelamaan

    yg penting jgn cemburu buta
    ========

    hihihi, hampir sama dengan versi salah satu teman idah tuh, mama rafi?😉
    modal utama, tangungjawab. . .karena dari itulah nanti timbul kepercayaan.

    begitu kan mama rafi? ^_*

  21. gak tau saya tekniknya,,,, harap di maklum saja, baru sekali di cemburui sama pasangan..
    =========

    besok idah kasih ya?😀
    bagaimana tuh rasanya dicemburui mas?😉

  22. bmaster23 · · Balas

    nampak nya saya yg pertamax🙂
    mampir : http://bmaster23.wordpress.com/2012/05/17/kata-kata-gombal-lucu-terbaru-2012/
    =========

    hehehe. . .
    dimoderasi mas?😉

  23. berbagi Kata Kata Motivasi
    Orang slalu bilang km perlu melakukan ini dan itu, tp km tahu yg terbaik ttg dirimu dan apa yg perlu km lakukan.

    Tulus dalam menggali potensi diri. Meniru hanya membuatmu menjadi orang lain, tak ada yg bisa dibanggakan. Jadi dirimu sendiri.

    Keikhlasan hati dan ketegasan sikap, akan menjadikan kamu lebih siap dan lebih berani dalam menyelesaikan setiap masalah.

    Apapun yang kamu rencanakan, apapun yang kamu ingin lakukan, awalilah dengan doa.

    Doaku hari ini: Tuhan, berikan aku keberanian, kesabaran dan keikhlasan untuk menghadapi sulitnya kehidupan. semoga dapat di terima gan, dan salam kenal😀
    =====================

    wuiiiiiiiiis, motivator ya?😉
    terimakasih untuk motivasinya. .
    sangat menyentuh hatiiiii. . .#deeeeeg.😉
    salam kenal kembali dari idah. ^_*

  24. tidak perlu cemburu. ngapaen cemburu bikin cemberut. heheh
    ========

    masa si tidak perlu?
    buktinya mas arie suka cemburu tuh sama si cewek ituuu tu? wkwkwkwkw

  25. Aku ga pernah cemburuan Idah..
    Apalagi cemburu buta..
    Cape ah, yang suka cemburuan tuh menguras tenaga dan pikiran..
    DAn cemburu menguras air mata *lagunya Viddy Aldiano ya*

    #tapi aku sayang loh sama pasangan hhee..
    ============

    emmmmmmm, berarti teh ncie selalu bahagia dong?
    kan gak pernah dikuras air matanya?😆
    kadang memang sifat “cuek” itu perlu dipakai.
    cuek tapi sayaaaaang.😆

  26. cemburu boleh asal tidak berlebihan dan pada tempatnya🙂
    ========

    seperti sampah yang sudah disediakan tempatnya. wkwkwkw
    #ngaco. ^_*

  27. Danni Moring · · Balas

    wuihhh idahhh.. teknik redam cemburu nya😀, pengalaman banget ya?😆
    ==========

    pengalaman yang idah dapat dari temanteman lho mas? 😆

  28. Assalaamu’alaikum wr.wb, Idah manis…

    Cemburu itu tanda sayang. Tanpa cemburu (yang baik), maka banyak maksiat akan berlaku. Jika cemburu (yang melulu) banyak penderitaan yang melanda. Jika mahu cemburu, biar berpada-pada dan mengerti bahawa cemburu itu bisa membuat diri merana.

    Salam senyum dari bunda.😀
    =========

    Wa’alaikumsalaam, Bunda yang nan cantiik.😉
    cemburu yang baik adalah cemburu yang wajar (Sesuai), iya kan bunda? ^_*

  29. Perlu dong….🙂 “Perlukan Meredam Cemburu”
    ========

    kadang perlu. . .
    melihat situasi dan kondisi. ^_*

  30. Idahh…kalo sya lagi cemburu biasanya acara gowes sya suka jauhan jaraknya lho…:mrgreen:
    ===========

    sampai ke Banjar kah? wkwkwkwkwk

  31. mintarsih28 · · Balas

    diceburui kadang rasa bahagia tetapi kalau cemburu yang tidak logis menyakitkan hati
    =========

    asal tidak cemburu sebelah mata saja ya?😉

  32. let it flow aja lah,,namanya juga perasaan sering berubah2…ya bener kata kamu musti rasional juga cemburunya…masak tiap hari mau tanya ‘lagi dimana? sama siapa? ngapain?’ gedeg juga kan klo digituin,,,hehe,,,
    -silakan kunjungan baliknya ya, salam kenal🙂
    ==========

    hihihihi, iya mas.
    sedang dimana, lagi ngapain, itu karena rotective.😉
    suka kan dilindungi oleh pasangan? *ups

  33. Perlu….
    =========

    terimakasih atas pertisipasinya.😆

  34. Accel World · · Balas

    saya suka kalo liat pasangan saya cemburu, rasanya geli2 gimana gitu
    ==========================================

    geli-geli tetap nyama kan?🙂

  35. misi mbak, numpang lewat + nitip lapak🙂

    Kunjungi: http://www.flashgeneration.wordpress.com
    ==========================================

    monggo. . . ^_*

  36. Bathosai · · Balas

    ijin bathosai ikut ngemeng he he he soal cemburu ada bagusnya diperlihatkan tp harus dlm batasan2nya, jgn asal sradak sruduk aja, apa lagi cemburu buta wwuuuiiihhh jgn sampe, tp klu g cemburu jg g bagus cz akan timbul kesan bahwa kita menjalin hubungan apa adanya…jd y segala ssuatu hrus terukur….
    ====================================================

    cemburu yang seradak-seruduk kayaknya malah seruu tuh mas? wkwkwkwkw
    cemburu itu perlu ya?😉

Hayoo...Ngomen dengan bijak, ya! ^_*

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: