[Review] Oleh-oleh Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM).

Alhamdulillah, puji syukur kehadirat Allah SWT, karena berkat rahmat dan hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan kegiatan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) di Desa Kapencar Kecamatan Kertek Kabupaten Wonosobo sebagai bentuk tanggungjawab kelompok yang ditempatkan di Desa tersebut sejak hari Selasa tanggal 21 Maret hingga 30 April 2012. Setelah kami membuat dan mempelajari Program Kerja (PROKER) yang telah disetujui oleh Dewan Pembimbing Lapangan (DPL) dan Ketua BP-KPM akhirnya kami dapat melaksanakan semua kegiatan sesuai dengan Program kerja yang telah kami buat.

Salah satu pembagian waktu yang dalam hal ini dialokasikan untuk minggu pertama keberadaan kami di desa Kapencar adalah dengan melakukan kerja berupa observasi, yaitu melakukan sebuah pengamatan dan penelitian untuk mengetahui keadaan warga desa, lingkungan, khususnya dengan cara memperkenalkan diri dengan warga desa. Dari hasil pengamatan itulah, kami menghasilkan program kerja.

Adapun Program Kerja yang telah kami laksanakan selama empat puluh hari adalah sebagai berikut:  

1. Sektoral Fisik

a. Pengadaan perpustakaan yang di TPQ.

Berbagai macam cara yang dilakukan untuk mendapatkan ilmu, salah satunya dengan metode membaca. Dalam rangka menumbuhkan minat baca di lingkungan Desa dan lingkungan TPQ Al-Huda maka kebutuhan akan perpustakaan dirasakan sangat besar. Perpustakaan merupakan sarana yang paling penting dalam dunia pendidikan.

TPQ Al-Huda belum memiliki ruang khusus untuk perpustakaan, untuk itu kami berencana untuk mengadakan perpustakaan di dalam TPQ Al-Huda dengan sebuah lemari rak sebagai tempat untuk menaruh koleksi buku nanti. Meskipun belum memenuhi persyaratan perpustakaan yang ada pada umumnya, akan tetapi kami berusaha memberikan kenyamanan dan kepuasan pada pengguna dan pembaca nantinya. Penanggungjawab: Seluruh TIM KPM.

Pembuatan RAK buku untuk perpustakaan.

b. Pengadaan Struktur Organisasi di Masjid.

Desa Kapencar mempunyai 2 masjid, yang satu terletak di Desa Kapencar yang satunya terletak di Desa Sontonayan. Kedua masjid tersebut belum dilengkapi fasilitas untuk kepengurusan, khususnya struktur organisasi. Oleh karena itu, kami mengadakan struktur organisasi untuk kedua masjid tersebut. Penanggungjawab: Yanuar Ovicroni, Darlis, Siti Wakhidah dan Umi Maryatun.

Pembuatan Struktur Organisasi Masjid.

2. Sektoral Non Fisik

a. Pembentukan Kelompok Belajar (Bimbingan Belajar SD)

Di Desa Kapencar terdapat dua Sekolah Dasar (SD). Yaitu SD N 1 Kapencar dan SD N 2 Kapencar. Sasaran untuk BIMBEL yaitu seluruh siswa kelas 5. Untuk membentuk kelompok belajarpun kami bagi menjadi dua kelompok. Untuk SD 1 Kapencar dengan jumlah siswa 55 kami jadwalkan setiap hari senin,selasa,rabu pukul 18.15-19.45 WIB, sedangkan untuk SD 2 Kapencar dengan jumlah siswa 47, kami jadwalkan setiap hari kamis, jum’at, sabtu pukul 18.15-19.45 WIB. Untuk penyampaian materi, kami berusaha menyesuaikan dengan materi yang sedang diajarkan di sekolah. Adapun mata pelajaran yang dilaksanakan pada BIMBEL yaitu: IPA, Matematika, PAI, TIK dan Bahasa Inggris. Kegiatan BIMBEL mendapatkan perhatian lebih dari anak-anak sehingga proses belajar-mengajar berjalan sesuai dengan harapan. Penanggungjawab: Wahyu Arif P, Siti Wakhidah, Siti Y, Umi Khasanah, Muallamah, Marina.

Kegiatan Bimbingan Belajar.

b. Melakukan kerjasama dengan pemerintah desa

Dalam rangka ikut mensukseskan program pemerintah, yaitu pembuatan e-ktp atau KTP Elektronik, kami setiap hari datang ke Balai Desa dengan jadwal yang sudah ditentukan, sesuai dengan jam kerja yaitu jam 08.00-14.00 WIB.  Kami membantu memasukkan data penduduk dalam aplikasi SIMDES. Penanggungjawab: Umi Khasanah, Yanuar Ovicroni, Umi Maryatun dan Eko Toha.

Input data e-KTP.

c. Kegiatan Belajar Mengajar di TK Pertiwi.

TIM KPM secara bergantian mendapat jadwal untuk mengajar di TK Pertiwi. Untuk jadwal mengajar TK Pertiwi dilaksanakan setiap hari Jum’at Pukul 07.30-11.00 WIB. Penanggungjawab: Umi Maryatun, Sri Sobariah, Eko Toha dan Darlis.

Kegiatan Belajar Mengajar.

d. Kegiatan Belajar Mengajar di SD N 2 Kapencar

Kegiatan Belajar Mengajar di SD N 2 Kapencar ini kami laksanakan setiap hari Selasa, Rabu dan Kamis untuk mata pelajaran Bahasa Inggris dan Olahraga. Kegiatan ini kami laksanakan, karena guru yang mengampu mapel tersebut sedang cuti, jadi kami diminta bantuan untuk menggantikan beliau untuk sementara. Penanggungjawab: Marina, Sri Wahidah, Yanuar Ovicroni dan Wahyu Arif P.

KBM di SD 2 Kapencar.

4. Lintas Sektoral Fisik

a. Mengadakan Minggu Bersih.

Kegiatan minggu bersih ini kami laksanakan setiap satu minggu sekali yaitu hari minggu. Adapun kegiatan minggu bersih ini dimulai dari mebersihkan masjid-masjid yang ada di Desa Kapencar dan Lingkungan disekitar masjid. Untuk kegiatan  ini, kami mulai dari jam 06.00-10.00 WIB. Penanggungjawab: Siti Yuniati, Sri Sobariah, Sri Wahidah dan Imam Fauzi Akh.

Minggu Bersih

b. Bercocok tanam

Kurang lebih 80% penduduk Desa Kapencar bermata pencaharian sebagai petani. Pagi hari, kami selalu berusaha untuk ikut bercocok tanam, menanam tembakau, kobis dan daun bawang yang sebagai mata pencaharian mereka. Penanggungjawab: Darlis, Imam Akh, Sri Wahidah dan Sri Sobariah.

Bercock tanam daun bawang.

5. Lintas Sektoral Non Fisik

a. Bekerjasama dalam kegiatan di Polindes

Polindes adalah suatu poliklinik yang ada di Desa, yang berfungsi untuk melayani warga desa apabila mengalami gangguan yang berhubungan dengan kesehatan. Di polindes ada satu ibu bidan yang siap melayani warga dalam 24 jam. Adapun kegiatan yang kami laksanakan di polindes dengan ibu bidan antara lain: Pemerikasaan kesehatan, Timbangan untuk Balita dan Lansia serta Pos Pindu (Pos pelayanan terpadu). Penanggungjawab: Sopiah, Umi Maryatun, Sri Sobariah, Sri Wahidah dan Imam Fauzi Akh.

Kegiatan Timbang Balita.

b. Pembinaan TPQ dan Madrasah Diniyah.

Setiap sore hari, pukul 15.30-17.30 WIB, kami berada di TPQ dan mengajar sesuai dengan jadwal yang sudah ada, sekaligus mengadakan pembinaan terhadap TPQ di Desa Kapencar. Untuk materi yang kami berikan menyesuaikan dengan materi yang sudah disediakan oleh Bapak Ustadz (Ketua TPQ), dimana sebelum kami berada di Desa Kapencar, TPQ sudah berjalan, hanya untuk pelaksanaanya belum rutin setiap hari, begitu juga dengan Madrasah Diniyahnya. Adapun materi yang kami sampaikan meliputi: Iqra’, Fasholatan, Tajwid, Al’ala dan B. Arab. Penanggungjawab: Muallamah, Marina, Siti Ngaisah dan Sopiah.

Mengaji di TPQ.

c. Mengadakan Kegiatan Berbasis Masjid

Sesuai dengan tema KPM yaitu Pembinaan Keluarga Berbasis masjid, maka kami mengadakan program kegiatan berbasis masjid, atau kegiatan yang bertempat dan fokus di Masjid. Kegiatan ini, merupakan kegiatan mingguan kami yang kami laksanakan setiap hari selasa dan jum’at pukul 20.00-21.00 WIB. Adapun kegiatan yang kami selenggarakan secara bergilir antara lain: Tadarus Al-Qur’an, Tilawatil Qur’an, Tausiah, Yasinan, Pengajian Asghor dan Pengajian Akbar. Penanggungjawab: Siti Ngaisah, Yanuar Ovicroni, Muallamah, dan Sri Wahidah.

Tadarus dan Tilawatil Qura’an

d. Mengikuti kegiatan PKK dan mengadakan sosialisasi.

Acara PKK beserta Dawis di Desa Kapencar sudah tersusun dan berjalan secara berkesinambungan. TIM KPM perempuan diwajibkan untuk mengikuti kegiatan PKK ini. Selain kami mengikuti kegiatan ini sesuai jadwal, kami juga sedikit memberi pengetahuan dan mengadakan sosialisai kepada ibu PKK tentang pentingnya senja keluarga, pentingnya kesehatan dan sedikit penjelasan tentang bahaya tomcat.  Penanggungjawab: Sri Sobariah, Siti Ngaisah, Siti Wakhidah dan Marina.

Sosialisasi pada PKK.

e. Mengaktifkan kembali Organisasi Pemuda (ORDA).

Membangun kembali semangat pemuda untuk berorganisasi, dengan segala pertimbangan positif baik dibidang kesenian, pemerintahan, Olahraga maupun agama. Untuk bidang kesenian, kami mengadakan latihan rebana dan tilawah untuk pemuda dan pemudi, bidang pemerintahan, kami mengadakan sosialisasi tentang kepemimpinan serta pentingnya berorganisasi dalam kemsyarakatan, dalam bidang agama kami mengadakan kegiatan rutin dziba’an dan yasinan.  Minat untuk Olahraga dirasa kurang digemari oleh pemuda, karena aktivitas mereka sebagian besar yaitu bertani dari pagi sampai sore. Penanggungjawab: Imam Fauzi Akh, Wahyu Arif P, Sopiah dan Marina.

Rebana Putra.

f. Mengadakan Ekstrakurikuler Kesenian (Rebana) untuk SD Kapencar.

Kami mengadakan ekstrakurikuler untuk Sekolah Dasar (SD), ekstra yang kami adakan yaitu ekstra rebana untuk siswa SD, yang kami laksanakan setiap satu minggu dua kali, yaitu setiap hari sabtu dan selasa. Penanggungjawab: Eko Toha, Umi Maryatun, Imam Fauzi Akh dan Darlis.

Ekstrakurikuler di SD.

g. Mengadakan lomba pada hari kartini.

Sabtu, Tanggal 21 April 2012 bertepatan dengan hari kartini. Kami mengadakan beberapa kegiatan dan lomba khusus untuk ibu-ibu yang bertempat di Balai Desa Kapencar. Adapun lomba yang kami adakan yaitu membuat parsel atau hantaran dan lomba merias wajah tanpa kaca. Ibu-ibu terlihat antusias dan semangat dalam mengikuti lomba tersebut, lomba pada hari kartini yang bertema “DENGAN SEMANGAT R.A. KARTINI, KITA WUJUDKAN KESETARAAN HARKAT DAN MARGTABAT WANITA INDONESIA” berjalan dengan baik tanpa suatu halangan.Penanggungjawab: Sri Wahidah, Sopiah, Darlis dan Umi Khasanah.

Loba make up, tanpa kaca.

BIODATA PESERTA KPM :

Umi Maryatun (Umi)

FITK, Pendidikan Fisika

 

Mu’allamah (Umah)

FITK, Pendidikan Agama Islam

 

Siti Wakhidah H. (idah)

FASTIKOM

 

Marina (merry)

FITK, Pendidikan Agama Islam

 

Siti Ngaisah (Ais)

FSHI, Akhwalusyakhsiyah

 

Umi Khasanah (umil)

FASTIKOM

 

Eko Toha Lutfianto (eko)

FASTIKOM, Teknik Sipil

 

Darlis

FASTIKOM

 

Sopiyah (via)

FSHI, Akhwalussyahsiyah

 

Yanuar Ovicroni (ovic)

FKSP, Komunikasi Penyiaran Islam

 

Sri Sobariyah

FITK, Pendidikan Agama Islam

 

Siti Yuniati

FITK, Pendidikan Agama Islam

 

Imam Fauzi Akh (imam)

FITK, Pendidikan Agama Islam

 

Wahyu Arif Purwoko  (wahyu)

FITK, Pendidikan Agama Islam

Tetap semangat dan tetap kompak, Karena tak banyak yang dapat kita lakukan sendirian, sangat banyak yang dapat kita lakukan bersama-sama. ^_*

21 komentar

  1. seru ya kegitan KPMnya, aku waktu kuiah gak pake acara ini🙂
    ====

    terus pake acara apa dong, mama calvin?😉

  2. rifdanella · · Balas

    wihhhh seruuu yaaaa…..
    sukses selalu okehh…. ??
    =====

    okeeeh. . .^_*

  3. wah kegiatan itu sudah bertahu tahun lalu saya jalani, jd teringat masa lalu neh,, hehe😀
    sukses slalu deh bwt idah🙂
    ==========

    eheeem2, masa lalu yang penuh kenangan tentunya?😀

  4. kegiatannya banyak ya,
    sesudah ini tampaknya jadi terbiasa terjun langsung di masyarakat ya
    ========

    semoga akan lebih bisa beradaptasi dengan masyarakat, Bunda?😉

  5. Banyak hal yang dilakukan sebagai langkah awal pengabdian dalam kehidupan bermasyarakat

    sukses selalu. salam dari pamekasan madura
    =========

    benar, om citroooooo. supaya kita lebih mengenal kondisi atau keadaan masyarakat.😉
    salam kembali dari idah, Banjarnegara

  6. wibisono · · Balas

    wah seru nih kayaknya. di tempat kuliah saya gak ada kegiatan kayak gitu.
    =========

    gak ada?
    sama saja dengan PPL atau KKN mas?😉

  7. wah, post panjaaaaaaaaaaaaaaaaang……… asyik! 😀
    ============

    gak panjang yisha, tapi panjang banget.😀

  8. Idahh…sya waktu PPM di Garut…ingat waktu itu sya mengajar disalah satu SD…sangat menyenangkan sekali😀
    ============

    bettul sekali, om bens.
    rasanya jadi pingin KPM terus.😀
    #akapan lulusanya kalu KPM terus.😛

  9. semoga Allah membalas kebermanfaatan yg dikasih mba idah dan temen2nya ya🙂
    ==========

    aamiin, mba phiy. . . ^_*

  10. wah seru acara-acaranya….
    sukses terus untuk Idah yaaa…..
    ==========

    iyya,
    terimaksih, mama rafi. . . ^_*

  11. wah serunya….

    bakal jadi kenangan yang terus di ingat…
    ==========

    betul sekali, apalagi dengan warga dan teman seperjuangan KPM.
    selalu kukenang. ^_*

  12. alhamdulillaah
    selamat-selamat ya buat KPMnya sukses.
    salami sama siti wakhidah ya idah anak FASTIKOM
    hehehe
    ==========================================

    salam kembali dari yang punya nama siti wakhidah. . . wkwkwkw.😛

  13. Agung Rangga · · Balas

    wuih, KPM-nya seru banget tuh~😀
    sukses selalu ya kak~😉

    happy satnite~😀
    ==========================================

    semua sudah kami jalanii. . .
    alhamdulillaah, sudah sukses. . .😆

  14. Wah, ada tabel mahasiswanya juga,,,
    ==========================================

    supaya tampak lebih jelas, siapa saja yang ikut berpartisipasi.😆

  15. pasti seru…. suatu saat pasti jadi kenagan manis kebersamaan bersama sahabat🙂
    ==========================================

    seruuuuu sekaliiiii, mba miilaa. . .😉
    tentunya sepertu itu, kenangan manis nan indah. . .:lol:

  16. wah seru ya, semoga manfaatnya bisa terus dirasakan masyarakat😀
    ==========================================

    semoga saja ya mba. . . ^_*

  17. Rajinnya,😀

  18. Salam ya buat yang namanya Siti Wakhidah:mrgreen:
    ====================================================

    ok, langsung saya sampaikan.😆

  19. Kayaknya pernah liat fotonya Siti Wakhidah H. …😀

    Dimana lihatnya, mas?😛

  20. […] pas masa-masa masih KPM tuh ada jatah pulang bergilir, 1 anak jatahnya 1 hari. Nah, umil, cute dan saya mengambil jatah […]

  21. UWAAAAAA!!! Kaaaaak, aku bentar lagi KKN lho. Bulan Januari nanti :”D Kalo di universitas ku, namanya KKN (Kuliah Kerja Nyata) Postingan dari kak Idah ini, bisa jadi semacam bayangan buat nanti ngapa-ngapain aja di desa tempat aku KKN, hehehe. Keren kak! Makasih banyak lho! :”)

Hayoo...Ngomen dengan bijak, ya! ^_*

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: