Hidupkan warnet sehat, mulai sekarang!.

Warung Internet atau yang biasa kita sebut dengan Warnet, merupakan salah suatu jenis pengembangan usaha di bidang Teknologi Informasi (TI). Sekarang untuk membuka usaha warnet tidaklah susah, yang penting calon pengelola memiliki ijin operasional mendirikan usaha demi legalitas usaha sehingga tidak melanggar hukum. Seiring berjalannya waktu,  berkunjung ke warnet saat ini sudah menjadi hal yang biasa dikalangan masyarakat Indonesia. Berkunjung ke warnet, tidak lain hanya ingin menikmati perkembangan teknologi internet. Era internet telah mewabah keseluruh kalangan masyarakat umum melalui perangkat-perangkat cerdas seperti; PDA, SmartPhone dan lainnya, dimana sekarang begitu mudahnya mendapatkan perangkat tersebut dengan harga terjangkau. #untuk yang mempunyai uang.😉 Internet sudah menjadi gaya hidup untuk sebagian orang dan bahkan menjadi kebutuhan untuk sebagiaan orang. Untuk anak sekolah misalnya, untuk mengerjakan tugas yang memerlukan referensi selain dari buku pelajaran, dengan adanya internet sangat membantu mendapatkan referensi yang mereka butuhkan. Tidak hanya anak sekolah, orang yang sudah bekerja juga terkadang membutuhkan internet untuk aktivitasnya.

Perkembangan teknologi internet yang semakin cepat dan pekat, sudah pasti menimbulkan  pro dan kontra di masyarakat. Apalagi dengan adanya jaringan internet yang sekarang sudah sampai pelosok desa. Ada yang menyambut dengan senang hati, ada juga yang tidak. Dengan kehadiran internet masuk desa tersebut, otomatis semakin mempermudah akses internet di desa dan untuk pendirian warnet juga. Sekarang, hampir setiap desa memiliki warnet dan rata-rata lebih dari satu warnet tiap desanya. Dengan berdirinya beberapa warnet di desa, tentunya menimbulkan rasa kekhawatiran warga desa khususnya untuk orang tua. Ada beberapa orang tua yang berpendapat bahwa warnet adalah salah  satu tempat untuk nongkrong, arti dari nongkrong disini adalah kegiatan berkumpul dengan teman-teman untuk hal yang tidak baik. Ada beberapa alasan dari orang tua, mengapa mereka tidak suka dengan adanya warnet, antar lain:

  • Anak jarang dirumah, karena lebih memilih bermain di warnet dengan berbagai alasan. Padahal ada bebrapa orang tua sudah menyediakan fasilitas internet dirumah.
  • Menimbulkan beberapa modus kejahatan, mungkin karena desain warnet yang tertutup atau berbilik penuh sehingga orang tua khawatir kalau anak bertindak macam-macam diluar pengawasan orang tua yang nantinya mengakibatkan anak bertindak kejahatan.
  • Kesehatan anak menurun. Karena kalau sudah di warnet, anak bisa lupa makan dan istirahat.
  • Terlalu ramai, karena banyak pengunjung yang berdatangan sehingga orang tua takut ada oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab yang nantinya bisa mengancam keselamatan jiwa anak-anak mereka.
  • Perkembangan sosial si anak yang akan terhambat, selalu berkunjung ke warnet dengan teman yang sama (temak karib), jadi dikhawatirkan anak-anak susah beradaptasi dengan teman yang lain.
  • Anak cenderung asyik dengan kehidupannya, karena anak menganggap hanya warnetlah yang bisa memberikan kesenangan. Kesenangan yang mereka dapat tidak hanya berupa game, informasi yang bervariasi tetapi juga pertemanan yang mengasyikan.

Itulah beberapa alasan beberapa orang tua mengapa tidak suka dengan hadirnya warnet. Kehidupan semakin kompleks, adanya perasaan resah masing-masing orang tua akhirnya bisa teratasi dengan beberapa peraturan yang dibuat oleh pemerintah khususnya Pemda Banjarnegara tentang warnet (Perda Warnet). Orang tua sedikit merasa lega dan merasa tenang sejak beredarnya surat yang ditandatangani langsung oleh Bupati Banjarnegara yang ditujukan kepada seluruh pengelola warnet di Kabupaten Banjarnegara untuk segera merenovasi warnet yang sudah mereka kelola menjadi warnet sehat. Banyaknya penyalahgunaan warung internet (warnet) oleh kalangan remaja, terutama anak sekolah, Bupati langsung memberi himbauan kepada seluruh pengelola warnet untuk ikut berpartisipasi memerangi pornografi melalui jasa yang mereka kelola dan mendesain ruangan warnet yang lebih terbuka. Ruangan berbentuk bilik tertutup, dikhawatirkan mendorong pengguna membuka konten tak sehat dan tindakan asusila lainnya. Ruangan atau bilik terbuka mempunyai beberapa manfaat, antara lain: adanya kemudahan dalam komunikasi antar pengguna, saling menjaga dan mengawasi, memudahkan pengelola warnet untuk mengontrol anak-anak, adanya kemudahan untuk saling mengingatkan antar pengguna apabila salah satu pengguna sudah mengakses atau berbuat hal yang tidak baik. Semua ini pemerintah lakukan dalam rangka membangun karakter dan moralitas anak bangsa yang baik.

Ada beberapa kriteria untuk menjadi warnet sehat yang sudah diterapkan oleh pengelola warnet di Banjarnegara, antara lain:

  1. Terbuka, tidak ada bilik yang tertutup, elegan dan Profesional. Mungkin hanya sekat antar monitor yang sederhana menggunakan kaca atau biarkan saja terbuka begitu saja dengan jarak yang cukup memadai.

    Dot.Net Banjarnegara.

  2. Tidak menyediakan film-film atau video-video yang berbau pornografi di dalamnya. Stop, untuk akses pornografi.
  3. Kebersihan ruang warnet, baik dari sisi luar maupun dalam. Tidak ada sampah di ruang warnet. Untuk peletakkan tempat sampah, sebaiknya diletakkan diluar ruangan agar ruangan tetap sejuk tanpa bau sampah.
  4. Koneksi internet stabil, karena jika kecepatan internet lambat maka yang terjadi adalah ketidak efisiensi dalam penggunaan waktu.
  5. Operator penjaga warnet harus profesional di bidangnya, rapi dalam penampilan dan ramah dalam pelayanan. Sebaiknya operator warnet dalam berpakaian tidak menggunakan celana pendek dan baju oblong, karena itu akan menurunkan kredibelitas warnet. Tetap standby pada tempat duduk, kecuali ada pengunjung yang membutuhkan bantuan. Operator juga harus tegas mengingatkan pengguna yang masih nekat mengakses situs porno.
  6. Ciptakan suasana yang nyaman dan aman, agar pengunjung merasa senang dan betah. Selain tempat yang bersih suasana nyaman ini, biasanya dilakukan dengan memutar musik dengan irama pelan bukan rock bukan pula metal. Untuk rasa aman sendiri, pengelola warnet harus menyediakan lemari dengan kunci atau locker untuk tempat penitipan barang, seperti: tas, dompet, helm dll.
  7. Sediakan fasilitas pendukung yang lengkap, baik yang berhubungan dengan internet seperti webcam, printer, CD atau yang berhubungan dengan kenyamanan pengunjung seperti; tempat ibadah, toilet, tempat makan dan semacamnya.

    Jajan seperti ini (minimal).

  8. Adanya hubungan baik antara pengunjung dan pengelola. Baik melalui member card, kotak saran, bonus atau kejutan-kejutan tiap bulannya. Sehingga pengunjung akan merasa lebih memiliki, begitu juga dengan pengelola.

    Bonus, Voucer untuk satu hari.😆

Bagaimana? Pasti merasa nyaman dan betah kan, kalau semua warnet bisa menjadi warnet sehat? Tentunya kita sebagai pengunjung merasa tenang karena merasa dimanjakan oleh pengelola atau operator (walaupun itu sudah kewajiban mereka), sehingga kita bisa duduk lama-lama di wanet sehat tersebut tanpa memikirkan hal buruk yang akan mengancam keselamatan kita. Itulah kriteria warnet sehat yang sudah mulai diterapkan oleh pengelola warnet di Banjarnegara walaupun belum seluruhnya.😦

Semua kriteria tersebut harus segera diterapkan oleh pengelola warnet agar semua warnet yang sudah berdiri dan tersebar di seluruh Indonesia menjadi warnet yang sehat. Warnet yang sehat membangkitkan dan menghidupkan pemikiran yang sehat pula, mencegah pengunjung dari beberapa kemungkinan bahaya kejahatan cyber, khususnya untuk generasi muda Indonesia yang sering berkunjung ke warnet, oleh karena itu hidupkan warnet sehat, mulai sekarang!.😉

Bagaimana warnet di daerah teman-teman, sudah sehatkah?😳

 

Artikel  ini diikutsertakan pada Kontes Unggulan Indonesia Bangkit di BlogCamp.

27 komentar

  1. mugo mugo menang y neng…lom bs komen byk2 hiiikzzz
    ===============================================

    iyooooo, mi. ..
    uro popo. . . ^_*

  2. Begitulah perkembangan teknologi yang selalu mempunyai dua sisi mata pisau…🙂
    ===============================================

    tajam sekali ya kang. . . ^_*

  3. Saya telah membaca dengan seksama artikel diatas.
    Akan segera saya daftar
    Terima kasih atas partisipasi sahabat
    Salam hangat dari Surabaya
    ===============================================

    ok. . .terimaksih, pakde. . . ^_*

  4. weleh weleh, boro” sehat mbak
    warnet disini kacau,
    jauh dari kata “sehat”
    ===============================================

    ayooo. . .sehatkan sekarang juga, mas fauzan. ..🙂

  5. Agung Rangga · · Balas

    yap, semoga para pemilik warnet membaca ini ya kak~😀
    hehe, saya masih sering ke warnet, padahal udah ada modem di rumah~:mrgreen: *irit kuota*

    happy weekend~ ♬
    ===============================================

    semoga saja ya. . .🙂
    warnet yang dikunjungi sudah sehatkah?😛

  6. muantap….
    Yang penting OP harus sering” membuka “Billing” pada “Remote Client” agar kita bisa tau apa yang sedang Client buka pada internet, menjaga jika dia sedang neko” dengan internet maka dibenarkan kepada OP untuk Me-Restart PC yang sedang dipakai Client…

    Salam buat OP semua..😉
    ===============================================

    hehehhee. . .yang jelas OP harus siap, tegap dan cerdas. . .😆

  7. lekardhi · · Balas

    Setuja, ehh setuju.
    Btw backgroundnya unyu mbak :p
    ===============================================

    Background yang mana nii. . .
    unyu2 pa inyit2. . .wkwkwkwk

  8. Setuju sekali dengan warnet sehat. Di daerah saya pun demikian sama fasilitasnya. Namun untuk perdanya, masih jarang diketahui.😛
    ===============================================

    kalau tanpa perda sudah menjadi warnet sehat, berarti itu baguuus mas?
    berarti masyarakat khususnya pengelola mempunyai niat bagus. . ^_*

  9. Danni Moring · · Balas

    ada warnet yang dimanfaatkan untuk yang tidak baik
    bisa jadi si pengguna melihat situs terlarang (terkhusus anak dibawah umur), ini terlepas dari kebijakan warnet apakah dia memblock akses situs nya..

    warnet juga sering digunakan untuk tempat pacaran, ini bukan hal yang baru lagi..terutama warnet yang tertutup per PC..walaupun sy yakin si warnet tidak bermaksud menyediakan tempat untuk pacaran🙂
    ===============================================

    waaaaaw waw waaaaw. . .
    pacaran di warnet?😆
    nanti ada razia langsung disuruh ke KUA lho mas?🙂

  10. moga menang idaaaaaaaaaah! 😀

  11. saya jarang ke warnet hehe… jadi gak tau sehat dan tidaknya warnet disini ….
    ===============================================

    kalau jarang berarti pernah kan mas?😛

  12. mari budayakan ngenet sehat🙂
    ===============================================

    mariii, mba?
    budayakan mulai sekarang.🙂

  13. Semoga SUKSES ya kakak,😆
    ===============================================

    terimakasiih, bli?😛

  14. Saya punya sahabat yang mengelola warnet sehat, bahkan dikhususkan untuk anak2. Tak hanya sekedar nyari hasil semata, tapi dia juga meluangkan waktu untuk membimbing dan mengarahkan pelanggannya.
    Lokasinya di Solo, namanya Internet4kids
    ===============================================

    waaah, mulia sekali itu, pak mars?
    idah baru tau kalau ada warnet yang dikhususkan untuk anak kecil.🙂
    apa mungkin di tempat pak mars ada yang dikhususkan untuk anak dewasa?

  15. suami sy jugabikin usaha warnet di rumah org tuanya.. Yah sebisa mungkin kami juga menerapkan internet sehat apalagi pelanggan kami kan umunya anak2.. tentunya kami juga gak mau dong kalo tiba2 di protes sm para org tua🙂
    ===============================================

    waaaaaaaaah, TOP itu mba myra. . . 🙂
    semoga pengunjungnya terus meningkat ya mba, dan tambah sukses untuk pengelolanya. ^_*

  16. Waaah…. udah lama aku gak kewarnet lagi….
    langkah yang sangat bagus tuh dengan mencanangkan warnet sehat….
    aku pikir sudah saatnya warnet kayak kafe, eksklusif tapi tidak meninggalkan atmosfer “berbagi”nya…
    kalo mau liat konten porno mah jangan di warnet, d rumah aja! #Ups…..
    ===============================================

    hmmmmmmmmm, ms tangguh itu perlu dijewer ya?
    kalau melihat konten porno, tuh katanya pikiran jadi ke porno teruus.😀
    ayooo, ikut berpattisipasi untuk mewujudkan warnet sehat, mas?😛

  17. kebetulan warnet disekitar kampus saya, alhamdulillahnya termasuk warnet sehat🙂
    ===============================================

    alhadmulillaah. . .
    ikut senaaang, kalau sudah sehat. . .:)

  18. Seandainya semua warnet seperti itu..🙂
    ===============================================

    Anak Indonesia akan sehaaaat selaluu. . . 🙂
    sehat lahir dan batin. . .😆

  19. keren. Kriterianya sangat mendukung buat membangun warnet sehat. Apalagi yg terbuka itu. Bener banget tuh. Jangan sampe deh warnet pake bilik kayak wartel jaman doeloe. Bukan cuma bisa buka yang aneh2, tp juga ngelakuin yg aneh2 di bilik nanti..
    ===============================================

    mariii, hidupkan warnet sehat, mba phiy?😆

  20. aih rajin bener adik manis ini ikutan kontes. sip…sip… makin banyak yang diikuti, makin banyak peluang untuk menang
    ===============================================

    hihihihi. . .
    ikut memeriahkan hajatan teman, Bunda?😆

  21. ahmadtadi · · Balas

    Mantapp Yuk budayakan sehat berinternet. Salam Senyum..
    ===============================================

    mariii. ..
    budayakan dari sekarang. . .🙂
    salam senyuum. . . ^_*

  22. sukses kontesnya yach Idahh….
    ===============================================

    iyya, om bens.
    maksiih ya?🙂

  23. ayo kita hidupkan sesuai dengan postingan ini ….🙂
    ===============================================

    ayoo. . mulai sekarang!!. . 😆

  24. wah… ane si bukan pengusaha warnet sist..
    tapi dulu pernah jadi pemerhati warnet.. warnet yang rame adalah warnet yang tertutup biliknya😦 itu kenyataan. dan saat ini di kota ane warnet banyak yg gulung tikar..😦
    ===============================================

    saya juga bukan pengusaha warnet.😆
    iyya, tapi untuk menuju Indonesia Sehat salah satunya ya dimulai dengan warnet sehat ini, mas aries?🙂

    gulung tikarnya karena apa ya?
    karena di tempat idah malah tambah banyak yang mendirikan warnet. ^_*

  25. Wah asyik banget kalo warnet bisa seperti itu.. ide bagus nih,,..😀
    =============================================

    segera di terapkan sajooooo. . . 🙂

  26. Bisa koQ seperti itu.. Warnet disini seperti itu, jangankan buka situs² porno berkata kasar saja langsung ditindak.. Intinya ketegasan pemilik warnetnya.. Kalau Client kan maunya se enaknya..

Hayoo...Ngomen dengan bijak, ya! ^_*

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: