[Review] Pengadaan Perpustakan di TPQ Al-Huda.

Berbagai macam cara yang dilakukan untuk mendapatkan ilmu, salah satunya dengan metode membaca. Dalam rangka menumbuhkan minat baca di lingkungan Desa pada umumnya dan lingkungan masjid Al-Huda khususnya, maka kebutuhan akan perpustakaan dirasakan sangat besar. Perpustakaan merupakan sarana yang paling penting dalam dunia pendidikan. Perpustakaan adalah ruh kehidupan sebuah peradaban. Tidak ada peradaban di dunia yang berkembang dan terus membaik tanpa bermodalkan buku. Selain itu, ia juga merupakan jantung kegiatan pendidikan. Tidak ada lembaga pendidikan yang berhasil melahirkan para lulusan dengan prestasi handal tanpa buku.

Pengadaan perpustakaan merupakan salah satu program kerja unggulan pada tempat KPM kami. Perpustakaan ini kami buat sebagai wahana memperluas cakrawala, menambah pengetahuan warga Desa Kapencar dan anak-anak santri TPQ khususnya. TPQ Al-Huda belum memiliki ruang khusus untuk perpustakaan, untuk itu kami berencana untuk mengadakan perpustakaan didalam ruang TPQ dengan sebuah rak yang terbuat dari kayu sebagai tempat untuk menaruh koleksi buku. Meskipun belum memenuhi persyaratan perpustakaan yang ada pada umumnya, akan tetapi kami akan berusaha memberikan kenyamanan pada penggunanya.

Kegiatan pengadaan perpustakaan ini kami mulai pada minggu kedua, setelah mendapatkan persetujuan dari Dewan Pembimbing Lapangan (DPL), BP-KPM, Ta’mir Masjid dan Ketua TPQ Al-Huda. Dengan segala keterbatasan serta kemampuan kami dalam pengadaan buku serta pembuatan rak buku, maka kami pun meminta bantuan kepada berbagai pihak dalam bentuk “Proposal Pengadaan Perpustakaan”. Pada awalnya kami menargetkan untuk memperoleh kurang lebih 2000 buku, akan tetapi kami mengalami banyak kendala dalam pengadaan buku dan karena keterbatasan waktu juga. Waktu selama 40 hari ini kami rasa kurang, karena kami tidak hanya fokus pada satu kegiatan ini, tetapi kami juga memiliki beberapa kegiatan lain yang sudah terjadwal. Puji syukur Alhamdulillah, kerja keras kami ternyata tidak mengecewakan, karena kami mampu mengumpulkan buku 1090 eksemplar, yang terdiri dari buku cerita islam, ensiklopedia, iqra’, tajwid, Al-Quran, buku mata pelajaran untuk SD dan SMP, buku pengetahuan umum dan masih ada beberapa klasifikasi buku lainnya. Setelah buku terkumpul semua, kami langsung mencatat dan mengklasifikasinya.

Kegiatan Klasifikasi Buku.

Kegiatan Klasifikasi Buku.

Walaupun masih jauh dari target awal kami, tetapi kami merasa senang dan puas dengan hasil tersebut. Perpustakaan Al-Huda telah diresmikan pada Tanggal 28 April 2012, oleh Kepala Desa Kapencar dan Ketua TPQ Al-Huda. Tentunya kegiatan pengadaan perpustakaan ini tidak terlepas dari dukungan dan partisipasi oleh berbagai pihak. Kami sadar, tanpa bantuan dari mereka mungkin pengadaan perpustakaan ini akan dirasa kurang, untuk itu kami selaku TIM KPM UNSIQ Jawa Tengah di Wonosobo mengucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya kepada semua pihak yang telah ikut serta membantu dan mensukseskan pengadaan perpustakaan in. Kami mengucapkan terrimakasih kepada:

No

Donatur pengadaan Perpustakaan di TPQ Al-Huda

Kabupaten Wonosobo Kabupaten Banjarnegara

1

Kementrian Agama Mie Ongklok Pak Tugi

2

KUA Kec. Kertek Rumah Makan Sari Rahayu 4.

3

BMT Al-Jami’ Wonosobo Bakso Olala.

4

BMT Surya Sekawan Kalibeber Bakso Sidoel

5

Toko Buku Ratna Eska Komputer

6

Perpustakaan Daerah DoN Vagas

7

Bapak Mochotob Hamzah, MM Distro Lawe

8

Bapak Nurul Mubin, M.SI TB. Setia Budi

9

Bapak Mukromin, M.Ag Bapak Saiful

10

Kepala Perpustakaan UNSIQ LKP Inkom

11

Toko Elektronik

12

Toko Buku Eka Jaya

13

Perpustakaan PP. Al-Asy’ariyah

14

Warung Djoglo (WD)

15

Percetakan Inti Merdeka

Kami mengucapkan terimaksih juga kepada Bapak Ustadz Azzet atas bantuan bukunya. Kami merasa senang dan bangga, karena buku yang beliau berikan adalalah hasil karya sendiri, sungguh hebat dan luar biasa. Buku telah kami terima dengan baik, dan langsung kami tulis dalam buku inventaris.

Buku-buku dari Bapak Ustadz azzet.

Sekali lagi, kami mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya atas partisipasi, dukungan serta bantuannya baik secara materi maupun non materi. Semoga amal kebaikan Bapak/Ibu/Sdra/Sdri mendapat balasan yang setimpal dari Alloh serta menjadi amal jariyah. Aamiin. Walaupun kami sudah selesai melaksanakan KPM, tetapi kami masih tetap menjalin silaturahmi dengan warga Desa Kapencar serta anak-anak santri sembari mengontrol dan mengecek buku di perpustakaan. Kami juga masih aktif dalam pengadaan buku, guna untuk menambah referensi mereka serta menambah koleksi demi kemajuan anak-anak santri. Kami berharap semoga perpustakaan di TPQ Al-Huda bisa bermanfaat untuk anak-anak santri khususnya dan untuk masyarakat Desa Kapencar umumnya. Aamiin. . .

Perpustakaan Al-Huda.

NB.

Sekedar memberitahukan, kalau ada yang suka mengikuti kegiatan arisan atau kumpul-kumpul (bukan ngerumpi) ;). Atas dasar ingin saling berbagi, membantu dan mencerdaskan anak bangsa dengan media Buku, teman kita (mba anaz, mba ni, mas ari tunsa) itu yang saya kenal 😉 sekarang sudah membuat Group yaitu Arisan Buku Blogger. Untuk teman-teman yang sekiranya berminat untuk mengikuti arisan, silahkan join ke Group tersebut dan tentunya kalau sudah join wajib untuk mengikuti Arisan untuk tiap bulannya. 😉  Arisan buku blogger, itu seperti arisan lainnya. Bedanya, uang yang kita kumpulkan kemudian akan dibelanjakan untuk membeli buku , kemudian buku tersebut akan disumbangkan ke beberapa tempat yang membutuhkan. Adapun nominalnya, belum ada kesepakatan karena Group ini baru dibuat, yang baru saya tahu Arisan ini akan dimulai bulan depan yaitu bulan Juni. Ayuuuuh, kira-kira siapa yang ingin ikuuuttt? 😳

Iklan

22 komentar

  1. wah,….keren!
    ===============================================

    terimaksih, yisha? 😆

  2. Semangat untuk anak bangsa, baca dan baca… jangan berhenti berkarya.. 😉

    hehehe… itu kata orang.. 😉
    ===============================================

    kata mas Doni juga kan tadi? 😀
    tetap semangattttttttt untuk kebaikan. . 🙂

  3. BMT itu Baitul Mal wa Tamwil yaa…?? Keren2, sederhana namun membawa MANFAAT dan BERKAH, amiiin… 😀
    ===============================================

    BMT itu semacam bank syari’ah, bli? Bank Muamalat. 🙂

  4. nanti insya Allah ada tambahan dari Arisan Buku Blogger ^^
    ===============================================

    aamiin. .
    semogaaaaaaaaa, dan sangat berharap. 😆

  5. amiin kaak :)) semoga pepustakaannya makin punya banyak buku dan tambah gedee 😀
    ===============================================

    aamiin, terimaksih do’anya. . . ^_*

  6. bmaster23 · · Balas

    🙂 sukses idah..mampir balik ya.
    ===============================================

    insyaAlloh ya? 🙂

  7. Dengan berhasil mengumpuilkan 1000 lebih judul buku sudah menjadi pencapaian yang spektakuler, ki. Selamat atas perpustakaannya. Maaf, belum bisa turut membantu.
    ===============================================

    terimaksih, om alam. . . ^_*
    tidak apa-apa, mari ikutan arisan? 😆

  8. makasih infonya.. saya pengen ikutan.. 🙂
    ===============================================

    terimaksih sudah mau gabung, mba tus? 😆

  9. Assalaamu’alaikum wr.wb, Idah….

    Subhanallah walhamdulillah, satu usaha yang baik dan semoga diganjari Allah swt atas segala penat lelah yang dilakukan. Bunda berbangga kerana dengan usaha yang bersungguh-sungguh maka pengadaan perpustakaan di TPQ Al-Huda amat mengesankan bunda.

    Walaupun masih di permulaan jalan, bunda yakin dari semasa ke semasa pengumpulan bukunya bisa ditambah oleh orang yang berbudi dan mencintai ilmu.

    Bunda doakan aktivitas ini akan berjalan lancar dan anak2 di TPQ Huda bisa menikmat suasana pembelajaran ilmu yang menambahkan pengetahuan dan kecerdasan minda mereka dalam pelbagai bidang. Salut dari bunda dan teruskan hingga mencapai objektifnya.

    Buat mas Amazzet, tentu sekali infak buku yang dihasilkan mendapat manfaat yang besar untuk maslahat ummah yang berada dalam lingkungan yang memerlukannya. Salut mas. Mudahan semakin bertambah ilmu dan rejekinya

    Salam manis dan senyum selalu dari bunda buat Idah. 😀
    ===============================================

    wa’alaikumsalaam, Bunda? 🙂
    aamiin amiin amiin. . .
    terimaksih Bunda, semoga masih ada yang peduli dengan hidup santri-santri yang ada di desa-desa ya, Bunda? 🙂

  10. Alhamdulillah…., saya ikut senang telah diresmikannya perpustakaan di TPQ Al-Huda. Semoga dengan adanya perpustakaan ini menjadikan para santri, juga jamaah, senang membaca dan mendapatkan tambahan ilmu yang bermanfaat. Salut sama kerja Mbak Idah Ceris dan kawan-kawan. Semoga Allah Ta’ala mempermudah Mbak Idah Ceris dkk. dalam meraih cita-cita. Allaahumma aamiin….
    ===============================================

    aamiin. . .
    terimaksih, pak ustadz atas partisipasinya. . . 😉

  11. Wah…harus ikutan Arisan buku Blogger nih, tengkyu infonya ya Idah. Semoga perpus al Huda tambah banyak bukunya kelak ya. Aamiin..
    ===============================================

    ayoo teh, ikuuuuuuut. .. 😆
    aamiin. . .
    tambar terus teh orin, untuk koleksi bukunya. 🙂

  12. Semoga kehadiran perpustakaan bisa lebih meningkatkan minat baca anak didiknya…..eh bukan cuma anak didiknya tapi semuanya 😆
    ===============================================

    aamiin, itu juga harapan kami,kang? 🙂

  13. program yang sangat bagus sekali Idahh….
    semoga terus berkesinambungan kedepannya yach….
    ===============================================

    aamiin. . .
    selalu berusaha supaya tetap berkesinambungan, om bens? 🙂

  14. Waaah… kegiatan yang sangat bagus. Dan dapat dukungan banyak pihak pula. Sukses acaranya.
    ===============================================

    terimaskiiih, Bunda susi. . . ^_*

  15. Perpustakaan ‘library’ tempat yang paling saya minat, semenjak dari bangku sekolah saya menjadi ahlinya ‘librarian’ dan saya juga menjadi librian di perpustakaan negara.
    semoga perjuangan ini mendapat sambutan, sayang sekali saya berada terlalu jauh untuk bergabung di group ini.
    ===============================================

    waaaaaw, hebaat sekaliii?
    jadi librarian negara. 🙂
    emm, sebenarnya jauh dekat sama saja si?
    karena kan sistemnya arisan. ^_*

  16. subhanallah semoga bermanfaat dan dan membawa barokah y mbak… Pgen ikutan nich
    =====================================

    mari ikutan, mas eko? 🙂

  17. kangen dng kegiatan smacam ini n_n
    ==================================

    heheh. . .
    sudah pernah KPM atau sudah mempunyai perpustakan, mas?

  18. […] kita mulai bulan juni ini dan perpustakaan yang akan dituju adalah sebuah perpustakaan di TPQ Al-Huda. Nomor rekening yang […]

  19. […] dari Arisan Buku Blogger perdana akan disumbangkan dalam bentuk buku untuk sebuah perpustakaan di TPQ Al-Huda. Lokasi di daerah Banjarnegara – Jawa Tengah atas rekomendasi seorang blogger di sana Idah […]

  20. […] pengadaan perpustakaan, kami tidak bekerja sendiri melainkan dengan bantuan dari berbagai pihak. Kami meminta bantuan […]

  21. […] pengadaan perpustakaan, kami tidak bekerja sendiri melainkan dengan bantuan dari berbagai pihak. Kami meminta bantuan […]

  22. […] [review] pengadaan perpustakan di tpq al-huda. | langkah […]

Hayoo...Ngomen dengan bijak, ya! ^_*

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: