SMP Terbuka minta Dievaluasi.

Kabupaten Banjarnegara– Keberadaan SMP Terbuka yang tersebar diberbagai kecamatan di Kabupaten Banjarengara mendesak dievaluasi.

Kepala Sekolah SMP N 1 Pagentan, yang merupakan sekolah induk dari SMP terbuka Pagentan, Rossiana Susilondari, mengatakan pada berbagai kesempatan seminar nasional di kota lain, ia sudah meminta agar Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan mengevaluasi program SMP Terbuka.

Salah satu dasarnya adalah rendahnya tingkat kelulusan saat ujian nasional. Faktor utama penyebab tingkat kelulusan yang rendah adalah masalah ketidakhadiran mereka saat ujian nasional digelar. “Kenyataanya minat para siswa SMP Terbuka sangt rendah, bahkan seolah-olah kami yang membutuhkan, bukan mereka yang membutuhkan kami dan bersekolah” ujar dia.

Tidak jarang yang terjadi dilapangan adalah guru-guru pamong dan bina harus mencari siswa yang akan belajar lantaran mereka sudah berkerja dan tidak memiliki semangat untuk belajar. Jika tidak, ia pun mengusulkan agar kurikulumnya diubah, termasuk pada saat ujian nasional. Selama ini, soal ujian nasional disamakan dengan sekolah reguler. Padahal, dari sisi pembelajaran dan kemampuan siswa sangat berbeda. Pihaknya sudah berupaya semaksimal mungkin untuk memberikan pelajaran kepada mereka, namun karena masalah semangat yang rendah itu seolah-olah hanya membuang waktu dan tenaga.

Tidaklah heran jika jumlah SMP Terbuka tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Jumlahnya saat ini hanya Sembilan sekolah saja, sedangkan tahun lalu hampir ada disetiap kecamatan. Kepala Bidang Sekolah Menengah pada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora), Achmad Chozin, mengatakan pihaknya tidak akan mengevaluasi keberadaan SMP Terbuka. Dia pun meminta kapada sekolah untuk tetap membuka SMP Terbuka seperti yang sudah-sudah. Keberadaanya masih diperlukan untuk menjaring anak-anak usia sekolah yang seharusnya sekolah namun tidak bersekolah, terutama yang ada di pelosok pedesaan. “Memang tujuan awal SMP Terbuka seperti itu, dan kini tetap dipertahankan keberadaanya dan kelebihannya yang dimiliki, “ kata dia.

Wakil Bupati Hadi Supeno mengatakan Pemkab segera melakukan evaluasi terkait keberadaan SMP Terbuka tersebut.  Di masa lalu, di Kabupaten Banjarnegara dan juga kabupaten lain memang banyak terdapat SMP Terbuka untuk mempercepat capaian wajar pendidikan dasar. “Sekarang SMP Terbuka tidak menjadi pilihan utama karena pemerintah sudah melayani masyarakat dengan SMP Satu Atap. Alternative itu lebih baik karena standar proses pembelajaran lebih terjamin, “kata dia.

Dia mengakui banyak SMP Terbuka yang memang kualitasnya masih sangat rendah, jauh tertinggal dengan SMP reguler. Namun di antara itu juga ada yang bagus, salah satunya SMP Terbuka di Kecamatan Susukan.

Hasil UN SMP Terbuka Kabupaten Banjarnegara.

Sekolah Peserta Tak Lulus Lulus
SMP Terbuka Batu 7 2 5
SMP Terbuka Kalibening 4 0 4
SMP Terbuka Karangkobar 11 1 10
SMP Mandiraja 11 2 9
SMP Pagentan 47 42 5
SMP Terbuka Pejawaran 14 6 8
SMP Terbuka Punggelan 22 5 17
SMP Terbuka Purwanegara 4 0 4
SMP Terbuka Wanadadi 11 2 9

Dengan melihat tabel hasil kelulusan diatas, memang SMP Terbuka dirasa sangat perlu untuk dievaluasi. Bagaimanakah kondisi SMP Terbuka di daerah anda dan apakah masih ada? Mengingat sekarang sudah ada Sekolah Satu Atap, apakah SMP Terbuka masih perlu dipertahankan?

Sumber: suaramerdeka.com

12 komentar

  1. Irfan Handi · · Balas

    Keep Sharing Say.🙂
    Semoga selalu membawa manfaat. Amin.
    ==================

    Aamiin, Om ir. . .😆

  2. menjadi bahan evaluasi tentunya buat dinas terkait nich…
    =================================

    Semoga segera ada tindak lanjuta ya om?🙂

  3. Ditempat saya juga ada SMA terbuka yang setengah siswanya nggak lulus UN…
    =========================

    terus ada tindak lanjut dari Disdik tidak pak?🙂

  4. wah, Idah jadi reporter sekarang … lebih keren kalo Idah yang liputan langsung hehe🙂
    semoga jadi bahan perbaikan di kemudian hari ya🙂
    ========================

    hadeeeeeeeeeeh, tidak mau. . .
    ikut sebagai partisipan saja. wkwkkwwk
    aamiin. .. 🙂

  5. Danni Moring · · Balas

    banyak juga yang ga lulus ya..
    mudah2an hasil evaluasi akan membuat jadi lebih baik lagi pendidikannya di smp terbuka.
    ================================

    aamiin. . .
    semoga evaluasi segera dilaksanakan. . . 🙂

  6. […] mpok Idah: karena pertama menulis dan kenal yaitu dengan WordPress. . […]

  7. Ada hubungannya dengan Universitas Terbuka?
    ===========================

    Tidak ada kang asop.🙂

  8. hmmmm,………ngga paham? #plak! 😛
    =====================

    tadak apa2, yang penting tau, nak yish?😛

  9. emmm, kurang SDM kali yah. yah, gimana lagi kalo masih banyak yg korupsi, pendidikan masih saja terbengkalai.
    hohohoho *Sok paham banget aku.😀
    ===========================

    Terimaksih untuk pendapatnya. ..🙂

  10. Artikel yg bagus

    Btw temen2, mungkin temen2 disini ada yg dah pernah nyobain game online MMORPG PUTRA LANGIT ??, jadi gini aku baru-baru ini main game gokil keren ini neh – PUTRA LANGIT ONLINE – dah nyobain wa waktu itu pas masa alpha test gameplay-nya addicted banget loh banyak fitur menarik, klo mo tau lebih lanjut masuk aja fanspagenya di -> http://www.facebook.com/putralangit.online, dan MICROSITE-nya => http://putralangit.capple.net/microsite/ , game ini diangkat dari komik terkenal TONY WONG “LEGENDA PUTRA LANGIT” yang terkenal itu loh, cekidot aja biar lebih jelasnya di link2 yg ane kasih klo suka jangan lupa di like yo
    ========================

    Insya Alloh ikut ngelike mas. .. 😆
    main gamenya jarang sii. . .:)

  11. […] informasi baru. Saat itu saya mencari informasi mengenai sekolah terbuka dan menemukan tulisan SMP Terbuka minta Dievaluasi di blog Si Biru. Pandangan Pertama tertuju pada domain blog itu, idahceris.wordpress.com dengan […]

  12. sudamarto · · Balas

    sebelumnya saya perlu bertanya dulu……

    Silakan bertanya, pak.🙂

Hayoo...Ngomen dengan bijak, ya! ^_*

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: