Kuda Lumping Untuk Hajatan.

Indonesia memang kaya akan budaya, khususnya budaya tari. Setiap Provinsi pasti mempunyai kesenian tari yang bisa dijadikan ciri khas. Contohnya; Kuda Lumping yang merupakan tarian dari Jawa. Kuda Lumping atau Kuda Kepang merupakan salah satu tarian tradisional dari Jawa, yang menampilkan sekelompok orang yang sedang menunggangi kuda sambil menari-nari dan bertingkah laku seperti seorang ksatria.Orang jawa khususnya di Banjarnegara biasa menyebut Kuda lumping itu embeg. Kuda Lumping adalah seni tari yang dimainkan dengan properti berupa kuda tiruan, yang terbuat dari anyaman bambu yang di anyam menyerupai bentuk kuda. Anyaman kuda ini dihias dengan cat dan diberi aksesoris lain seperti; mata, rambut, ekor dan tali utuk memudahkan pemakainya dalam menari.

Sekelompok orang yang menari Kuda Lumping biasanya di temani oleh sinden yang melantunkan lagu-lagu jawa dan campursari serta diringi suara gending, gong, gamelan dan lain sebagainya untuk menambah kemeriahan tari tersebut. Tarian kuda lumping biasanya hanya menampilkan adegan prajurit berkuda, akan tetapi beberapa penampilan kuda lumping juga menyuguhkan atraksi kesurupan, kekebalan, dan kekuatan. Atraksi yang biasa mereka sajikan seperti; makan bunga, rumput, makan ikan air yang masih mentah, makan beling dan kekebalan tubuh terhadap deraan pecut.

Tarian Kuda Lumping di daerah saya lazimnya terdapat 10 orang penari dan 2 orang ketua. Untuk pelaksanaanya, 10 orang penari dibuat 2 baris dan dipimpin oleh masing-masing ketua. Tarian ini biasanya dipertunjukkan di tempat keramaian untukΒ memeriahkan suasana seperti sewaktu memerihakan hajatan. Sebenarnya tarian ini tidak hanya untuk memeriahkan hajatan saja, dahulu tarian ini juga dipakai untuk perantara dakwah oleh para sunan.

Bulan ini di desa saya baru ada pertunjukan kuda lumping untuk hajatan, acara tarian ini digelar di lapangan untuk memeriahkan hajatan pernikahan salah satu teman saya.

Kuda Lumping

Peertunjukkan Kuda Lumping.

Ada 5 orang yang berhasil saya tangkap dengan kamera. :lol:Β  Penari kuda lumping memakai seragam berwarna pink, sedangkan yang memakai seragam hitam dan kuningπŸ˜‰ adalah ketuanya. Betapa ramainya pertunjukkan tersebut, pertunjukkan ini bisa dilihat oleh semua orang dari semua golongan umur, anak kecil hinga orang tua. Penonton tidak hanya dari desa saya, banyak pengunjung dari desa lain yang datang. Selain tariannya yang memang unik, ternyata suara sinden, gending, gamelan, gong yang berhasil membuat tetangga desa berbondong-bondong untuk menyaksikan pertunjukan tersebut. Jika anda hendak menikmati tarian kuda lumping, saya sarankan jarak antara penari dan anda jangan terlalu dekat, karena atraksi-atraksi yang dilakukan oleh penari terkadang ekstrem.πŸ˜‰

Kita semua tahu bahwa kuda lumping adalah salah satu budaya tari. Akan tetapi, sebagian besar masyarakat di daerah saya jarangΒ  menikmati tarian tersebut, yang mereka tunggu dari pertunjukkan tersebut adalah atraksi dari penari. Jadi, untuk tetap melestarikan tari kuda lumping, ada baiknya jika penari menyajikan tariannya dengan waktu yang lebih lama dan mengurangi sedikit waktu atraksi, dengan harapan masyarakat yang menonton lebih menikmati tariannya. Kebudayaan daerah merupakan kebudayan yang menggambarkan keanekaragaman khas dari masing-masing daerah di wilayah Indonesia yang Berbineka Tunggal Ika. Kebudayaan tradisional adalah kebudayaan yang merupakan bagian dari kebudayaan nasional yang menjadi kebanggaan yang bergam milik bangsa Indonesia yang harus dilestarikan. Kita harus berusaha melestarikan budaya yang sudah ada supaya tidak semakin pupus. Untuk melestarikan budaya tersebut tentunya dengan cara masing-masing. ^_*

Artikel ini diikutsertakan dalam Jambore On the Blog 2012 Edisi Khusus bertajuk Lestarikan Budaya Indonesia

Referensi tentang kuda lumping diambil dari sini.

34 komentar

  1. keren… saya gk pernah liat secara langsung, cuma liat di tivi2..:mrgreen:

    klo di daerah saya apapun acaranya pasti disambut dgn Tari “Ranup Lampuan”.. #promosi sikit.. hihi..πŸ˜€
    ==================================================

    Kalau tari Ranub itu seperti apa mas?πŸ™‚

  2. kalo ditempat saya namanya kuda ebeg……malah sekarang jarang yang mainin. kuda ebeg ditempat saya identik dengan mendem(kemasukan mahluk gaib) dan sintren(perempuan yg dimasukan ke dalam kurungan ayam terus di ikat dan nanti berubah menjadi wanita cantik dengan dandanan ala sinden)
    ==================================================

    ahihihihi. . .
    iyya, bener banget mas, aku kalau ada yang masuk dalam kurungan ayam kudu ngguyu.πŸ˜†

  3. aku wedi karo kuda lumping
    ==================================================

    Aja cepak2 ya mba. . .
    lagi hamil, mboten pareng.πŸ˜›

  4. gandifauzi · · Balas

    Aku belum pernah lihat…. T_T
    Idah aja jadi kudanya gimana?? hahaha
    ==================================================

    OOooooooo tidak bisa. . .
    masa jadinya idah lumping. ..
    yo ora pantes.πŸ˜†

  5. Terima kasih atas pertisipasi sahabat
    Salam hangat dari Jakarta
    ==================================================

    Terimakasih kembali Pakde. . .
    Salam Senyuum. . . πŸ˜†

  6. lebih bagus acara kuda lumping dari pada dengan orgen tunggal
    ==================================================

    Karena kuda lumping lebih tradisional mas. .
    suara alat musiknya juga khas. . .πŸ˜‰

  7. tapi kadang serem lihat kuda lumping yang makan belingπŸ™‚
    ==================================================

    Kalau di daerah idah tidak sampai makan beling, mama calvin.
    Paling mkan rumput sama kembang.πŸ™‚
    jadi tidak syereeeeeeems.πŸ˜†

  8. Wow tariannya rame yoo mbak, mbak idah ndka ikutan juga narinya tahπŸ˜€
    ==================================================

    Rame mba, ora ah.
    Kan ini lagi di khususkan untuk [ara lakilaki.πŸ˜†

  9. Semoga menang dalam kontesnya sist…
    ==================================================

    heehe. . .
    aamiin, kamu gak ikut memeriahkan JOB ya sist. ..
    ikut melestarikan tarian.πŸ™‚

  10. orang sunda bilang kuda lumping orang ngapak bilang ebeg orang jogja bilang jathilan orang jawa bilang jaranan intine pada baen hehehe
    ==================================================

    Wkwkwkwk. . .
    bener banget. . .Embeg2an mas. . .:lol:

  11. Aku takut kalau liat nari trus ada pecut-pecutnya itu, hehehe…
    ==================================================

    Saat sedang menari dengan pecutnya semua penari memang terlihat lebih greng, mba.πŸ˜†
    hati-hati makannyakalau nonton.πŸ˜›

  12. acara “kuda lumping” ditempat sya udah jarang Idahh…..
    btw itu dibelakangnya sekolahan yach…..
    ==================================================

    Ayo, dilerstarikan lagi om.πŸ˜‰
    Iyay, dilapangan dekat Sekolah. . .πŸ™‚

  13. Dulu waktu di purwokerto aku juga pernah nonton acara ini. Ada rasa takut waktu nontonnya. Tapi seru aja yaa..
    Idah… saya bagikan PR ya… Bisa dilihat di: http://niken-bundalahfy.blogspot.com/2012/07/topsy-kretts-tulisan-berantai.html
    Makasih Idah…
    ==================================================

    Ramai Bunda, karena diiringi gending.πŸ™‚
    Insya Alloh segera idah kerjakan PRnya.πŸ˜†

  14. Ayo main kuda lumping dan Jaran Kepang…
    ==================================================

    Idah gak bisa dan gak berani, Pak mars.πŸ˜†

  15. jaran kepangπŸ™‚
    waktu kecil setiap lebaran dibela-belain jalan kaki ke desa sebelah untuk nonton jaran kepang. Sekarang tradiri itu masih ada di desa sebelah kampung saya, tapi kayaknya tak banyak anak kecil yang tertarik untuk melihat kesana. Kalaupun ke sana, maka tujuannya adalah untuk membeli mainan, bukan melihat pertunjukannya
    ==================================================

    Iyya Bunda, kalau anak kecil jarang yang lihat mereka serius untuk membeli jajan malah.πŸ˜†

  16. penari kuda lumping biasanya suka kesurupan ya ?? suka makan beling gitu…
    ==================================================

    Betul sekali mas Kuya. ..πŸ™‚

  17. heheh aku pernah melihat acara kuda lumping, tapi aku sedikit takut melihat atraksi2 yg di tampilkan…… X_X
    ==================================================

    Memang kadang terlalu ekstrem ya mas.πŸ™‚
    Teimakasih sudah berkunjung.

    Salam Senyuum. . . ^_*

  18. mba idah ikutan naek kuda lumpingnya ga ?πŸ˜€
    ==================================================

    Kasih tau gak yaaaaaaaaaaa. . .πŸ˜›

  19. kalo didaerahku sering disebut jatilan,..

    jdi keinget masa kecil ouy,.. suka main gni sma tmen n’ smpe hapal gerakannya
    ==================================================

    Pas kecil suka tarian ini juga mas? )
    di daerah saya sekarang anak remaja sudah jarang ikut nari ini, paling Bapak2.πŸ™‚

  20. embeg??kalo tempat saya ebeg nokπŸ˜€
    ==================================================

    Iyya, akeh2 embeg nek nang kene mba. . .πŸ™‚

  21. whoaaaa…dimana mana kontesnya Pakde merajalela…hihihi…
    Sukses buat kontesnya yaaaaaπŸ™‚
    ==================================================

    hihihi. . .
    iyya Bi, Terimaksih.
    Bibi gak ikut ya?πŸ˜›

  22. Itu kuda lumping kuda lumping kuda lumping loncat-loncatan, awas jangan dekat-dekat melihat permainan ini, karna akibatnya bisa berbahaya itulah kuda lumping,,,,, Kalau aku pas nonton sih biasanya suka sama badut nya, eh di tempatku kalau ada kuda lumping ada badut nya lhoh, ia pakai topeng, pakai baju lengan panjang, calana panjang, bawa golok berukuran besar panjang terbuat dari kayu, ya pokok nya susah di kenali orang nya, lalu menari sendirian di kelilingai penonton, penontonnyapun campuraduk ada anak2 ada orang tua, ada mbak2 ada kaum perjaka, gaya tari nya juga lucu, meski di tertawakan penonton ia cuek saja,
    ==================================================

    hihihih, itu bukan badut tapi “pentul” kalau ditempat saya mas.πŸ™‚
    Terimaksih sudah berkunjung.

    Salam Senyuum. . . ^_*

  23. kuda lumpink makanya belink, bunyinya kryiuk kriyuk..

    haha..

    salam persahabatan.

    please visit, i will visit back : JadikanPinter!
    ==================================================

    Tapi di daerah saya jarang yang makan beling mas. ..πŸ™‚
    TErimakasih sudah berkunjung. . .πŸ™‚

    Salam Senyuum. . .^_*

  24. meriah sekali nampaknya yaaa..
    ==================================================

    Iyya, ramai mas. . .πŸ™‚
    Terimakasih Sudah Berkunjung.

    Salam Senyuum. . . ^_*

  25. uniknya, di padang ada lho kesenian kuda lumping
    mereka keliling kota padang gitu
    agak ga biasa juga sih buat orang padangπŸ˜€
    ==================================================

    berarti luar biasa ya mas. . .:lol:
    Terimaskih sudah berkunjung. ..

    Salam Senyuum. . .πŸ™‚

  26. udah lamaaaaaaaaaaaaa banget gk liat kuda lumping…
    ==================================================

    ini liat lagi di sini, mas. πŸ™‚

  27. Wahh…aku blom pernah liat secara langsung Idah, pasti seru ya nontonnya..
    ==================================================

    Idah kalau nonton gak berani deket lho teh. . .πŸ˜†
    seru dan geli denger sindennya nyanyi. . .πŸ˜†

  28. Jadi ingat cerita teman kerja yang kaget karena salah seorang keluarga pasien tiba-tiba ‘kejang-kejang’. Saat akan ditolong, ada keluarganya yang lain menepis tangan perawat dan bilang agar bapak itu tak usah ditolong. Eh, ternyata bapak itu kejang gara-gara mendengar suara musik kuda lumping yang lagi tayang di tv. Aneh-aneh ajaπŸ˜€
    ==================================================

    iyya mba akin, itu salah satu atraksinya, eh, kesurupan ding.πŸ˜†
    makannya kalau nonton kuda lumping “jaga jarak” ya?πŸ™‚

  29. Btw, Idah gak ikut nari juga???πŸ˜€
    ==================================================

    Kasih tau gak yaaaaaaaaaaa. . . :p

  30. terakhir kali liat kuda lumping waktu masih kecil. sekarang udah jarang.😦
    ======================================================

    Mari kita lestarikan budaya ini mas, supaya tetap eksis.πŸ™‚

  31. Danni Moring · · Balas

    ingetwaktu kecil sering nonton itu..tapi sambil ngumpet nontonnya..antara pengen nonton dan takutπŸ˜€
    =====================================

    Takut di makan kuda ya mas. . πŸ™‚

  32. wah jadi pengin nonton kuda lumping. Plus ada barongan dan celengan. Sekalipun gitu kesenian ini kadang juga mengerikan. tapi di situlah menariknya kerajinan kayu
    ===============================================

    Itu sudah lihat kan?πŸ™‚
    Terimaskih sudah berkunjung. . .πŸ™‚

  33. fotone di pekauman madukara banjarnegara tepatnya dusun sidengen tuh?

    Betuuul sekali. ..
    Terimaksih sudah mengenal desaku.πŸ˜†
    *lebay*πŸ˜›

  34. hari minggu kemarin juga ada festival embeg se kecamatan madukara di sedengen juga loh bu ,,,,

Hayoo...Ngomen dengan bijak, ya! ^_*

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: