Refleksi Menyambut Hari Ulang Tahun Republik Indonesia.

Libur telah tiba. . .

Libur telah tiba. . .

Hore hore hore. . .

Kabupaten Banjarnegara– Selamat menikmati liburan untuk yang sedang berlibur, untuk yang tidak libur karena harus menjalankan rutinitas, tetap saya ucapkan selamat juga karena masih bisa merasakan nikmat hidup.😳 #padahal sudah berlangsung lama hari liburnya.🙂 Tidak terasa sebentar lagi Hari Kemerdekaan RI akan kita rayakan. Untuk tahun 2012, hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada setiap tanggal 17 Agustus bertepatan dengan Bulan Ramadhan dan dua hari menjelang Idul Fitri. Dalam menyambut Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-67, ada yang menyambutnya dengan biasa-biasa saja, sederhana dan ada juga yang menyambutnya dengan luar biasa.

Poster acara HUT RI

Agenda menyambut HUT RI ke-67

Suasana kebatinan kita diliputi oleh semangat cinta tanah air yang sangat dalam, karena sebentar lagi kita akan menyambut perayaan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan bangsa kita. Sesuai dengan Surat dari Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia, Tema HUT Kemerdekaan RI tahun ini adalah “ Dengan Semangat Proklamasi 17 Agustus 1945, Kita Bekerja Keras untuk Kemajuan Bersama, Kita Tingkatkan Pemerataan Hasil-hasil Pembangunan untuk Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia”.

Sesuai dengan judul postingan diatas, Desa Pekauman, yang terdiri dari empat dusun adalah salah satu Desa yang sudah siap menyambut hari Kemerdekaan RI. Refleksi Menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia merupakan puncak acara yang menjadi renungan untuk malam kemerdekaan atau yang biasa kami sebut dengan malam tirakatan. Renungan yang kami adakan pada malam tirakatan bermaksud untuk tetap mengenang jasa-jasa para pahlawan dan menggerakkan semangat warga masyarakat khususnya pemuda. Kami sudah siap dengan sederet kegiatan atau acara untuk menyambut hari kemerdekaan RI.

Pelaksanaan kegiatan atau acara untuk Tahun 2012 sangat berbeda dengantahuntahun sebelumnya. Pada tahun-tahun sebelumnya, biasanya setiap RT mengadakan kegiatan atau acara sendiri-sendiri, tetapi untuk tahun ini seluruh kegiatan atau acara lingkupnya adalah Desa. Kegiatan yang lingkupnya Desa ini dimaksud untuk mempererat rasa kekeluargaan antar dusun. Walaupun Hari kemerdekaan jatuh bertepatan dengan Bulan Suci Ramadhan, kami tetap mengadakan acara atau perlombaan di Desa yang di ikuti oleh masing-masing Rukun Tetangga (RT). Perlombaan antar RT, rencana akan dilaksanakan sebelum bulan Ramadhan.

Rapat Karang Taruna

Rapat Karang Taruna

Berdasarkan hasil rapat dengan Pihak Desa dan Pemuda Desa (Karang Taruna) yang di gelar semalam suntuk😆 akhirnya kami telah selesai menyusun beberapa kegiatan atau acara dan perlombaan. Adapun perlombaan yang akan kami selenggarakan akan terbagi dalam 4 bidang, yaitu:

1. Bidang Olahraga. (Ketua Mas Ifin)

a. Futsal (PJ. Mas Ifin).

Perlombaan dilaksanakan pada tanggal 6,7,8, Juli dengan ketentuan dan syarat sebagai berikut:

* Peserta Laki-laki dan Perempuan.

* Masing-masing RT mengirimkan 1group (8 Orang).

* Peserta harus memakai Sepatu.

* Sistem Pertandingan Gugur.

* Perlombaan dimulai dari Jam 15.00- Selesai.

* Tempat perlombaan di Lapangan Pekauman.

b. Balap karung (PJ. Mas Mahyadi).

Perlombaan dilaksanakan tanggal 9 Juli dengan ketentuan dan syarat sebagai berikut:

* Peserta Laki-laki dan Perempuan.

* Masing-masing RT mengirimkan 2 Orang.

* Perlombaan dimulai dari Jam 13.00- Selesai.

* Tempat perlombaan di Lapangan Pekauman.

c. Balap Motor (PJ. Mas Apri).

Perlombaan dilaksanakan tanggal 9 Juli dengan ketentuan dan syarat sebagai berikut:

* Peserta Umum (tidak per RT).

* Motor bebas (membawa sendiri).

* Kaki tidak boleh menyentuh tanah.

* Perlombaan dimulai dari Jam 17.00- Selesai.

* Tempat perlombaan di Jl. Tandon.

d. Tenis Meja (PJ. Mas Manunggal).

Perlombaan dilaksanakan tanggal 9,10,11  Juli dengan ketentuan dan syarat sebagai berikut:

* Peserta Umum (tidak per RT).

* Sistem Pertandingan Gugur.

* Perlombaan dimulai dari Jam 15.00- Selesai.

* Tempat Perlombaan di Balai Desa Pekauman.

e. Voli (PJ. Mas Yanto).

Perlombaan dilaksanakan tanggal 10,11  Juli dengan ketentuan dan syarat sebagai berikut:

* Peserta Laki-laki.

* Masing-masing RT mengirimkan 1 Group.

* Sistem pertandingan Gugur.

* Perlombaan dimulai dari Jam 15.00- Selesai.

* Tempat Perlombaan di Halaman MI Negeri 1  Pekauman.

f. Tarik Tambang (PJ. Mas Sabar).

Perlombaan dilaksanakan tanggal 9  Juli dengan ketentuan dan syarat sebagai berikut:

* Peserta Laki-laki dan perempuan.

* Masing-masing RT mengirimkan 1 Group (7 Orang).

* Sistem pertandingan Gugur.

* Perlombaan dimulai dari Jam 14.00- Selesai.

* Tempat Perlombaan di Lapangan Pekauman.

PJ Bidang Olahraga

PJ Bidang Olahraga

2. Bidang Kreatifitas. (Ketua Mas Beni)

Perlombaan dilaksanakan tanggal 12 Juli dengan ketentuan dan syarat sebagai berikut:

a. Menggambar (PJ. Mas Aldi).

* Peserta Maksimal anak SD.

* Membawa Alat Gambar sendiri.

* Tema gambar Bebas.

* Perlombaan dimulai dari Jam 15.00- Selesai.

* Tempat Perlombaan di Balai Desa Pekauman.

b. Mewarnai (PJ. Mas Beni).
Perlombaan dilaksanakan tanggal 12 Juli dengan ketentuan dan syarat sebagai berikut:
* Peserta anak-anak PAUD.

* Membawa Alat untuk mewarnai  sendiri.

* Perlombaan dimulai dari Jam 16.00- Selesai.

* Tempat Perlombaan di Balai Desa Pekauman.

c. Pukul Air (PJ. Mas Wahyu)

Perlombaan dilaksanakan tanggal 9  Juli dengan ketentuan dan syarat sebagai berikut:

* Peserta Laki-laki dan Perempuan.

* Masing-masing RT mengirimkan 2 Orang.

* Permainanannya adalah sekali pukul.

* Perlombaan dimulai dari Jam 15.00- Selesai.

* Tempat perlombaan di Lapangan Pekauman.

d. Mengambil uang di Jeruk (PJ. Mas Miftah)

Perlombaan dilaksanakan tanggal 9  Juli dengan ketentuan dan syarat sebagai berikut:

* Peserta anak-anak  SD (Laki-laki dan Perempuan).

* Masing-masing RT mengirimkan 2 Orang.

* Permainanannya adalah sekali pukul.

* Perlombaan dimulai dari Jam 16.00- Selesai.

* Tempat perlombaan di Lapangan Pekauman.

e. Pekauman Idol (PJ. Mba Sutri).

Perlombaan dilaksanakan tanggal 9  Juli dengan ketentuan dan syarat sebagai berikut:

* Peserta Laki-laki dan Perempuan.

* Masing-masing RT mengirimkan 3 Orang

* Tema lagu untuk 3 Orang: Lagu Daerah atau Lagu kebangsaan Nasional, Lagu Dangdut dan Lagu Pop.

* Perlombaan dimulai dari Jam 18.30- Selesai.

* Tempat perlombaan di Balai Desa Pekauman.

PJ Bidang Kreatifitas

PJ Bidang Kreatifitas

3. Bidang Agama. (Ketua Mas Ikhsan)

a. Adzan. (PJ. Mas Ikhsan)

Perlombaan dilaksanakan tanggal 16  Juli dengan ketentuan dan syarat sebagai berikut:

* Peserta Laki-laki maksimal umur 12 Tahun.

* Masing-masing RT mengirimkan 3 Anak.

* Perlombaan dimulai dari Jam 15.00- Selesai.

* Tempat perlombaan di MI Negeri Pekauman.

b. Praktek Sholat. (PJ. Mas Iqbal dan Mba Endang)

Perlombaan dilaksanakan tanggal 16  Juli dengan ketentuan dan syarat sebagai berikut:

* Peserta Laki-laki dan perempuan maksimal umur 9 Tahun.

* Masing-masing RT mengirimkan 3 Anak.

* Perlombaan dimulai dari Jam 16.00- Selesai.

* Tempat perlombaan di MI Negeri Pekauman.

PJ Bidang Agama

PJ Bidang Agama

4. Bidang Desa (Ketua Pak Naryo dan Pak Purwadi).

a. Tumpeng (PJ. Bapak Naryo)

Perlombaan dilaksanakan tanggal 16  Juli dengan ketentuan dan syarat sebagai berikut:

* Masing-masing RT  mengirimkan 1 Tumpeng.

* Perlombaan dimulai dari Jam 20.00- Selesai bersamaan dengan malam tirakatan.

* Tempat perlombaan di Balai Desa Pekauman.

b. Kebersiahan, Ketertiban dan Keindahan (K3) (PJ. Bapak Purwadi).

Untuk syarat dan ketentuan lomba K3 menunggu pemberitahuan dari pihak Kecamatan.

PJ Bidang Desa

PJ Bidang Desa

Malam Penganugerahan Pekauman Idol.

Acara Malam Penganugerahan dilaksanakan pada tanggal 17 Juli 2012, Pukul 18.30 WIB dan bertempat di Balai Desa Pekauman. Acara ini diisi dengan Lomba Pekauman Idol, ajang kreatifitas dan bakat dengan tema 100% Pekauman, Bisa!. Selain Lomba, acara ini merupakan malam penganugerahan atau malam untuk membagi Hadiah dan Piala baik untuk RT maupun untuk Individu yang beruntung dalam perlombaan yang telah dilaksanakan pada hari sebelumnya.

Malam Tirakatan.

Malam tirakatan dilaksanakan pada tanggal 16 Agustus 2012, Pukul 20.00 WIB dan bertempat di Balai Desa Pekauman. Seperti yang sduah kami jelaskan diatas, dengan Tema Refleksi menyambut Hari Ulang Tahun  Republik Indonesia, kami berharap pada  malam tirakatan nanti semua masyarakat Desa Pekauman benar-benar bisa mererfleksikan semua pikiran untuk merenung dan berdiskusi demi kemajuan Desa Pekauman khususnya dan Indonesia umumnya.

Semua acara dan perlombaan sudah tersusun dengan baik walaupun ada sebagian Ketua belum konfirmasi untuk sub penilaiannya. Harap datang tepat waktu untuk mengikuti perlombaan, karena kalau sampai telat akan di diskualifikasi oleh Panitia. Semoga acara yang akan di mulai tanggal 6 Juli 2012 dapat berjalan dengan lancar dan tertib. Aamiin.

PJ Iwar-iwir

PJ Iwar-iwir😆

Bagaimana dengan Desa atau Daerah anda temans? Apakah ada acara dan perlombaan untuk menyambut Hari Ulang Tahun RI Ke 67?😉

41 komentar

  1. Niar ndak ikutan lombanya, ikutan malam tirakatan ajah yaa🙂

    Sekalian gitu makan2 ngerayain😀
    ======================================================

    Berarti besok malm tirakatan ke Banjar yo mba. ..😛

  2. Mana fotonya Idah…?? hahaa…. Wih ada balap Motor, ikuuuuttt…😆
    ======================================================

    Ikut jadi partisipan saja ya, Bli?🙂

  3. hmmmmmmmmmmmmm

    lengkap banget..

  4. seru nih kayaknya.. semoga sukses ya acaranya. btw, orang luar boleh ikut ngga nih? mehehe
    ======================================================

    Aamiin. . .
    Orang luar Desa gak boleh mba, tapi kalau luar negeri boleh.😆

  5. Semoga sukses acaranya mbak😀
    Salam kenal
    Selamat Sore😀
    ======================================================

    Aamiin. . .
    Salam kenal kembali dari Idah. ^_*

  6. wedeehhh…rapatnya udh skkrg aja. trus neng Idah jd apanya ?? tukang poto pastiiiii
    ======================================================

    Ahihihihi. . .
    Bener mi, tukang jepreeeeeeeeet.
    Ayooo pose mi, idah potooooo.😆

  7. Banyak amat acaranya. Semoga sukses dan lancar jaya ^_^
    ======================================================

    Aamiin. . .
    Lancar dan meriah. .. 🙂

  8. mampir sore🙂
    ======================================================

    Monggo, alamat rumahnya koq gak tertera ya?🙂

  9. wah udah digarap dari jauh2 hari ya..mantab. btw itu yang terakhir kok ada poster film charlie’s angels.. hehehe😉
    ======================================================

    Iya, acaranya juga mulai tgl 6 mas. . .🙂
    hihihihi. . .numpang nampang.😆

  10. Idahh….acaranya banyak juga yach….koch gag ada lomba balap sepeda (atau karnaval sepeda yang dihias) yg ada malah balap motor….jangan2 pesertanya genk motor nich….
    ======================================================

    Tadinya mau Balap Sepeda Om, tapi di Desa jarang ada yang punya sepeda.😦
    Buka geng motor koq Om, mereka remaja yang biasnya mainan di Gardu.🙂

  11. hiks… di tempat sy selalu sepi acara agustusan.. enak ya di tempatnya idah..
    ======================================================

    Bagaimana kalau Bunda Ke2nai sementara mengungsi ke Pekauman?
    Jadi EOnya. . . 😆

  12. lomba pukul air itu ngapain idahhh ??????🙄
    ======================================================

    Ada air digantung tuh ya mba.
    Terus Orang yang mau lomba matanya di tutup pakai kain, maju teruuuuuuus, kemudian pukul deh airnya.😆

  13. Wah banyak sekali lombanya, pasti meriah sekali acaranya nanti ya … mb Idah ikut lomba apa aja nih?
    ======================================================

    Semoga meriah ya mas.🙂
    Saya gak ikut apa2. . sebagai penonton saja deh.😆

  14. Wew…
    Acaranya sudah disusun rapi.
    Di RT saya kayaknya belum apa2…
    Biasanya serba spontan😀
    ======================================================

    Kalau Spontan tetep Uhuy ya, Pak.😆

  15. juara idolnya kan Idah toh🙂
    ======================================================

    Aihihihi. ..
    Gak Mama Calvin, Idah sebagai Panitia sajoo.🙂

  16. wah panjat pinang kho gak ada mbak Id ???
    ======================================================

    Memang sengaja gak ada, Mas kuya.
    Katanya si karena terlalu banyak waktu dan merasa terlalu capek juga untuk yang mengikutinya.😆

  17. Sayangnya dalam peringatan 17an tahun ini kita masih dalam suasana puasa. Gara-gara ini pula kesemarakan acara 17an tahun kemarin di komplek perumahanku jadi menurun. Kasihan anak-anak yang ngos-ngosan saat berlari mengejar bola😆

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan
    ======================================================

    Benar sekali, bersamaan dengan Ramadhan.
    Oleh karena itu, Desa kami mengadakannya sebelum Puasa, Om Sugeng.
    Supaya tetap bisa meramaikan dengan acara lomba-loba. . .🙂

  18. Udah 3 tahun kebelakang di Komplekku ga pernah ada acara gini..
    karena berbarengan sama puasa kali ya..
    jadi adem2 aja..

    Justru pas 17 Agustus aku suka main ke daerah2 yang masih ada lomba2nya..
    meskipun cuma sekedar nontoon ..
    ======================================================

    Bagaimana jika tahun ini nonton di Banjarnegara aja, Mama Olive?😆
    Mama Olive jadi EOnya aja, pasti nanti rame. . .🙂

  19. waw…. padahal tujuhbelasan masih lumayan lama, tapi persiapannya sudah matang begitu…. sukses yabuat kegiatannya…😀
    ======================================================

    Iyya, semua acara dilaksanakan sebalum puasa mas.🙂

  20. Sebagai anak bangsa mari kita rayakan hari bersejarah ini dengan kegiatan yang positif. Kita memang masih ada kekurangan disana-sini tapi jangan menjelek-jelekkan negara dan bangsa sendiri.
    Sukses acaran ya nduk

    Salam hangat dari Surabaya
    ======================================================

    Benar sekali Pakde.
    mari kita rayakan bersama. . .🙂
    Aamiin, Sukses untuk kita semuaaaa. . .🙂

  21. abedsaragih · · Balas

    Kayaknya disna penyelenggaranya untuk tahun ini semangat sekali ya buat persiapan 17 Agustusannya.🙂
    ======================================================

    Benar sekali mas, remajanya sudah mulai beraksi.😆

  22. Semenjak remaja, rasanya sudah lama sekali tidak mengikuti lomba seperti demikian. Padahal kangeeenn.. OwO
    ======================================================

    Berkunjung ke Pekauman saja mas.
    Ada banyak kegiatan lomba.😆

  23. lozz akbar · · Balas

    kayaknya gak ada ya lomba panjat pinangnya.. padahal saya mau ikutan tuh jadi peserta tamu.. sukses deh buat semua warga di sana🙂
    ======================================================

    Tidak ada, Kanda.
    Memang sengaja ditiadakan Panjat Pinang.
    Karena kata Bapak-bapak terlalu capek jika ada lomba tersebut.😆

  24. kriteria pekauman idol harus sudah hafal alquran ya mbak ??
    ======================================================

    Tidak mas, itu sudah ada kriterianya koq.
    Dibaca lagi ya?🙂

  25. karang taruna disini gak idup, n pada mau mudik ke jawa..😀
    ======================================================

    hihiih. .. ayo dihidupkan kembali mas.😛
    Mudik ke Jawanya sekarang saja, mumpung belum macet. .😆

  26. Mau dunnnnlk ikutan lombanya.. kayaknya seru nich… hehehe😀 Salam Kenal dai Bumi Malioboro…
    ======================================================

    Bisa saja ikutan. . .🙂
    Salam kenal kembali dari Idah. . .🙂

  27. Wah sudah siap-siap lomba 17-an, tapi seru banget kayaknya 17-an kali ini, hampir berbarengan dengan lebaran..
    ======================================================

    iya, karena bertepatan dengan Ramadhan dan Hampir lebaran jadi acar perlombaan di majukan di Bulan Juli Semua.🙂

  28. oke bantu support ajah via komen😀

    salam persahabatan sukses selalu!
    ======================================================

    Ahhihihi. . .
    Terimaksih suportnya.😆
    Eh, gak ninggalin alamat rumah di sini ya?🙂

  29. halo my bodyguard ! hehehe

    di rt/rw gue karang tarunanya gak jalan….solanya udah pada bangkotan semua😀
    ======================================================

    Halo juga si Bos yang imut. wkwkwkwkwk
    Aaaaaaaaaah, di jalankan kembali Om.
    Masa tidak ada penerusnya. . .Payeeeeeeeh payah Payuuh.😛

  30. Horee, masih ada perlombaan2😀
    Banyak banget lagi. Salut deh sama panitianya🙂
    Semoga acaranya sukses ya🙂
    ======================================================

    Horeeeeeeeeeeeeee, ada kakaakiiin. . .:lol:
    Aamiin. . .🙂

  31. Tulisanx panjang…😀
    mbak idah, main2 yah http://dykas60v5.wordpress.com/2012/07/07/blogger-goes-to-dufan-ancol/
    ======================================================

    Sepanjang sungai Nil. ..🙂
    Sudah meninggalkan jejak, tapi tadi di ajak kencan sama akismet mas.😆

  32. onesetia82 · · Balas

    Kalau ditempat saya ga ada perlombaan setiap menjelang Agustus.
    Mungkin untuk tahun meski dimeriahkan kemerdekaan ini …
    Dukungannya saja non …😀
    ======================================================

    Saya dukung Om Iwan. . .
    contreng Om Iwan. ..😆

  33. wah…, kegiatan mantap tuh Kak, kompak lagi….
    kalau di TPA kami nanti insya Allah kegiatannya digabung dengan kegiatan Ramadhan yang kami lakukan setiap sore hari.
    ======================================================

    Untuk TPA lombanya khusus keagamaan berarti ya?

  34. kayak nya seru yaa semua kegiatan ada😀..
    kreatif banget ! salut dehh
    =====================================

    Ada bebrapa kegiatan yang kami hapus, seperti panjat pinang, karena warga kurang berkenan.🙂

  35. Danni Moring · · Balas

    sy mau ikut lomba, sebelum daftar udah di diskualifikasi :D…. heheheh
    =====================================

    Ayooo, merapat kalau mau ikut mas.
    Ini mau di mulai.🙂
    Mulai balap karung.😆

  36. wahh ini menarik tpi syng bulan ramadhan
    =====================================

    Untuk pelaksanaanya tidak di Bulan Ramadhan Koq.🙂

  37. waaa banyak juga yaa acara nya ! di tambah suasana ramadhan sambil ngbuburit gtu hihihi😀
    =====================================

    Semua acaranya sebelum puasa koq mba. . .🙂

  38. sip, walaupun ga jadi juara yg penting partisipasi …
    tahun dpn tambah lg lombanya ‘tepok bulu’ biar aq bisa ikutan …
    =====================================

    Tepok Bulu?
    apa ituu Kak?😛

  39. halah,,,orang indonesia koq blm mengenal olahraga ini?
    tepok bulu itu olahraga bulutangkis de’ … sip dah catatannya kali ini …
    semoga tambah rame.
    ================================================

    Taunya Bulu Tangkis. .. )

  40. Tianha Filadelfia · · Balas

    Iiih..aqu mau ikutan donk..
    Yg Main VoLi..
    Hehehe
    pasTi seru Nih! syang bnget d’tmPat quA qX ad acAra apapun..caPeDE
    =============================================

    Mari mba, daftar dulu. . .🙂

  41. […] menyambut hari kemerdekaan dimulai dari pembentukan panitia perlombaan dan penyusunan agenda perlombaan, pelaksanaan perlombaan, Malam Anugerah Pekauman Idol sampai dengan Malam Tirakatan, semua […]

Hayoo...Ngomen dengan bijak, ya! ^_*

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: