Dawet ayu asli Banjarnegara.

Kabupaten Banjarnegara atau lebih dikenal dengan Mbanjar, oleh masyarakat yang berlogat Banyumasan adalah kabupaten yang cukup kaya akan kuliner. Kuliner berupa minuman, misalnya. Salah satu minuman khas Banjarnegara adalah Dawet ayu. Sapa sing ora ngerti Dawet Ayu? Saya rasa kalau sekedar tahu mungkin sudah, tetapi kalau merasakan nikmatnya menyeruput Dawet Ayu Asli Banjarnegara teman-teman banyak yang belum pernah.πŸ™‚ Minuman Dawet sekarang sudah bisa di jumpai di beberapa kota di seluruh Indonesia, akan tetapi untuk Dawet Ayu Banjarnegara hanya bisa dinikmati di Banjarnegara.πŸ˜› Dawet ayu asli Mbanjar ini merupakan minuman yang isinya terdiri dari cendol, santan dan gula aren. Dari isinya memang terlihat sederhana, tetapi kalau sudah sampai rasa sangatlah nikmat.πŸ™‚ Dawet ayu Banjarnegara memiliki cita rasa perpaduan cendol beraroma pandan.

DawetSebelum anda mencicipi Dawet Ayu asli Mbanjar, tidak ada salahnya mengetahui sejarahnya dulu.πŸ˜† Dari nama, kenapa Dawet Ayu tidak Dawet Ganteng?πŸ™‚ Dalam sejarahnya Dawet Ayu Banjarnegara, bermula ketika adanya grup lawak yang dahulu sangat terkenal di wilayah eks karesidenan Banyumas yang sempat manggung di Banjarnegara. Setelah selesai manggung kemudian grup tersebut mecicipi dawet yang terletak di Jalan Dipayuda. Karena terkesan dengan rasa dawetnya yang enak dan segar, serta penjualnya yang berparas cantik atau ayu. sehingga menginspirasi terciptanya lagu gaya Banyumasan yang berjudul Dawet Ayu Banjarnegara. Grup lawak dan lagu itulah yang salah satunya ikut andil dalam mempopulerkan dawet ayu hingga ke berbagai daerah. Perlu diperhatikan dan diingat, salah satu ciri khas penjual dawet ayu Banjarnegara adalah adanya dua buah tokoh wayang pada gerobaknya. Tokoh wayang itu adalah Semar dan Gareng. Ada yang meyebutkan bahwa itu adalah simbolisme dari gabungan kata keduanya yaitu MARENG yang dalam bahasa setempat berarti kemarau. Mar dari seMAR dan reng dari GaRENG. Jadi maksudnya, jika musim kemarau tiba cuaca pasti dan selalu merasa haus, maka minuman yang paling tepat untuk dinikmati adalah dawet ayu atau bisa juga itu adalah simbolisasi dari penjual yang menginginkan cuaca dalam kondisi kemarau sehingga dawetnya bisa laris. [sumber dari sini].

Hari ini matahari tersenyum lebar, cuaca panas seperti ini enaknya memang untuk pergi dan jalan ke warung dawet milik Pak Nardi. Sebenarnya ada banyak penjual dawet yang ada di Banjarengara, tetapi saya kangen sama kumisnya Pak Wi dan pingin duduk sambil cuci hidung diwarung dawet Pak Nardi. Sembari menunggu, biasanya kami ndongeng ngalor-ngidul tidak jelas yang penting tidak ngerasani orang lain.Β πŸ™‚ Penjual Dawet Ayu yang terkenal dan merupakan cikal bakal β€œDawet Ayu” ini terletak di jalan Dipayuda sebelah terminal lama atau komplek wisata kuliner Banjarnegara dan tentunya tidak jauh dari alun-alun Banjarnegara. Dawetnya Pak Nardi memang terkenal karena rasanya anjlem (seger).

Dawet Ayu Banjarnegara

Ngobrol ngalor-ngidul.πŸ˜‰ [Bonus untuk pembaca]πŸ˜†

Keistimewaan dan keunikan minuman khas Banjarnegara yang satu ini, bisa disajikan tanpa mengenal cuaca. Dawet Ayu Banjarnegara memang enak, segar dan sangat cocok diminum saat cuaca panas (dengan Es) maupun disantap di cuaca dingin (tanpa es) tentunya santan dipanaskan terlebih dahulu supaya anget. Tidak heran, karena keunikannya tersebut Dawet Ayu dijadikan minuman khas Banjarnegara. Salah satu bentuk apresiasi untuk menjadikan tanda sebagai minuman ”khas”, Pemerintah Kabupaten Banjarnegara membuat maskot miniatur Dawet Ayu yang diletakkan di Alun-alun Banjarnegara tepatnya di sebelah selatan atau depan Bank BRI Cabang Banjarnegara.

” NEK DOLAN MARING MBANJAR, URUNG LENGKAP NEK URUNG NICIPI DAWET AYU KHAS BANJARNEGARA”
DAWET WES NYEBAR NANG KOTA-KOTA GEDE, TAPI UDU MESTI DAWET AYU BANJANEGARA

AJA KETIPU LHO. . .Β πŸ˜†

Β 

Miniatur Dawet Ayu Banjarnegara

Miniatur Dawet Ayu Banjarnegara.

Nb. Saya memang belum pernah KopDar, adakah yang mau DawDar dengan saya? (Dawet Darat).πŸ˜†

Salam Senyuum. . .^_*

40 komentar

  1. wah dawet yo kesukaan aku mbak,, aduh jadi pengen ngerasain langsung kesana ,,
    Ternyata dawet ayu itu ikut di populerkan juga sama grup lawak,,
    hebat,, hebat..
    =============================================

    Main kesini saja mas. .. πŸ™‚

  2. waahhhh….. jadi pingin hehe….
    mantap juga kayanya untuk berbuka puasa bentar lagi….
    =============================================

    Tenanan matap mas, ora ngapusi aku.πŸ™‚

  3. disini bayak yang jual, tapi gak tau yang asli itu yang seperti apa..πŸ˜€
    =============================================

    Santannya?
    Gulanya?
    Rasanya?

    coba ke Banjarnegara aja. . .πŸ™‚

  4. pernah dengar, tapi belum pernah nyoba..πŸ˜€
    =============================================

    Ayo coba rasakan, mas. . .πŸ™‚

  5. dulu waktu sma ada temenku pindahan dari sana trus ortunya jualan dawet ini memang rasanya beda lebih enak
    =============================================

    Idah gak bohong kan, Mom?πŸ™‚

  6. Dawet Ayu Banjarnegara ini juga banyak lho di Jakarta.
    Dawdar? Kacang telur dadar aja.πŸ™‚ Ayo kalau kopdar ajak-ajak dong..
    =============================================

    Saya juga belum pernah kopdar mas. .. πŸ™‚

  7. Kalau cuaca panas, minum dawet emang terasa maknyeeessss ….
    Jadi ingin merasakan dawet ayu yg emang dr Mbanjar …
    Salam
    =============================================

    Monggo pinarak mbanjar mawon Mas. .. πŸ™‚

  8. Ummu El Nurien · · Balas

    Bikin ngiler,, bisa di kirim ketempatku ga? πŸ™‚
    =============================================

    Bisa saja mba, mau berapa gelas.πŸ™‚

  9. Es dawet… Mana – mana es dawet.. hehe
    *penggemar es dawet mbak. Cuma belum nyoba yang asli Banjarnegara
    =============================================

    Datang saja ke Banjarnegara mas. ..πŸ™‚

  10. hmmmmmm..
    dawet yaa….

    miniman warisan nenek tu… heheheee

    kangen sama dawet…
    =============================================

    Nenekmu menginggalkan warisan berupa dawet ya mas?πŸ™‚

  11. jadi tahu sejarahnya.
    tapi kalau penjual dawet yang ada wayang pada gerobaknya itu di Ponorogo juga ada lho…. tp mereka tidak bilang dawet ayu Banjarnegara.
    =============================================

    Tapi itu aslinya dari Banjarnegara lho mba.
    Coba ditanya saja ke penjualnya, “dawet itu asli mana si, Pak?”.
    Pasti jawabnya asli Banajrnegara.
    kalau tidak, nanti saya ketok pake palu.πŸ˜†

  12. mbak idah kenapa sampei terpana gitu liatin bapaknya….πŸ˜†
    =============================================

    Karena kangen sama kumisnya, Mba.πŸ˜†

  13. Haduuh… panas-panas gini ngomongin dawet. Bikin haus ajah..
    Btw, itu yang jualan yang lagi jongkok ya? Hehehehe……
    =============================================

    Weew, Koq tau?
    jadi malu inii. .. πŸ˜›

  14. Idahh….untung belum bulan puasa nich….kalo gag dah ngiler dah
    kapan yach bisa main ke Banjarnegara….πŸ™‚
    =============================================

    Kapan saja bisa Om, Jika ada kemauan.πŸ˜›
    Ayo Om, Ke Banjar.πŸ™‚

  15. abedsaragih · · Balas

    Hmm,,,kalau di tempat saya mbak,,banyak bejejer yang jual “Es Dawet Ayu,Asli Banjarnegara”
    Kayaknya orang pada suka dengan es tersebut dibandinges campur lainnya.πŸ™‚
    =============================================

    Terus, mas abed suka gak?
    Sering beli juga gak?πŸ™‚

  16. urung pernah ngerasakne mbak idah ^ ^
    =============================================

    Jajal dolan ngene mas eko. ..πŸ™‚

  17. onesetia82 · · Balas

    Mao donx dawetnya non …
    Sepertinya enak habis solat magrib makan dawet …πŸ˜€
    =============================================

    Ini Om, cicip wae. . .
    Seruput. . .πŸ˜†

  18. lozz akbar · · Balas

    Kalau ada yang nungguin gitu, saya mau kok jadi penjual dawetnya :p
    =============================================

    Hijrah dulu ke London Kanda, Eh, Banjar maksude.πŸ˜†

  19. Iya mbak, rasanya emang MANTABS.. apalagi sambil makan keripik jamur, bisa tambah JOSS..:mrgreen:
    =============================================

    Kripik salak aja mas. . .
    lebih enak. .. πŸ™‚

  20. penawaran fantastis…ayo neng kita kopdar sembari ngobrol ngalor ngidul dg abg es dawwar hiiiiiii
    =============================================

    Hehihihihih. . .
    Monggo mi, Monggo. .. πŸ˜›

  21. Di Samarinda juga ada beberapa penjual es Dawet Ayu.. Kira2 bagaimana ya rasanya yang asli dari Banjarnegara…??
    Hmmm… jadi pengn nyoba…
    =============================================

    Bagaimana jika datang langsung saja, sekalian DawDar.πŸ˜†

  22. di Tarakan juga ada, bahkan ada kombinasi rasa duren
    =============================================

    Mintaaaaa dong. . .πŸ˜›
    Tapi bukan Asli dari Banjarnegara ya?πŸ˜›

  23. nyam nyam,,,pngen lagi nih dawet ayu banjarnegara…
    enak tenan mbak
    =============================================

    Nyammi. . .
    monggo dipun unjuk mas. . .:P

  24. Jika berkenan mampirlah ke blog aku juga yah…. klik disini jangan lupa komentarnyaπŸ™‚ Trims.
    =============================================

    Insya Alloh mas Dede. . .πŸ™‚

  25. Seru ya jalan2 sambil wisataan kulinerπŸ˜€
    =============================================

    Uhuuy, iyya mas. ..πŸ™‚

  26. Oo.. gitu toh ceritanya..
    Kirain dawet ayu itu semacam franchaiseπŸ˜€
    =============================================

    Ceritanya begini lho, mba Akin.πŸ˜›

  27. aku suka dawet ayu Dah, kirimin dunk ke sini qiqiqiqi
    ========================================

    Ok teh, pingin berapa gelas wis.πŸ˜›

  28. Cliing… *muncul dari balik asap, aku dataang* langsung duduk dipinggir keranjang dawet…
    ===============================================

    Hihihihiihih, yang dipinggir keranjang sudah ditempati orang Om. .. πŸ˜›

  29. oya maap saya mw bertanya ttng alamat neh..kebetulan saya tersesat d banjarnegara.. saya mencari alamat jl.cipayuda no.47 kel.krandegan (utara pemda) ntuh dmn yah??? mohon infonya a/n Herman Margono… saya mencari alamat tersebut karena saya sudah teripu dgn modusnya dia melalui perdagangan online shop.. mohon infonya.. no hp herman margono 085349999921..

  30. […] lagi. Untuk kali ini Dawet yang akan di review bukan lagi dawet ayu yang pernah saya ceritakan di blog sebelah. Banjarnegara memang mempunyai minuman khas yang sangat unik, masih seputar dawet si, tetapi ada […]

  31. saya minta ijin untuk buka usaha dagang dawet ayu.
    Mohon do’a dan restu semoga lancar dan sukses.

    Buka usaha dimana, Pak.
    Semoga diberi kemudahan dalam berjualan ya, Pak.πŸ™‚

  32. […] mengenai kota tercintanya ini.Β  Termasuk Batik dan Es Dawetnya ini. Idah pernah menulis mengenai DAWET AYU ASLI BANJARNEGARA Dawet Ayu ini memang sangat terkenal.Β  Di Jakarta saya sering sekaliΒ melihat dawet ini dijual […]

  33. Ayo Kopdar! Di Gallery UMKM Banjarnegara di Terminal Baru..
    Dan Ayo Ikuti Pesta Blogger Banjarnegara 2013. Gratis! Pendaftaran Bisa kirim e-mail ke hariezg@gmail.com

    Siap, Gan.πŸ˜†
    Insya Alloh besok ikut. . .πŸ™‚

  34. […] keunikan tersendiri bagi orang-orang yang lalu lalang disekitarnya. Ingat es dawet, jadi ingat idah. Berarti aku nggak perlu jauh-jauh donk ya ke Banjar buat nyobain es […]

  35. Tris Setiyanto · · Balas

    ijin copas mba,,,

  36. nih papih aku jga jual es dawet di jamin rasanya yang paling king
    anda pasti nyesel kalo nyobain

  37. […] lagi. Untuk kali ini Dawet yang akan di review bukan lagi dawet ayu yang pernah saya ceritakan di blog sebelah. Banjarnegara memang mempunyai minuman khas yang sangat unik, masih seputar dawet si, tetapi ada […]

Hayoo...Ngomen dengan bijak, ya! ^_*

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: