Sahur di Bulan Suci Ramadhan.

Alhamdulillah, hari ini adalah hari ke 6 di bulan suci Ramadhan. πŸ˜‰ Bulan suci Ramadhan adalah bulan penuh hikmah dan penuh ampunan. Membersihkan dosa, menjalankan ibadah-ibadah sunnah, mengkilapkan iman dan menenangkan pikiran, itulah merupakan tujuan ibadah khususnya di bulan Ramadhan. Semoga kita semua selalu diberi kesehatan oleh Allah, sehingga bisa menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan dengan baik. Merupakan nikmat tersendiri, jika kita bisa berkumpul dengan keluarga untuk melaksanakan puasa Ramadhan tanpa suatu halangan apapun.Β 

Pada bulan suci ramadhan di tempat saya, sahur pada umumnya dilaksanakan antara pukul 03.30 WIB-sebelum waktu imsak. Biasanya ditempat saya pukul 02.30-03.00 WIB, anak-anak yang tergabung dalam grup klotekan sudah bergegas untuk membangunkan masyarakat. Grup koltekan biasanya tidur secara bersama-sama di masjid supaya bisa bangun tepat waktu. Kurang lebih ada 5 grup klotekan di tempat saya, dan mereka sudah mempunyai jalan atau route masing-masing untuk klotekan. Dengan waktu 30 menit, mereka berkeliling desa dan masuk ke gang-gang untuk membantu membangunkan masyarakat khususnya paraΒ  emak-emak cantik untuk siap-siap membuat hidangan sahur.

Makan sahur termasuk salah satu ibadah sunnah sebelum menjalankan puasa di Bulan Ramadhan. Berarti, jika melaksanakan sahur maka kita akan mendapatkan pahala. Makan sahur juga merupakan barokah yang Allah berikan pada kita. Dari Abu Said Al-Khudri radhiallahu ‘anhu Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda (yang artinya):Sahur itu makanan yg barokah janganlah kalian meninggalkan walaupun hanya meneguk seteguk air karena Allah dan malaikat- Nya bershalawat kepada orang-orang yg sahur”. Keberadaan sahur sebagai barokah sangatlah jelas karena dengan makan sahur berarti mengikuti sunnah, menguatkan dalam puasa dan menambah semangat untuk puasa. Sahur ini sangat dianjurkan, oleh sebab itu kita sebagai seorang muslim jangan menyia-nyiakan pahala yg besar dari Allah Maha Pemurah. Barokah sahur terbesar adalah Allah SWT akan meliputi orang-orang yang sahur dengan ampunan-Nya, memenuhi mereka dengan rahmat-Nya dan malaikat Allah memintakan ampunan bagi mereka yang berdo’a kepada Allah agar memaafkan mereka.

Saya tidak pernah mendengar klotekan mungkin karena nyenyaknya tidur, tetapi alhamdulillah mamah saya selalu membangunkan saya tepat pukul 04.00 WIB, karena imsak untuk daerah Banjarnegara pukul 04.25 WIB. Dengan mengetahui barokah sahur diatas, apakah kita masih enggan sahur dengan alasan masih ngantuk? Apakah kita masih ingin meninggalkan sahur dengan alasan menu tidak cocok?πŸ™‚

Jangan tertipu barang baru

Barang lama dibilang baru

Bagaimana bisa kendalikan nafsu

Kalau puasa saja kau tak mampuπŸ˜‰

Sumber tentang barokah sahur: Kuliah subuh tadi pagi, di Majlis Ta’lim Al-Hidayah.

22 komentar

  1. Pertamax dulu…

    Pertamax harganya lebih mahal lho, Pak?πŸ™‚

  2. Kalau saya selalu berusaha sahur…
    Istri bangun jam 3 pagi karena saya suka kalau makanannya panas…

    Cocok dengan yang panas2 ya, Pak.πŸ™‚

  3. lozz akbar · · Balas

    nanti pas sahur deh saya bawa gitar dan genjreng sambil nyanyi di jendela kamar dinda Idah wis

    Awas awas awasssssss, janji lho, Kanda.πŸ˜†

  4. di tempatku kok sudah gak ada yang mau main kotekan lagi

    Bagaimana jika dimulai lagi klotekannya.πŸ™‚

  5. 04.25 ya mbak idah…klo d Padang 04.55 heeπŸ™‚

    Waaah, lebih lama lagi ya?πŸ™‚
    Terus bukanya jam berapa mba?πŸ™‚

  6. Leg disini orang2 klotekan ne di gang depan jadi gag lewat depan rumah mbak idah :p

    Eiiiiiiiiiiits, rumahku dekat jalan raya.
    pas masuk gang.πŸ˜›

  7. Ian Bood · · Balas

    huhu, kalau saya ramadhan kali ini jarang sahur mbak, di kos sendirian sih… 😦


    Waaaaaaaah, bangun terus minum mas.
    Sayang lho barokahnya terlewatkan.πŸ™‚

  8. weh, imsyak ditempat saya malah jam 5 kurang 5..πŸ˜€ penak ngendi mbak..πŸ˜€

    Penak gonku, bukane lewih gasik.πŸ˜›

  9. Selain mengikuti sunnah Rasul, makan sahur juga sebagai pembeda puasa umat Islam dengan ahli kitab, puasa bukan hanya milik umat Islam saja hanya mereka tidak mengenal adanya makan sahur seperti umat Islam, disamping itu makan sahur juga untuk meringankan bagi yang berpuasa


    Terimakasih untuk tambahannya, Om Insan.
    Idah baru tahu pembedanya dengan ahli kitab.πŸ™‚

  10. alhamdulillah saya selalu semangat untuk sahur..
    dan sampai puasa hari ini, sahur tetap lancar ..

    Alhamdulillah sekali ya?
    Semoga bisa menjalankan sunnah sahur tanpa hambatan.πŸ™‚

  11. Sangat disayangkan apabila ada yang sengaja meninggalkan sahur, hanya karena merasa dirinya kuat berpuasa. Sahur bukanlah sekedar urusan makan dan minum, ada banyak keberkahan dan kesempatan mendapatkan pahala di dalamnya, karenanya meski tidak menentukan sah tidaknya puasa, sebaiknya jangan tinggalkan sahur.

    Setuju sekali Abi. . .πŸ™‚
    Lebih baik membudayakan sahur.:lol:

  12. Pantun… Ahaaayy… Idah agaknya siap ikutan ajangnya mas Walank Ergea…

    Aihihih, belum Bunda.
    Ini latihan duluu. . .:lol:

  13. wibisono · · Balas

    kata temen saya, sahur itu yang membedakan puasa orang muslim dengan puasanya orang yahudi.

    Iyya mas, aku juga baru tahu. hihihihiπŸ˜‰

  14. Aku rajin sahur, alhamdulillah ga pernah ga nyampe sahur selama menjalani bulan Ramadhan..
    Aku bangunnya jam 2.15 karena di mesjid pinggir rumah, sudah memanggil dan membangunkan emak2 untuk persiapan sahur,
    Dan jam 3.00 sudah waktunya makan,lalu tidur lagi, shalat subuhnya pas bangun tidur jam 5.30 an ..heheh..

    ihihihihi, tidur lagi ya, Teh.
    Ngelonin Olive pasti ya?πŸ™‚
    Gak apa2 yang penting bisa sahuuur.πŸ˜‰

  15. sangat menarik kawan.. salam kenal ya

    Salam kenal kembali dari idah.πŸ™‚

  16. Oh di daerah Mbak Idah yang suka ngebangunin ‘klotekan’ ya…? Kalo di saya ‘ngobrog’ namanya.

    Menunya mana nih?

    Istilahnya berbeda ya mas.πŸ™‚
    Menunya pilih saja, ada diatas koq.πŸ˜†

  17. Wah.., terimakaseh atas petuah-petuahnya Mbakayune.., untunglah saya udah bangun stiap jam dua untuk bangunin si emak..:mrgreen:

    Semangat..semangat.., Puasa..πŸ™‚

    Semangat pantang mundur.πŸ˜†

  18. Dua hari berurutan bangun jam 4.15.πŸ™‚

    Tapi tetap sahur kan, mas?πŸ™‚

  19. Sofyan · · Balas

    Kalau di tempat saya namanya Kentongan Dik, cuman gak pakai bambu atau alat kentongan lumrahnya, kentongan yang dirumah memakai botol galon dan kaleng cat

    Selamat berpuasa Dik IdahπŸ™‚

  20. kl dirmh ibuku rame mb idah..pst ada yg klotekan bangunin sahur..kl di rmhku sepii..yg bangunin sahur cm papito.. #daku memang termasuk org yg susah bangun saat sahur beruntung punya suami yg pengertian menerima istri tukang molor wkwkwk…

    Aihiih, benar2 saling melengkapi ya, Mom. hihihihihi
    Salam untuk suaminya. #ups.πŸ˜†

  21. Di sekitar kos saya klotekannya kayak orkes lagi ngamenπŸ˜€

    Wuiiih, rame dong., Pasti gak bisa tiduuur ya, Mas El.πŸ˜†

  22. barang lama dibilang baru
    barbang baru harga seribu

    sudah puasa tak mampu
    jangan sampe tinggal yang lima waktu

    aihihihi, bagus tuh pantunnya.πŸ˜›

Hayoo...Ngomen dengan bijak, ya! ^_*

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: