Buah Salak Pondoh Banjarnegara.

Kabupaten Banjarnegara– Sebagian besar masyarakat Banjarnegara, khususnya di daerah saya yaitu Madukara, bermata pencaharian sebagai Petani. Sebagian besar dari mereka bercocok tanam padi, salak dan ada beberapa yang menanam buah naga. Diantara tiga tanaman tersebut, yang paling banyak mereka tanam adalah salak pondoh. Disamping penanamannya yang lebih mudah, untuk salak perawatannya juga lebih ringan di bandingkan dengan padi dan buah naga.

Perkebunan salak pondoh yang terkenal dengan hasil salaknya besar-besar di Kabupaten Banjarnegara terletak di kecamatan Sigaluh, kecamatan Madukara dan kecamatan Pagentan. Ke tiga kecamatan tersebut memang terkenal lebih untuk jenis salaknya dibandingkan dengan kecamatan lain. Semua itu karena didukung kondisi tanah dan iklim pada kecamatan tersebut. Salak tumbuh baik di dataran rendah hingga ketinggian 500 m dpl dengan tipe iklim basah. Tanaman salak yang masih muda lebih senang hidup di tempat yang teduh atau di bawah naungan pohonn yang lebih besar. Oleh karena itu, umumnya salak ditanam di bawah tanaman duku, durian atau pepohonan yang lain. Akan tetapi jika terlalu banyak pepohonan disekitar juga tidak bagus, karena akan ngiyom-ngiyomi pohon salak dan nanti hasilnya kurang baik.

Salak Pondoh yang belum matang

Warna masih hitam, belum matang.

Selain Salak Pondoh, ada beberapa petani juga yang masih menanam salak lumut (lokal). Untuk salak lumut biasanya ditanam di pinggiran saja untuk aling-aling kebun. Perbedaan dari kedua jenis salak tersebut adalah pada rasa. Jika salak lumut rasanya ada sedikit kecutnya dan salak pondoh mempunyai rasa yang khas dan manis. Harga salak di pasaran tidak stabil, tergantung musim dan permintaan. Jika sedang musim salak biasanya untuk jenis salak lumut biasaya terjual dengan harga Rp. 1.000,- dan untuk salak pondoh Rp. 2.000,-. Akan tetapi jika sedang tidak musim, salak lumut bisa terjual Rp. 1.500,- dan salak pondoh Rp. 6.000,-. Ada beberapa teman saya, jika melihat salak yang belum dikupas itu geli, tetapi jika sudah di kupas mereka berebut dan langsung lahap. Memang jika dilihat sekilas dari luar, buah salak kurang menarik untuk dinikmati. Mungkin karena ada duri kecil dan warna yang kecoklatan.

Sampai saat ini, pendistribusian salak pondoh dari Banjarnegara mencapai Jakarta, Sumatra, Batam, bahkan Singapura. Salak pondoh Banjarnegara besar-besar, rasanya manis, dagingnya tebal dan berlapis (untuk salak ponsoh yang masir), serta ada rasa khas tersendiri. Pendistribusian untuk salak pondoh sangatlah mudah, apalagi sekarang tiap desa sudah ada pengepul atau juragan-juragan yang siap mendistribusikannya, jadi petani tidak perlu repot untuk membawa ke pasar.

Salak Pondoh Banjarngera

Teman dari Riau tiba-tiba minta ke kebun slak. πŸ™‚

Ehem-ehem, yang ingin mencicipi salak pondoh Banjarnegara, bisa pesan sekarang juga ke saya. Jangan lupa semua yang bersangkutan dengan biaya ditanggung oleh pemesan. πŸ˜†

Salam Senyum

43 komentar

  1. wah enak ne … kalo yg udah tinggal lahap aq jg mau …
    baiklah kalo begitu, tunggu artikel saya berikutnya ‘apel malang’

    Saya tungu apel malangnya. πŸ˜†

  2. “sego sak kepel dirubung semut” … apa hayo ..? πŸ˜€

    jawabannya adalaaaaaaaaaaaaaaaaaaah. . .
    Salak. πŸ˜†

  3. lebih suka salak pondoh, soal’y manis bgt πŸ˜€

    kapan” mampir akh hehe

    Beneran lho, kalau bohong dosa. πŸ˜†
    idah tungu di Banjarengara. ^_*

  4. saya mau dong mbak salaknya. πŸ˜€

    Jika mau, silahkan datang ke Banjarnegara.
    Nanti tak kasih geratis. .. πŸ™‚

  5. salak, slah satu buat yang kadang bisa melukai tangan ketika akan mengupasnya 😦

    Iya, ada yang males ngupas tapi doyan makan. :))

  6. lozz akbar · · Balas

    Mbok saya ini dikiriminsatu aja salaknya via email hehe

    heheheheehe, besok ya, Kanda. πŸ˜†

  7. Muantabs …
    Kalo ongkos kirim ke cimahi-bandung berapa ya… πŸ™‚
    Salam Kenal teruslah berkarya
    salam sukses

    Kira2 berapa ya, mba.
    Koq idah gak tau ya? πŸ™‚
    Salam kenal kembali dari idah.
    Sukses juga untuk mba sri. ^_*

  8. Irfan Handi · · Balas

    Kalau di Lombok hanya ada Ayam Taliwang dan Pelecing Kangkung dek. πŸ™‚

    Sepertinya baru denger ni, Om.
    idah coba googling ya? πŸ˜†

  9. wahhh selain buah naga ada lagi toh ^_______^

    Masih banyak lagi, mas. πŸ™‚

  10. onesetia82 · · Balas

    Jadi penasaran mau mencoba Salak Pondoh … Apakah rasanya sama seperti salak pada umumnya … ? πŸ˜‰

    Emmmmmmmm, sepertinya beda, Om. πŸ™‚
    #membela produk dalam kabupaten. πŸ˜€

  11. wahh….kamu punya kebun salak juga ya…

    Gak, Om.
    yang punya Orangtua. πŸ™‚

  12. sang agung · · Balas

    teruskan perjuangan mu dik semangat

    Siap. Terimaksih, Mas. πŸ™‚

  13. Salak pondoh katanya memang rasanya lebih yahud dari jenis salak lainnya.

    Benar sekali, mas.
    Belum pernah merasakan yahudnya ya? πŸ™‚

  14. Salak pondoh manis… Suka banget. Lha kalo pesen ke Banjarnegara malah kemahalan ongkos kirimnya dong Idah…

    Geratis untuk, Bunda. ^_*

  15. Icip2 nya ada mbak, buat buka puasa hari ini…

    Silahkan, dipetik sendiri. . . πŸ™‚
    Atau mau idah petikkan? ^_*

  16. dijualnya perbutir ya salaknya? aku mauuuu salaknya dong Idah πŸ™‚

    Alamatnya untuk pengiriman mana, Mom? πŸ˜†

  17. Wah wah, saya pesen orang yang difoto aja mba. hehehehe
    *eaaaaaaaaaaaaaaaa

    Aih aih. .
    Ok deh, nanti saya tanyakan dulu ya? msih mau dipesen tidak? πŸ™‚

  18. salak pondoh banjarnegara sama gak ya rasanya dengan salak pondoh yang di tanam oleh seorang pelanggan saya, dan biasanya kalau berbuah saya suka di kirimi …

    Kalau Banjarnegara Salaknya gede2, Mas Kuya plus maniis2. πŸ™‚
    Terus ini mau dikirimi gak? πŸ˜†

  19. saya masih kadang2 sama salak.. kadang2 suka, kadang2 enggak πŸ˜€

    Kalau idah sudah gak pakai kadang2 lagi, Teh.
    Suka bangets, apalagi kalau dibuat kripik, enak lho? πŸ˜›

  20. pohon pisang ada nggak disana neng idah?? πŸ˜†
    sayangnya saya gak suka salak 😦

    Ada juga, tapi dikiiitt banget, mba. . .:lol:
    Waah, tapi kalau di variasi menjadi jena atau kripik suka kan mba? πŸ™‚

  21. salaknya enak kayaknya mbak idah, bagi2 dong….

    salak pondoh yg masir mbak, enak banget itu πŸ˜€

    Iya, tapi saya kurang suka kalau yang masir. πŸ˜‰

  22. oleh oleh rutin setiap main ke dieng
    soalnya tiap kesana pulang balik ga pernah pake rute yang sama
    berangkat dari wonosobo baliknya lewat wanayasa atau sebaliknya

    Jika ke Banjarnegara, mampir ya?
    Tak oleh2i Salak juga. .. πŸ™‚

  23. aku minta dikirimin sist…. #ngareppppp

    Coba kirim alamatnya, Sist. πŸ˜†

  24. entah kenapa buah yang paling saya benci adalah buah salak

    saya paling pobhia sama buah salak..serem…

    Sama seperti beberapa temanku. . . πŸ™‚
    Jangan terlalu benci lho, mas.
    Nanti bisa2 jadi cinta. πŸ™‚

  25. postingannya bikin kangen, pernah saya ke rumah teman di Banjarnegara diajak ke kebun salak di suruh metik sendiri sesukanya bahkan disiapkan pula kantong plastik oleh empunya

    Jika Om Narno ke Banjarnegara, idah akan melakukan hal yang sama.
    Meskpun kebun salak itu masih milik orangtua. πŸ˜†

  26. salak itu tampang emang sangar, tapi kalau manis tidak dua tapi kalau tidak hmm sama sangar sama kulitnya πŸ˜€ *oh salak salak salak gratis datanglah kemari&

    Saya salak, saya akan segera mendatangimu. . .:lol:
    Ada2 saja ni mas, Aulia. πŸ™‚

  27. hmmm…. sungguh menggugah selera… (mau dong…)
    πŸ˜€

    Silahkan dipetik, Mas. πŸ™‚

  28. punya berpa ribu pohon mba

    sayakurang paham, Mas.
    Soalnya gak pernah ngitung. . . πŸ™‚

  29. Budi-Jepara · · Balas

    Harga salak hari ini di tingkat pengepul berapa mbak idah?
    Aku minat serius

    Dari pengepul disini antara 2.000-2.500.
    tergantung jenis salaknya, Pak. πŸ™‚

  30. Budi-Jepara · · Balas

    Harga salak hari ini di tingkat pengepul berapa mbak idah?
    Aku minat serius dalam jumlah partai.SMS aja ke 081 5659 4411

    Dari pengepul disini antara 2.000-2.500.
    tergantung jenis salaknya, Pak. πŸ™‚
    nanti saya sampaikan ke pengepul ya? πŸ˜‰

  31. sandyginting · · Balas

    salak nya bsa dikirim ke riau jumlah partai besar????
    saya minta alamat atau nmr yg bsa dihubungi,, atau hub saya 08562890230

    Bisa, Pak.
    Nanti coba saya konsultasikan dengan yang punya lapak. πŸ˜‰

  32. wah, asyik juga tu law nanam salak, law mau cari bibitnya ada nggak ya?

  33. Bisa minta no hp yg bisa di hubungi mbk, mksh

    1. Silakan, ini nomor saya.

      085 2276 2276 7

  34. darmawan · · Balas

    berapa harga salak A sampai pekanbaru mbak, dari DR hp 081277861329

    1. Sudah saya konfirmasi, ya. Terima Kasih. πŸ™‚

  35. Junita Tobing · · Balas

    Saya tertarik berbisnis salak ini, boleh tahu harga terbaru saat ini berapa, dan kalau kita minta dikirim ke Batam, berapakah ongkos kirimnya, juga kalau mau pesan, berapa banyak orderan minimumnya, agar bisa dikirim ke Batam? Terima kasih untuk jawabannya dan ditunggu kabar baiknya.

    1. Terima Kasih sudah berkunjung.
      Kami bisa membantu pengiriman sampai luar Jawa, dengan kesepakatan terlebih dahulu. . .

  36. […] saya menulis tentang salak pondoh dan ide bisnis berbahan dasar salak pondoh. Di kota tercinta, yaitu Banjarnegara, Salak Pondoh […]

  37. […] File Name : Buah salak pondoh banjarnegara. | langkah catatanku Source : idahceris.wordpress.com Download : Buah salak pondoh banjarnegara. | langkah catatanku […]

Hayoo...Ngomen dengan bijak, ya! ^_*

