Satu langkah kecil menuju solusi.

Sebesar dan sesulit apapun masalah atau ujian hidup yang sedang anda hadapi, singkirkan kebingungan dengan mengambil satu langkah kecil menuju solusi.

Hidup tanpa hutang kata sebagian orang sedikit mustahil, sama halnya dengan hidup tanpa masalah atau ujian hidup itu juga kata sebagian orang sedikit mustahil. Jika hanya milihat dari sekilas atau kasap mata, orang yang selalu senyum ketika bertemu dengan orang lain, mereka mengira hidupnya penuh dengan kebahagiaan, padahal mungkin dibalik senyum itu bisa juga tersimpan beberapa masalah. Kalau orang jawa sering bilang “urip kui sawang sinawang”, sama dengan pepatah dalam bahasa Indonesia “rumput tetangga lebih hijau dari pada rumput sendiri”.  Itulah kehidupan di dunia, selama kita masih hidup tidak menutup kemungkinan kita akan dihadapkan pada suatu permasalahan atau ujian hidup. Permasalahan itu bisa datang dari diri sendiri, bisa juga dari orang lain.

Jangan mencoba untuk mengatakan bahwa masalah yang sedang dihadapi itu merupakan masalah besar atau kecil, sebelum menganalisa terlebih dahulu. Menganalisa suatu masalah menurut saya sangat penting karena dari analisa kita bisa memperoleh jalan tepi menuju solusi. Setelah selesai menganalisa masalah, selanjutnya kita harus menyingkirkan rasa bingung. Rasa bingung terhadap suatu masalah yang sedang kita hadapi perlu kita buang sejauh mungkin, jika tetap ada rasa bingung dalam menghadapi suatu masalah niscaya kita susah untuk mendapatkan solusi. Singkirkan kebingungan dan lakukan sesuatu, yakinlah kalau kita mampu menghadapi dan menyelesaikan masalah dengan mengambil satu langkah kecil menuju solusi yang baik.

Tidak ada masalah yang tidak dapat diselesaikan. Tidak ada seorangpun yang tidak pernah merasakan masalah atau ujian hidup. Dan perlu dipahami pula, bahwa Allah tidak pernah memberikan ujian hidup kepada seseorang di luar batas kemampuannya. Allah tidak akan menguji orang yang derajat dan kemampuannya rendah dengan ujian yang berat. Dan sebaliknya, Allah tak akan menguji orang yang derajatnya tinggi dengan ujian yang ringan. “Allah tidak akan memberikan beban (taklif) kepada seseorang di luar batas kemampuannya.” (TQS. Al Baqarah [2] : 286

Motivasi Berwarna untuk marsudiyanto.net

32 komentar

  1. Semangat buat GA nya sist… aku belum buat utk yg ini. hehehe

    Ayo ikut, sist.
    Mulai dibuat aja. . . :))

  2. Setuju mbak Idah … perjalanan seribu mil dimulai dari langkah pertama …

    Mengumpulkan langkah demi langkah ya, mas.🙂

  3. Wejangan yang b’manfaat,
    tambahin de’ mampir kesini : http://misbach138.wordpress.com/2012/02/06/otopsi-rasa-takut/

    Wejang ronde ya, Kak?🙂
    Sudah mampir lho.. semoga gak kena spam. .. 🙂

  4. saya juga ingin meramaikan acaranya pak mars ah,,,🙂

    Yuuuk, mariiiiiiiiiiiii ikut, mas. . . 🙂

  5. Waah meresap ke dalam hati banget mbak =)
    Good Luck yaa mbak GA nya.. aku nyusul aahhh \^0^/

    Ayooo, nyusul, Gia. . . 🙂

  6. saya juga punya utang hehe….
    iya setuju ayo analisa dan cari solusinya dari setiap masalah yang di hadapi…

    Segeralah cari solusi, mari bayar hutang sebelum jatuh tempo.😆

  7. Yang pasti berhenti “nyawang” orang lain yang keliatan bahagia saat kita punya masalahnya karena belum tentu ketika kita menjadi orang lain itu, kita sanggup mengatasi masalahnya🙂

    Dan idah setuju dengan statement diatas. . .🙂
    Terimakasih, miss. . .😆

  8. permasalahan adalah ujian untuk menaikkan derajat kehidupan🙂

    Iyya, benar selai, mba.
    Mengangkat derajat hidup kita. . ^_*

  9. jarimanisindonesia · · Balas

    Bahkan matipun kita tetap menemukan masalah, apalagi masih hidup.***merenungi paragraf-paragraf terakhir..

    Kalau sudah mati malah masalahnya sudah tidak bisa ada yang bantu.🙂

  10. walankergea · · Balas

    Hidup tanpa utang? Wah, gua banget tuh hahaha…. merasa tersindir deh gw Dah🙂

    Hihihihi, sepertinya kalau tanpa utang hidup kurang nyaman deh, Om.😛

  11. Seeeeppp…
    Bingung aku rep komen opo mbak, ahahaha…
    Moga menang ae yo😀

    Ehem2, una aja bingunglah. . .😛
    Seeeeeeep dan aamiin.🙂

  12. Langkah kecil yang dilaksanakan jauh lebih berarti ketimbang langkah besar tapi cuma diangan2…
    Dan langkah kecil yang diulang2 juga jauh lebih bermakna ketimbang langkah besar tapi cuma selangkah.
    Makasih atas partisipasi dari Mbak Idah Ceris.
    Sudah saya catat dan saya tempeli nomor pendaftaran

    Terimakasih, Pak Mars.🙂
    Kembali kasih dan Salam Senyuum. .. ^_*

  13. Satu langkah kecil yang kerap dilupakan, karena orang cenderung berpikiran sempit🙂

    Berpikir sempit itu sangat merugi ya, kak. . .🙂
    Karena solusi sangat susah didapat jika berpikir sempit.

  14. Selamat Hari Raya Idul Fitri ya Idah.. Mohon maaf lahir bathin..

  15. kalo bener rumput tetangga lebih menarik
    kenapa rumput di depan rumah harus aku cabutin sendiri ya
    ga ada tetangga yang tertarik
    hehe pisss

    dicabutin karena melihat rumput tetangga yang lebih menarik, gitu kali ya?😛

  16. yahuuuiii bersemangatlah!
    moga menang yaaa😀

    mari bersemangat secara bersama2. .. 😉

  17. lozz akbar · · Balas

    Kenapa masalah itu ada, karena nyawa kita juga masih ada. Lah saat mati pun nanti kita juga akan bertemu dengan masalah kok.

    sukses GA-nya dinda

    Dan itu benar adanya, kanda.🙂
    Sukses juga untuk yang komen. . .🙂

  18. bener,mbak..
    Urip kuwi wang sinawang..
    dan kalau saya ‘sawang-sawang’ artikelnya bakalan menang kontesnya Pak Mars nih.

    Salam sukses..

    Aamiin. . .
    Suskses juga untuk yang komen. . .🙂

  19. Dan selalu percaya masalah itu mendewasakan🙂

    Dan saya setuju dengan statement mba mila. hihihi

  20. untuk ‘naik kelas’ setiap orang akan diberikan ujian..dan hanya orang yg bijak akan bisa menghadapi setiap ujian hiudpnya:)

    #mohon maaf lahir dan batin yaaa

    Benar sekali, Mba.
    Jadi jangan mengeluh saat sedang diuji ya, karena akan naik kelas.🙂
    Maaf lahir dan batin juga, mba. ^_*

  21. kamu sangat wise, idah…..

    Dan kamu wise juga, Bang.😛

  22. […] undang untuk menyumbangkan artikel dan atau ide-ide menarik. beberapa yang sangat cantik seperti Idahceris dengan senang hati akan menulis di blog anda (dengan bayaran […]

  23. jadi ingat lagu trouble is my friend😀😀

    Saya koq malah gak tau lagu tersebut.🙂

  24. harus Membuat Langkah awal nich (^_^) – semua pasti berlalu (n_n)/

    Berlalu tanpa meninggalkan jejak yang buruk. ^_*

  25. SUPERR !!

    Apanya yang super?🙂

  26. Semangat…semangaaaaat.

    Selalau semangat, akang.🙂

  27. Irfan Handi · · Balas

    Tidak ada masalah yang tidak dapat diselesaikan, begitu juga masalah email saya yang belum terjawab.😀
    Semangat Ya…. Moga Gol!!!

    Aaaaaaah, aku ragu Om. . .
    Belum jawab email dari Om. . .😆

  28. satu masalah besar bisa diatasi dengan satu langkah kecil! Jadi kayak iklan Bank Mandiri..hehe
    Sukses GA-nya ya?
    eh..saya udah ucapkan maaf lahir batin belom ya?

    Hayooo, pelanggan mandiri ya, mba?🙂
    Sudah mba, mau ucapkan lagi?🙂

  29. bener mba,, masalah kecil untuk orang kecil dan masalah besar untuk orang besar😀

    Tapi adakalanya masalah besar untuk orang kecil. .
    Tidak menutup kemungkinan lho. . .🙂

  30. setiap masalah timbul.. selalu ingatlah kata2 “bahwa Allah tidak pernah memberikan ujian hidup kepada seseorang di luar batas kemampuannya”

    Tambahan yang sangat mengena. ..🙂
    Terimakasih. .🙂

  31. […] segala upayaku menulis di blog ini memang harus berproses,  aquwh yakin  ribuan  langkah kecil ke depan akan membawaku pada artikel LJ yang  ke 1500. Meskipun aquwh tau, jikalau tidak […]

  32. […] segala upayaku menulis di blog ini memang harus berproses,  aquwh yakin  ribuan  langkah kecil ke depan akan membawaku pada artikel LJ yang  ke 1500. Meskipun aquwh tau, jikalau tidak […]

Hayoo...Ngomen dengan bijak, ya! ^_*

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: