Nutrisi Utama Bagi Tubuh

Nutrisi adalah ikatan kimia yang yang diperlukan tubuh untuk melakukan fungsinya yaitu energi, membangun dan memelihara jaringan, serta mengatur proses-proses kehidupan. Nutrisi merupakan kebutuhan utama pasien kritis dan nutrisi enteral lebih baik dari parenteral karena lebih mudah, murah, aman, fisiologis dan penggunaan nutrien oleh tubuh lebih efisien. Tiap tiap nutrisi berikut ini memainkan peran penting dalam membangun kekuatan otak serta menjaga kesehatan fisik dan mental. Ada lima nutrisi utama yang diperlukan tubuh, tiga besar nutrisi sebagai sumber energi utama tubuh yaitu : protein, karbohidrat, dan lemak. ditambah dua komponen untuk daya tahan tubuh untuk ini, vitamin, dan Air (Mineral).Lima Nutrisi Utama Bagi tubuh yaitu;

1. Air

Air menjadi komponen utama dalam darah, yaitu sekitar 83%. Air bertugas sebagai sistem transpor yang mengedarkan nutrisi ke otak dan mengeluarkan sampah. Pasokan air bersih yang cukup merupakan hal penting untuk menjaga kemampuan konsentrasi dan kewaspadaan.

2. Protein

Protein di temukan dalam daging, ikan, susu, keju, kacang kacangan, dan biji bijian. Komponen protein menyediakan materi pembangunan struktur di seluruh jaringan tubuh, saraf, dan organ dalam, termasuk jantung dan otak.  Protein juga di gunakan untuk memproduksi neurotransmitter dan membangun serta merawat jaringan saraf. Protein sangat penting untuk meningkatkan fungsi mental dan membangkitkan semangat.

3. Karbohidrat

Karbohidrat di temukan dalam biji bijian, buah, dan sayuran. Melalui proses pencemaran, karbohidrat di pecah menjadi gula yang di sebut glukosa. Glukosa termasuk sumber energi utama bagi otak. Namun, kadar gula darah perlu di jaga agar tidak berfluktuasi secara drastis, sehingga tidak terjadi linglung, pening, kejang, bahkan pingsan.

4. Lemak

Ada tiga jenis lemak dalam makanan: jenuh, tak jenuh tunggal, dan tak jenuh ganda. Istilah “asam lemak esensial” merujuk pada dua jenis lemak tak jenuh ganda, yaitu Omega-6 dan Omega-3. Penelitian atas asam lemak esensial menunjukan bahwa lemak khusus ini dapat  belajar. Sumber utama asam lemak esensial adalah ikan salmon, makerel, sarden, kacang kacangan, dan biji bijian.

5. Vitamin

Vitamin dan mineral merupakan komponen makanan yang di perlukan untuk pertumbuhan serta untuk fungsi tubuh dan otak. Zat ini dapat dalam berbagai jenis makanan dengan jumlah yang berbeda beda. Variasi jenis makanan akan membantu tercukupinya kebutuhan nutrisi penting ini.

Ditulis Oleh:

Gylang Tanzila .R.

8 komentar

  1. Jadi inget pelajaran SMP dulu mbak, bahas ginian.😀

  2. […] belakang sekali), Mintarsih, Monda (di sebelah saya), Evi,  Ummu ElNurien (di depan saya) Mila, Idah Ceris dan Chrismanaby (di depan sekali). Maaf, tidak sempat ambil foto teman-teman yang lain. Lain kali […]

  3. Semua unsur di atas memang sangat penting bagi tubuh, seperti yang sering didengungkan dalam hal gizi 4 sehat 5 sempurna sejak dulu.

  4. Idah ngadain giveaway kok gak SMS atau telepon sih? hehehe😆

  5. asyik dapat tambahan ilmu nutrisi lagi di blog nan super ini🙂

  6. Jadi ingat masa smp hihihi

  7. moga makin sehat nih kalau sudah tau tentang nutrisi tubuh

  8. […] belakang sekali), Mintarsih, Monda (di sebelah saya), Evi,  Ummu ElNurien (di depan saya) Mila, Idah Ceris dan Chrismanaby (di depan sekali). Maaf, tidak sempaat ambil foto teman-teman yang lain. Lain kali […]

Hayoo...Ngomen dengan bijak, ya! ^_*

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: