Kerajinan Rajutan Dari Kecamatan Purwanegara, Banjarnegara

Pengembangan Usaha Banjarnegara. Tepatnya di Kecamatan Purwanegara, Kabupaten Bajarnegara, terdapat sebuah Home Industri hasil binaan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat-Mandiri Pedesaan (PNPM-MP), yang bisa dibilang kreatif dan unik. Adalah kreasi kerajinan rajutan dari di Desa Muntangsari RT 05 / V, Kec. Purwanegara, Banjarnegara. Usaha ini belum lama didirikan. Tepatnya bulan Oktober 2012 usaha kerajinan resmi. Berawal dari dukungan PNPM-MP, usaha yang dimulai sejak Oktober lalu kini sudah mampu memperkerjakan 8 orang karyawan.

Stand Produk Kerajinan Rajutan

Kerajinan ini saya temui saat acara Pesta Blogger Banjarnegara. Saat itu stand produk binaan UPK. Kec Purwanegara menjadi salah satu pusat perhatian para sahabat blogger. Ibu-ibu yang menjaga stand di atas adalah sebagian ibu-ibu yang membuat kreasi Kerajinan Rajutan. Mereka memang sangat kreatif, disela-sela kesibukannya bertugas sebagai ibu rumah tangga dan bercocok tanam, mereka masih mempunyai waktu untuk membuat sebuah kreasi.

Bandana dan Bros

Bahan dasar untuk membuat kerajinan rajutan ini terbuat dari benang dan dirajut sendiri. Kerajinan Rajutan yang sudah mulai dibuat oleh mereka antara lain; Bros, Bandana, Tempat Pensil, Tas, Tempat Handphone, Tempat Minuman dan masih banyak lagi kreasi lainnya. Dalam sehari Home Industri ini bisa menghasilkan lebih dari 20 pack. Produk ini dipasarkan di lingkungan sekitar, di toko-toko aksesoris yang berada di Kecamatan Purwanegara dan di kota. Selain itu, ada sales yang setiap harinya mengambil kerajinan ini, kemudian memasarkannya ke sekolah-sekolah.

Tempat Pensil dan Tas

Saat itu, saya sempat bertanya pada seorang Ibu yang sedang jaga stand. Ibu Sunarni namanya. Karena memang saya tertarik dengan kerajinan ini, jadi banyak pertanyaan yang saya ajukan kepadanya, antara lain tentang pembuatan tas rajutan. Rajutan ini berbahan dasar Benang Katun, Benang Nilon dan Benang Wol Arcelik. Harganya terjangkau lho, bros rajutan mulai dari Rp. 2.500,-. Sedangkan untuk Tas Rajutan, harga mulai dari Rp. 25.000,-. Sebagai anak malas muda yang mempunyai hobi jeng-jeng, rasanya kagum melihat ibu Sunarni dan teman-teman bisa membuat kerajinan seperti ini.πŸ˜‰ Bagaimana? Ada yang tertarik gak ya?πŸ˜† UPK ini menerima pesanan lho, untuk souvenir atau cinderamata.πŸ™‚ Jangan sungkan-sungkan, silakan dipesan melalui e-mail muntangsariart@yahoo.co.id.

Bagaimana di daerah tempat tinggal sahabat? Apakah ada kerajinan semacam ini?πŸ™‚

Giveaway 3 Tahun Ladaka Handicraft


38 komentar

  1. presidentsoul · · Balas

    lah ini seperti pekerjaan ibuku dulu waktu kerja di pabrik,,,
    mudah2 an bisa go internasional sis,,,

    1. Wah, Pabrik mana, Mas.
      Aamiin. .
      Doakan saja ya.πŸ˜€

      1. presidentsoul · · Balas

        pabrik di tangerang dulu
        tapi sekarang ibu udah di kampung ngurusin sawah ladang hehe

  2. Idah, kamu betul2 cinta produk daerah dechπŸ˜€

    1. Itu harus, Mba. . hohohoho

  3. Id,, ayo atuh bikin tas rajutan kayak ibu ibu itu hehe

    1. Belum bisa, Mas.
      Sudah mencoba berulang kali.πŸ˜€

      1. ayo Id di coba lagi hehe…

  4. saya selau salut dengan karya rajut merajut Mbak….πŸ˜›

    Sukses ya Mbak…

    1. Saya juga sangat salut, Mas.
      Sukses juga untuk Mas Cakcak. . πŸ™‚

  5. Tren bahan rajutan sekarang sedang naik daun lagi ya. Lumayan lah, bisa menjadi sumber penghasilan wargaπŸ™‚
    Gudlak ngontesnya yaπŸ™‚

    1. Iya, Kak. .
      Mungkin dirasa mudah kali ya, untuk kalangan ibu2.πŸ˜€
      Terima Kasih. . . ^_*

  6. Ketahuan banget ya buat yg malesπŸ™‚

    1. Hahahah. .
      Iya, benar sekali. Karena kerajinan ini benar2 membutuhkan ketekunan. ..

      1. kalo aku mah cepet bosenπŸ˜€

  7. wah… wah…. cantik-cantik itu, Kak, kerajinan rajutannya….

    1. Iya, ibu2nya juga cantik, kan?πŸ˜›

  8. aku pingin bisa merajut nih

    1. Kan udah bisa buat kritik, Mom.
      Pasti bidsa merajut juga, kan?πŸ™‚

  9. jadi mbak idah ndka belajar buat ngerajut juga kah :p

    eeh mbak itu murmer banget bros 2500 gitu, kalau masuk mall ndak boleh segitu –‘

    1. kemarin sempat njajal, tapi belum bisa.πŸ˜€
      ya iya, kalau di mall kan pajak 100%.πŸ˜€

  10. wah nggak ada kalung2 ya mbak?πŸ˜€

    moga menang deh GA nya,

    1. Pas kemarin tak lihat gak ada tuh, Mba. Eh, Mas.πŸ˜›
      Terima Kasih, doakan aja ya.πŸ˜€ #ngarep. πŸ˜›

  11. Kerajinan semacam ini sangat efektif untuk dikerjakan sebagai kegiatan sambilan bagi ibu-ibu di rumah. Daripada sibuk nonton sinetron dan gosip, mending bikin beginian kan? Lebih produktif dan bermanfaat tentunya..

    Ayo Dah, belajar membuatnya… Kamu pasti bisa…
    *mengepalkan tangan, memberi semangat*

    Semoga sukses dengan GA-nya ya..

    1. Benaaaaaaaaaar sekaliii. .πŸ˜€
      Aku sudah belajar, tapi belum bisa, uda.πŸ˜€

      Terima Kasih. . ^_*

  12. […] Idah Ceris, Kerajinan Rajutan Dari Kecamatan Purwanegara Banjarnegara,Β https://idahceris.wordpress.com/2013/02/10/kerajinan-rajutan-dari-kecamatan-purwanegara-banjarnegara/ […]

  13. Terima kasih sudah ikut GA-ku. Semoga ibu-ibu memiliki kemampuan untuk mandiri.πŸ˜€

    1. Saama2, Mba.πŸ™‚
      Semoga bisaaaaaaaaaaa. . . πŸ˜€

  14. Kayaknya ini patut di contoh deh…buat PKK di desaku..

    1. Ayooo, dicoba, Mba. Saya bagian melihat ya?πŸ˜€

  15. Eh, moga menang ngontesnya yaa..

    1. Terima Kasih Doanya. . .:D

  16. Ini yang saya pujikan dari Idah Ceris …
    Someway … somehow … Idah selalu memperkenalkan daerahnya pada khalayak …

    Saya selalu salut sama orang yang bangga akan daerahnya …

    like this Idah

    salam saya

    1. Mumpung Om, mumpung ada waktu. .πŸ™‚

      Salam Senyuum untuk Om NH.πŸ˜†

  17. bocahkalimendong · · Balas

    Semoga usaha yg ibu2 jalankan sukses selalu d bisa berkembang

  18. bocahkalimendong · · Balas

    semoga kerajinan ibu2 dr ds muntangsari sucses selalu dr bocahkalimendong wetan

  19. Kreatif!! ayo terus bersemangat dalam berkarya,

  20. hasil kerajinanya menarik, di daerah saya kayak gituan masih jarang dan langka.

Hayoo...Ngomen dengan bijak, ya! ^_*

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: