Harga Pisang Ikut Naik

Setelah kemarin di telepisi dan di bakul sayur pada heboh tentang naiknya harga bawang, brambang dan cabe pada naik, sekarang harga Pisang pun ikut naik.Β  Ndongeng nih ya. Ceritanya tuh Papa Dul pingin banget Pisang Saba. Anda tahu Pisang Saba, kan? Pisang yang menurut saya tuh enak, manis, empuk dan kenyal. πŸ˜† Saya lebih suka menikmati pisang saba yang digoreng, ketimbang pisang rebus. Beda dengan Papa Dul, beliau lebih suka pisang rebus. Dari kemarin saya muter-muter cari pisang saba. Mulai dari pasar, penjual emperan sampai ke toko buah. Alhasil, kemarin saya tidak mendapatkan pisang saba.

Buah Pisang

Buah Pisang

Nah, pisangnya pada bergelantungan di atas tuh ya. πŸ˜† Sepertinya Papa Dul kemarin sedikit kecewa, karena ketika pulang saya tidak membawa pisang saba. Jadi, sore tadi saya kembali muter untuk mencari pisang saba. πŸ™‚ Akhirnya, saya mendapatkan pisang saba di Jl. Sunan Gripit, Pertigaan Gayam, Banjarnegara. Penjual buah eceran di sini baik lho, sering ngasih potongan harga kepada pelanggan. Eh, tapi mungkin itu memang sudah harganya kali ya. πŸ˜›

Menurut saya pisang saba tuh masuk pada deretan pisang yang banyak disukai oleh orang. Deretan pisang yang banyak disukai (versi saya) yaitiu: Pisang Ambon, Pisang Susu, Pisang Saba dan Pisang Raja. Mengapa? Karena, ketika saya disuruh membeli pisang tersebut tuh mesti ora tau kenduman, entek teruuus. Sangking larisnya dan sangking minimnya para petani yang bertani pisang tersebut.

Sebenarnya, berapa sih harga pisang saba di Banjarengara? Beberapa minggu yang lalu, saya membeli pisang susu kesukaan mamah, Harganya masih normal, yaitu Rp. 1.000,- per butir. Nah, kemarin sore, harga pisang susu per butirnya tuh Rp. 2.000,-. Naik dua kali lipat, kan? Begitu juga dengan harga pisang saba. Harga pisang saba yang tadinya Rp. 1.000,- per butir, sekarang menjadi Rp. 1.500,- per butir. Kalau yang ini naiknya setengah harga. πŸ™‚ Dengan membawa uang Rp. 20.000,- saya pun dapat satu empeng pisang, dengan jumlah 15 butir. Horeeeeeeee, dapat geratis dua pisang. πŸ˜† Naiknya harga buah pisang memang tidak sedrastis bawang dan brambang, akan tetapi naiknya pisang membuat kami resah. πŸ˜† Rasanya tuh mending gak makan bawang, ketimbang gak makan pisang. #emangnya vampire yang suka makan bawang. Eh, salah ya?Β  πŸ˜†

Karena harga pisang ikut naik, mungkin sebaiknya untuk sekarang dan masa yang akan datang, sepertinya kami harus menanam pohon pisang, entah pisang Ambon, Saba, Susu maupun Raja. Supaya kami tidak resah lagi. πŸ˜† Mari menikmati Pisang Saba Rebus bersama-sama. Ambil satu-satu lho ya. Jangan rebutan, karena masih panas. πŸ˜›

Pisang Rebus

Pisang Rebus

Apakah harga pisang di daerah sahabat juga ikut naik?

42 komentar

  1. Waaaa, aku abis makan pisang juga nih…
    Pisang Saba itu apa, baru tau πŸ˜€

    1. Tuh di atas liat sajaaaa. . . πŸ˜›

  2. Pisang Saba memang enak, dan pas dinikmati di teras di saat gerimis senja hari.

    1. Ditambah mendoan. . Maknyuuus. πŸ˜€

  3. met nanam………….

    1. Nanti metik sama2 ya? πŸ˜€

  4. Pisang Saba itu Pisang kepok, bukan?
    Dari tampilannya sih kayak pisang kepok..
    Perasaan harga pisang dari hari ke hari cenderung naik deh, klo di Surabaya 1 cengkeh hrg 8.000, atau 2 cengkeh 15rb

    1. Beda, Mba. .
      Kalau kepok tempatku kecil2. . .

      Waaaaah, disni gak tiap hari, Mba. Eh, tapi gak tau juga ding. πŸ˜†

  5. Hmm…pisang saba-nya enak nian…makasi
    Salam hangat mbak Indah…sehangat pisang saba-nya…hihi

    1. Haiaiiiii. .
      Nama saya idah. . πŸ™‚

      Salam kenal sajaaaa. . πŸ˜›

  6. Pisang, di kampung saya masih banyak pohon pisang. Hehehe

    1. Kirim kesini, Mas. πŸ˜€

  7. kalau aku sih ga terlalu suka pisang..
    bagus nanam sendiri emang, tinggal ngambil..

    1. Geratis pula. . πŸ˜€

  8. suka pisang banget…

    1. Tooos deh, Mas. πŸ˜€

  9. Jadi ikut-ikutan naik ya harga pisang juga

    1. Iya nih. . . πŸ™‚

  10. harga makanan naik-naik terus ya, kapan ya bisa turun :mrgreen:

    1. Kalau kamu jadi presiden, mas. πŸ˜€

  11. knp ya, harga pisang ikutan naik ❓ Sudah takdirnya atau cuma ikut-ikutan bawang, ya..?

    1. Semoga saja sudah takdir, mas. πŸ˜€

  12. Apaan sih mbak pisang Saba itu? aku kok baru denger…

    1. coba saja gugling. . πŸ˜†

  13. pisang buat Noofa mahal, 25 ribu se sisir.. makanya Noofa udah gak pernah makan pisang lagi…

    1. Bukannnya gak makan pisang tuh dikarenakan BABnya gak lancar ya?

  14. waah..karena saya tidak suka pisang. saya gak ikutan nyicip ya mbak πŸ˜€

    NAiknya tinggi banget ya, ampe dua kali lipat gitu. memang sepertinya lebih baik ditanam sendiri, kalo masih punya lahan sebagai tempat menanam

    1. Nah, kalau masalah lahan lagi dicari nih. KArena sudah penuh ditanam salak semua. πŸ˜€

  15. kmrn beli pisang, tapi gak tau harganya naik apa emang segitu πŸ˜€

    1. Gak pernah cek harga ya, Teh? πŸ˜€

  16. pantesan tukang bajigur gak jualan pisang rebus,,,!

    1. Hah?
      Bajigur apa tuh, Pak? πŸ˜€

      1. minuman khas jawa barat,,itu terbuat dari air santan yang sudah diperas, dicampur gula merah, biasanya jika jalan2 ke bandung kan kita temui yang berjualan bajigur dan bandrek,,mungkin kalau di banjar dawet ,,ya?

  17. Pisang ikut Naik ?
    hahaha … kan abang yang jual … petani yang menanam … makannya pake Bawang dan cabe juga … jadi deh pisang ikutan naek

    salam saya

    1. Hahahaahhaa. . .

      Disitu naik gak, Om? πŸ˜›

  18. Loh, pisangnya dijual butiran ya? bukannya pake itungan ‘sisir’ gitu?

    1. Butiran bisa, Kak.
      Kadang kan ada yang butuh hanya satu atau dua saja. πŸ™‚

      Beli satu sisir juga bisa. . .#eh, kayak promosi ginii ya? πŸ˜€

  19. yon calus · · Balas

    haa hha mba aku juragan pisang kie nang ajibarang aku tumbase khusus pisang saba tok mangkane pisange pada langka ya anu aku sing tukuni sedina ben dina… nek kurang pisange bisa hubungi aku mba bisa men stok ampe 5ton sehari… he he lam kenal mba

    1. Yang geratisan ada gak, Pak? πŸ˜›

  20. bagus donk harga buah2an lokal pada naik, daripada yg import, nguntungin negara orang.
    kalo buah2an lokal yg naik, para petani kita untung, hasil panennya berbuah manis lalu mereka sejahtera.

    Hidup Petani Indonesia

    1. Tapi pingiinya harganya standard saja, mas. πŸ˜†

      Hiduuuuuuuuuuuuup Petaniiii. . .

  21. haaah Rp.1000/biji…Rp.25.000/sisir? gila beneeer…aku nang kalsel lagi coba2 budidaya pisang kepok kalo di sini sih murah banget cuma Rp.3.500/sisir di tingkat petani dan Rp.8000 – Rp.1000 /sisir di tingkat pengecer.

Hayoo...Ngomen dengan bijak, ya! ^_*

