Wong-Wong-an

Enging-eng. Mau nyeloteh tentang Sawah lagi.πŸ˜‰

Kemarin sudah bermain tebak-tebakkan tentang anggur pink, ya? Dengan cluesering dijumpai di Sawah“, ternyata banyak sahabat yang bisa menebaknya. Sangat terlihat, sahabat yang pernah atau suka main ke Sawah, sama yang belum pernah atau tidak pernah sama sekali. Hihihiih. Mengapa? Karena, mereka yang sering main ke Sawah, pasti sering menjumpai Anggur Pink jenis kemarin. Benar tebakan sebagian sahabat, itu bukan Anggur Pink beneran, apalagi Anggur Merah. Foto kemarin adalah foto Telor Keong atau Ndog Keong.πŸ™‚

Mereka yang suka main ke Sawah, bisa dengan mudah menganalisa, kemudian menebaknya. Mungkin karena foto itu diambil dari jarak yang dekat, jadi telornya terlihat besar-besar. Padahal aselinya kecil-kecil.πŸ™‚

Wong-wongan Sawah

Wong-wongan Sawah

Nah, kali ini masih berada di Sawah. Maaf, ya. Sedang suka dengan pemandangan Sawah, padahal tidak punya Sawah. Hihihihi. Selain Anggur Pink, jika ke Sawah, Anda akan menjumpai wong-wongan. Anda melihat pajangan seperti orang, kan? Itu di foto atas itu. Wong-Wongan ini tidak serta merta sebagai pajangan belaka, namun menggantikan posisi orang atau pemilik sawah untuk berjaga.

Lebih tepatnya sih nggo wedi-wedi manuk, tikus karo kewan liyane.πŸ˜† Sebagai alat untuk menakut-nakuti burung, tikus dan hewan lainnya, yang sering bermunculan di Sawah. Rasanya tidak mungkin, jika pemilik Sawah harus dan selalu siap berdiri di tengah-tengah Sawah untuk menakut-nakuti burung, supaya tidak memakan biji padi.

Itulah Wong-wongan sawah dan ada yang menyebutnya Medi Sawah. Begitu bermanfaat dan multifungsi. ^_* Apakah sahabat pernah melihat Wong-wong-an?πŸ™‚

35 komentar

  1. Saya sering membuat orang-orangan sawah dan memasangnya di sekeliling sawah yang saya kelolaπŸ˜€
    tak cukup itu saja, diantara orang-orangan sawah itu saya diikatkan tali yang pada bagian tengah tali itu saya gantung kaleng bekas yang diisi dengan batu atau kelereng. gunanya ketika angin berhembus dan orang-orangan sawah bergoyang maka kaleng itupun bergoyang bahkan menimbulkan bunyi dari kaleng tadi sehingga burung dan tikus pergi dari sawah, paling tidak suara kaleng itu bisa mengganggu si tikus dan burung dalam menjalankan aksinya.πŸ˜†

    1. Benar sekali, Mas.
      Kadang ada yang nambahi dengan kipas atau kitiran ya, Mas.πŸ˜€

      1. Pake kipas?😯
        gimana ceritanya tu?

        1. Kitiran, Mas.
          Tau kitiran, kan?πŸ˜€

  2. sya ska wong2an yg didandanin, rambut kribo trus lgi nyelempangin gitar serta gag ketinggalan, lehernya pake sorban… jadi deh “satria bergitar” ditengah sawah… he2X

    1. Hahahah. . .
      Itu mah pengamen, Mas.πŸ˜›
      Kasihan kalau disuruh di sawah.πŸ˜€

  3. Pernahhh, biasanya dipakein kaleng susu yg diisi batu kecil supaya berisik

    1. Biar ramai dan pada takuuut hewan2nya ya, Non.πŸ™‚

  4. Wong-wongan sawah atau memedi sawah…. pernah dong… saya kan berjiwa ndeso. hehe

    1. Sama dong, ya.
      Ndeso mania, Bu.πŸ™‚

  5. foto gambar telor yang mirip anggur nya mana mbak? kok gak di foto juga?

      1. mbak, pengunjung blog nya rame banget. minta sebagian ke blog ku napa mbak

        1. Ambil saja, Mas.
          Silakan. . πŸ™‚

  6. Kalo liat sekilas pernah, kalo turun langsung ke sawah belum pernah.

    1. Lihat sekilasnya di sini ya, Mas.πŸ˜†

  7. masih sering lihat kok wong-wongan hehe..

    1. Di Purwokerto emang ada Sawah ya, Mba?πŸ™‚

  8. nyong ya wis tau ngerti wong-wongan …

    1. Tapi udu Wong Cilik. .

      1. yo mestiii …πŸ˜€

  9. cieeeh yang lg jatuh hati sama sawah…

    pernah, bahkan sering menakutkan kl baju yg dikenakan warna putih.. kl malam2 maksudnyaπŸ™‚

    1. Pikirannya terlalu melayang ke angkasa siiih. .πŸ˜€

  10. Akhirnya baju Idah ketemu disini…pantes dicari-cari di rumah nggak ketemu ternyata dipake wong-wongan toh:mrgreen:

    1. Wkwkwkwk. . .
      Itu bukannya baju Akang, ya?
      Kemarin ketinggaln di Jogja. .. πŸ˜›

  11. di tempat saya namanya “bebegig” Id…
    dulumah tuh si bebegig di hubungkang dg tali sampai ke saung,,,,, di tali itu di gantung kaleng bekas yg di isi batu batu kecil. kalau gerombolan burung datang tali itu di tarik tarik hingga menimbulkan suara berisik….
    ampuh buat ngusir burung….

    1. Kalau yang saya lihat ini, tanpa kaleng.πŸ˜†
      Kalau dengan kaleng pastinya tambah meriah suasana sawah ya, Mas.πŸ˜€

      1. iya Id, pas talinya di tarik brisik sangat hehe…

  12. aku suka banget ke sawah…
    eh..itu orang-orangannya nggak berkepala ya.. biasanya pake topi sawah he he

    1. Kepalanya lagi dipinjam, Bu.πŸ˜€
      Kalau pakai topi, tambah terlihat ganteng keknya. . .:)

  13. Pernah, tp ga pernah pegang atau deketin org2-an sawah.. Ketauan blm pernah kesawah soalnya hhahahahahaa…

    1. Padalah Mba Asrin punya banyak sawah. . .Hihihihi

  14. Dipasang tali dengan medi sawah lainnya kemudian ditarik dari galengan agar bergerak-gerak, hiii…. siapa takut…. apalagi digrandoli beberapa kaleng pating klontang wes suarane… makbur… burung2 beterbangan…

    1. Hahahaha. . .
      Kalenge sing gede sisan ya, Pak.
      Biar burungnya kebrisikeen. . .πŸ˜€

Hayoo...Ngomen dengan bijak, ya! ^_*

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: