Warna-Warni Persiapan Haflah Akhirussanah

Ahad, 23/06, Ponpes Alhidayah dan TPA Nurul Hikmah selesai mengadakan kegiatan perlombaan. Total kelas TPA Nurul Hikmah adalah 14 kelas (320 anak).

  • Kelas 1 (usia 5-6 tahun). Tiga kelompok belajar
  • Kelas 2 (usia 7-8 tahun). Lima kelompok belajar
  • Kelas 3 (usia 9-10 tahun). Dua kelompok belajar
  • Kelas 4 (usia 11-13 tahun)- SLTP. Dua kelompok belajar
  • Kelas 5 (usia 14-17 tahun)- SLTA. Dua kelompok belajar

Setelah kegiatan perlombaan selesai, kegiatan selanjutnya adalah mempersiapkan agenda untuk haflah akhirussanah. Haflah Akhirussanah adalah perayaan akhir tahun pelajaran. Biasanya, di Desa saya perayaan ini diwujudkan dalam bentuk khotmil qur’an dan pesta pawai anak-anak TPA.

Membahas Akhirussanah

Membahas Untuk Haflah Akhirussanah

Seperti tahun sebelumnya, Haflah Akhirussanah dilaksanakan pada bulan ruwah atau sebelum bulan puasa. Selasa malam, 25/06 seluruh pengurus TPA Nurul Hikmah, ustadz-ustadzah, beserta aparat pemerintah desa berkumpul di Majlis Ta’lim untuk membahas persiapan Haflah Akhirussanah.

Untuk mewujudkan acara ini, tentunya membutuhkan modal, kan? Untuk keperluan dekorasi, sound system dan kebutuhan lainnya yang berkaitan dengan acara Haflah. Dalam pertemuan kemarin malam pun membahas modal atau keuangan secara detail. Biasanya, untuk acara ini, modal didapat dari kas pemerintah desa, iuran wali murid dan iuran non wali murid. Setelah semua terkompul, baru dialokasikan sesuai dengan RAB.

Selain membahas tentang haflah akhirussanah, ternyata ada penyampaian “rasadari para ustadz dan ustadzah. Adalah tentang insentif bulanan. Memang sih, ketika kita berjuang dan berjalan di Jalan Alloh tidak boleh mengharapkan imbalan atau harus ikhlas. Tapi, inilah kenyataan hidup. Iuran anak TPA Rp. 2.000/bulan, ternyata pas-pasan untuk membeli ATK dan untuk mengikuti kegiatan TPA yang sering digelar di tingkat Kecamatan atau Kabupaten.

Para ustadz dan ustadzah memang tidak ngotot untuk meminta insentif, mereka hanya menyampaikan rasa kepada pemerintah desa. Pihak pemerintah desa pun akan mempertimbangkan untuk hal ini. Rasanya sangat miris, apabila pemerintah desa tidak memperhatikan TPA ini. Sedangkan anak mereka juga ikut mengaji di TPA secara rutin.

Sebenarnya masih banyak warna-warni persiapan haflah akhirussanah yang terdengan Out Of Topic. Namun rasanya segan menulis perbedaan-perbedaan yang terjadi diantara orang-orang dewasa itu. :mrgreen:  Hal terpenting dalam persiapan haflah akhirussanah ini adalah pembuatan RAB, kegiatan ini bisa berjalan aman dan nyaman . Alhamdulillaah RAB sudah terbuat dan nanti malam tinggal door to door untuk bersilaturrahmi.😉

Apakah di daerah Anda ada kegiatan semacam ini?

28 komentar

  1. Cuman ada pengajian sama wiritan di rumah nyokap. Dikompleks aku belon tau hehe

    1. Cari tau, Non. . .:lol:

  2. nama TPA-nya sma dgn ditempat sya..

    1. Iya, memang banyak yang menggunakan nama itu, Mas. . .;)

  3. di kawasan saya ada mbak, setiap hari jum’at dan sabtu, kegiatan ini sangat positif, agar dijauhkan dari hal2 yang negatif harus dipertahankan.

    1. Mari, sama2 mempertahankan. . .🙂

  4. kemarin kampong sini juga habis pawai akhirusannah anak-anak TPA, ruame banget sampai macet… sukses juga ya acaranya😛

    1. Dd Fira ikooot, gak?

  5. pesertanya banyak juga ya …

    1. Alhamdulillaah, Mas. ..🙂

  6. di tempat saya tiggal ngak ada acara pawai anak anak TPA… kegiatan banyak di isi oleh acara2 di dalam ruangan… seperti cerdas cermat dan lomba2 yg lainya…

    1. Cerdas Cermat di tampat saya malah jarang. ..🙂

  7. wah keren banget nih tradisi di daerahnya
    semoga tercetak generasi religius yang berahlak baik
    bersama membangun negeri yg kita cintai🙂

    Oh ya dik, terima kasih dah singgah ke blog anyar kakak. Baru beberapa jam di launching. Baru ada dua postingan🙂

    1. Aamiin. . .

      Terus yang lama gimana, Kak?
      Teteaap diurus, kan?

  8. Walaupun cerita Idah hanya sekilas tetapi akang begitu merasakan suasana seperti itu, teringat dahulu ketika masih kecil dan tinggal di kampung acara seperti ini sangat dinanti-nantikan oleh anak-anak yang biasa mengaji di masjid-masjid. Biasanya diisi dengan berbagai macam perlombaan dari mulai lomba adzan, MTQ, cerdas-cermat dll.

    1. Nanti disambung lagi cerita Akhirussanahnya ya, Kang.
      yang lengkiiiiiiip. ..🙂

      Pasti si Akang selalu menang kalau lomba adzan, ya?

      1. Akang kalo ikut lomba pasti selalu menang…menang sebungkus nasi kuning lengkap dengan lauk-pauknya:mrgreen:

  9. saya belum pernah ketemu dengan acara yang seperti ini lho, sangat bermanfaat

    1. Sekarang sudah bertemu, kan?
      Meski di Blog. ..😀

  10. Assalaamu’alaikum wr.wb Idah manis….

    Insya Allah, apapun perbuatan baik yang dilakukan pasti akan dimudahkan Allah akhirnya. Semoag semuanya berjalan lancar sebagaimana direncanakan. tentu meriah ya semua acara yang disusun tambah lagi Ramadhan semakin dekat dan seperti keramaian menyambut Ramadhan pula.

    Mudahan para ustaz dan ustazahnya tetap tabah dan tidak salah meminta sedikit upah atas penat lelah. Mereka juga kan manusia. Hidup ini bukan sekedar memberi dengan ikhlas tetapi perlu juga disertai dengan lapang dada.

    Selamat semuanya untuk perdsiapan hiflah akhirussanah.
    Salam manis dan senyum selalu dari Sarikei, Sarawak.😀

    1. Wa’alaikumsalaam, Bunda. . .

      aamiin aamiin aamiin. . .🙂
      Terima Kasih, Bunda. . .^_*

  11. ditempatku gak ada Idah

    1. Hehehehe. . .

  12. wow, ternyata idah salah satu ustazah di situ ya?

  13. acara yg bagus untuk menghargai siswa-siswa TPA.
    ustadz dan ustadzah juga profesi yg sudah selayaknya dihargai dengan layak. memang mereka Insya Allah mengajar dan bekerja dengan Ikhlas. namun bukan berarti hal tsb dapat dijadikan alasan untuk tidak menerima imbalan atas jerih payahnya….Semoga ada pihak-pihak yg perhatian dengan mereka

  14. di tempat sy gak ada😀

  15. Sekedar info, Imam masjid dan Muadzin Masjidil Haram dibayar lho. So, ndak ada salahnya jika secara finansial pun mereka dibantu. Masalah ikhlas dan tidak itu urusan mereka. Tugas kita mengapresiasi apa yang telah mereka lakukan.

  16. makasih tulisan tentang Haflah nya,,,,
    bisa jadi pengalaman buat saya.

Hayoo...Ngomen dengan bijak, ya! ^_*

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: