Merasakan Badeg Lagi

Diantara sahabat Blogger, apakah ada yang belum tahu Badeg? Saya tidak tahu nama lain atau dalam bahasa indonesianya itu apa. Haghaghag. Setahu saya Badeg adalah minuman segar, manis, yang disadap dari pohon aren.

Saya masih ingat. Dulu, ketika masih TK, saya sering membeli Badeg di depan sekolah. Dulu yang berjualan tuh masih satu desa dengan saya. Sangking senangnya rasa manis, hampir setiap istirahat atau pulang sekolah saya membeli Badeg. Tapi, sekarang tampaknya sudah tidak ada generasi penerus yang berjualan minuman khas nan unik ini di desa maupun di sekolah. Entahlah, mungkin pohon arennya yang langka atau memang cara menyadapnya yang memang susah. Sehinga enggan meneruskan usaha berjualan Badeg ini.

Simbah Penjual Badeg

Simbah lagi ndongeng sama SRW

Ketika saya jeng-jeng ke Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda dan sedang merasa sedikit haus, saya bertemu dengan simbah yang berjualan Badeg. Menurut keterangannya, Simbah ini sudah lama berjualan Badeg di kawan Tahura. Simbah tidak berjualan keliling Tahura, tapi cukup standby pas di dataran menuju Curug Omas Maribaya.

Minuman Badeg

ย Segelas Badeg

Hampir setiap weekend, simbah berjualan Badeg. Saya lihat, simbah hanya membawa satu bumbung badeg. Ketika mau pesan Badeg, sedikit ragu. Takut Badegnya berbeda dengan badeg yang pernah saya rasakan dulu.:mrgreen: Lihatlah, untuk menutup bumbungnya, simbah menggunakan serabut ijuk aren. Berbeda dengan simbah yang di desa saya, dulu menggunakan klaras atau daun pisang yang sudah layu atau kering.

Satu gelas Badeg harganya Rp. 3.000,-.ย  Meski sedang haus, saya hanya membeli satu gelas saja dan itupun join bersama SRW. Masalahnya, takut tidak habis, mubadzir.๐Ÿ™‚ Serasa bernostalgia. Well, akhirnya di Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda saya bisa merasakan Badeg lagi.ย  Rasanya tidak berubah, masih manis dan segar. ^_*

Apakah sahabat pernah mencoba Badeg?

Tambahan dari beberapa sahabat:

Nama lain dari Badeg yaitu; Legen, Nira, ……. ?

OIYA, TEMAN-TEMAN, INSYA ALLOH BESOK MULAI PUASA, YA? MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN, YA? PASTI IDAH BANYAK SALAH KATA ATAU UCAP, BAIK DALAM TULISAN MAUPUN BERKOMENTAR.

SELAMAT MENJALANKAN IBADAH PUASA RAMADHAN.

49 komentar

  1. Badeg ini sama dengan Legen kali ya, mbak Idah..Minuman dari nira ini kayaknya emang dalam bahasa daerah yang kemudian dijadikan bahasa Indonesia๐Ÿ™‚

    1. Mungkin iya, Bu.
      Karena saya tahunya dengan nama Badeg.๐Ÿ™‚

  2. DUlu kalo ikut bapak saya dari Bandung ke Ciamis naik motor kerap istirahat di daerah Malangbong dan minum ini … saya tidak begitu suka tapi kerap ikutan minum juga karena diajarin bapak. Kalo di Jabar namanya apa ya kok aku lupa .. he he.
    Trims.

    1. Kemarin sudah ketemu namanya, Pak.
      Hosyang Hang, kan? Hihihihi

  3. Cahya Baroto · · Balas

    Kok ada rambut-rambut gitu ya kayak sapu ijuk plus airnya kelihatan ada bintik-bintik coklat gitu?
    Kek, tetep jualan ya biar minuman tradisional Indonesia tetap lestari, ga cuma softdrink ae๐Ÿ™‚

    1. Iya, serabutnya sebagai penadah juga, biar kalau nuang tidak mbrojoool, Mba.:mrgreen:

  4. air tebu ya Idah maksudnya?

    1. Bukan, Teh. .
      Air sadapan dari aren. . .๐Ÿ™‚

  5. Setelah melihat ini, jadi pengen nyobain lagi……
    Terakhir waktu SD, dan harganya 1000rb๐Ÿ˜€

    1. Hihiih. .
      Sama ya, terakhir mersakan pas masih SD. . .

  6. Kalau di tempat saya, namanya Legen. Dulu pas kecil suka banget minum itu. Tapi sekarang udah jarang yang jualan.๐Ÿ˜ฆ

    1. Welaah, beda nama saja ya, Mba. .
      Rasa tetap sama kan, ya?๐Ÿ™‚

  7. Idaaaaaah…

    ini air tebu bukan yah?
    Aku pernah minum juga deh kalo gak salah…

    yang jualan juga bapak bapak gitu juga lho,…
    jangan jangan si bapak ini juga orangnya…hihihi…

    1. Bukaan, Bi. . .Hihihihi
      Bapak sepanjang masa ya. ..๐Ÿ˜›

  8. tau Dah, secara eike dari Sukabumi… cuma kenapa mendadak ga inget bahasa Sundanya apa ya? bukan badeg da kita bilangnya…

    1. Terus apa dong, Mba? Legen?

  9. kalo aku..baru pertama denger “Badeg” kayaknya segar ya.., bisa buat minuman buka puasa juga….

    1. Tleguuuuk, nyeesssssss. . .:mrgreen:

  10. emange kapan kui dah? kok sama una?

    1. Kapan ya? Lupa, Mba. .๐Ÿ˜€

  11. Rasanya aneh kataku mah๐Ÿ˜›
    Enakan Coca Cola…

    1. Aneh kayak kamu yak. ..

  12. ka idah, yisha pengin………

    1. Silakan, cicip aja, Yish. . Hihihi

  13. mhilal · · Balas

    Badeg Itu minuman khas banjar ato gimana, idah?

    1. Emmmm, kalau untuk khasnya saya kurang tau, Mas. . .
      Tapi, di Banjarnegara ada. Di Bandung juga ada. .

      Daaaan, sepertinya sudah tersebar di Nusantara. . .:)

  14. Kalau aku menyebutnya LEGEN..hehe… Nah, kalau mendengar kata BADEG itu, langsung asosiasiku mengarah pada bau tak enak yg amat sangat๐Ÿ™‚

    1. Iya. ..
      Ambuuu ora enak yo, Mba. . .Hihihihi

  15. aku nyebutnya nira aja Idah..,
    waktu jalan2 ke Garut kemarin itu dijualnya udah dimasukin ke botol air mineral dijajakan pinggir jalan

    1. Waaaaaaaah, kemajuan nih. Berrti sudah ada kemasannya. . .
      Praktis juga ya, Bund. . .

  16. sebelum melihat fotonya, saya tidak tahu apa itu air badeg, setelah melihat fotonya, oh… namanya badeg. di kota saya juga sudah jarang, malah mungkin udah ga ada. tapi namanya bukan badeg, emmm apa ya, lupa lagi hehehe…

    1. Coba cari tahu, MBa. .
      Legen, Nira, Lahang, atau yang lainnya?๐Ÿ™‚

  17. Aku blm pernah coba itu, kaya apa rasanya Dah? *malah nanya*

    1. Rasanya tuuuh maniiis bangeet, Mba. .
      Apalagi kalau sambil lihat si Millie. . Haghaghag

  18. kami menyebutnya legen atau nira, Idah…. manis saat belum terfermentasi lanjut.
    Unik ya tutup bumbung dari ijuknya sekaligus sebagai penyaring dari padatan ikutannya.
    Salam

    1. Kalau yang seperti di atas, sudah melalui tahap fermentasi berarti ya, Bu?

  19. badeg itu kalay legen (nira) kali ya …

    1. Iya, sama saja, Mas. . .๐Ÿ™‚

  20. Assalaamuโ€™alaikum wr.wb, Idah

    Marhaban yaa Ramadhan..
    Pucuk selasih bertunas menjulang
    Dahannya patah tolong betulkan,
    Puasa Ramadhan kembali menjelang,

    Semoga amal ibadah kita diterima Allah dan amalan kita semakin bertambah baik dari sebelumnya.

    Salah dan khilaf mohon dimaafkan.
    Selamat Menunaikan Ibadah puasa

    Salam Ramadhan dari Sarikei, Sarawak.๐Ÿ˜€

    1. Wa’alaikumsalaam, Bunda. . .

      Saling memaafkan ya, Bund. Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan untuk Bunda beserta keluarga.๐Ÿ™‚

  21. Kalau di Malaysia, biasanya dinamakan nira kelapa. Mungkin berbeza ya.
    Bunda tidak pernah merasakannya kerana …tidak pernah mencuba…hehehe.

    salam manis Idah.๐Ÿ˜€

    1. Benar, Bund. Nama lainnya Nira.๐Ÿ™‚
      Rasanya manis, Bund. ..๐Ÿ™‚

  22. Badeg,tidak pernah dengar,penasaran dengan rasanya..

    1. Manis, Eriiiiit. . .:)

  23. ditempatku, di kabupaten tuban minuman seperti ini dinamain legen… kalo udah mengalami proses fermentasi dinamakan toak

    1. Toak itu arak kan, Mas?

  24. saya taunya badeg itu kotor :p

    belum pernah ngerasain blas. kayaknya dah hampir punah ya..

    1. Kotor atau Jorok ya, Mas?๐Ÿ™‚

      Kalau ditempat saya malah sudah tidak ada je.

  25. Reblogged this on ichi kun and commented:
    ichikun29.wordpress.com

Hayoo...Ngomen dengan bijak, ya! ^_*

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: