IMK ooooh. . .

IMK ooooh. . . tulisan ini murni celotehan. Entah berceloteh atau mengeluh.:mrgreen: Ceritanya tuh, saya baru saja membuat flash banner untuk diikutsertakan kontesnya Pak Mars.  Banner sudah saya buat dan malah sudah saya publish di blog sebelah. Namun, setelahnya saya amati kembali hasil banner “asli” buatan saya. Lha koq ada yang memprihatinkan. Apa pasal? IMKnya jeleeek. . .
.
.
Apakah sudah pada tahu, IMK itu apa? IMK yang merupakan akronim dari Interaksi Manusia dan Komputer atau Human Computer Interaction adalah sebuah disiplin ilmu yang mempelajari perancangan, implementasi, dan evaluasi sistem komputasi interaktif dan berbagai aspek terkait. Pas jaman masih kuliah, saya pernah belajar tentang IMK ini, dan alhamdulillaah saya tidak pernah mendapatkan nilai bagus untuk tugas IMK.:mrgreen:
.
.
Fokus IMK disini adalah pada sebuah interaksi. Yaitu interaksi antara satu atau lebih manusia (sebagai pengguna komputer) dengan satu atau lebih mesin komputasi (komputer). Pembuatan Banner misalnya. Pada pembuatan banner ini saya menyisipkan beberapa foto yang sudah saya edit menggunakan Photoscape. Nah, dalam proses editing ini ternyata saya tidak bisa memoles lebih cantik dari aslinya. Malah kebalikannya, tampak hancur, tak indah dipandang dan tak sedap dirasa. Padahal IMK lebih menekankan pada kreatifitas tampilan, cara menampilkan dan memilih sebuah warna untuk menjadi cocok “pas”. Lihatlah hasil editan saya yang tak indah dipandang. . .
Sandal Bertiga

Editan Celotehan Sandal

Jika dilihat sekilas, akan tambak biasa saja. Meski editan tulisan menggunakan backgorund warna pink dan tulisan warna pink juga. Di sini masih terbaca jelas. Namun setelah dijadikan flash banner, tampak tak indah dipandang. Sudah ukurannya memilih yang kecil, tulisannya pun tak terlihat jelas. #Hadeeeh. Bedakan dengan editan kedua di bawah ini. . .
Sandal Bertiga

Celoteh Sandal

Bagaimana? Tampak lebih terang, bukan? Enak dipandang, kan? Menurut saya sih begitu.:mrgreen: Kalau gak salah, bahasa gaulnya “easy catch“. Penikmat gambar, banner, tulisan, iklan, logo dll dll tidak mengerutkan dahi ketika dibaca, tampak jelas apa yang dimaksud dan diinginkan. Hoohohohoo. Inilah IMK. Interaksi Manusia denga Komputer, yang sangat penting, namun kerap disepelekan oleh saya. IMK ooooh. . .
.
.
Ini murni ngrasani awake dewek. Hahahhaha. Semoga kedepannya saya bisa meningkatkan lagi nilai IMK saya. Aamiin. . .
.
.
Sudahlah, saya akhiri saja celotehan ini. Flash Banner sudah jadi dan sudah saya publish. Bagi yang mau menikmati Flash Banner Tanpa IMK, silakan baca Celotehan Mini.😆

41 komentar

  1. terima kasih ilmunya🙂 iya setuju gambar ke2 lebih enak dilihat

    1. Heheh. ..
      Makasih atas kesetujuanmu, Om. . . Hahahahaha

  2. Hahaha..dari kemaren bahas sandal ga habis habis hehe

    1. Hahahahah. .

      Iya nih, Mba. Gak bakal habiiiis sepertinya. . .:mrgreen:

  3. Ikutan belajar ya non, IMK bagi saya mah Indah Manis dan Kreatif. Salam

    1. Waaah, benar tuh, Bu.

      Tetap bisa berinteraksi ya, Bu.:mrgreen:

  4. Bagusan yang kedua kak idah ceris.
    Kalau yang pertama keterangannya kok pas di belakang anu-nya. Kelihatan estetikanya kurang enak dipandang mata.

    Btw kak idah ceris punya blog di wordpress juga ternyata. Ini saya admin hp-yitno

    1. Makasiiih, Mas. ..

      Iya, Mas. Salam kenal. Hahahahaha

  5. Manusia dan komputer interaksinya pakai bahasa khusus ya Mbak Idah, bukan bahasa kalbu🙂

    1. Hihihihi. .
      Pakai bahasa qalbu juga bisa, Bu. Tapi benar2 kudu pakai qalbu. . .:mrgreen:

  6. keren gan mentep

  7. Wah ikut kontes flash banner-nya Pa Mars juga nih. Sukses ya.

    1. Iya, Om. .
      Makasiiih. . .

  8. Kalau bikin kotak dialog, saya seringnya malah pakai MS Word, lalu saya crop format png baru digabung dengan fotonya. Hasilnya lebih bersih & rapi.
    Catatan untuk bannernya, ukurannya memang terlalu kecil, dan durasi waktunya terlalu cepet.

    1. Makasih sarannya, Pak. . .🙂

  9. Itu anak2 lumayan lucu. Hahaha oya apakabar mnak idah

    1. Alhamdulillah baik, Bang. .
      Kamu gimana kabar?

      1. agak ga oke mbak. gara2 galau kampus😦. udah semakin berkembang nie blog nya heheheh

  10. Masih mending dirimu Dah. Aku malah ga bisa bikin flash banner. Kemampuan photoshop minim. Cuma bisa crop sama menceng2in foto🙂

    1. Ini gak pake sotosop, Mba. ..
      Kalau menceng2in poto kesian yang dipoto yak. .. Hahahaha

  11. alhamdulillah IMK nilai saya g jelek2 amat hehehehehe,,,,
    bener mb yang kedua lebih bagus, good job🙂

    **Ingin lebih SEHAT bonus Berat Badan Ideal? Yuk mampir ke blog Q yang ini juga yah http://nutrisicantik.blogspot.com/2013/08/menjaga-pola-makan-sehat-di-hari.html

    1. Hehehe. .
      Kamu pinter siih. .🙂

      1. Bukan pinterrrr…. lucky ajah soalnya Q ikut mata kuliah ini bareng kakak kelas, jadi Q pasti dapet nilai bagus karena yang ngerjain kakak kelas hahahahahahaha *ketahuan deh :p

  12. Bukan cuma gambar …
    atau grafis …

    Kata-kata yang kita “ketikkan” di Komputer itu … juga harus kita perhatikan …
    harus bisa berinteraksi dengan orang yang membaca komputer

    salam saya Idah

    1. Hihihih. .

      Iya, Om. .
      Betuuul.🙂

  13. aku belum buat flash banner nih

    1. Eeeh, udah telat ya.
      Ini saya balasnya telat. . Hihihi

  14. iya. yg kedua lebih enak dilihat. lbh rapi dan….. gak norak. hehehe.

    1. Hihihihi. .
      Norak itu gak OKE ya, Mba.😆

      1. sebenarnya sih NORAK itu relatip😛

  15. ga ngerti, Dah… hahaha, apaan sih yg saya ngerti? *bingung…*

    1. Ini ada roti bakar, Mba. Ngerti kan? Hahahah.:mrgreen:

  16. Assalaamu’alaikum wr.wb, Idah…Selamat Hari Raya Aidill Fitri 1 Syawal 1434 H
    Maaf Zahir dan bathin & Minal Aidin Wal Faidzin
    Taqabalallahu minnaa wa minkum. Salam Seindah Syawal dari Sarikei, Sarawak.😀

    1. Wa’alaikumsalaam, Bunda, , ,
      Saling memaafkan ya, Bund. Maaf, baru membalas.🙂

  17. Gaya coleh anak-anaknya pas banget. Keren dan bersih gambar yang kedua Mba.

    Salam wisata

    1. Terima Kasih, Bapak.🙂

  18. Pelajaran buat banner nih..

    1. Bukan, ini curhatan saja koq, Erit. . .😛

  19. Agfian Muntaha · · Balas

    Oh, kayag gitu tu namanya IMK ya kak? haha, baru tau, selama ini nyebutnya cuman ‘gampang diliat apa enggak’, hehe

    1. Intinya sih sama saja ya, Om. . .:)

Hayoo...Ngomen dengan bijak, ya! ^_*

