Penjara Maya

Ada yang tau tentang Penjara Maya? Atau, ada yang pernah melihatnya?:mrgreen: Sejauh ini, yang saya tau  baru Penjara saja, tanpa Maya. Kurang lebih arti dari penjara yaitu suatu tempat untuk “mengurung” orang-orang yang bermasalah dengan hukum. Begitu kan, ya?:mrgreen:

Sedangakan pengertian Penjara Maya yang saya dengar dari suatu acara televisi yaitu suatu tempat untuk menghukum orang-orang yang melakukan kesalahan di dunia maya khususnya sosial media. Iya sosmed, karena kemarin yang dibahas itu tentang status kontroversi di sosmed.😆 Ketentuan untuk lama hukuman sesuai peratuaran dan ketentuan UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Dan yang dinyatakan bersalah, nantinya dibatasi -berselancar- di sosmed dan dunia online. Disesuaikan dengan kesalahan yang diperbuat.

“Karena melakukan kesalahannya di dunia maya , jadi hukumannya ya ada di dunia maya. Lama hukuman maya ini setara dengan hukum dunia nyata. Maksudnya, disesuaikan dengan ketentan hukum yang tercantum pada undang-undang ITE itu”. Begitu kira-kira. Ini ide dari oknum FA.

Penjara Maya yang semacam ini sepertinya tidak bisa memberikan efek jera bagi para oknum-oknum yang suka heboh menebarkan status kontroversi di sosial media. Mengapa? Lha sekarang satu orang saja bisa mempunyai “beberapa akun” di sosmed, kan? Kecuali, ketika registrasi pada sosmed harus mencantumkan nama aseli dan identitas diri, seperti: No KTP. Hahahaha

Emm. . .teman-teman geli gak sih, melihat tingkah laku dan ide-ide -G*L*- dari oknum FA ini? Setuju gak kalau ada Penjara Maya? Mending tuh jangan terlalu aktif nyetatus yang menimbulkan ketidaknyamanan orang lain. Kalem saja, tapi tetap mempesona seperti si Kim.:mrgreen:

KIM BUM

Senyumnyaa. . . ^_* 

30 komentar

  1. wkwkwkwk.. kasih solusi dunk..
    katanya eisien? efektif? hukum PM yang bagaimana harusnya? yg bisa diterapkan di DM?

    1. Ayooooo, Ibu Noorma punya solusi gak hayoooo?😛

  2. Yang di “Cekal” IP nya saja Dah …

    Cuma …
    kasihan pengguna yang lain … jika dia menggunakan komputer “kolektif”

    Alam maya memang bisa membuat orang ngomong seenaknya … karena fenomena Anonimitas

    Salam saya

    1. Jika berdasarkan IP lumayan ekstra tu, Om. . .

      Kalau mau menertibkan, paling registrasi harus memuat identitas diri itu. Supaya tidak ada yang nakal. Dan yang nakal bisa langsung ketangkep. Tidak ada yang bisa mempunyai dua akun atau lebih dan aman aman aman. Dunia Maya Aman. . .Hahahaha

      Gak ribet, kan?🙂

      1. Kalau dari IP gak bisa juga karena IP kan dinamik. BTW, penjara maya tidak terlalu efektif. Kalau di US ada hukuman dimana terhukum (cracker/hacker) tidak boleh berinteraksi dengan peralatan elektronik/komputer selama kurun waktu hukuman.

  3. sya jga mo kalem2 aja ahh di sosmed..🙂

    1. Iyaaa. . .

      Stay Cool saja, Mas. .. :lol;

  4. susah kalau didunia maya penjaranya…kecuali si orang ini benar-benar ga di akses buat Internetan..tp sulit juga nerapkannya pun..

    1. Ada solusi gak, Bang?🙂

  5. FA? Kyknya kl beneran ada penjara maya, FA duluan yg hrs kena. Paling byk nyetatus yg kontroversial dia hahaha. Etapi jgn2 ini FA yg berbeda😀

    1. Saya setuju. . .
      Harus segera diamankan ya, Teh. ..😀

  6. ooowwhh baru tau deh penjara maya. aku jarang bgt nyetatus DM.

    1. Jarang online, ya?🙂

  7. Sama saja dengan tulisan kita di blog ini, apabila menulis tanpa memikirkan orang lain atau fakta, kita pasti akan mendapat hukuman…🙂

    1. Semoga saya dan kita semua tidak melakukan hal tersebut ya, Om. ..

  8. lozz akbar · · Balas

    hehehe kenapa enggak FA dulu aja yang jadi kelinci percobaan dihukum.. kan dia terkenal suka gedabrus di dumay

    1. Kenapa hayooo? HArusnya sih seperti itu, wong ide ini dari beliau.:mrgreen:

  9. onesetia82 · · Balas

    ko photo saya ada disini …😀

    1. Iyaa dongs, di kolom komentar. Gravatar. . .wkwkwk

  10. harusnya ya memang tetap bersopan santun ya Dah walopun di dunia maya, jadi ga perlu ada penjara2an segala..

    1. Berbicara logis dan sesuai fakta juga, Teh. . .

  11. Akang mo daftar jadi pengacara maya ah, soalnya lihat pengacara2 beneran di tv kelihatannya kaya raya:mrgreen:

    1. Hihihihi. . .

      Caranya gimana hayoo?😆

      1. Gampang koq … tinggal menghayal aja namanya juga maya:mrgreen:

        1. Bisa ajaaah, Kang. ..🙂

  12. Waaah..
    Saia baru denger nih ada penjaran kayak gini yah, heee..

    Semoga saia gak yg termasuk didalamnya
    Yihaaaa..
    Maaf baru bisa berkunjung mba🙂

    1. Kan lagi sibuk karena naik jabatan. . .
      Wajarlah, ketinggalan kloter. . Hihihi

  13. Kena spam lagi kah saia😥

    1. Sudah saya loloskan, Pak. . .🙂

  14. Nah.. Bener tuh…. Setujuh… Mending nyetatus kata2 yg enak aja.. Yg positif aja… Kalau kata2 aneh malah bikin kdg2 jd prasangka buruk, jadi fitnah.. Tul gak? Hehehe… Aku setujuh aDa penjara maya hehehe…

Hayoo...Ngomen dengan bijak, ya! ^_*

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: