Mengidentifikasi Rasa Lelah

Tulisan yang entah-entahan ini tentang mengidentifikasi rasa lelah. Setelah sampai sore hari beraktifitas, ada sedikit lelah yang saya rasakan. Rasa lelah atau capek datang, kemudian saya sempatkan untuk tidur sebentar. Setelah mandi sore, koq lelahnya jadi hilang seketika. Padahal tak menggunakan ditergen mandinya.:mrgreen: Setelahnya, tetiba ingin menulis tentang rasa lelah.

Lelah di sini bisa diartikan sebagai efek samping dari kerja keras. Lelah atau capek yang berkaitan dengan kerja adalah satu rasa dimana tenaga yang digunakan, dikeluarkan semakin kecil. Semakin tidak seimbang dan jika alam keadaan lelah tetap dipaksakan untuk bekerja, terkadang hasilnya pun kurang maksimal.

Layaknya sebuah komponen elektronik, rasa lelah yang menghampiri tubuh juga perlu diidentifikasi.  Berikut identifikasi rasa lelah yang baru saya temukan.:mrgreen:

1. Lelah Otak

Lelah Otak biasa menghampiri saya ketika saya sedang atau telah mencari cara, jalan keluar suatu masalah, baik masalah yang terjadi di rumah, di tempat kerja atau masalah lain yang cenderung menggunakan otak sebagai alat penyelesaian.

Jika sedang lelah otak, saya memilih untuk istirahat yang cukup. Minimal empat jam. Ketika istirahat, dengan sangat terpaksa Handphone dan musik saya matikan. Suasana benar-benar harus tenang, supaya otak juga bisa tenang. Rileks, adeem ayeeem. Alternatif kedua, saya memilih untuk refreshing Alam mencoba menyatu dengan alam.

2. Lelah Badan

Lelah Badan datang tentunya dikarenakan aktifitas cukup padat. Menyelesaikan pekerjaan rumah di pagi dan malam hari, berangkat belajar bersama dan dilanjut dengan ngelesi. Aktifitas hampir sama setiap harinya. Terkadang badan sampai capek, seperti tak bertulang.:mrgreen:

Sama halnya dengan lelah otak, lelah badan ini juga memerlukan istirahat yang cukup. Namun masih bisa diringi alunan musik. Alternatif lain, pergi ke salon untuk pijat refleksi, creambath, facial dll. Hohohoho

3. Lelah Hati

Terakhir adalah Lelah Hati. Nah, untuk lelah hati saya sering belajar dari teman-teman nih. Kalau sudah berurusan dengan hati, tidak ada satupun orang yang tau akan keinginan dan kebutuhan si empunya lelah hati ini. Meski si empunya hati sudah share tentang lelahnya karena apa, namun terkadang lawan bicara kurang mampu menangani lelah tersebut. Olehkarena itu, berhati-hatilah dengan hati.  Usahakan jangan sampai lelah.😆

Sebenarnya, banyak cara untuk mengobati lelah hati. Seperti; menyendiri, mendekatkan diri kepada Tuhan, mencari teman ngobrol, refreshing, memasak, olahraga dll. Masih banyak alternatif lainnya, tentunya disesuaiakan dengan kepribadian si empunya lara hati.

Sementara identifikasi rasa lelah baru ketemu tiga. Kira-kira adakah rasa lelah yang lain?

22 komentar

  1. Paling capek kalau lelah hati, Mbak Idah..Aku sebel banget jika mengalaminya🙂

    1. Hihihi. Terus kalau udah lelah hati, biasanya penanganannya gimana, Bu?

  2. ini ganti cat rumah ya mbk??bingung g bisa baca,jd kurang fokus hehehe…

    1. Emang kenapa, Mba?
      Errorkah?

      Masih seperti yang duluu catnya. ..🙂

  3. Butuh tidur nih aku🙂

    1. Met bobo, Teh. .:mrgreen:

  4. lelah kantong ada nggak ya …:mrgreen:

    1. Gak adaaa. . ..😛

      1. adanya langsung kantong kering ya …:mrgreen:

  5. kalau lelah kantong gimana? hehe… oya, klo aq lagi lelah (otak/hati/badan) malah larinya ke musik lho… musik yg menentramkan tau yg menimbulkan semangat🙂

    1. Berarti ada dua musik dong, Mba. Disesuaiakan dengan suasana hati yak. ..😆

  6. lozz akbar · · Balas

    Lelah hati…? orang tua bilang obatnya dzikir

    1. Opick juga bilang gitu, Kanda. ..🙂

  7. keberhasilan identifikasi sudah menjadi 50% bekal penanganannya…
    Selamat berlibur panjang.

    1. Satenya sampai Banjarnegara nanti ya, Bu. Hihihihi

  8. obatnya lelah -apapun itu- memang cuma istirahat ya Dah😀

    1. Tapi istirahat semuanya. . .:mrgreen:

  9. kalau lelah yang jangan dipaksakan bekerja. Hasilnya kurang maksimal.

    Emangnya kak idah kalau mandi pakai detergent ya?

    1. Enggak, kalau mandi pakai air. .😛

  10. Menarik pembahasannya. Istirahat dan refresing secara teratus mungkin perlu dilakukan.

    1. Jangan lupa olah raga juga lho.. 😛

  11. kayaknya saya kena 3L nich…. lelah otak, badan dan hati hahahaha

Hayoo...Ngomen dengan bijak, ya! ^_*

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: