Sehari Tanpa Gadget: Maksimalkan Aktivitas Offline

Sehari Tanpa Gadget? Merupakan tema Giive Away yang membuat para penikmat Gadget dan atau calon peserta GA berfikir keras, namun tetap logis.:mrgreen:

Bagi sebagian orang, saat ini Gadget termasuk “barang penting” yang mempunyai banyak fungsi. Untuk memperlancar aktivitas atau mendukung pekerjaan, misalnya. Jika disuruh memilih antara sehari tanpa listrik atau sehari tanpa gadget, sepertinya para ABG lebih memilih sehari tanpa listrik, ya. Asal baterai gadgetnya penuh sih tetap nyambung terus.:mrgreen:

Bagi saya, jika gadgetnya berupa smartphone, saya tidak ambil pusing, masih bisa hahaha hihihi. Bukannya tidak membutuhkan, tapi kalau sedang bekerja saya jarang nengok itu benda. Begitu pun kalau sedang ngeBlog, terkadang benda itu saya acuhkan. Dan kalau sedang “jeng-jeng alam” tuh, ya, smartphone bakal kedinginan karena blas tidak saya sentuh.:mrgreen:

Tapi. . .kalau Notebook? Emmmm. . .hampir seluruh aktivitas saya dibantu oleh Notebook. Harus putar otak nih, supaya sehari tanpa gadget terasa sejam tanpa gadget. Bagaimana caranya? Yaitu dengan memaksimalkan aktivitas offline seperti:

1. Merangkum bahan ajar.

Merangkum bahan ajar saya kerjakan pagi hari (05.30-06.00 WIB), sebagai ganti “menyentuh notebook” untuk membuat slide. Karena tanpa gadget, tentunya saya merangkumnya manual. Ya, tinggal saya baca materinya, kemudian saya tandai yang penting-penting. Sambil menikmati teh anget dan mendoan tambah jos nih. Bisa juga di isi dengan kegiatan olah raga pagi, menyehatkan!.

2. Beres-beres.

Meski hanya beberapa menit saja, saya harus beberes -apa saja- supaya tidak teringat gadget.:mrgreen: Misalnya; menyapu, bantu masak, ngeLap motor dan beberes diri. Cap-cus berangkat kerja.

 3. Berceloteh dengan rekan kerja.

Jadi tuh ya, saya termasuk orang yang jarang haha hihihi dengan rekan kerja. Karena saya hidup di dalam LAB.:mrgreen: So, sehari tanpa gadget, saya akan menyapa ibu-ibu cantik, bapak-bapak sepuh di kantor.:mrgreen:

 4. Membuat Segeran.

Saya kerjakan setelah pulang kerja, setelah bobo siang, dan kalau tidak ngelesi. Segeran yang biasanya saya buat tuh es campur atau puding. Keduanya praktis, halal dan bisa dinikmati oleh siapa saja.

 5. Jalan-jalan Pendek.

Adalah jalan-jalan ke suatu tempat yang tidak terlalu jauh dari rumah. Setelah shalat Ashar, kalau tidak rempon di teras, jalan-jalan ke The Pikas menjadi alternatif pilihan. Kalau tidak dengan Ara, ya saya sendirian. Saya memilih tempat ini, karena pemandangan sungai serayu mampu menyejukkan mata, hati dan menyegarkan otak. Maknyeees. . .

THE PIKAS

Sma-sama besar, yak. .:mrgreen:

6. Berceloteh dengan gadis mungil.

Setelah jeng-jeng, saya mampir ke rumah ara dan mengajaknya ke rumah. Kalau di rumah ada segeran, pasti sepupu-sepupu akan mudah saya tarik ke rumah.😆 Ini sih husus untuk Ara yang sudah tahu jajan, beda lagi dengan gadis mungil. Biasanya saya hanya menghampirinya dan mereka akan ikut saya. Sampai pukul 19.00 WIB biasanya mereka baru dijemput ibunya.

 7. Istirahat.

Sebenarnya saya bisa menambah point plus-plus sebelum istirahat. Yaitu dengan memijat Bapak atau Ibu. Tapi kadang kalau sudah terjun, susah untuk stop.:mrgreen: Setelahnya, gunakan sisa waktu yang ada untuk mengumpulkan tenaga. Ingat, ada pekerjaan baru telah menunggumu esok hari. Bye Gadget, saya mau istirahat dulu. . .:mrgreen:

Ini cara saya untuk menghadapai tantangan sehari tanpa gadget. Saya sesuaikan dengan dengan karakter, kepribadian dan tentunya pekerjaan saya.:mrgreen: Terpenting, sehari tanpa gadget jangan dibuat dramastis. Santai saja, jangan sampai stress karena tidak ada gadget, ya. Cari kegiatan positif yang bisa membuat hati senang plus tenang.

Kalian pasti mempunyai cara lain untuk mengahadapi tantangan sehari tanpa gaget, kan? Jika punya, silakan share dan ikut Give Away yang diadakan oleh Ami Osar. Siapa tahu cerita kalian menginspirasi para pembaca.

SEHARI TANPA GADGET

 Tulisan ini ikutan GA keren Sehari Tanpa Gadget di blog Keajaiban Senyuman lhooooo

Note: 574 kata

58 komentar

  1. oooooooo gitu ya????

    1. Mbuh lhooo. .😛

  2. aku juga bisa sehari tanpa gadget..

    1. Masa sih, Noofa?
      Ntar penggemar emakmu pada kecewa lho. Kan gak bisa siaran langsung di FB dan atau upload foto di instagram. wkkwkwkw.

  3. kamera termasuk gadget gak ya hehe, kan aku sering tuh seharian pas jalan2 sambil motret dan gak mainin hp sama sekali (karena gak ada signal)

    1. Setahu saya termasuk gadget tuh, Non. Hihihi

      Yuuk ikut kontes ini. Kan bisa mengandai2. .🙂

  4. Bukan cuma gadget, saya pernah berandai-andai, manusia jaman sekarang bisa hidup gak ya kalo tanpa semua hal yg ada saat ini. Jadi seperti kembali ke zaman pertengahan. Tak ada mesin, tak ada listrik, tak ada teknologi canggih. Hanya ada kuda, jerami, pertanian, panah, pedang, dan sejenisnya.😛

    1. Waaaaaaaah, tapi tetap seru bagi mereka yang berprofesi sebagai kusir atau tani. Hahahaha

  5. Ipod termasuk gadget jg yahhhh *yaiyalahhh*
    Soalnya klo ga pegang hp, aku lbh suka dengerin musik😀

    1. Menetralisir hati ya, Mba. Hahahaa
      Coba ikutan GA ini ayoo, Mba. Berandai2 jugaaaa. ..

  6. Klo hari libur/Minggu bisa seharian gak pke gadget, gadgetnya ditinggal pacaran sama yang punya😀

    1. Cieeeeeeee. .
      Uhuuuuuuuuy. . .

      Tak intip lhooo. ..😛

  7. ikutan ke Pikes dong neng cantik,,, hihihi…
    sehari tanpa gadget nya nampaknya bisa dilanjutkan dengan seminggu tanpa gadget atau bahkan sebulan tanpanya,, jhhahhahaha…

    makasih dah ikutan ya neng Idah,,, biar dicatet mas n mbak Juri..🙂

    1. Kalau sebulan pikiir panjang dong, Ami.:mrgreen: Sama2. . .🙂

  8. Assalaamu’alaikum wr.wb, Idah….

    Parah ya, kalau sehari tanpa gedget ada yang resah gelisah. Sepertinya tidak semua gadget membuat kita hilang tumpuan hidup kecuali bagi mereka yang bener membutuhkannya seperti komputer untuk urusan kerja.

    Salam manis Idah, semoga sukses dengan kontesnya.😀

    1. Wa’alaikumsalaam, Bunda. . .

      Gelisah tidak bisa nengok Blog, Bund.😀

  9. aku pernah sekitar seminggu ga punya hape, coz rusak dan blom sempet beli, baik2 aja sih Idah. jadi kalo cuma sehari mah keciiiil lah ya hihihihihi

    1. Itu sih karena keadaan. Hihihihii.😛

  10. HEhe.. ternyata banyak banget hal yang bisa dilakukan saat gadget tak menemani🙂

    1. Termasuk bermimpi ke Eropa. . .
      Turuuu. ..😀

  11. duh bisa gak ya hehehe…harusnya sich bisa ya apalagi saya punya balita 2 harusnya ada hari tanpa gadget seminggu sekali…

    1. Yuuk, ikut Giveaway ini, Mba. .🙂

  12. Untungnya saya masih bisa mengendalikan diri kalo urusan gadget, makanya hempon saya hanya berfungsi untuk call dan sms saja biar nggak ‘kedereng-dereng’ pingin nengok blog dan sosialita

    1. Gak kangen Blog apa, Pak?😀

  13. jalan-jalan pendeknya sukaaaaa..apalagi dilengkapi dengan fotonya..kerennnnnnn😉

    1. Mau dong di folo, Bli Budi. . .😛

  14. wow..
    seharian tanpa gadget..
    bisa ndak ya..
    perlu dicoba, kapan2 tapi, wekekeke..

    1. Kalau kapan2 tuh nanti gak nyoba2. .😛

  15. Banyak yang bisa dilakukan ya mbak tanpa gadget…
    lia sudah menerapkannya.. lumayan pusing awalnya…
    tapi memang banyak yang bisa dilakukan ^_^

    1. Dan tentuntya kegiatannya bermanfaat semua ya, Mba. . .

  16. kadang, kalau lagi weekend saya sering lho mbak matiin gadget seharian. jadi waktu saya total untuk keluarga tanpa dialihkan oleh pesan2 yg masuk. tapi sebelumnya saya kasih tau ke orang tua kalau ponsel saya matikan. takutnya mereka nelpon eh ga aktif.

    1. Kalau gak weekend piye, Mba? Hihihihi

  17. beres-beres rumah termasuk juga gak?🙂

    1. Iya doong. .
      Lha itu nyapu dll. .🙂

  18. Bisa ko ya mba sehari Tanpa gadget…Sukses GAnya..:)

    1. Yang penting menyusun aktifitas offline. .🙂

  19. kalau sudah candu dengan sesuatu, kemudian kita gak bisa akses maka jadi lebayyyyy. seperti kemarin blonoerhikmat yang kena suspend, waduhhhhh horor amaaat😀

    1. Hahahah. .
      Tak bisa dibayangkan andai ke suspend beneraaan ya, Mas.:mrgreen:

  20. Dulu sebelum ada gadget nyatanya bisa ya mbak…
    sekarang tentunya bisa dooong, hehehe….
    Semoga sukses ya Mbak🙂

    1. Bisa meski susah ya, Pak.🙂

  21. […] saya mengikuti Give Away Sehari Tanpa Gadget. Kemudian ada yang berkomentar “Kalau sepeda motor tersmasuk Gadget tidak?”. […]

  22. Weee lhaaa… kok seru temen tanpa gadget malahan.
    Sini gadgetnya buat bunda aja. Hihihi

    1. Bunda kan udah punya banyak Gadget.😛

  23. Pssst… notebook itu termasuk gadget loh.

    1. PSsssssst. .
      Beneer bangeettt lho, Om. .😆

  24. sehari tanpa gadget,,tantangan niiih?? *mikiiiirrr*

    1. Ayuuuk ikuuut GA ini. .🙂

  25. Kalau sehari tanpa gadget sepertinya sudah biasa Mba, namun tanpa dia yang belum biasa. He,, he,,he,,,,

    Salam,

    1. Dia siapa hayooo?😀

  26. bisa ga yaaa driku???

    1. Berandai2 duluuu deh, Mca. .:mrgreen:

  27. banyaaaak ya alternatif kegiatannya kalau ngg ada gadget…tapi kalau sudah dijalani, kerasa juga lhooo :D…

    1. Kerasa dan pingin guling2 di pdang rumpuut. ..😀

  28. sehari tanpa gadget jaman sekarang pastinya susah minta ampuuun yaaa
    tapi kalo udah dijalani, gak susah susah amat kok. malah terasa liburan gitu karena lepas dari rutinitas gadget

  29. wah banyak momen indah dibalik sehari tanpa gadget … hehehe

  30. Itu yang gadis mungil yang mana sih?

    Mampir lagi untuk menjuri ^_^

  31. selamat ya,.. udah menangin lomba sehari tanpa gadget..
    wuih.. keren…

    salam kenal kak!!

Hayoo...Ngomen dengan bijak, ya! ^_*

