[BN 2013] Perjalanan Semangat Menuju Jogja

Ihiir, akhirnya saya bisa ngeBlog lagi, ya. Buka Dashboard blog setelah menghadiri acara Kopdar Blogger Nusantara di Jogja tuh rasanya sesuatu banget. Ada rasa aras-arasen mau nulis lagi.

Apa kabar teman-teman? #Ekspresi manyun setengah senti, sambil kedip-kedip. Hohohow

Untuk melemaskan kembali jemari nan lentik ini, saya akan menulis langkah perjalanan menuju Jogja. Sebenarnya gak ada yang spesial sih, masih menggunakan transportasi umum, bukan sayap. Hahaha. Transportasi umum yang saya gunakan yaitu BUS. Dan ini yang membuat perjalanan ke jogja lebih amazing. Karena, biasanya saya ke Jogja naik Travel, tinggal duduk tanpa gonta-ganti transportasi.:mrgreen:

Perjalanan kali ini tergolong nekat. Disamping saya ijin tidak masuk kerja selama dua hari, saya pergi ke Jogja sendirian. Teman Blogger Banjarnegara tidak ada yang ikut satupun. Karena saya perempuan, sendiri pula, Ibu menyarakan menggunakan Travel saja supaya lebih aman dan langsung sampai lokasi (EDU Hostel). Tapi saya gak mau, pingin ngeBIS aja, biar keren ngirit.😆 Kali ini sharingnya lengkap dengan ongkos naik transportasi, ya. Sok nekat  ngeBackpacker. Hahaha

[29/11] Perlengkapan yang saya bawa sudah lengkap-lengkip, sesuai kebutuhan saya. Harapannya supaya tidak merepotkan orang lain. Tapi yang namanya manusia Idah ya adanya seperti ini, meski sudah dipersiapkan ini itu, masih ada yang kurang. Dempet-dempet Mba Cheila untuk pinjam sisir. Ternyata lupa gak bawa sisir. Hohoho. Lanjut ke perjalanan menuju jogja.

Ada beberapa alternatif transportasi dari Banjarnegara menuju Jogjakarta. Bisa menggunakan sepeda motor, travel dan Bus. Kali ini saya menggunakan Transportasi Umum “BUS”. Tiga kali ganti Bus. Lumayan olahraga lah, dari Bus satu menuju bus selanjutnya jalan santai.

Saya berangkat dari Banjarnegara pukul 8.30 WIB, naik Bus Teguh. Ketika sampai SPBU Kalierang, ternyata ada yang beda. Bus yang biasanya rutenya melalui kota, sekarang tidak lagi lewat kota. Dari SPBU Kalierang lalu belok kanan untuk menuju Terminal Mendolo. Mengapa belok? Emmm, kapan-kapan saya share insya Allah, ya. Untungnya sih rute ini baru-baru saja dijalankan, coba kalau pas saya masih kuliah dulu, ya. Ampuun deh. Ongkos dari Banjarnegara-Terminal Mendolo Wonosobo yaitu Rp 5.000,-. Murah cyiiint. . .:mrgreen: Eh, tapi kadang ada yang minta Rp 6.000,-. Tergantung kondekturnya ganteng atau gak.😆

BUS WONOSOBO-MAGELANG

Penumpang sepi. . .

Setelah sampai Terminal Mendolo, saya langsung naik Bus Djati Nugroho. Nyambung ke Magelang. Saat itu, disepanjang perjalanan menuju Magelang diguyur hujan, berkabut pula. Untung saya gak jadi naik motor, ya. Naik Bus tinggal duduk manis, bisa tidur pula. Ongkos dari Wonosobo-Magelang yaitu Rp 18.000,-. Ternyata udah naik, dulunya Cuma Rp 15.000,-. Harus naik dong, kan BBM naik berapa prosen tuh kemarin. Kalau ada yang minta ongkos Rp 20.000,- dikasih saja. Maksimal ongkos ya segitu, kalau ada yang minta lebih dari Rp 20.000,- nanti dikedipin saja pakai tangan.

BUS MAGELANG-JOGJA

Bus model 3-2. . .

Lanjut ganti Bus lagi nih. Dari Terminal Magelang menuju Terminal Jombor saya naik Bus Sumeh. Pas sampai sini tuh kira-kira pukul 11.00 WIB. Dalam Bus ada seorang Bapak mendekati saya. Dia merayu saya, iming-iming gethuk Magelang gitu. Hahaha. Tadinya saya gak mau beli, tapi si Bapak ini kekeuh banget, malah duduk disamping saya pula. Trik penjual kali, ya. Akhirnya hati ini luluh untuk membeli dua bungkus gethuk Magelang. Rp 10.000,-. Hohohoow Tarif dari Magelang-Jombor Rp 7.000,-. Gak bisa dinego, sudah pas kalau yang ini, ya.:mrgreen:

Alhamdulillaah, sampai Jombor terang. Sepertinya Jogja sudah turun hujan dari siang, jalan sudah basah. Sesampainya Jombor, saya menunggu Si AB yang jemput saya. Karena sudah ada si AB, akhirnya gak jadi naik Trans Jogja. Cuma lihat deretan Trans Jogja dowang.

TRANS JOGJA

Halte Trans Jogja Jombor. . .

Sampai di Jogja tepat pukul 12.15 WIB. Menurut saya, perjalanan menuju Jogja menggunakna Bus tuh lebih asyik ketimbang naik travel lho. Mengapa? Tentunya karena suasananya lain. Bisa ketemu Bapak lontong tahu, Bapak Gethuk, Mas-mas pengamen, Kondektur ganteng, yaa kesemua itu tidak bakal dijumpai ketika naik Travel.:mrgreen: Trik ketika tidak tau ongkos sekali jalan, tanyalah pada penumpang lain, jangan tanya pada kondektur!:mrgreen:

Ya sudahlah, perjalanan menuju Jogja telah usai. Pengalaman yang seru turun-naik BUS. Meski demikian, saya tetap menikmati perjalanan. Entah tidur atau online. Hahaw. Langsung saya lanjutkan dengan Lesehan di Angkringan KR, Jogja. Sebagai post pembuka Langkah Baruku. Dan ini termasuk nekat juga! Menuju Lesehan dengan cara merobol batas jalan rel Kereta Api.:mrgreen:

35 komentar

  1. weleeh…. musti ganti 3x ya? untung masih mudaaa…. haha.. eh, nama bis DN persis nama adikku🙂

    1. Sok ngeBackpacker, Mba. Hahaha
      Adiknya cowok kna, Mba? Ehem.😛

  2. whizisme · · Balas

    Wah saya juga lbh seneng naek bus. Kemrn nark travel malem malem sm mbak noorma pada tidur. Giliran aku clingak clinguk sendiri

    1. Kadang naik Travel tuh ngebosenin. Sumpriit. . Hahaha

  3. g kelaperan kalo naik bis ^^ *suerrrrrr

    1. Serius, banyak yang jualan jajan. Hahaha

  4. Dikedipin pakek tangan?
    Hehehe

    Tapi harus hati-hati kalo naik busnya tidur, takut terjadi hal-hal yang tidak diinginkan..🙂

    1. Setel alarm dan getar 6,7 SR, Mas Kopiah Putih. Biar aman dan tentaram.😛

  5. kimcil balap · · Balas

    ongkosnya beda tipis dengan didaerahku, tapi saya hanya perlu naik satu kali, soalnya ditempatku hanya ada satu armada bis yang melayani rute jogja-wonogiri…

    http://hanashiku.wordpress.com/2013/12/02/ketololan-diriku/

    1. WOnogiri-Jogja mah dekaaat sekaliiii ya, Jeng.🙂

  6. ehem asik nih. umm itu bayar busnya kayak bayar saat naik angkot gitu ya kukira beli tiket bus begitu baru berangkat ~salah kaprah nih saya

    1. Kalau trayek ini bayar pas sudah jalan, Jeng. Kalau yang pakai tiket tuh yang BUS gedeeeee bang’gets.😀

  7. KBN nya meriah ya … *liat foto2 di FB …😀

    1. Kamu kenapa gak ikut, Mas Wong Cil?😛

  8. waduh, saya sih udah mual2 tuh kalau naik bis ganti2 gitu .. hihih

    1. Lebih suka motoran ya, Teh?😀

  9. wibisono · · Balas

    wah, mbak juga ikut blognus? kok gak ketemu?? aku ikut yang hari pertama.😛

    1. Waduh, koq gak kabar2 sih kalau ikut BN, Mas Gun?😛

      1. iya mbak. pengen suprise gitu. kita gak ketemu ya mbak. besok kapan kapan kalo ada kesempatan lagi mbak.😀

        jenengan yang ikut joget bareng mak mak blogger?

  10. AB ki inisial nama pacarmu to Jeng… Asik…

    1. ciiyuniaty · · Balas

      Aq jane meh takon ngunu malah kedisikan una….

      1. Kalian pada KEPO? AB itu plat nomor Jogjakarta, Bro. Hahahaa

  11. ada yang mengganjal.. siapakah si AB??????

    2013 mau habis masih pake inisial non???

    hehehehehe

    1. Hyah, ini malah tanya giniih. Itu bukan inisial.😛

  12. Udu tergantung kondekture ganteng atau gak, tapi tergantung muka penumpange…
    nek penumpange bermuka manis, cakep, unyu-unyu, dikasih 5000,
    tapi kalo penumpange lagi gak enak dilihat, cembetur + mrengut biasane dikasih 6000…
    😀

    1. Karena saya unyuuu, so kasih Rp 5.000 ya dukuup ya, Mas Ahsan.😀

  13. Cockpit Bisnya lumayan bersih dan rapi lho Dah …
    🙂

    Salam saya

    1. Saya duduk di Cocpit lho, Om. Karena saat itu sudah penuh. Emmm. . .ini memang bersih, lain dari biasanya.😀

  14. Reblogged this on dede6699 and commented:
    Bus memang asik serba kumplit didalamnya apalagi sepanjang jalan kenangan eh pemandangan pasti makin uring uringan…hehee

    1. Tepatnya makin asooy tidurnya, MAs. Hahah
      Makasih sudah di reblogged, ya.🙂

      1. Pulas tidurnya sampai berjejer pulau2.. heheee…. sipp🙂

  15. Reblogged this on dede6699.

  16. duh lincahnya gonta ganti bus, inilah semangat muda. Hayo non ditunggu di Sal3

  17. hihihi gonta ganti biss mulu, dan plat AB bertebaran yoo mbak dijogja hihihi😀

  18. dellaviran · · Balas

    Mbak ada kontam travel banjarnegara jogja ga mbak? Hehe

Hayoo...Ngomen dengan bijak, ya! ^_*

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: