Persiapan Pendakian Ke Gunung Prau

Sebelum bercerita tentang Pendakian ke Gunung Prau, saya mau curhat bentar. Eceiiyee, curhat katanya, mirip anak muda saja. Hihihiw.

Akhir-akhir ini saya merasa ngantukan. Rasa itu datang pas pukul 19.00 WIB, yang jelas sebelum Isya. Padahal biasanya tuh tiap harinya biasa melek sampai pukul 23.00 WIB. Saya merasa, ini begitu menghambat aktivitas Blogging saya. Biasanya Blog Walking bisa saya lakukan malam hari, sekarang benar-benar gak bisa. Belum tau penyebab ngantukan ini. Tapi, yang jelas saya masih mengidentifikasi permasalahan ini. Huuaam! Udah gitu saja curhatanya dan lanjut pada Persiapan Pendakian Ke Gunung Prau.

Gunung Prahu (Prau) adalah sebuah gunung yang berada di Dataran Tinggi Dieng. Tepat diperbatasan Kab. Kendal dan Kab. Wonosobo. Selain Gunung Prau, di Dataran Tinggi Dieng terdapat beberapa puncak gunung. Diantaranya; Gunung Pegamun-amun dan Gunung Sipandu. Saya mendaki Gunung Prau bersama lima teman (Mr. Ari, Mr. Sahid, Mas Arif, Mas Soleh dan Yuni).

POS PENDAKIAN GUNUNG PRAU

Pos pendakian dekat dengan TBM dan PAUD. . .

Postingan ini untuk melengkapi postingan Hampir Pingsan Saat Pendakian. Kali ini saya mau share apa saja yang saya persiapkan ketika akan mendaki ke Gunung Prau. Ini pertama kalinya saya mendaki gunung, BroSist. Pada dasarnya saya belum suka mendaki, karena pasti capek. Hihihih. . .yaiyalah, lha naik terus e. Tapi, saya suka berpetualang, jadi kalau ada keinginan yang kuat, insya Allah akan diberi jalan yang lebar.:mrgreen:

Karena ini pendakian pertama saya, jadi pendakian ini akan selalu nempel dalam kenanangan, menjadi cerita sepanjang masa dan membuat saya makin cinta dengan alam semesta.

Menyiapkan Peralatan dan Perlengkapan Pendakian

Selain browsing tentang akses menuju Gunung Prau dan update cuaca di sekitar lokasi pendakian, ada beberapa hal penting yang saya persiapkan jauh hari sebelum mendaki. Karena saya berniat ngeCamp, jadi saya perlu membawa peralatan penting, seperti:

  1. Kompas;
  2. Dome; sewa Rp 50.000/ dome (kapasitas 4 orang)
  3. Matras; sewa Rp 5.000/ matras
  4. Sleeping Bag; sewa Rp 10.000/ SB
  5. Trangia; sewa Rp 30.000
  6. Perlengkapan Ibadah;
  7. Air Minum 2 liter; cukup buat minum dan wudhu
  8. Plastik Kresek; cukup untuk menaruh sampah milik sendiri
  9. Senter, Pisau, Jaket, Kaos Kak dan Jas Hujan.

Dari daftar di atas, kami hanya menyewa Sleeping Bag saja. Itu pun bukan buat saya, tapi buat Mr. Sahid dan Mas Arif. Sedangkan perlengkapan lainnya kami bawa sendiri, tidak menyewa. Jadi, lumayan irit. Hehehew.

Registrasi Sebelum Melakukan Pendakian

Kami berangkat dari Banjarnegara pukul 16.00 WIB, sampai di Patakbanteng pas adzan maghrib. Kami menuju basecamp. Basecamp Patakbanteng sangat mudah dicari. Kalau berangkat dari arah Wonosobo, berarti berada di kiri jalan. Pada pintu masuk Basecamp juga terdapat papan nama “POS PENDAKIAN GUNUNG PRAU”, jadi kalian gak mungkin nyasar. Hehehew.

REGISTRASI PENDAKIAN GUNUNG PRAU

BaseCamp Registrasi. . .

Basecamp pendakian berada di belakang Balai Desa Patakbanteng. Dari pintu masuk, ambil arah kiri. Terdapat gang kecil, masuk terus sampai mentok ketemu tembok, lalu ke arah kanan. Para pendaki bisa menitipkan motor dan helm di Basecamp. Penitipan motor Rp 1.000 /Motor. Helm ditaruh didalam, gak bayar. Dan biaya registrasi Rp 4.000 /Orang. sudah termasuk asuransi. Disini para pendaki tidak hanya berkewajiban membayar pendaftaran saja, tapi pendaki diwajibkan untuk menulis data diri di buku yang telah disediakan. Yang jaga basecamp ramah-ramah.

Di Basecamp ini terdapat fasilitas satu kamar mandi. Budayakan hidup antri, ya! Sebelum mendaki, kalian bisa beli jajan dan atau minuman di Basecamp. Harganya masih terjangkau koq, gak nothok wong. Setelah registrasi, saya dan Mas Arif ambil Sleeping Bag yang sudah kami pesan melalui Dieng Indonesia (085 335 009 717). Jarak Patakbanteng ke penyewaan ± 2km. Penyewaan perlengkapan pendakian dekat dengan Hotel Gunung Mas.

TIKET PENDAKIAN GUNUNG PRAU

Tiket Pendakian. . .

Pendaki juga disarankan untuk menulis nomor telephone sekretariat. Nomor telephone bisa dimanfaatkan, jika dalam pendakian ada hal-hal atau kendala baik teknis maupun non teknis yang tidak bisa diatasi pendaki. Kalian bisa langsung menghubungi sekretariat Pos Pendakian ( 085 228 283 428 ).

Peralatan dan Perlengkapan pendakian yang kami siapkan tentu masih standard banget, ya. Teman-teman ada yang mempunyai hobi mendaki gunung gak nih? Kira-kra apa saja yang dipersiapkan? Share dong. . .

31 komentar

  1. Waahhh tenanan iki mbak mendaki gunung ??

    1. Masa saya bohong sih, Jeng?😀

  2. Saya malah belum pernah mendaki… paling banter hiking

    1. Cobain, Mas. Siiik lho. .😛

  3. kamu ngantuk mungkin karena capek atau kurang darah bisa juga (keseringan kurang darah hehe)

    1. Capek mungkin, Non. Baru pindah kerja. hehehe

  4. bawa kompas itu wajib ya

    1. HuUm. .
      Biar gak kessasar, Mba. . . Hehehe

  5. pekalongan-dieng, biasanya pake motor lewat kalibening. kalo seperti yg dibilang idah, letak gn.paru diantara kab kendal n wonosobo langsung lwt kendal bisa kali yaa….hahaha*mengira2

    1. Benar, Mba. Soalnya ada tiga jalur pendakian. Termasuk lewat Kendal.🙂

  6. sudah lama saya tidak menjejakkan kaki lagi di lereng gunung….., jadi rindu lagi kebut gunung nich kalau begini…
    Keep happy blogging always…salam dari Makassar🙂

    1. Terahir mendaki kapan, Pak?

  7. […] melakukan pendakian, saya sarankan kamu untuk membaca Persiapan Pendakian Gunung Prau terlebih dahulu. Supaya tahu Gunung Prau dimana. Hohohow. Patakbanteng adalah nama Desa dikaki […]

  8. aku tuh penasaran sama gunung prau lho…eh ngomong ngomong dieng aku kangen rasanya buah karika…*pepaya yah itu…beh kok enak gitu yah..katanya cuman ada di dieng yah mbak??

    1. Benar, Mba. Carica cuma ada di Dieng, Batur. Sejenis pepaya.🙂
      Maniiis. ..🙂

      Sini main ke Dieng. Hihihi

  9. Selamat non merasakan nikmatnya mendaki gunung, menikmati indahnya savana di rumah mbak Idah yang lain wooii bagus banget. Salam

    1. Ketagihan, Bu. Pingin ke Merbabu juga. Hehehe

  10. Insyaallah bulan maret ini saya mau ke puncak prau… semoga cuaca bersahabat, amin :))

  11. dua hari lalu sy ke prau, dah jajian ama temen dr Bandung n Jkt, sy tuan rumah nih critanya, jadi nunggu konfirmasi. Nakalnya mereka konfirmasi jam 21:00 tapi sudah start trecking via patakbanteng. Edan bener nih temen2 ngerjain orang tua. terpaksa sy nyusul sendirian. nyiapin gear tracking ringan, cukup pake carrier yg 30 ltr, masih masuk logistik ringan (untung samping rumah ada minimarket): coklat, air putih, susu, sereal, puding selesai beres 1jam, dr rumah ke patakbanteng :3jam, langsung dah nyusul…agak2 sprint soalnya sendirian, pelan dikit mrinding gitu….mending ngos ngosan biar lupa mrindingnya…alhamdulilah sampai atas, bulan masih terang, jam 4, gantian mereka sy bangunin, rame deh…sunrisenya luar biasa…lanscape sindoro sumbing, merapi, merbabu, lawu samar2 semeru pun terlihat…..subhannallaah,… allahu akbar…

    1. giyatno · · Balas

      terus kalo pakai kendaraan umum dari jakarta aksesnya gimana ya..?

  12. kalo nanjak lg ikut dong

  13. menarik nih ceritanya.. berkunjung🙂

  14. robi Zakariya · · Balas

    Salam Kenal…. Ayo kemana lagi?? He.he.he.he.he…

  15. Memang perlu perlengkapan buat mendaki, tapi gak usah banyak-banyak, yang penting bermanfaat.😀

  16. mba, gunung prau sama bromo tinggi mana? rencana ingin ke gunung prau, tapi mau cari tau dulu untuk persiapanny..thanks🙂

    1. Mt Bromo 2.770 mdpl, sedangkan Mt. Prau 2. 565 mdpl. Tapi, kalau Bromo kan terbantu untuk transportasinya; naik jeep sampai gunung batok, lanjut ke kawah bisa naik kuda.

      Nah, kalau Mt. Prau itu mendaki murni. Lewat jalur patak banteng.

      Baca artikel ini juga, ya. http://idahceris.com/wisata/pendakian-gunung-prau-lewat-patakbanteng/

  17. BERAPAH JAM KIRA ” TREKKING NYA MBAA ???

  18. Untuk peralatan navigasi dilengkapin lagi…obat obatan juga bagian terpenting

  19. Pradestiaa · · Balas

    Assalam…

    Mbak peripun kbare ??
    Mbak seruu tenan yoo aku baca pengalaman mbak .. Insya Allah aku pngin ksna mbak., hehe
    mau tnya” bnyak sama mbak bole ??

    1. Wa’alaikumsalaam. . .
      Alhamdulillaah saee, sehat. Semoga njenengan juga sehat, ya.

      Iya. Silakan. Via email saja atau bbm. Kontak bisa dilihat di profil http://www.idahceris.com.🙂

  20. Rencana.y sih sblm puasa mau ke Prau sama tmn2 kantor.. tp pas liat prakiraan cuaca lg hujan deres bgt dsna.. akhir.y pindah target ke Papandayan.. Insya Alloh, 26 Juli ini ke Prau.. doakan ya mba.. hehe..

Hayoo...Ngomen dengan bijak, ya! ^_*

