Singgah Ke Kotamu

Singgah Ke Kotamu merupakan salah satu impian saya. Impian ini datang setelah saya masuk kuliah, bukan impian sejak kecil. Tapi kedatangan impian ini saya rasa tidak terlambat, bisa dibilang tepat waktu malah. Karena, jika impian tersebut datang ketika saya masih kecil, bisa jadi saya merasa gak betah di rumah. Pinginnya meloncat ke luar kota terus. Analisa yang gak oke, ya. Biarinlah. Hihihi.

Disaat teman-teman memiliki impian singgah ke Benuamu atau ke Negaramu, saya malah memilih Singgah Ke Kotamu. Menurut saya gak ada yang aneh, atau memang saya yang kamseupay udik pengik pengok, ya. Saya lebih memilih singgah dari kota ke kota karena beberapa alasan dan atau faktor.

Faktor yang terus mendukung kelancaran impian saya ini, yaitu; faktor kemauan dan kemampuan.

Kemauan, kamu pernah mendengar “Jika ada kemauan, insya Allah ada jalan“. Pernah, kan? Nah, itu alasan pertama saya tentang kamauan yang saya selipkan dengan niat. Alasan lain, karena saya memang maunya ke kota-kota dulu, mulai dari kota terdekat. Pertama yang saya singgah adalah kota-kota yang ada di Jawa Tengah. Kota yang saya singgahi adalah kota yang memiliki magnet yang bisa menggerakkan hati saya untuk singgah ke kota tersebut. Berarti, tidak semua kota di Jawa Tengah, dong? Iya, benar. Ada beberapa kota terpilih yang sudah dan atau akan saya singgahi. Sebenarnya seluruh kota di Indonesia tercinta memiliki magnet semua, tapi itu adalah sebuah pilihan. Selain kemauan, ada kemampuan.

Peta Jawa Tengah

Persiapannya sampai peta juga. . .

Kemampuan di sini tidak pada satu dasar saja. Ada beberapa yang menjadi dasar suatu kemampuan. Dasar itu adalah kemampuan berupa ongkos, kesehatan dan waktu. Ketiga dasar kemampuan ini harus saya seimbangkan. Misalnya, waktu. Biasanya saya memilih hari sabtu-minggu untuk berpetualang dan atau tanggal merah, libur nasional. Jika saya memiliki waktu sampai tiga hari untuk berpetualang, maka saya harus memilih kota yang sekiranya banyak magnet di sana. Dan sebulan sebelumnya, saya harus mempersiapkan kesehatan saya, karena berpetualangannya menggunakan motor. Dan satu lagi yang penting diperhatikan, yaitu ongkos! Hahaha. Jika sudah meilihat kantong, ternyata ongkos minim, berarti ada potensi untuk mengambil tabungan. Pahitnya ya seperti itu, ketimbang pinjam orang, kan? Weeks. Ongkos ini menjadi dasar kemampuan yang paling utama. Tapi bisa saya siasati dengan memilih jalan alternatif untuk mengirit ongkos. Karena, saya berpetualangnya ambil disaku pribadi, bukan ambil di saku orang tua. Hoohoow

PANTAI MENGANTI

Masih di Jawa Tengah. . . πŸ˜›

Dua faktor di atas yang menjadi dasar dan juga usaha mengapa saya lebih memilih Singgah ke Kotamu, bukan ke Benuamu atau ke ke Negaramu. Kota yang ada di Jawa, Sulawesi, Sumatera, Kalimantan dll dll, pokoknya pingin saya singgahi!

Sebulan sekali, saya selalu menjadwalkan kegiatan Singgah Ke Kotamu. Biasanya saya singgahnya bersama beberapa teman kursusan. Pernah juga sendiri. Minimal satu bulan satu kota, mau rame-rame atau sendiri tidak masalah. Yang penting masih ada kemauan dan kemampuan.

Lalu, apa saja yang saya lakukan jika sudah singgah di kota lain? Mau apalagi kalau tidak menikmati kekayaan Alam ciptaanNya! Berpetualang! Indonesia itu kaya wisata, jadi jangan bingung mau ngapain kalau sudah berada di kota tetangga.

Singgah Ke Kotamu sudah saya mulai sejak saya kuliah semester dua. Karena satu bulan satu kota, jadi belum banyak kota yang saya singgahi. Sayang sekali, saat itu saya belum menjadi Blogger, jadi tidak kenal dengan yang namanya Kopdar atau bertemu dengan teman-teman Blogger. Padahal, seperti yang kita ketahui, teman-teman Blogger tuh tesebar diseluruh penjuru Nusantara! Meski belum banyak yang saya kenal. Hihihi

Etapi, meski sekarang sudah menjadi Blogger, belum tentu Kopdaran jika saya singgah ke kotamu. Mengingat beberapa faktor, seperti minimnya waktu. Hehehehe.

Kalau kamu, apa impianmu? Yuk, ceritakan impianmu dan share ke Mas Ajo! :mrgreen:

giveaway-kolaborasi-banner-ii

Tulisan ini diikutsertakan pada Giveaway Kolaborasi : Apa Impianmu?

41 komentar

  1. Ditunggu persinggahanmu di kota Malang nan sejuk dan damai *tapi sekarang udah mulai macet sih* πŸ˜€

    1. Insya Allah. Sudah di list, Malang! πŸ™‚

      1. Siiip ditunggu kedatangannya

      2. Siiip ditunggu kedatangannya!!

  2. Baca: “Lalu, apa saja yang saya lakukan jika sudah singgah di kota lain? Mau apalagi kalau tidak menikmati kekayaan Alam ciptaanNya! Berpetualang! Indonesia itu kaya wisata, jadi jangan bingung mau ngapain kalau sudah berada di kota tetangga.”

    Pengen banget untuk itu, tapi apa daya, keterbatasan waktu dan sumber daya.. minimal kl ga bisa singgah ke kota mu, yang penting itu bisa singgah ke blog mu..

    kunjungan perdana mba πŸ˜€

    1. Cieeee. .. πŸ˜€
      Salam kenal dari saya untuk Anda. :mrgreen:

  3. Jika sudah mempunyai “kemampuan” jangan lupa singgah kekotaku ya mbak idah, yaitu Padang..
    hehehe

    Makasih ya udah ikutan GA Kolaborasi.. πŸ™‚

    1. Insya Allah!
      Sama2, Uda Ajoooo.

  4. Ditunggu singgahmu ke kotaku…

    1. Ada magnet apa disana, MBa Lies?

  5. oke mbak,salam kenal yah πŸ˜€

    1. Salam kenal kembali dari saya ya, Unduh Droid. πŸ˜€

  6. jangan cuman singgah dong tapi juga liburan haha

    1. Yaaaaa, kan itu tujuannya, Non. πŸ™‚

  7. Jadi kpn nih singgah ke Surabaya?? Aku siap menyambut mu dgn penuh suka cita πŸ˜›

    1. Eng Ing eng, sudah pernah ke sana, MBa. Hihihi
      Lain waktu, semoga ada kesempatan berkunjung ke Suramadu lagi. πŸ™‚

  8. semoga nyampe Siak dan Batam ya mbk πŸ˜€
    impianku dari kecil keliling dunia mbk,g tau kenapa…mungkin dr kecil dan suka berpetualang kali ya hehehe…papun itu mimpi adalah do’a *katanyaaa* πŸ˜€

    1. Jauuuh banget SIAK ya, MBa Han. πŸ˜€
      MAri, wujudkan cito2. . πŸ™‚

  9. So …
    kapankah dikau singgah dikotaku Nona ?

    salam saya

    1. Bulan depan ke Bekasi, Om. Siapa tahu bisa singgah. . .:lol:

  10. Aq menunggumu loh πŸ˜€

  11. Kalo singgah,,, udah biasa ,,,
    kapan tinggal nya ,,, ?
    salam ukhuwah dari Kota Daeng, Makassar. πŸ™‚

    1. Saya tinggal di Banjarnegara saja deh, Kaak. πŸ˜†
      Salam persahabat juga, ya.

  12. kapan singgah ke kotaku ? πŸ™‚

    1. Bulan depan insya Allah. πŸ˜†

  13. Assalaamu’alaikum wr.wb, Idah….

    Impiannya bagus dan akan menjadikan kita luas pengalaman dan pemandangan juga semakin cantik apabila kita nikmati keadaan kota-kota yang diselusuri. Saya sudah menyusuri seluruh negeri yang ada di dalam Malaysia, lalu sekarang ini sudah memulai berwisata ke luar negara. Insya Allah, kalau ke Indonesia, mungkin akan ke Bandung dulu. Mudahan.

    Salam manis dari Sarikei, Sarawak. πŸ˜€

    1. Wa’alaikumsalaam ,Bunda.
      Semoga bisa samapai Banjarnegara ya, Bund. πŸ™‚

  14. wah..seru juga itu ya punya impian menengok satu kota ke kota lainnya..

    1. Semoga tercapai ya, Mba. . Heheheh

  15. Kegiatan yang menyenangkan, sederhana tapi benar adanya. Singgah ke kotamu.. impian yang menyenangkan..
    Terimakasih ya sudah ikutan GA kami.

    1. Terima Kasih kembali sudah berkunjung, Kaak. . . πŸ™‚

  16. Panitia penyambutan sudah siap Non, kapan singgah…..

    1. Insya Allah akhir bulan ini, Bu. Semgoa tidak ada tugas mendadak. .. πŸ™‚

  17. menunggu dengan sabar, kapan Idah akan singgah dikotaku
    ( masih di pulau jawa lho……hehehe)

    semoga sukses di GA nya ini ya Idah πŸ™‚

    salam

    1. Pingin bangett ketemu Bunda. Kapan, ya. πŸ™‚

  18. Kapan singgah ke kotaku. masih d Jawa Tengah lho … :mrgreen:

    1. Masih dalam rnecana. . .wkwkwk

  19. Hehehe sudah kah Yogya masuk daftar? Sini hubungi saya, siapa tahu bisa jadi tour guide gratis :))

    1. Aduuh, biasa main ke Yogya saya lho. Ayoo, kapan2 kopdar. . .:)

Hayoo...Ngomen dengan bijak, ya! ^_*

