Tradisi Nisfu Sya’ban

Tahun 2014 seperti baru saja dibuka. Namun, nyatanya ini sudah malam Nisfu Sya’ban. Nisfu Sya’ban tahun ini jatuh pada hari Kamis, tanggal 12 Juni. Atau, 14 sya’ban, tutupnya buku amalan.

Ketika malam nisfu sya’ban tiba, ada beberapa tradisi yang selalu saya ingat. Tradisi sekaligus melaksanakan sunnatullah. Pertama, shalat maghrib sekaligus shalat nisfu sya’ban berjama’ah di masjid. Kedua, membaca surah yaasiin tiga kali. Yang biasanya surah yaasiin hanya dibaca satu kali saja tiap malam. Dan yang terakhir, santap sega gurih (nasi gurih).😆

Santap sega gurih, ini yang paling nyantol dibenak saya. Hahaha. Entah mengapa, dari kecil sampai sudah keriput ini, masih saja ingat sega gurih nisfu sya’ban. Padahal, kalau dipikir-pikir, saya bisa membuat sega gurih kapan saja. Dalam porsi besar sekalipun. Tapi, saya merasa, kalau sega gurih yang ada pada malam nisfu sya’ban tuh nikmatnya lain.

Sega gurih nisfu sya’ban yang saya maksud adalah nasi yang dimasak dan dicampur dengan sayur buncis, daun kecombrang, irisan tempe dan ditambah daun salam supaya wangi. Beras untuk nasi gurih ini didapat dari hasil jimpitan per RT yang dilakukan sehari sebelum malam nisfu sya’ban.

Beras sebagian dijual untuk membeli bumbu dan kebutuhan lain. Sedangkan, sebagian lagi dimasak. Penyajian nasi gurih ini pun sangat sederhana. Nasi dibungkus dengan plastik sedang. Kemudian, ditaruh diserambi masjid untuk bisa dibawa pulang. Ada juga sebagian yang dikepung bareng-bareng setelah shalat isya selesai.

Emmm. . .tradisi ini sepertinya akan menjadi kenangan manis sepanjang hayat. Saya mengatakan manis, karena dulu pas masih kecil, untuk mendapat nasi gurih butuh perjuangan. Kami rela berrebut untuk mendapat satu bungkus nasi gurih. :mrgreen: Karena sekarang sudah tuir, jadi stay cool, dong.😆 #pura-pura cool.

Btw, malam ini banyak teman mengirim pesan yang berisi permintaan maaf. Inti pesan memang permintaan maaf. Namun, ada beberapa teman yang menyisipkan sabda-sabda Nabi Muhammad SAW kedalam pesannya. Kalau teman-teman ingin tahu lebih detail tentang sabda-sabda Nabi terkait Nisfu Sya’ban dan indahnya malam nisfu sya’ban, silakan bisa googling saja, ya.
😳

Semoga kita semua sehat selalu, ya. Sebentar lagi bulan ramadhan akan tiba. Persiapkan diri menyambut bulan suci, bulan penuh ampunan. Maaf lahir dan bathin, teman-teman.

7 komentar

  1. Alhamdulillah – tadi saya juga ikut melaksanakan ‘tradisi malam Nisfu Sya’ban di masjid komplek kami … tapi tidak ada acara ke-3 (santap sega gurih) … setelah pembacaan Yasin ke-3 dan do’a selesai, kami disuguhi ‘aqua gelas … Wasyukurillah … mampir ke cerita Malam Nisfu Sya’ban di blog saya😉

  2. Kalo di tempat saya yang rame itu pas maulid nabi mbak😀

  3. satu lagi mba … sekalian malam nya sholat sunnah tashbih … ya itung2 … setahun sekali …

    dulu waktu di pesantren momen itu yg paling ditunggu2 …. paginya dio setiap musholla banyak bungkusan nasi … hehehe

    makanya nisyfu sya’ban hari kenyang buat santri sesuai dengan nama bulannya sya’ban … hehehe

    Salam Sukses Mulia …🙂

  4. Selamat datang bulan Ramadhan, semoga kami semua bisa mengisinya dengan kebaikan.

  5. Selamat menyambut Ramadhan Mbak Idah. Semoga apa yang dilakukan di bulan ini semua memperoleh berkah ya🙂

  6. Wih, asik ya.. (kalau urusan makanan pasti asik deh..:mrgreen: )

    Kalo di sini tidak ada tradisi nisfu…

  7. di keluargaku nggak ada tradisi nisfu sya’ban. jadi nggak pernah ikutan

Hayoo...Ngomen dengan bijak, ya! ^_*

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: