Festival Kuliner Serpong 2014: Sup Konro

Dari kemarin membaca beberapa postingan tentang Festival Kuliner Serpong (FKS) 2014 di blog teman-teman kok ya iri. Andai Serpong itu hanya lima langkah dari rumah, sudah pasti tak jabanin buat datang ke event tersebut.:mrgreen:

Sebentuk acara yang mengusung tema “Sulawesi Nyamanna’…Pe Sadap” ternyata tidak hanya menyajikan masakan Sulawesi saja. Tapi, ada beberapa masakan Indonesia juga. Saat tahu kalau acara ini diikuti oleh kurang lebih 67 stand makanan, kok, ya, darah langsung turun. Serr. Hahaha

Acara Festival Kuliner Serpong 2014 memang sudah berakhir sejak tanggal 7 September kemarin. Tapi, dari postingan beberapa teman ada satu masakan yang terus nyantol gitu di otak ini. Adalah Sup Konro.

sop konro
Pict: http://resepmasakankuliners.blogspot.com/2013/11/resep-sop-konro.html

Denger-denger, stand Sup Konro ini paling banyak antreannya. Kalau dilihat dari isi supnya, sebenarnya hampir sama dengan sup iga-igu Banjarnegara. Tapi, si Konro lebih banyak Iganya ding. Hahaha Sebagai penggila Sup, saya lanjut mencari informasi tentang Si Konro ini. Hyaa…daripada cuma penasaran dengan gambar, mending cari yahu detilnya Konro seperti apa njane.

Sup Konro adalah masakan Sup Iga sapi khas Indonesia yang berasal dari tradisi Bugis dan Makassar. Sup ini biasanya dibuat dengan bahan iga sapi atau daging sapi. Masakan berkuah warna coklat kehitaman ini biasa dimakan dengan ketupat kecil yang dipotong-potong terlebih dahulu. Warna gelap ini berasal dari buah kluwek yang memang berwarna hitam. Bumbunya relatif “kuat” karena dibubuhi dengan ketumbar.

Ada yang saya bold pada kata Kluwek. Apah? Ini apa-apan Kluwek sampai masuk ke dalam Sup, ya. Hihihi Hyaa, namanya saja Indonesia. Kaya akan citarasa masakan, apa-apa bisa jadi pendambing dan bahan buat masak, ya. Pingin deh nyicip Sup Konro. Tapi, langsung di Makassar.:mrgreen:

Kapan ya, di Banjarnegara ada acara yang mirip-mirip gitu dengan Festival Kuliner Serpong (FKS) 2014 .:mrgreen:

7 komentar

  1. jadi laper malam-malam lihat sup konro

  2. zachflazz · · Balas

    ya ampuun, saya padahal berkali2 ke tangsel nggak tau ada momen ini. padahal kalo tahu pasti saya jabanin. kan saya suka banget sama konro.

  3. Hmmm…. lezatnya…

  4. Melihat tampilan konro di jam lapar begini, bikin ngiler.
    Duh kenapa saya ga jabanin Serpong kemaren ya buat icip-icip, hiks.

  5. sabar ya teh…kita sedang menyusun draf acaranya, soal waktu pelaksanaan Festival Kuliner di Banjarnegara sudah dipastikan tahun depan….siap-siap ajah yah.😀

  6. waaa pagi-pagi nongol disini, eh ada Sup yang bikin perut keroncongan nich,,, jad pingin buat..🙂

  7. Sup Konro emang enak, tpi lebih enak Coto Makassar :p

Hayoo...Ngomen dengan bijak, ya! ^_*

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: