Tip Serius Menabung

Kira-kira adakah diantara teman-teman yang menabung tapi ngga serius. Hanya iseng belaka, atau asal menabung saja. Tanpa tujuan tertentu. Ada ngga, ya? πŸ˜€

Kayaknya ngga ada, ya. Semua orang yang menabung pasti mempunyai tujuan. Meski tujuannya belum khusus, minimal memiliki tujuan umum. Yaitu supaya punya dana simpanan, dengan harapan dana tersebut bisa digunakan sewaktu-waktu jika membutuhkan. Bisa juga semacam dana cadangan, gitu.

Pas masih muda royo-royo, saya tergolong perempuan yang cukup suka menyimpan uang. Tapi, ya….gitu, deeh! Hanya menyimpan, tapi ngga punya target untuk keperluan apa, atau membeli apa. πŸ˜† Iya. Soalnya, kan, saat itu masih manja banget. Jika ingin suatu apa, seperti otomatis klik kanan. Kemudian, uang keluar dari Ibuk. *elus-elus perut*

Tapi, lain cerita ketika sudah bekerja. Saya sudah mulai serius menabung, yang mana menabung merupakan kewajiban. Omong-omong tentang keseriusan, untuk memantapkan, seseorang akan diminta bukti keseriusannya sebagai tindak lanjut perkatannya. Supaya ngga dibilang omong dowang. πŸ˜›

Nah, sebagai bukti keseriusan dalam menabung, saya membuat beberapa buku tabungan. Ya, buku tabungan yang saya punya tidak hanya satu. Terlebih, saat mulai bisa mengurus blog, dan bisa menghasilkan cring-cring dari Blog itu sendiri. Tambah satu, deh, buku tabungan saya.

Kalau kata teman saya, sih, saya termasuk perempuan yang ribetnya pakai plus-plus. πŸ˜† Tapi, ini bentuk keseriusan saya dalam menabung. Iya, dengan memiliki beberapa buku tabungan, saya merasa uang simpanan lebih aman dan terkontrol.

Misal, nih, ya. Saya punya pemasukan dari honor kerja tiap bulan. Maka saya tahu harus memasukkan uang tersebut ke buku tabungan yang mana. Ada buku tabungan khusus yang digunakan sebagai lalu lintas keuangan. Pada satu buku tabungan tertentu, diperbolehkan uang masuk dan keluar. Namun sebaliknya. Ada satu buku tabungan yang sama sekali tidak uangnya tidak boleh diambil. Hukumnya ngga boleh banget, karena untuk masa depan. πŸ˜› Ada pula yang bisa diambil untuk kebutuhan tertentu karena buku tersebut duah diberi label khusus. Tabungan pendidikan anak, misalnya. Boleh diambil hanya untuk pendidikan anak.

Lalu, semisal mendapat penghasilan dari pintu lain, sudah tersedia juga buku tabungannya. Dan kalau uang dari hasil ngeBlog, sudah otomatis masuk rekening khusus pemasukan dari Blog. Selain dipergunakan untuk segala macam kepentingan Blog, bisa banget buat jajan-jajan gadget, atau beli ini itu di online shop. Emmmh…masih ada beberapa buku tabungan lagi yang belum saya sebut. Tabungan khusus untuk anak-anak kelak, misalnya. Atau, tabunagn yang sifatnya investasi. πŸ˜€

Menabung atau investasi memang nikmat banget! Sekali lagi, ya. Ribet? Ngga, tuh. πŸ˜€ Keuangan malah lebih aman dan terkendali dengan adanya banyak buku tabungan, atau yang biasa saya sebut dengan pos masa depan. Serius.

Teman-teman bisa banget membuat banyak rekening tabungan, lho. Sebagai bukti keseriusan menabung. *versi saya* Mungkin ini termasuk cara yang simpel dan biasa banget. Tapi, tak banyak teman atau kerabat yang mempraktikkannya. Malah menurut mereka malas. Terlalu banyak buku tabungan, ngga simpel. Tapi, buat saya tetap sangat membantu dalam mengendalikan uang masuk-keluar.

Memiliki beberapa buku tabungan supaya keuangan lebih aman dan terkendali. Itulah tip menabung dari saya supaya terasa kalau mempunyai simpanan uang di bank. Tidak hanya untuk lalu lintasa saja. Kamu bisa membaca tip menabung lainnya, yang telah diolah oleh para pakar finansial di web Cermati.com. Perusahaan start-up yang bergerak di bidang teknologi finansial. Buka saja webnya, ya. ^-*

banner lomba

“Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Share Tips Menabungmu bersama Blog Emak Gaoel dan Cermati”

17 komentar

  1. soullufthanza99 · · Balas

    nabung sih tapi bukan uang, kalau nabung uang di bank taukutnya kena bunga riba hehe.

    Nabung nya emas, gak tau ini nabung atau investasi,. Karena kalau nabung emas, tangan gak gatel pengen ngambil atau buat beli apa gitu hehe.

    1. Mangkannya yang serius, jadi ngga diambil2. Musti punya cara sendiri. πŸ˜€

  2. Ayuk menabung pada Asuransi Prudential, uang sebagai infestasi berkembang dan aman serta sekaligus dapat jaminan kesehatan … πŸ™‚

    1. Weeeh….hebat, dong. Saya belum ikut asuransi. πŸ˜›

  3. Hebat Mbak Idah ini. Iya menabung kayaknya harus ya, untuk berbagai tujuan dan keamanan finansial kita di masa datang…Setuju seratus persen atas semangat menabungnya πŸ™‚

    1. Saya ada yang menabung semacam kewajiban, Mbak. Krn, sudah punya tujuan, gitu. πŸ˜€

  4. Setuju Mbak, memang kalau pengeluaran itu sebaiknya sudah ada pos-posnya, selain terporsi dengan baik, jadi jelas kalau ada selisih, selain itu juga bisa menahan diri supaya pengeluarannya tidak melebihi porsi :hehe. Terima kasih banyak atas tipsnya ya Mbak! Ini bermanfaat sekali *brb bikin rekening :hihi*.

  5. dipisah-pisah ya idah tabungannya di bagi berdasarkan pos

  6. betul sekali untuk menabung, kita harus pisahkan, karena naluri manusia saat melihat uang ingin belanjakan saya. hehe
    Menabung bisa disesuaikan dengan kebutuhan jangka pendek dan jangka panjnag, untuk jangka pendek kita bisa menabung dibank, untuk jangka panjang kita bisa menabung di reksadana, deposito, emas dsb, minimimal bunganya diatas inflasi sehingga nilai uang kita tidak menurun.

  7. dulu aku gak pernah bisa nabung, gaji pasti abis. kalopun nabung cuma buat travelling, trus langsung habis terpakai. tapi akhir2 ini mulai belajar nabung, soalnya kondisi ekonomi di indonesia makin gak jelas.. lah jadi serius komennya hahahaa

  8. menabung pun harus di manage dengan baik ya.
    budaya menabung juga bagus untuk jaga-jaga kalau suatu hari nanti membutuhkan dana secara tiba-tiba.

  9. yuk nabung yuuuukk ^_^

  10. Waaah baca ini jadi kepikiran punya tabungankhusus blog.Biasanya kecampur-campur.Abis-abis gitu ajaa..

  11. Waaah jadi kepikiran punya tabungan khusus blog nih.Biasanya abis abis gitu aja.

  12. Inspiratif… πŸ˜€

  13. mysukmana · · Balas

    nabungnya yang rajin ya :))

  14. Nabung buat masa depan yang lebih cemerlang, makasih mbak tipsnya

Hayoo...Ngomen dengan bijak, ya! ^_*

