Ini Cerita di Balik Blog Postku

cerita di balik blog

Teman-teman sering dengar kata-kata seperti ini, kan? “Halaah, posting di blog tinggal posting aja, kok, repot. Jangan jadi Blogger yang suka menciptakan banyak alasan dan sering menyalahkan waktu. Bukankah banyak kisah di sekitar kita yang bisa diolah menjadi ide post blog?

Grrr…gampang benar, ya, mengatakan demikian. Bikin SATU BLOG POST ngga semudah itu, Cuy! *serius, ngga mudah bikin donat kentang*😛 Apalagi bagi gue, seorang buruh yang pulang kerjanya sore terus, punya banyak kewajiban atas sebuah pekerjaan, dan juga kewajiban sebagai isteri. Tapi, sok banget punya BANYAK BLOG. Aku ngga bermaksud menciptakan “sampah” di internet. Hanya saja, aku lebih nyaman bercerita pada tempatnya.😆

Teman-teman pasti sudah tahu apa itu Blog gado-gado, ya. Aku suka dengan blog yang isinya campuran. Mengirit segalanya! Seperti blogku http://www.idahceris.com.

By the way, ini lagi di blog Langkah Catatanku, tapi kenapa menyinggung blog yang manis kinyis itu, ya.😛

Pada blog post ini, aku memang ngga hanya bercerita tentang kisah terciptanya satu posting di blog ini saja, tapi beberapa blogku yang lain akan kutautkan juga. Aku urutkan dahulu blogku yang sampai sekarang masih kusentuh, ya. Adalah: http://www.idahceris.wordpress.com, http://www.idahceris.com (LB) http://www.belajaritsaja.com (BIS), http://www.ceriswisata.com (CWis), http://www.cerisfamily.com (CFam). Gimana? Gaya banget, kan? Lima blog, gitu. Hahaha

Lima blog di atas sedah kupilah dan kuberi tema. Kecuali blog ini yang memang sedari awal kubuat untuk share tugas kuliah. Meski sampai akhir study, beralih fungsi menjadi blog perdamaian hati.😀

Nah, ngomongin cerita di balik blog post, berikut beberapa hal yang harus kulakukan supaya tercipta blog post pada lima blogku ituuuuh!

Harus bisa memilih waktu yang tepat. Alasan yang klise, tapi nyata. Kalau sudah di tempat kerja, aku ngga akan bisa mencuri waktu untuk membuat blog post. NGGA AKAN BISA. Banyak banget pekerjaan yang musti diselesaikan. Jadi, aku memang butuh waktu yang tepat untuk menulis, meski hanya sebuah catatan kecil untuk anakku (kelak). Makanya, aku harus bisa mencari waktu yang tepat untuk posting. Biasanya, sih, pukul 20.00 WIB. Dan memang selalu malam hari. Mengambil jatah waktu istirahat. Me time dengan Blog. Karena hanya pada malam hari waktu yang tepat buatku untuk posting. Kecuali libur kerja! *horaaai banget*

Harus berani dan ngga boleh ragu. Ini spesial banget untuk blog LB dan CWis yang bertema piknik dan jajan hore.

Saat berkunjung ke objek wisata, mencicipi kuliner, aku harus berani mencoba hal baru. Ngga memaksa, sih. Masih dalam batas normal. Hanya saja, minimal ada langkah yang ngga biasa. Saat membidik objek, misalnya.

BATU PANDANG DIENG WONOSOBO

Nikmatnya waaar biasyaah. . .

Terlebih, saat oleh-oleh piknikku hanya sebatas tulisan, dan dokumentasi. Bukan kaos oblong atau camilan. Maka, aku ngga boleh ragu. Dengan pertimbangan yang matang, aku harus bisa mengambil objek dari sisi narsistik lain, berharap mendapat hasil yang tak biasa. Meski pada akhirnya tetap mainstream. -_- *namanya juga usaha, sinau.*

Harus telaten menggunakan perangkat mobile. Iya! Aku ngeblog selalu menggunakan handphone dengan layar enam inchi, tanpa keyboard eksternal. Seharian sudah menyentuh notebook di tempat kerja, membuatku enggan membuka laptop saat sudah di rumah. Rasanya tuh bebeuh alias malas, Teman.

WORDPRESS FOR ANDROID

Perangkat ini adalah salah satu dari beberapa perangkat ngeblog lainnya yang bisa kugunakan untuk menyalurkan hobi menulis, dan menciptakan peluang untuk mendapat lebih banyak teman, kerjasama, dll. Olehkarenanya, aku harus telaten dan ngga boleh bosan menyentuh abjad yang ada pada keyboard mini smartphone.

Harus rajin membaca. Berapa jam yang Teman-teman gunakan untuk membaca? Kalau aku cukup 45 menit. Include membaca informasi perkembangan terkait teknologi informasi dan komunikasi. Selain bisa kujadikan referensi untuk menulis di blog BIS, pengetahuan dan ingatanku ngga berhenti pada teknologi itu-itu saja. Padahal, kini inovasi dalam bidang teknologi makin banyak. Apa kamu mau tertinggal terus dari mantan pacar yang udah menikah teknologi yang kian hari makin canggih?

Harus rajin menyisipkan watermark. Untuk menyisipkan watermark tidak membutuhkan waktu lama. Sebab, aku punya template yang sudah kubuat untuk masing-masing blogku. Template yang kumaksud adalah template spesial untuk watermark.😆 Seperti foto di atas, tuh. Ada yang bilang, watermark yang ditempel di foto itu norak. Hmmm…yo ben! Foto-fotoku dewek, kok.

3 SAOTO BATHOK CANDI SAMBISARI

Caraku untuk tetap eksis. . . Bhahaha

Meski ngga membutuhkan waktu lama, tapi kadang malasnya itu bikin gerah. Tapi, aku lebih nyaman dan lega kalau foto yang aku unggah di blog kukasih watermark. Sebab, itu juga membantu banget dalam promosi blog. Apalagu jika fotonya dipinjam teman dan watermarknya ngga dihapus. Rejeki banget, tuh.😀

Aku menyisipkan watermark ini menggunakan aplikasi photo blender yang ada di handphone. Mudah banget! Ngga harus menyalakan laptop, dan membuka aplikasi photoshop. Nyenengin banget, mbok? Ngeblog emang nyenengin, kok! Apalagi kalau sudah bisa menghasilkan rejeki dari sektor blogging. *SEKTOR*😀 Nyenenginnya luwaar biasa! *elus-elus perut*

Harus eksis dan aktif di sosial media. Eksis ngga harus narsis. Aktif ngga harus tiap menit bolak balik nengokin sosial media. Itu menurutku. Tapi, sesekali narsis dan tiap menit mantengin timeline ngga ada yang ngelarang, kok. Cuma kayaknya banyak ruginya, lho. Kalau aku, sih. Mending ikut nggosip saja di grup. *eh*😀

Sembari mencari inspirasi, ide, aku biasanya share post lama di akun sosial media. Aku lebih memanfaatkan akun G+ dan Twitter. Karena, menurutku dua akun tersebut mampu merekam lebih lama apa yang kubagikan. Selain itu, beberapa orang yang baca, mereka akan mampir. Entah itu komen atau ngga, yang jelas sumber lalu lontas dari dua akun tersebut cukup tinggi.

Ternyata hanya enam hal yang harus kulakukan hanya untuk aktivitas Blogging, ya. Ngga banyak. (((HANYA))) Ya ampuun…meski hanya enam, jangan dikira mudah untuk mempraktikkan, ya. Really, ini membutuhkan keseriusan, komitmen, istiqomah, supaya aktivitas ngeblog ini bisa menyehatkan, dan juga barokah.

Bagi Teman-teman yang punya hobi menulis, belum punya Blog, segera saja ciptakan peluangmu menjadi Blogger yang cerdas. Akan banyak manfaat yang didapat. Mengurangi risiko pikun dini, misalnya.😆😆 *iseng banget*

Blogpost ini spesyel meramaikan Giveaway Cerita di Balik Blog

12 komentar

  1. watermark ku cuma huruf2 aja, pengen coba yang kayak Idah juga deh segar dengan buah ceri, kirain itu pake photoshop…

  2. Nikmatnya menekuni hobby blogging ya Mbak. Sekalipun menyita waktu dan cari ide2 posting gak mudah tapi kalau sdh publish posting baru rasanya lega banget🙂

  3. Ada Lima blog yang masih disentuh.. *LuarBiasa*
    berarti ada blog yang udah gak kesentuh lagi dunk?

  4. Watermark nih yg aku belon berhasil buat hiks

  5. Ngebahas template watermark aku jadi ingat sesuatuuuu hahahahah timleeeet xD

  6. Idaaaahhh… makasih yo sudah ikutan GAku🙂

  7. Aktif di sosmed tak berarti harus narsis. Hm, cocok🙂

  8. waw banyak banget blognya sampe 5 gitu😄
    btw, tips yang bermanfaat bagi seorang blogger newbie seperti saya hehe…
    ternyata ngeblog itu memang membutuhkan komitmen yah😄

  9. Dwi Puspita · · Balas

    watermak emang penting ya mbak biar potonya nggak dicolong orang seenaknya🙂

  10. Harus banyak belajar dari mbak ini nih

  11. Idah…apa khabar? meski tinggal tulis dan publish tetap butuh energi menata dan mengenapkan isi ya. Salam

  12. Warbiyaza Idah, pegang lima blog sekaligus itu warbiyaza. By the way, tipsnya harus dicoba nih😀

Hayoo...Ngomen dengan bijak, ya! ^_*

