Proses

Ngga banyak orang yang bisa memahami apa arti dari sebuah proses. Tak sedikit pula orang yang bisa menghargainya. Belajar tentang hidup dan usaha, yang mana di dalamnya terdapat sebuah proses.

Hidup, mulai dari kita aku lahir, kemudian mengenyam pendidikan di bangku Sekolah Dasar, sampai pada sebuah proses di mana tak lama lagi insya allah aku akan menjadi orangtua.

Prosesnya begitu cepat, menurutku. Lain lagi jika yang merasakan adalah orangtua. Di mana mereka tahu persis perkembangan anaknya; merangkak, duduk, berdiri, jalan, sampai pada proses mendidik, menyekolahkan anak. Ada banyak pengorbanan di dalamnya.

Tak lama lagi aku akan mengalaminya. Tapi, bisakah aku menikmati proses tersebut?

PASTI BISA! Meski banyak orang yang meragukanku, mencibirku, dan mungkin bisa dibilang merendahkan kemampuanku dalam hal berrumah tangga, khususnya menjadi calon seorang Ibu.

Bukannya aku ngga peduli atau menghargai apa kata mereka tentang kemampuanku sebagai calon Ibu yang nampaknya meragukan. Hanya saja, aku berusaha untuk tidak berkomentar dan membiarkan mereka berpendapat.

“Bisa jadi, kamu lebih suka memegang handphone ketimbang anakmu, kelak.”

Celotehan ringan, namun penuh makna. Ibu mana yang tega membiarkan balitanya bermain sendiri. Ngga peduli dan terus memegang gadget di saat anak benar-benar membutuhkan sentuhan Ibu.

Proses. Hampir semua perempuan akan mengalami hal ini. Apalagi aku, perempuan yang gemar memegang gadget untuk menulis, chat, browsing, membaca, dll dll. Tak menutup kemungkinan perubahan itu ada. Perubahan untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Ini hanya tentang proses. Semua orang bisa menikmati, atau bahkan sebaliknya, tergantung niat. Ngga muluk-muluk niatku sebagai calon Ibu; berusaha untuk belajar bersama, dan sama-sama belajar dengan mereka. Belajar menjadi pribadi yang lebih baik.

Hayoo...Ngomen dengan bijak, ya! ^_*

