Shalat tarawih di Mushalla Ar- Ridho.

Berbicara tentang amalan bulan Ramadan, tentu banyak sekali amalan-amalan yang tergolong sunnah dimana bila dikerjakan akan mendapatkan pahala. Amalan sunnah diantaranya menyegerakan buka puasa, tentu saja menyegerakannya jika sudah masuk waktu buka puasa. ๐Ÿ™‚ Ditempat tinggal saya, setelah buka puasa hanya mempunyai waktu 30 menit untuk duduk, mengencangkan perut dan meluruskan kaki dan setelah itu baru pergi ke masjid untuk isya, tarawih dan dilanjutkan untuk tadarus. Biasanya setelah buka puasa ada setan yang mengganggu dan sengaja bermain mata dengan kita. Ngantuk, malas dan ingin tiduran, itulah yang biasanya saya rasakan setelah buka puasa. Katanya si karena kekenyangan, tapi saya rasa tidak, karena saya hanya makan tiga porsi saja. ๐Ÿ˜†

Adzan isya ditempat tinggal saya biasanya dikumandangkan pukul 19.00 WIB. Ketika adzan berkumandang, orang tua saya biasanya segera bergegas dan siap-siap untuk ambil air wudhu dan berangkat ke mushalla, sedangkan saya masih duduk-duduk dirumah sambil menunggu iqamah. โ€œBagaimana akan mendapatkan shaf pertama? Sudah adzan saja masih santai bagituโ€ Mamah mencoba mengingatkan saya. โ€œHehehehehe, bentar lagi Mah, masih kenyang bangetโ€ Jawab saya sambil mainan Handphone.

Iya, saya memang tidak pernah mendapatkan shaf pertama untuk jamaโ€™ah di mushalla ar-ridho. Padahal saya sudah tahu, kalau bisa mendapatkan shaf pertama maka bisa dapat onta kelak (itu si kata mamahku). ๐Ÿ˜‰ Sebenarnya banyak keuntungan jika kita berada di shaf pertama, antara lain yaitu shalat kita bisa lebih khyusuk. Berada pada barisan pertama, tidak melihat orang lain atau anak kecil yang biasanya sliweran.

Mushalla Ar-Ridha

Mushalla Ar-Ridha, Pekauman.

Mushalla Ar-Ridho terlihat jelas dari rumah saya. ย Mushalla Ar-Ridho letaknya tidak jauh dari rumah saya, hanya beberapa langkah saja saya bisa sampai ke mushalla tersebut. Itulah sebabnya, mengapa saya terlalu santai ketika adzan berkumandang dan menunggu iqamah dirumah, karena saya bisa dengan cepat sampai ke mushalla. ๐Ÿ™„ Tadi malam sampai pada malam ke lima belas pada bulan Ramadhan. Alhamdulillah, saya bisa datang lebih awal ke mushalla, walaupun tidak mendapatkan shaf pertama tetapi setidaknya saya masih bisa mendapatkan shaf ke dua didekat mamah. Berbeda dengan malam hari sebelumnya, tadi malam tarawih di mushalla Ar-Ridho penuh dengan jamaโ€™ah yang biasanya hanya ter isi beberapa shaf saja.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, khusus untuk bulan Ramadhan, setelah melaksanakan shalat isya langsung dilanjutkan dengan shalat tarawih dan shalat witir. Tadi malam tarawih sudah memasuki malam ke lima belas. Ada yang berbeda dengan tarawih sebelumnya, yaitu adanya doโ€™a qunut pada rakaโ€™at terakhir shalat witir. Shalat witir disini adalah shalat yang dikerjakan setelah shalat tarawih sebanyak tiga rakaโ€™at. Bacaan doa qunut adalah sebagai berikut:

ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูู…ู‘ูŽ ุงู‡ู’ุฏูู†ูŽุง ูููŠู…ูŽู†ู’ ู‡ูŽุฏูŽูŠู’ุชูŽุŒ ูˆูŽุนูŽุงููู†ูŽุง ูููŠู…ูŽู†ู’ ุนูŽุงููŽูŠู’ุชูŽุŒ ูˆูŽุชูŽูˆูŽู„ู‘ูŽู†ูŽุง ูููŠู…ูŽู†ู’ ุชูŽูˆูŽู„ู‘ูŽูŠู’ุชูŽุŒ ูˆูŽุจูŽุงุฑููƒู’ ู„ูŽู†ูŽุง ูููŠู…ูŽุง ุฃูŽุนู’ุทูŽูŠู’ุชูŽุŒ ูˆูŽู‚ูู†ูŽุง ุดูŽุฑู‘ูŽ ู…ูŽุง ู‚ูŽุถูŽูŠู’ุชูŽุŒ ุฅูู†ู‘ูŽูƒูŽ ุชูŽู‚ู’ุถููŠ ูˆูŽู„ุงูŽ ูŠูู‚ู’ุถูŽู‰ ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูŽุŒ ูˆูŽุฅูู†ู‘ูŽู‡ู ู„ุงูŽ ูŠูŽุฐูู„ ู…ูŽู†ู’ ูˆูŽุงู„ูŽูŠู’ุชูŽุŒ ูˆูŽู„ุงูŽ ูŠูŽุนูุฒู‘ู ู…ูŽู†ู’ ุนูŽุงุฏูŽูŠู’ุชูŽุŒ ุชูŽุจูŽุงุฑูŽูƒู’ุชูŽ ุฑูŽุจู‘ูŽู†ูŽุง ูˆูŽุชูŽุนูŽุงู„ูŽูŠู’ุชูŽ.

Allahummahdiini fiiman hadait, wa’aafini fiiman ‘afait, watawallanii fiiman tawallait, wabaarik lii fiima a’thait, waqinii syarrama qadlait, fainnaka taqdhi walaa yuqdho ‘alaik, wainnahu laa yadzillu man waalait, tabaarakta rabbana wata’aalait.

Artinya: Ya Allah, berilah aku petunjuk di antara orang-orang yang Engkau beri petunjuk, dan berilah aku keselamatan di antara orang-orang yang telah Engkau beri keselamatan, uruslah diriku di antara orang-orang yang telah Engkau urus, berkahilah untukku apa yang telah Engkau berikan kepadaku, lindungilah aku dari keburukan apa yang telah Engkau tetapkan, sesungguhnya Engkau Yang memutuskan dan tidak diputuskan kepadaku, sesungguhnya tidak akan hina orang yang telah Engkau jaga dan Engkau tolong. Engkau Maha Suci dan Maha Tinggi. (HR. Abu Daud no. 1425, An Nasai no. 1745, At Tirmidzi no. 464).

Menurut mayoritas ulama, hukum shalat witir adalah sunnah muakkad (sunnah yang amat dianjurkan), sedangkan untuk doโ€™a qunut yang dibacakan pada saat rakaโ€™at terakhir setelah shalat witir adalah sunnah. Bagaimana dengan tarawih pada malam lima belas di tempat tinggal teman-teman? Ada doโ€™a qunut pada rakaโ€™at terakhir setelah shalat witir tidak? ๐Ÿ™‚

Salam Senyum

12 komentar

  1. Salam kenal…
    Di tempat saya tinggal sekarang di batam tidak ada qunut tapi di jawa pakai qunut hehe

    Salam kenal kembali. .. ๐Ÿ™‚
    Asli Jawa atau Batam, Mba? ๐Ÿ™‚

  2. onesetia82 · · Balas

    Betul neng sangat banyak amalan yg akan menjadi pahala pada bulan puasa ini …
    Itu juga kata pk Ustadz …. ๐Ÿ˜€
    Selamat menjalankan ibadah shaum …

    Selamat menjalnkan ibadah puasa juga, Om. ๐Ÿ™‚

  3. meskipun puasa full sampai hari ini, tapi salat tarawih ku masih bolong-bolong.. hiks…hiks

    Kenapa bolong2, Mas?
    Sangking sibuknya ya? ๐Ÿ˜†

  4. sya kalo kekenyangan…..tarawihnya suka di rumah Idahh…. ๐Ÿ˜€

    Sama Tante BJ ya? ๐Ÿ™‚

  5. shaf pertama, sebelah kanan, dekat imam. tempat yang selalu saya incar, tapi tidak selalu saya dapatkan, terutama selama Ramadhan, karena ketika saya datang sudah penuh duluan.
    Tapi berdasarkan pengamatan, jamaah sholat tarawih di mushola saya semakin maju ( shafnya ) semoga tidak di tempat lain. Amin….

    Ditempat Idah karena sudah ada yang mulai mudik jadi semkin ke belakang shafnya, Abi. ๐Ÿ™‚

  6. ramadhan mmg bulan diskon besar2an untuk pahala ya dah..smngat utk dapat shaf pertama dah.. ๐Ÿ˜€

    Semangat juga untuk shaf pertama, kakaaaaaaaaaaaak. ๐Ÿ˜†

  7. kalo saya sholat tarawaihnya di masjid kampus mbak… asyik.. yang ceramah keren2… salam kenal dari Unnes semarang mbak..

    Waah, pasti ramai ya? ๐Ÿ™‚
    Salam kenal kembali dari Idah, Banjarnegara. ๐Ÿ˜†

  8. tak jauh dari rumah saya..
    rumah saya dimana ya mbak.. ?
    hehhe.. mungkin efek dari mendekati mudik, ato jangan2 sudah pada mudik (aka pulang kampung) tuh para tetangga jadi mulai rame..

    ditempat saya sih (karena saya sebagai remaja masjidnya yang membantu pengaturan shaf), hari pertama full bener, kwalahan gelar2 terpal sampe tumpah kejalan..

    eh, tadi malam, isi masjidnya tinggal separo.. ๐Ÿ˜€

    Lho, belum tau rumah saya ya? ๐Ÿ˜›

  9. selama tinggal di medan saya malah sangat jarang shalat tarawih, karena kerja nya sampai malam… ๐Ÿ˜ฆ

  10. ada koq, semalam malam 15 belas jadi mulai Qunut ๐Ÿ™‚

    Berarti masih sama. . . hihihihi

  11. Kalau perempuan pengen dapat onta, shatnya harus pertama dari belakang, kan? ๐Ÿ˜€

    Katanya seperti itu, tapi selebihnya kurang paham.;)

  12. Alhamdulillah.. Selama ramadhan, saya selalu dapat shaf pertama.

    Hmm bukankah shaf yang paling afdol dan utama bagi perempuan adalah shaf yang paling akhir (penutup)?

    Syukurlah. . ๐Ÿ™‚
    Wah, benarkah? saya malah tidak tau. ๐Ÿ™‚
    Tapi memang paling nyaman shaf pertama, khusyuk. ๐Ÿ™‚

Hayoo...Ngomen dengan bijak, ya! ^_*

