Author Archives: Idah Ceris

Semangat dan Bergembira

“Kalau kalian udah ngga semangat kerja, silakan mengundurkan diri.” Dengan nada serendah apapun, bila pimpinan menyampaikan hal di atas, merinding ngga? Aku sih, iya. Hihihi. Merinding banget dan bisa jadi sampai kebawa mimpi, plus ngga enak makan. Hahaha. Asli, ini ngga berlebihan. Alasanku menjadi abdi negara, abdi masyarakat, tentu punya tujuan. Ngga serta merta bekerja, […]

Tulis, Lalu Kerjakan

Malu tidak mempunyai program, merupakan salah satu poin dari 10 budaya malu yang kerap dibaca, dan diikrarkan saat apel Senin di tempat kerjaku. Tidak terpaku pada pangkat, jabatan, dan apapun pekerjaannya, rasanya akan lebih tenang jika mempunyai program kerja. Ada banyak manfaat dengan menulis semacam daftar pekerjaan yang akan diselesaikan pada hari itu, dalam kurun […]

Orang Baik di Jalan Raya

“Nanti kalau Ibu balik lagi ke sana, pulangnya gimana?” Perempuan yang masih duduk di SMK ini begitu baik. Tidak salah aku memberhentikan laju kendaraannya saat melintasi tikungan sebelum kompleks perumahan Prima Mandiri Estate, Banjarnegara. *** Hari itu, aku pulang kerja lebih awal karena ada perlu. Ndilalah ngga bawa motor. Berangkat diantar Suami, dan pulang niatnya […]

Bapak Kayu

Aku menyebutnya Bapak Kayu. Sosok laki-laki lanjut usia, penuh semangat mencari rezeki. Hampir tiap pagi hari, Bapak kayu aktif menjalankan sepedanya. Ya, beliau tidak mengayuh sepedanya, melainkan menjalankannya. Berjalan bersama dengan pelan, dan hati-hati. Bagiku, beliau seperti jam berjalan. Pada titik-titik tertentu, jam berjalan berlaku, dan itu selalu tepat. Pada titik tanjakan Desa Bantarwaru, misalnya. Jika […]

PANTAI MENGANTI KEBUMEN

Evaluasi

Kegiatan, aktivitas yang cukup ringan dan bisa menjadikanku lebih baik. Namun sering kuabaikan. Evaluasi. Hari ini akan lebih baik dari hari lalu. Bulan ini akan lebih baik dari bulan lalu. Tahun ini akan lebih baik dari tahu lalu. Hari yang akan datang akan lebih bermanfaat. Akan lebih baik dari hari sebelumnya.  Evaluasi. Ada sebentuk harapan […]

Maha Kaya

Jam kerja selama bulan ramadhan alhamdulillaah maju satu jam. Artinya, berangkat siang, tapi pulang lebih awal. Hari pertama puasa, siang itu (6/6), aku merasa tidak tenang. Entah karena apa, yang jelas aku ingin segera pulang. Padahal jarum pendek pada jam dinding baru mengarah pada angka sepuluh. Hari itu terasa lambat. Sangat lambat. Sampai akhirnya jam […]

MyJNE Pernah Membuatku GAPTEK!

Banyak orang yang menjudge, lulusan dari Teknik Informatika (TI), tuh, serba bisa dalam segala bidang teknologi. Paham dan menguasai segala apa yang berkaitan dengan teknologi, khususnya komputer dan handphone. Ngga ada kata gagap teknologi (gaptek) untuk mereka, lulusan dari teknik informatika. Ngga pantas, katanya. Apalagi hanya dengan menjumpai aplikasi baru, kemudian ngga bisa menggunakannya. Beeuuh, […]