Fyuh, Pepes Jui Kurang Sempurna [lagi].

Ada yang tahu pepes jui, kan? Mungkin kalau teman-teman yang hidupnya di Australia seperti Om Red atau di New Zealand seperti Om Irfan, tidak tahu jui. ๐Ÿ˜‰ Jui itu sama dengan ikan asin. Pepes jui adalah pepes yang berbahan dasar dari jui. ๐Ÿ˜† Kami memang terbiasa bilang jui dari pada ikan asin, maklumlah lidah mbanjar. ๐Ÿ˜‰ Ini adalah untuk kedua kalinya saya membuat pepes jui pada bulan ramadhan kemarin dan hasilnya kurangย  sempurna juga.

Pertama pas membuat pepes jui, saya memang sengaja ingin membuatnya dan membeliย  jui ditempat Mba Admi. Kata sang Raja, pepesnya kurang sedep karena gak kremes-kremes dan juinya kecil. Terus ini pepes jui yang ke dua, saya buat karena baru dikirimi nenek dua bungkus jui dan aneka jajan. Waktu itu dirumah sedang tidak ada persediaan kelapa, jadi mamah minta kelapa tetangga sebelah. ๐Ÿ˜‰ Ada-ada saja, terkesan memaksa juga karena tidak mempunyai bahan yang lengkap tapi pinginnya aneh-aneh. ๐Ÿ˜† Jui yang dikasih nenek kali ini lumayan gede-gede dan banyak. Tapi tidak semua dipepes, karena yang dirumah juga hanya tiga orang.

Bahan untuk membuat pepes sebenarnya sangat ringan dan mudah dicari, hanya jui, parudan kelapa terus bumbu. Bumbunya pun tidak terlalu ribet, hanya bawang, berambang, sedikit kunir, sedikit gula pasir dan sedikit garam. Pokoknya untuk bumbu-bumbunya itu sedikit-sedikit saja, karena hanya untuk membuat 7 pepes jui. ๐Ÿ˜† Persiapan alat untuk membuat pepes jangan lupa, kalau biasanya saya panggang calon pepes dengan di capit alat capitan (maaf gak tau apa namanya) dan di taruh diatas kumpulan arang kemudian di kipas-kipas sampai bau semerbak khas jui itu tercium. Daun pisang dan biting dari lidi untuk menutup pepesnya.

Bagaimana pepesnya bisa belum sempurnya lagi? Mari ikut saya untuk lihat pembuatan pepesnya. ๐Ÿ˜‰ #Maaf foto tak lengkap. ๐Ÿ™‚

Jui atau Ikan Asin.

Jui atau Ikan Asin.

Jui. Jui yang bagus untuk pepes itu yang besar-besar, supaya berasa pepes juinya. Tapi jika dikasih ya jangan ngenyang, diterima saja. ๐Ÿ™‚ Sebelum jui dibalut dengan parudan, lebih baik dicuci dulu. Yaaa, walaupun juinya sudah bersih, tapi tidak ada salahnya kan dibersihkan lagi. ๐Ÿ™‚

Parudan Kelapa

Parudan Kelapa.

Parudan kelapa. Untuk pepes jui yang berjumlah tujuh, kelapa yang diparut hanya setengah bundaran saja supaya ktidak telalu banyak sisa. Parudan kelapa ini nantinya untuk membalut jui yang sexy itu. ๐Ÿ™‚

Bumbu Pepes Ikan Asin

Bumbu Pepes Jui atau Ikan Asin.

Bumbu. Setelah parudan seleseai, selanjutnya membuat bumbu untuk pepes. Diatas ada tiga bumbu, tapi yang dipakai untuk pepes yang saya lingkari kuning. ๐Ÿ˜‰ Bumbu yang merah sama yang kuning mau untuk masak yang lain. Bahan untuk bumbu tadi sudah saya tulis diatas dan sebaiknya disesuaikan dengan banyaknya parudan. Bumbu ini nanti akan di campur dan diuleh-ulek dengan parudan.

Bahan lain yang ikut mensponsori pembuatan pepes. Daun pisang: Untuk bungkus calon pepes. Lidi: Untuk dibuat biting, bungkus pepes. ๐Ÿ˜† Arang, tempat untuk memanggang, kipas dan capitan.

Itu tadi bahan-bahan yang sudah saya siapkan untuk membuat pepes. Saya menyiapkan daun pisang terlebih dahulu untuk membungkus pepes, kemudian mengambil parudan kelapa yang sudah dicampur dengan bumbu dan ditaruh didaun pisang secara merata. Setelah itu batuย  juinya dimasukkan dan digulung kemudian di bungkus rapet dengan biting. Setelah selesai dibungkus, calon pepes siap untuk di panggang dengan capitan. Waktu manggang pepes lumayan lama, kalau sudah tercium bau jui yang wangi, sedep dan sriwing-sriwing, pertanda pepes sudah matang. Inilah hasil pepesnya yang baunya sudah sedeeep. ๐Ÿ™‚

Pepes Jui atau Ikan Asin.

Pepes sudah jadi.

Daunnya bentar lagi gosong tuh ya. ๐Ÿ˜† Setelah pepes jadi, langsung dibuka semua bungkusnya. Pas dibuka pas banget bedug maghrib, jadi langsung dicicip dan ternyata belum matang.ย Fyuh, Pepes jui kurang sempurna lagi.ย  ๐Ÿ˜ฆ

Pepes Jui Belum Sempurna.

Pepes Jui kurang matang.

Siapa yang menyangka kalau pepes ini kurang matang, baunya saja sudah harum dan daunnyaย  sudah mendekati gosong. ๐Ÿ˜‰ Setelah maghriban, pas mau makan, saya disuruh manggang lagi. Males banget rasanya, tapi ingat kalau arang sudah habis jadi rasa malah itu tertutupi dengan alasan arang sudah habis. ๐Ÿ˜† Akhirnya pepes ini tetap di panggang lagi, tapi dengan wajan. ๐Ÿ˜›

Pepes VS Wajan. :)

Pepes VS Wajan. ๐Ÿ™‚

Wajannya gede banget untuk tiga pepes. ๐Ÿ˜† Aduuh, apa-apaan ini? Sangat memalukan, bukan? ๐Ÿ˜› Sudahlah, kira-kira seperti itulah kronologi pembuatan pepes jui. Tidak tahu sangking semangatnya atau sangking tidak bisanya membuat pepes , koq jadi pingin tertawa sendiri kalau ingat kejadian kemarin itu. Sebenarnya jui juga enak kalau digoreng biasa, tapi ya gimana lagi karena sedang ingin berkreasi. ๐Ÿ˜› Membuat pepes yang tadinya sangat ringan malah jadi ribet begini. ๐Ÿ˜† Tak apa, semoga besok-besok pas buat lagi pepesnya bisa sempurna. ๐Ÿ˜‰ Walaupun belum sempurna, tapi tetap harus senyuum. ^_*

Tulisan ini diikutsertakan dalam “GiveAway Nyam Nyam Enny Mamito

Iklan

19 komentar

  1. waaaaaaaaaaah, ternyata Mbak Idah pinter masak Yaaa…

    daaaaaan saya baru tau kl manggang juga bisa diatas wajan…..

  2. ada yang ketinggalan Mbak..
    sejak kapan Om Red hidupnya di Australia dan Mas Irfan di New Zealand???? heheheee….

  3. oalah itu toh pepes jui ๐Ÿ˜€ khas banjar?
    saya baru tau
    dan sepertinya takkan mencicipi klo itu dari ikan laut
    takut amis heheh eeh amis gak sih? kalo gak amis, maulah hehehe

    semoga berjaya di kontesnya mamito ya jeng

    Bukan khas banjar si mba. ๐Ÿ™‚
    Amis je mba. .
    Tapi enak banget, jadi amise ilang. ๐Ÿ™‚
    Aaamiiin. . . ๐Ÿ™‚

  4. uuuh…. sepertinya sedap sekali….
    *kirim2 ke bandung dong…

    Kirim via pos ya, Mas? ๐Ÿ˜€

  5. ya ampun..siang2 kesini, lihat ‘perpepesan’ ikan asin. Laparr….
    Rada ribet ya prosesnya? hehe…**biasa masak yg praktis2 , kyk mie rebus ๐Ÿ˜€ **

    btw..ini ikutan GA lagi? ckckck….lanjut terus!!

    Idah juga suka mie rebus lho, mama jasmine. ๐Ÿ™‚
    Biasa, aktif GA. .. ๐Ÿ˜€

  6. td pas baca judulnya msh bingung ngebayangin jui apaan yaa..ternyata ikan asin ya mb.. #walo aku gk tinggal diluar negeri kok yo gak tau jui..hehe

    trimakasih mb idah sdh ikutan..sdh terdftr mb..
    salam senyuumm :))

    Sama2 mamito Enny. . ๐Ÿ™‚
    Salam senyum, kembali. ^_*

  7. baru tau lho kalau jui ituh ikan asin, hahahah kemana ajah yaa niar ๐Ÿ˜€

    Jalan2 ke Mall. .. ๐Ÿ˜›

  8. baru tahu istilah jui, ternyata untuk ikan asin tho …
    liat pepesnya kok jadi laper ya …

    iya, sama saja dengan ikan asin, mas. . . ๐Ÿ™‚

  9. Salam Takzim
    wah bisa buat menu hari Minggu nih, makasih makasih *sujud syukur*
    Salam Takzim Batavusqu

    hehehe, suka juga ni, Om. ๐Ÿ™‚

  10. kalo di tempat saya, namanya pindang juwi mbak idah
    ibu saya sering nggoreng pindang itu mbak, tapi kalo buat pepes jarang jarang
    yang pasti pindang juwi itu enak banget pas digoreng ๐Ÿ˜€

    Di Banjar jui sama pindang beda lho, mas. ๐Ÿ™‚

  11. Kalo di sini namanya Lauk Asin, nenk…
    Rumah barunya keren uy… ๐Ÿ˜€

    Ikan asin ya, Mas.
    Terimaksih. . .:)

  12. ditambah nasi hangat tambah enak ya makannya

    Sambal juga ya, Mom? ๐Ÿ™‚

  13. Ikan itu kan namanya ikan peda. ๐Ÿ˜€
    Keknya patut dicoba nih resepnya. Keluargaku suka makan ikan asin ๐Ÿ™‚

    Akku paling suka malah, kak. ๐Ÿ™‚

  14. nanti yg berikutnya hrs sukses ya.. hehe..

    Siap, Bunda. ๐Ÿ˜€

  15. pena usang · · Balas

    Waw, pepes jui, kapan-kapan coba buat ah, tapi ane kurang hobi ikan hahaha. Ooh, pake bumbu kuning toh mba.. *nyatet*

    Terus hobinya apa, mas?
    Membaca ya? ๐Ÿ˜€

  16. Aku baru tau juga nih Idah, tapi kalo diliat dr penampakannya (walopun kata Idah belum sempurna) terlihat enak bgt ya… *jadi laper*

    walopun telat, mohon maaf lahir dan batin ya Idah ๐Ÿ˜‰

    hehehe, iyya masih putih gitu parudannya, Teh. ๐Ÿ™‚
    Maaf lahir bati juga, Teh. ๐Ÿ™‚

  17. moga menaaaaaaaaang…..!!!!!!!!

    Gak ikutan GA, Yish? ๐Ÿ™‚

  18. […] penampakannya. Buntilย daun talas sangat pasย disajikan dengan nasi jagung dan keripik teri danย jui. Bisa disajikan kering ataupun berkuah santan pedas.ย Yang menjadi pembeda dari buntil lainnya, […]

Hayoo...Ngomen dengan bijak, ya! ^_*

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: