Sayur Kenci

Apakah sudah pada tahu Sayur Kenci, kan? Sayur Kenci yaitu sayuran ijo royo-royo, daunnya kecil-kecil, bertangkai dan batangnya berrongga. Kalau di tempat saya namanya sayur kenci, tapi entahlah di daerah teman-teman sekalian. Apakah Sayur Kenci ini sudah masuk dalam bahasa indonesia? Saya kurang tahu. . . :mrgreen:

Alkisah, ketika nenek ke rumah, adik saya tiba-tiba tanya tentang sayur kenci. Dia tanya-tanya karena mau digunakan untuk pakan kelincinya. Nenek sih tidak tahu kalau sayur kenci itu mau digunakan untuk pakan kelincinya. Seandainya tahu, bisa-bisa si adik diwewes sama Nenek. Lha wong untuk konsumsi kami saja pada doyan gitu. πŸ˜†

Sudah beberapa hari ini, bahkan hampir setiap hari kami mendapat kiriman Sayur Kenci dari Nenek, gegara si adik itu tadi. Ibu sampai bingung mau diolah seperti apa. Tapi, setelah dimatke, sayur kenci yang diolah menjadi sayur bening koq laku keras, ya. Ketimbang diolah pecel , uraban dan atau coel.

Sayur Kenci

Sayur Kenci, Ijo Royo-royo

Menurut saya, Sayur Bening Kenci tuh seger. Cocok untuk disantap saat buka puasa. Apalagi kalau ada kombinasi sedikit gerusan kencur, banyak kecambah dan sedikit wortel, tambah rame rasanya. Ambil sayur beningnya, taruh dipiring, kemudian ditambah dengan sambel satu sendok makan. Yuuummmmiiii. . . #Tidak Makruh

Pernah dengar dari kaka, katanya sayur kenci tuh nutrisinya tinggi. Mengandung zat besi dan Phytocemical juga. Apalah itu, kurang paham. Sing jelas sih Sayur Kenci itu memang enak, kriwes-kriwes. πŸ˜‰

Jika ingin melihat penampakan Sayur Bening Kenci dan Bahan Urab, silakan klik Kreasi Sayur Kenci. πŸ˜‰Β Teman-teman suka Sayur Kenci?

Tambahan dari beberapa sahabat yang berkomentar. Kenci sama saja dengan Salada Air.

42 komentar

  1. salada air kayaknya nih …

    1. Benarrr. .. πŸ™‚

  2. Baru pertama kali sy dengar yg namanya sayur kenci… πŸ˜€
    @garammanis

    1. Tapi pernah lihat kan, Mas?

  3. kalau disini apa ya namanya sayur kenci ini

    1. Apa cobaaaa? πŸ™‚

  4. itu selada tah mbak idah?? kok baru tau yaa sayur kenci sepintar bacanya kelinci lho, hihihii πŸ˜€

    1. Iya, tapi umumnya ditempat saya kenci.
      kalau bilang selada ya gak ada yang tau. . πŸ™‚

  5. Ujarku slada air lho

    1. Jarene si iya. .
      Tapi ditempat saya kenci namanya. ..

  6. sayur kenci sama selada air sama ga yaaa…penampakannya mirip :D. kalau saya sukanya ditumis, tapi agak susahnya nyarinya di pasar 😦

    1. Kalau mirip berarti sama, ya. . πŸ™‚
      Emmm, saya malah belum mencoba kalau ditumis. . .

  7. Assalaamu’alaikum wr.wb Idah….

    Kalau di tempat bunda, sayur ini biasanya dimakan oleh orang Cina. Sayur ini memang banyak bunda lihat dijual di pasar tamu minggu. Bunda sendiri tidak pernah memakannya. Selamat berpuasa Idah. Salam manis dari Sarikei, Sarawak. πŸ˜€

    1. Wa’alaikumsalaam, Bunda. . .

      Padahal enak lho, Bunda. Cobain saja. . . πŸ™‚
      Selamat berpuasa untuk Bunda beserta keluarga. . . πŸ™‚

  8. kalau di tempat bunda, tidak diketahui namanya, Idah.

    1. Mungkin masih sama, Bund. Slada Air. . πŸ™‚

  9. Mungkin karena nenek sudah tua,pengucapannya pun mungkin kurang jelas.Lagi pula adik tadi kurang jelas apa yang dikatakan oleh nenek.Nenek bilang,” sayur kelinci.” Maksudnya,sayur ini adalah makanan untuk kelinci.Tapi karena adik masih kecil,maka ia dengar,” sayur kenci.” Dari sinilah munculnya istilah “SAYUR KENCI” Haaaa……..haaaa….Senyum ya ……!

    1. Apaaaaaaaa eee. . .
      Tak aduin ke nenek saya lho. .. πŸ˜›

  10. Eh? kalo liat fotonya, itu kalo di aku selada air Idah, biasanya dimakan mentah sebagai lalapan, padanannya dengan sambel oncom heuheu

    1. Sayur bening segeer bangett, Teh. . πŸ˜€

  11. Terpikat dengan istilah ‘sayur kenci’ langsung googling ooo nama lain dari selada air alias jrembak, sama Idah kalau tidak di sayur bening, urap/pecel kadang kami ca saja. Trim ya non berbagi sayur kenci, salam

    1. Tapi kalau di Desa saya sebutannya memang sayur kenci, Bu. πŸ™‚

  12. aku baru liat sayur yang begitu

    1. Waaah. .
      Kudu hunting tuh sayur berarti, Mas. . πŸ˜€

  13. kalau ngga salah, nama lainnya Selada Air… Ibuku sangat suka Kenci ini, sedangkan aku kurang suka, hehe… πŸ™‚

    1. Padahal enak lho, MBa.
      Kaes2 gituu. . πŸ˜€

  14. Eh.. kalau gak salah ada GA tentang pengalaman dengan tanaman… kukira ini akan diikutkan di GA itu.. hehe…

    1. Saya malah gak tahu ada GA itu lho, Mba. . πŸ˜€

  15. Saya suka sayur juga, tapi blom pernah nyoba sayur kenci kayak diatas
    btw saya ada award nih untuk mbak idah cek di http://afanrida.com/uneg-uneg/liebster-award/
    silahkan ikut meramaikan ya ….. thanks πŸ™‚

    1. Waah.,. .
      Segera diambil. . πŸ™‚

      Terima Kasih ya, Mas. .

  16. Belum pernah tahu πŸ˜€

    1. Gak apa2. . πŸ™‚

      1. Rasanya kayak apa?

  17. oh kok namanya Kenci ya, aku baru denger, hehe… ditempatku itu namanya saladah, biasa dimakan sebagai lalapan dicocol sambal terasi, nasi putih hangan trus ikan asin, tahu tempe… uhh mantap, hehe…. *pagi-pagi, lagi puasa pula ngomongin makan ya,

    btw, salam kenall πŸ™‚

    1. Wwwwe. .
      Ini memang sayur yang kries2. .

      Dikreasi dengan cara apapun enak ya. .

  18. Cabangnya banyak ya???

    1. Benar. .
      LEbih sedikit daunnya malah. .. :mrgreen:

  19. Oh, itu namanya sayur Kenci toh? Pernah makan sih, emang segeeeer. πŸ™‚

    1. Baru tau namanya ya, Mba? :mrgreen:

  20. biasanya dijadiin lalap kayaknya πŸ™‚

    1. Di sini biasanya di buat pecel. . πŸ™‚

  21. cenil
    jembak
    jrembak
    lada air
    kenci
    sami mawwon, sama sajab pada bae,, wonosobo to??

Hayoo...Ngomen dengan bijak, ya! ^_*