Bab 1 Pendahuluan (Kerja Praktek).

Kerja Praktek adalah kegiatan mahasiswa yang dilakukan di masyarakat maupun di perusahaan atau instansi untuk mengaplikasikan ilmu yang diperoleh dan melihat relevansinya di masyarakat maupun melalui jalur pengembangan diri dengan mendalami bidang ilmu tertentu dan aplikasinya. Kerja Praktek umumnya mempunyai bobot 3 (tiga) SKS dan dilaksanakan dalam kurun waktu 2-3 bulan, disesuaikan dengan kebijaksanaan Fakultas. Aku pernah menulis sedikit tentang Kerja Praktek (KP) sebelumnya, tentang KP yang sudah aku lewati dan sampai dengan pelaporannya dengan penuh disiplin dan tanggungjawab. :D. tapi untuk postingan kali ini aku akan sedikit menulis kembali untuk pelaporannya yaitu khususnya  BAB 1 Pendahuluan untuk Kerja Praktek. Tentunya yang aku tulis disini hasil KP aku yang sudah dalam bentuk laporan yaitu Sistem Informasi Pelatihan Siswa Kursus pada LKP PIKOM Banjarnegara.

1.1.  Latar Belakang

Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) adalah salah satu Lembaga yang ada dalam bimbingan dan pengawasan Dinas  Pendidikan serta berpayung pada Yayasan. LKP PIKOM merupakan pusat pelatihan kursus dimana kegiatannya selalu dimonitoring oleh Dinas Pendidikan setempat.

Seiring dengan kemajuan teknologi dan sistem pengelolaan administrasi pada lembaga kursus, LKP juga dituntut untuk selalu disiplin dalam mengadministrasi dan memberikan laporan yang berhubungan dengan jumlah siswa kursus kepada Dinas terkait pada umumnya dan kepada pimpinan khususnya.

LKP PIKOM setiap hari menerima pendaftaran siswa baru, sehingga jumlah siswa kursus pada LKP PIKOM tiap hari semakin bertambah. Sistem pengolahan data siswa kursus yang digunakan oleh pihak lembaga masih minim dan belum terstruktur sehingga dalam pelaporan data siswa kursus masih kurang cepat dan kurang akurat.

Berdasarkan hal-hal tersebut diatas, dalam penulisan Laporan Kerja Praktek ini penulis memilih judul Sistem Informasi Pelatihan Kursus pada LKP PIKOM Banjarnegara.

Keterangan:
Ada hal-hal yang perlu diperhatikan untuk penulisan Latar Belakang, yaitu:
1. Buatlah Latar Belakang sesederhana mungkin.
2. Jangan mengunggulkan Teknologi Informasi.
3. Deskripsikan sedikit tentang objek.
4. Sebelum paragraf terakhir, ceritakan sedikit tentang masalah yang dihadapi sebelum adanya sistem informasi serta pemecahannnya yang nantinya akan dikaitkan dengan Rumusan Masalah.

1.2. Rumusan Masalah

Untuk mengolah data agar menjadi sebuah informasi yang berguna dalam bentuk sebuah laporan, dalam sistem informasi pelatihan siswa kursus ini diperlukan ketelitian, kecepatan dan ketepatan.

Perumusan masalah yang akan dibahas dalam laporan Kerja Praktek ini adalah:

    a. Kurang efisien dalam pengolahan data.

    b. Kurang akurasinya dalam pelaporan.

Keterangan:

Untuk perumusan masalah sebaiknya diambil dari Latar Belakang sebelum paragraf terahir, yaitu paragraf yang menceritakan tentang masalah atau kendala yang dihadapi instansi sebelum adanya suatu sistem informasi.

1.3. Batasan Masalah

Dalam Penulisan laporan kerja praktek ini lebih jelas dan terarah, maka penulis perlu membatasi masalah yang akan dibahasa terfokus pada: Pengolahan data pelatihan kursus pada LKP PIKOM Banjarnegara, khususnya yang berkaitan dengan kesiswaaan, absensi dan penilaian.

1.4. Tujuan Kerja Praktek

Kerja praktek yang saya lakukan mempunyai beberapa tujuan antara lain:

  1. Untuk mengetahui sistem yang digunakan oleh LKP PIKOM  dalam mengolah data kursus.
  2. Membuat Sistem Informasi agar pelaporan lebih akurat dan efisien dalam pengoahan data.

1.5. Manfaat Kerja Praktek

Dalam melaksanakan kerja praktek di LKP PIKOM Banjarnegara mempunyai beberapa manfaat antara lain:

1. Bagi Penulis.

  • Membuka cakrawala baru tentang makna pentingnya sebuah sistem informasi bagi sebuah lembaga.
  • Menambah wawasan tentang dunia informatika secara nyata.
  • Menambah dan melengkapi pengetahuan yang didapat dari bangku kuliah secara langsung selama melaksanakan kerja praktek khususnya tentang analisis dan pengelolahan data.

2. Bagi Universitas.

  • Sebagai bahan evaluasi di bidang akademik, khususnya untuk meningkatkan mutu  pendidikan sehingga didapat suatu keselarasan antara teori-teori yang diberikan dalam kurikulum dalam kenyataan yang ada pada lapangan kerja serta sebagai sarana untuk menjalin hubungan yang erat antar universitas dengan instansi tempat kerja praktek.
  • Menambah perbendahaan literature bagi UNSIQ untuk dijadikan sebagai bahan perbandingan dan masukan bagi pihak yang bersangkutan.

3. Bagi Instansi.

  • Dapat membantu mensosialisasikan tentang LKP PIKOM Banjarnegara.
  • Mencoba membantu memecahkan beberapa permasalahan yang ada di LKP PIKOM Banjarnegara.

1.6.Metode Pengumpulan Data

Untuk mendapatkan suatu data yang akurat pada LKP PIKOM Banjarnegara maka dalam penyusunan laporan ini penulis menggunakan beberapa metode pengumpulan data diantaranya adalah:

1. Metode Observasi.

Pengamatan secara langsung terhadap objek dilakukan untuk mendapatakan data sesuai dengan keadaan sebenarnya dilapangan.

2. Metode Wawancara.

Bertanya secara langsung dan meminta penjelasan secara rinci pada sumber-sumber yang terkait, yang lebih mengenal dan memahami terhadap objek penelitian yang sedang dilakukan.

3. Metode Kepustakaan.

Yaitu pengambilan data dengan cara membaca literature dan buku-buku  yang behubungan dengan masalah yang dibahas.

1.7.Sistematika Penulisan

Sistematika dalam pengumpulan data pada laporan kerja praktek ini terdiri dari beberapa bab, dan masing-masing bab membahas dan menguraikan pokok permasalahan yang berbeda. Sebagai gambaran kami sertakan garis besarnya sebagai berikut :

BAB I PENDAHULUANPada bagian pendahuluan diuraikan mengenai latar belakang masalah, rumusan masalah, batasan masalah, tujuan kerja praktek, manfaat kerja praktek, metode pengumpulan data dan sistematika penulisan laporan kerja praktek
BAB II LANDASAN TEORIBab ini berisi tentang Pengertian Sistem Informasi, pengertian DBMS, teknik normalisasi, Data Flow Diagram (DFD) dan Bagan Alir(flowchart).
BAB III GAMBARAN UMUM LEMBAGAPada bagian gambaran umum lembaga diuraikan mengenai sejarah singkat LKP PIKOM Banjarnegara, visi dan misi, tujuan umum, struktur organisasi dan uraian tugas.
BAB IV PERANCANGAN SISTEMBerisi tentang perancangan sistem yang diusulkan meliputi: Perancangan sistem, Analisa system, flowchart manual pengolahan data kursus, sistem-sistem yang diusulkan meliputi: DFD, Normalisasi, struktur database dan Design input  output.
BAB V
IMPLEMENTASIBerisi tentang output atau hasil dari rancangan sistem yang meliputi: Tampilan sistem, tampilan menu awal, tampilan menu pendaftaran, tampilan menu proses dan tampilan menu laporan.
BAB VI PENUTUPBerisi tentang simpulan yang diperoleh dari kerja praktek dan saran yang mungkin dapat berguna untuk kemajuan LKP PIKOM Banjarnegara dimasa yang akan datang.

Selesailah sudah untuk penulisan BAB 1 Pendahuluan, sekarang tinggal melanjutkan untuk BAB II yaitu Landasan Teori. Untuk teman-teman the arfternoon yang masih bergelut dengan BAB 1, ayo segera diselesaikan dan tetap semangat. 😉 dan Semoga tulisan ini bermanfaat untuk-teman the afternoon khususnya dan untuk yang mau membaca umumnya. 😉

Salam Senyuum. . . ^_*

Iklan

20 komentar

  1. terima kasih mbak – infonya bermanfaat d(^o^”)

    1. Alhamdulillah ya kalau bermanfaat. . . 😉

  2. waw gimana ya rasanya pkl mahasiswa?
    beluk pernah 🙂

    1. heheheh. . .
      seperti itulah kak. .

      capeeeeeeek tapi ilmu bertambah. . . 😉

  3. Waahhh … bagus sekali penting juga utk menyusun tata cara pelaporan tugas kantor sewaktu ‘supervisi ke daerah … nice 🙂
    mampir ya ke : http://abrussiana.wordpress.com/2011/09/14/ikhtir/

    1. waaaaah,dinas di kantor ya kak?

      hebaat deh. . . 😉

  4. mantap nih bisa jadi referensi buat mahasiswa 🙂

    1. semoga saja kak. . . 😉

  5. Assalaamu’alaikum wr.wb, Idah…

    penjelasan bab 1 yang bermanfaat kepada siswa lain yang mahu mengambil ide pengolahannya.
    semoga kerja praktek bisa dilaksanakan dengan baik. Senangnya kalau bunda bisa jadi siswa semula. jaman yang asyik dan banyak kenangan.

    Semoga sukses selalu.
    Salam senyum dari bunda buat Idah. 😀

    1. wa’alaikumsalaam bunda. . .

      semoga saja bisa bermanfaat ya bun. . .
      banyaknya coretan dari dosen berawal dari BAB 1 ini. . .dengan latar belakang dan perumusan masalah yang kurang abstrak. (kata dosen). 😉

      emmm,kenangan manis ya bun? 😀

  6. banjarnegara jateng mbak.. . ??? ntu tempat ibukku hehehhee

    1. benar banget. . .

      ibu kamu kak?
      banjarnegaranya mana?

  7. tinggal di banjarnegara ya, saya dulu KKN di Banjarnegara bahkan sampai penelitian skripsi
    semoga sukses dengan Kerja Prakteknya

    1. waaaah. . .
      dulu KKNnya dmn kak?
      kuliah dmna kak?

      1. KKN di Pejawaran paling atas di dataran tinggi dieng, saya alumni biologi unsoed

  8. q blm pernah nie ke Banjarnegara…

    1. monggo pinarak banjar. . . 😉

  9. Ngurah Pepenk · · Balas

    bermanfaat banget

    -Pepenk STIKOM Bali-

    terimakasih, sudah berkunjung. 🙂

  10. […] masih kuliah, pada semester tujuh saya mengikuti Kerja Praktek (KP) atau magang pada salah satu lembaga kursus di Banjarnegara. Sebut saja namanya LKP TOP. LKP […]

  11. makasi ya buat infonya

Hayoo...Ngomen dengan bijak, ya! ^_*

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: